Slip Gaji Karyawan Format dan Contoh untuk Usaha Anda

Penting bagi pengusaha untuk mengetahui dan memahami contoh format slip gaji agar dapat membuat format slip gaji Anda sendiri.

Slip Gaji Karyawan

Daftar Isi

Slip Gaji Karyawan - Akhir bulan adalah saat-saat paling membahagiakan bagi para karyawan. Menerima selembar dokumen terkait rincian gaji karyawan dengan nominal setara dengan kinerja selama satu bulan.

Biasanya, perusahaan pasti mengeluarkan dokumen ini sebagai bukti dari pembayaran upah atau gaji. Akan tetapi, ternyata beberapa perusahaan atau bisnis kecil belum mengerti format dan contoh dari slip gaji karyawan.

Kebanyakan bisnis kecil yang tidak memiliki struktur organisasi memberikan gaji karyawan tanpa ada slip. Padahal, ternyata pemberian slip gaji kepada karyawan ini adalah hal yang wajib bagi perusahaan.

Pengaturannya sendiri tertuang dalam peraturan pemerintah, jadi wajib secara hukum. Banyak sekali susunan format slip gaji yang dapat Anda contoh atau gunakan di usaha Anda. Pahami mengenai slip upah karyawan untuk usaha Anda melalui berbagai contoh format yang ada.

Slip Gaji Karyawan

Sebelum membuat format slip gaji pegawai dari contoh yang ada, sebaiknya Anda memahami dulu apa itu slip gaji. Jika melihat dari kegunaannya, maka kita dapat menyimpulkan bahwa slip gaji adalah dokumen penting perusahaan sebagai bukti pembayaran gaji.

Memuat Informasi Tunjangan dan Potongan

Slip tersebut berisi informasi atau rincian terkait gaji serta segala tunjangan dan pajak para karyawan. Bukan hanya karyawan tetap saja, mereka yang merupakan pekerja lepas pun berhak untuk mendapat slip gaji.

Bagi perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Firma, dan Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (CV), slip gaji sudah menjadi dokumen wajib untuk diberikan kepada karyawan.

Bahkan, beberapa perusahaan, terutama yang besar, memiliki format slip gaji karyawan sendiri yang dapat Anda contoh. Tetapi, apakah slip gaji ini wajib untuk Anda berikan kepada karyawan meski tergolong UMKM?

Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan menjawab pertanyaan ini dalam salah satu pasalnya. Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan mengatakan bahwa perusahaan wajib untuk memberikan para karyawan bukti atas pembayaran gaji lengkap dengan rinciannya.

Nah, jadi sudah terjawab, ya. Meskipun usaha Anda tergolong dalam UMKM, tetap wajib hukumnya untuk memberikan slip gaji. Lalu, bagaimana format wajib dari slip gaji untuk karyawan?

Format Slip Gaji Karyawan

Setiap perusahaan atau usaha apapun pasti memiliki contoh format slip gaji yang berbeda-beda. Biasanya, format dari slip gaji ini berdasarkan pada tunjangan atau potongan apa saja yang perusahaan atau pengusaha berikan sesuai dengan isi perjanjian.

Umumnya beberapa perusahaan berbadan hukum memiliki format sebagai berikut.

  • Kop surat resmi perusahaan
  • Periode pembayaran gaji
  • Identitas karyawan
  • NPWP karyawan (jika ada)
  • Upah pokok
  • Tunjangan dan fasilitas (tidak wajib)
  • THR
  • Bonus (tidak wajib)
  • Pajak (jika masuk wajib pajak)
  • Potongan lain (jika ada)
  • Upah tambahan (jika lembur)

Akan tetapi, contoh format slip gaji yang umum ini tentu saja dapat berubah urutan ataupun komponennya sesuai dengan regulasi atau perjanjian kerja perusahaan itu sendiri.

Misalnya, untuk perusahaan kecil atau usaha kecil seperti laundry mungkin tidak memberikan tunjangan tambahan. Tetapi, beberapa komponen menjadi wajib untuk diberikan dan juga tercantum dalam contoh format slip gaji yaitu rincian lengkap gaji pokok dan THR.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Sebagaimana yang sudah dijelaskan mengenai format slip gaji, tidak semua komponen yang telah disebutkan adalah wajib. Komponen yang wajib Anda cantumkan dalam format slip gaji karyawan Anda adalah rincian lengkap dari gaji pokok dan THR.

Nah, rincian lengkap itu yang seperti apa? Agar lebih memahami, simak beberapa contoh dari format slip gaji yang dapat Anda gunakan.

1. Slip Gaji Sederhana

Slip Gaji Karyawan

Bila usaha Anda masih tergolong UMKM atau bukan usaha berskala besar, maka Anda bisa menggunakan format slip gaji yang sederhana saja, seperti di contoh. Tidak masalah jika Anda belum mampu memberikan tunjangan tambahan seperti kesehatan dan transportasi.

Cukup cantumkan saja nominal gaji pokok dan THR beserta rincian lengkapnya. Misalnya, jika gaji dihitung berdasarkan hari, maka cantumkan jumlah hari dan perhitungannya.

2. Slip Gaji Lengkap

Slip Gaji Karyawan

Biasanya, perusahaan berskala besar yang sudah berbadan hukum memiliki contoh format slip gaji yang sangat lengkap. Bukan hanya terdiri dari gaji pokok dan THR saja, tetapi terdapat komponen lain dalam contoh format slip gaji seperti tunjangan BPJS dan potongan pajak PPh 21.

Akan tetapi, tidak semua karyawan dikenakan pajak. Nah, Anda dapat mencari tahu mengenai potongan pajak PPh 21 ini agar memahami lebih dalam.

3. Contoh Slip Gaji dengan Potongan Pinjaman

Slip Gaji Karyawan

Banyak sekali perusahaan yang memberikan fasilitas berupa pinjaman bagi para karyawannya. Tujuannya hanya satu yaitu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan para karyawannya.

Nah, beberapa contoh format slip gaji akan mencantumkan juga potongan untuk angsuran pinjaman. Jika perusahaan Anda juga memberikan fasilitas yang sama, Anda bisa menjadikan format slip gaji ini sebagai contoh. Jadi, pembayaran pinjaman karyawan bisa teratur dengan jelas.

4. Contoh Slip Gaji Freelance

Bukan hanya karyawan biasa saja yang berhak menerima slip gaji. Para pekerja lepas atau freelance juga memiliki hak untuk menerima slip gaji atau bayaran atas pekerjaan mereka.

Begitu pula dengan Anda sebagai pemberi kerja wajib untuk memberikan hak tersebut.  Tidak perlu mencantumkan berbagai komponen dalam slip gaji freelance. Cukup cantumkan nominal pembayaran serta periode atau rincian kerja dari freelancer tersebut.

Baca Juga : Contoh Slip Gaji Excel

Pentingnya Slip Gaji bagi Karyawan

Mungkin bagi Anda yang kini belum memberikan slip gaji kepada karyawan beranggapan bahwa hal tersebut tidak masalah. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pemberian slip gaji kepada karyawan ini adalah wajib secara hukum.

Bahkan, bagi pengusaha yang tidak melakukan kewajibannya akan dikenakan sanksi berupa teguran tertulis. Akan tetapi, memberikan slip gaji kepada karyawan ini bukan hanya untuk memenuhi aturan dari pemerintah semata.

Bagi karyawan, memiliki slip gaji menjadi penting sebagai bukti pendapatannya setiap bulan. Banyak keperluan yang membutuhkan slip gaji dalam persyaratan wajib dokumennya. Apa saja contoh keperluan yang membutuhkan format slip gaji?

1. Untuk KPR Rumah

Setiap karyawan Anda pasti nantinya akan atau ingin membeli rumah suatu saat sebagai salah satu kebutuhan primer.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, sebagian besar orang pasti akan mengambil kredit rumah atau KPR. Salah satu persyaratan wajib adalah menyertakan slip gaji dalam persyaratan dokumen yang dibutuhkan.

Slip gaji ini berfungsi sebagai bukti bahwa debitur atau pembeli memang mampu untuk membayar cicilan rumah. Jadi, sudah menjadi tugas Anda untuk membantu karyawan Anda memenuhi persyaratan tersebut. Anda bisa menggunakan beberapa contoh slip gaji sederhana untuk karyawan Anda.

2. Untuk Angsuran Kendaraan Bermotor

Keperluan lainnya dari slip gaji bagi karyawan yaitu adalah untuk persyaratan dokumen angsuran kendaraan bermotor. Setiap perusahaan otomotif seperti sepeda motor atau mobil biasanya menyediakan layanan berupa angsuran kredit bagi para pembelinya.

Sama halnya dengan rumah, untuk membeli kendaraan bermotor dengan angsuran membutuhkan slip gaji sebagai persyaratannya. Perusahaan butuh untuk memastikan bahwa pembeli memang mampu untuk melakukan pembayaran tiap bulannya. Sehingga, terhindar dari lalai pemenuhan kewajiban.

3. Untuk Bukti Bekerja

Ada beberapa alasan mengapa slip gaji penting untuk bukti pengalaman kerja. Slip gaji membantu memastikan bahwa karyawan menerima semua tunjangan, insentif, dan kompensasi yang seharusnya mereka terima sesuai dengan perjanjian kerja atau kontrak mereka.

Kesimpulan

Penting bagi Anda untuk mengetahui berbagai contoh format slip gaji agar Anda dapat memahami dan nantinya membuat slip gaji karyawan milik usaha Anda sendiri.

Terdapat berbagai contoh format mulai dari slip gaji karyawan sederhana hingga yang lebih lengkap sekalipun. Anda bisa mencontoh atau membuat sendiri format dari slip gaji tersebut.

Bukan hanya karena wajib secara hukum saja, penting bagi Anda untuk memberikan slip gaji kepada karyawan. Slip gaji ini dapat karyawan gunakan untuk berbagai keperluan salah satunya KPR rumah yang mana merupakan salah satu kebutuhan primer.

Perbaharui juga sistem pengelolaan karyawan Anda dengan menggunakan aplikasi absensi online. Banyak kemudahan serta keefektifan dari fitur aplikasi absensi online yang dapat perusahaan Anda rasakan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari