Tips Mengerjakan Soal Rekrutmen BUMN Sesuai Jenis Tesnya

Anda bisa mendapatkan tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN, sesuai jenis tesnya masing-masing. Bukan hanya mengerjakan soal, tapi juga mengikuti

Soal Rekrutmen BUMN

Daftar Isi

Ada sejumlah tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN di setiap tahap. Mulai dari Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Bahasa Inggris, Tes AKHLAK, Tes Kompetensi Bidang (TKB), User Interview, Social Media Analitic, Digital Mindset, dan Medical Check-Up (MCU).

Tes Online Tahap 1 berlangsung pada tanggal 12 Juni - 20 Juni 2023. Untuk pengumuman Tes Online Tahap 1 dijadwalkan pada bulan Juli 2023. Kemudian, peserta yang lolos tahap 1 bisa lanjut Tes Online Tahap 2 rekrutmen BUMN dijadwalkan pada 16 Juli - 20 Juli 2023.

Tes Online Tahap 2 ada Tes Bahasa Inggris dan Tes AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) atau core values BUMN. Setelah itu, peserta bisa melihat pengumuman yang lolos tahap 2 di bulan Agustus 2023.

Pada artikel kali ini, Anda bisa mendapatkan tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN, sesuai jenis tesnya masing-masing. Bukan hanya mengerjakan soal, tapi juga mengikuti setiap tahap dengan baik dan benar.

 tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN

Tips Mengerjakan Soal Rekrutmen BUMN, Pahami Setiap Tipe Soal

Bagaimana tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN agar bisa lolos seleksi? Tentunya sejak awal memang harus memahami perbedaan tipe soal tes. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber agar bisa menjadi bekal untuk Anda.

Tes Kemampuan Dasar (TKD)

Tes Kemampuan Dasar (TKD) adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan kognitif. TKD terdiri dari Tes Inteligensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Berikut adalah hal penting untuk diperhatikan terkait TKD;

  • Soal TKD dan core values ada total 150 soal
  • Tes TKD melihat kemampuan logika, daya tahan, dan ketekunan
  • Waktu pengerjaan 120 menit
  • Pengerjaan full secara online
  • Setiap kandidat diberikan jadwal spesifik

Tes Bahasa Inggris

Tes Bahasa Inggris dalam proses seleksi BUMN adalah untuk menilai kemampuan calon karyawan dalam berbahasa Inggris. Isi atau bagian Tes Bahasa Inggris BUMN terdiri dari grammar, reading comprehension, vocabulary, dan listening.

Tes Core Values AKHLAK

Tes Core Values AKHLAK adalah tipe soal untuk menguji wawasan peserta terkait pemahaman nilai-nilai terpenting dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Tes ini bertujuan untuk memahami kapasitas peserta untuk menjalankan pekerjaan sebagai pegawai BUMN. Materinya lebih banyak tentang soft skill dalam bekerja.

Contoh soal tes AKHLAK adalah studi kasus untuk melihat karakter, cara berpikir, cara bertindak, pengambilan keputusan, dan kemampuan problem solving.

Tes Kompetensi Bidang

Tes Kompetensi Bidang (TKB) adalah rangkaian tes dari Rekrutmen Bersama BUMN di mana peserta dites tentang hal-hal spesifik sesuai bidang yang telah dilamar.

TKB juga disesuaikan dengan masing-masing perusahaan BUMN. Misalnya PT Pertamina, berarti isi tes TKB disesuaikan menurut kebutuhan perusahaan yang terkait.

Tujuan TKB adalah;

  • mengetahui sejauh mana kandidat memahami tentang posisi, industri, dan proses bisnis dari perusahaan yang dilamar
  • menguji tentang kemampuan teknis sesuai bidang pekerjaan yang dipilih

Tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN tes TKB, pelamar bisa membuka website resmi dari perusahaan BUMN yang dituju. Baca-baca informasi tentang

  • profil perusahaan
  • struktur organisasi
  • proses bisnisnya
  • strategi jangka panjang

Wawancara (User Interview)

Sesi wawancara pada Rekrutmen Bersama BUMN, hampir sama seperti rekrutmen di perusahaan swasta. Wawancara (user interview) adalah untuk memastikan bahwa calon pelamar siap dan cocok menduduki posisi tertentu.

Bagaimana tips wawancara BUMN agar bisa lolos? Memang ada banyak tips wawancara yang bisa diterapkan. Tapi, kali ini ada contoh jawaban wawancara yang lebih tepat untuk pelamar yang lolos sampai ke tahap wawancara BUMN. Khususnya saat wawancara akan ditutup.

Saat user atau HR bertanya seperti ini "Apakah ada yang ingin ditanyakan?"

Berikut adalah jawaban yang disarankan oleh Erick Thohir selaku Menteri BUMN saat ini.

"Kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di sini, kira-kira apa saja yang perlu saya lakukan agar perusahaan merasa bahwa mempekerjakan saya adalah keputusan yang baik?" demikian jawaban yang disarankan oleh Menteri BUMN.

Respons tersebut memberikan efek yang unik. Saat pelamar menanyakan hal itu, orang yang menginterview akan memvisualisasikan Anda yang sedang bekerja. Hal ini bisa memberikan keuntungan lebih yang menempatkan diri Anda pada posisi terbaik.

Social Media Analitic

Bagian tes rekrutmen BUMN ini akan menggali informasi pelamar atau calon pegawai BUMN berdasarkan percakapan media sosial.

Ini akan menunjukkan cara seseorang bermedia sosial. Misalnya konten apa yang dibuat dan bagaimana etika di media sosial. Ada beberapa rekam jejak yang diperhatikan, misalnya;

  • postingan yang terkait dengan obat-obatan terlarang
  • ideologi tertentu, adakah yang bertentangan dengan pemerintah?
  • adakah unsur radikalisme atau perilaku yang bertentangan dengan pancasila?
  • tentang kenakalan remaja yang terekam dalam jejak digital

Digital Mindset

Apa saja yang dinilai dalam tes digital mindset? Tes ini akan menilai kemampuan, kesiapan, dan keterampilan atau skill digital pelamar terkait dunia digital. Khususnya berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Contoh perusahaan BUMN yang menilai digital mindset adalah PT Telkom. Sebelum tes, ketahui dulu aspek yang dinilai, yaitu;

  • Fostering teamwork

Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain dengan pendekatan dan komunikasi efektif.

  • Communication

Kemampuan berkomunikasi secara verbal ataupun tertulis dengan cara efektif untuk menerima dan menyampaikan informasi.

  • Agility

Agility atau kelincahan adalah kemampuan untuk bisa beradaptasi, belajar dari kesalahan, memulihkan kondisi ari kegagalan, dan merespons perubahan serta tantangan.

  • Critical thinking

Kemampuan berpikir kritis yang melihat sesuatu dari beragam sudut pandang dan sistematis memecahkan masalah berdasarkan data yang relevan.

  • Customer centric

Ini adalah orientasi atau fokus untuk memberi pelayanan terbaik pada pelanggan.

  • Data driveness

Kemampuan mengambil keputusan dengan data yang valid.

  • Open mind

Sikap dan pemikiran terbuka kepada hal baru.

  • Digital literacy

Kemampuan menggunakan teknologi digital dengan tepat untuk akses, mengelola, memahami, integrasi, komunikasi, evaluasi, dan menghasilkan informasi.

tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN

Medical Check-Up (MCU)

Tahapan terakhir dari Rekrutmen Bersama BUMN 2023 adalah Medical Check-Up (MCU). Apa saja yang dicek pada saat MCU dan tahapannya seperti apa? Sebelum tes, ada sesi tanya jawab dengan dokter. Pertanyaan pada umumnya seperti ini;

  • Seberapa rutin olahraga?
  • Apakah Anda merokok atau minum alkohol?
  • Apakah Anda sedang menjalani diet?
  • Adakah sakit tidak wajar yang dirasakan? Jika iya, bagian mana yang dirasa sakit?
  • Bagaimana dengan pola tidur Anda?

Selanjutnya, tahapan MCU adalah tes fisik (mata, hidung, gigi, telinga), tes darah (untuk cek kolesterol, asam urat, gula darah, diabetes), cek urine, tes jantung, audiometri, tes rontgen.

Itulah deretan tes yang dilakukan saat Rekrutmen Bersama BUMN 2023. Berikut ini ada ringkasan tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN 2023 dari Forum Human Capital Indonesia yang dibagikan melalui akun Instagram @fhci.bumn.

  • Memperhatikan jadwal ujian (trial dan live test)
  • Memilih tempat yang paling nyaman untuk mengerjakan tes
  • Persiapkan peralatan dan perlengkapan untuk tes
  • Membaca petunjuk secara hati-hati dan teliti
  • Mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya
  • Manfaatkan trial test secara maksimal

Dengan mengikuti setiap prosedur yang sesuai, maka Rekrutmen Bersama BUMN 2023 bisa berjalan lancar.

Kesimpulan

Rekrutmen Bersama BUMN 2023 adalah peluang karir yang terbuka lebar untuk masyarakat Indonesia, khususnya putra putri Indonesia yang memenuhi syarat.

Pastinya setiap peserta tes atau pelamar perlu memahami tips mengerjakan soal rekrutmen BUMN 2023. Tes Kemampuan Dasar (TKD), Tes Bahasa Inggris, Tes AKHLAK, Tes Kompetensi Bidang (TKB), User Interview, Social Media Analitic, Digital Mindset, sampai Medical Check-Up (MCU) ada ketentuan masing-masing.

Semoga informasi kali ini bermanfaat bagi Anda. Ikuti informasi update terbaru dari Kerjoo, misalnya layanan fitur Kerjoo yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin mencoba aplikasi Kerjoo, silakan jadwalkan meeting dengan customer service kami.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari