Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Struktur Organisasi Perusahaan: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

Apa saja contoh struktur organisasi perusahaan? jika anda memiliki pertanyaan seperti diatas, maka anda berada dijalur yang tepat. Struktur organisasi perusahaan mempermudah seseorang untuk mengelola bisnisnya. Dari sudut pandang HRD, struktur mempermudah untuk seseorang bekerja sesuai dengan jobdesk dan kemampuan. Struktur organisasi juga mempermudah HRD untuk menentukan besaran gaji yang diterima oleh karyawannya.

Struktur Organisasi juga menunjang kefektivitasan dalam pekerjaan. Memudahkan saling karyawan untuk berkoordinasi dan bekerja sama dalam menentukan solusi sebuah masalah. Para karyawan juga bisa untuk saling berkolaborasi untuk menciptakan inovasi baru guna mengembangkan bisnis perusahaan.

Dijaman yang serba digital, tentu sangat mudah bagi semua orang untuk mulai berbisnis. Dengan bantuan sosial media, semua orang bisa dengan mudah mengekspansi bisnisnya untuk menjadi lebih berkembang. Bisnis yang semula masih dalam ranah kecil pun bisa berkembang sampai bisa mendirikan perusahaan yang besar. Jadi, mari kita pahami apa saja struktur organisasi perusahaan untuk membantu anda mengelola perusahaan yang sedang anda bangun atau sekarang yang sudah anda Kelola. Baca juga Bagaimana Cara Mendirikan PT dan CV, Apa Saja Persyaratannya?

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

struktur organisasi perusahaan

Struktur organisasi perusahaan secara harfiah memiliki pengertian suatu susunan bagan hirarki yang saling menghubungkan antar komponen perusahaan yang berisi pembagian peran dan tugas setiap individu atau sumber daya manusia (SDM) berdasarkan jabatan yang diembannya. Dengan adanya struktur perusahaan, segala sesuatu yang berada dalam bagan tersebut sudah diatur secara rapi dan detail sehingga memudahkan koordinasi antar komponen dan membuat perusahaan semakin berkembang.

Selain itu, Struktur organisasi menurut ahli diartikan sebagai kerangka kerja formal organisasi yang dengan kerangka kerja itu tugas-tugas pekerjaan dibagi-bagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan (Robbins dan Coulter, 2007:284).

Selain mempermudah koordinasi, tujuan dari adanya struktur organisasi karyawan adalah untuk menggali dan menempatkan potensi individu agar berada dijalur yang benar. Maka dari itu al ini memudahkan untuk HRD mengevaluasi setiap karyawan dan memberikan gaji yang sesuai dengan potensi mereka.

Semisal, karyawan A pandai dalam bidang mendesain suatu produk yang diminati banyak konsumen, tapi dia lemah atau tidak tahu cara memasarkan produk tersebut. Sementara karyawan B tidak memiliki skill dalam mendesain sebuah produk yang laku, namun karyawan B memiliki skill yang mumpuni dalam bidang  memasarkan produk kepada konsumen. Jadi dengan adanya struktur organisasi yang jelas, karyawan A dan B dapat berkolaborasi untuk mencapai penjualan yang maksimal dan mereka juga bisa fokus dan memaksimalkan potensi dibidangnya masing-masing tanpa harus memikirkan bidang lainnya karena sudah terorganisir.

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

karyawan di perusahaan

Lantas, apa saja fungsi dari struktur organisasi dalam sebuah perusahaan? Dan seberapa pentingkah adanya struktur organisasi perusahaan? Mari kita simak penjelasannya sebagai berikut:

Mempertegas kedudukan distruktur organisasi perusahaan

Adanya kedudukan dalam perusahaan membuat segala sesuatu lebih tertata dan sistematis. Hal ini juga mempermudah koordinasi antar individu untuk mengambil keputusan. Selain itu hal yang sistematis seperti ini membuat semua pekerjaan sesuai dengan standar. Hal ini juga untuk mempertegas kejelasan tanggung jawab dari setiap individu.

Menjelaskan hubungan hirarki antar komponen perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, bagan hirarki sangat dibutuhkan untuk memperjelas lajur penyelesaian pekerjaan. Hal ini membuat koordinasi menjadi efektif dan efisien.

Mempertegas beban kerja setiap komponen perusahaan

Bagi atasan, fungsi ini berguna untuk mengevaluasi kinerja dari setiap karyawannya. Memastikan setiap sumber daya manusia bekerja sesuai dengan yang seharusnya mereka kerjakan. Ini juga mempermudah karyawan untuk memberikan reward kepada karyawan yang sudah bekerja sesuai standar. Bagi anda yang masih kesulitan membuat slip gaji karyawan bisa baca disini.

Bagi bawahan, fungsi ini menghindarkan mereka dari beban kerja yang berlebihan yang bisa mempengaruhi produktivitas dan membuat bawahan lebih fokus dengan tugas mereka.

Memotivasi karyawan karena ada jenjang karir yang jelas

Dengan adanya struktur organisasi yang jelas dalam sebuah perusahaan akan memotivasi setiap karyawan untuk bekerja lebih giat. Ini memacu karyawan untuk semakin kreatif dan inovatif dengan harapan mereka akan dipromosikan kejenang karir yang lebih tinggi. Dengan meningkatnya motivasi dari sumber daya manusia yang ada, tentu ini akan memberikan keuntungan pada perusahaan.

Menghindari konflik internal dalam perusahaan

Fungsi yang sering diabaikan adalah bahwa struktur organisasi dalam perusahaan bisa meminimalisir bahkan menghindarkan konflik internal dalam perusahaan. Kenapa bisa begitu? Karena seperti beberapa poin diatas, struktur organisasi berfungsi untuk mempermudah koordinasi antar karyawan, memperjelas alur pekerjaan dan memperjelas juga beban kerja setiap karyawan. Tentu ini menjadi hal penting karena konflik internal sekecil apapun dapat merugikan perusahaan.

Contoh Struktur Organisasi Perusahaan

kinerja karyawan

Seperti yang kita ketahui, ada perbedaan antara struktur organisasi perusahaan besar dengan struktur organisasi perusahaan kecil.Selain itu, struktur organisasi perusahaan juga tergantung kepada industri, jenis perusahaan, skala perusahaan dan kebutuhan perusahaan. Sederhananya, bagan organisasi perusahaan diisi oleh dewan direksi yang berada pada posisi paling atas dan seperti tadi dijelaskan diatas memiliki sususan yang berbeda-beda karena menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Hal ini biasanya diatur dalam akta pendirian perusahaan yang sudah diatur saat awal pendirian perusahaan dan berlisensi hukum. Jadi contoh posisi yang ada pada struktur organisasi perusahan adalah sebagai berikut:

Direksi

Direksi merupakan jabatan paling tinggi dibagan hirarki struktur organisasi sebuah perusahaan. Biasanya jajaran direksi diisi oleh direktur utama, wakil direktur utama dan beberapa direktur. Semua ini tergantung dari kebutuhan. Tugas dari direksi adalah menentukan arah perusahaan. Direksi juga harus bisa bertanggung jawab atas keputusan yang akan diambil oleh sebuah perusahaan.

Direktur Utama

Direktur utama bertugas untuk membuat dan mengelola sebuah kebijakan yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan, bertanggung jawab untuk menaikkan pendapatan perusahaan dan bertanggung jawab juga atas semua dewan dan komite eksekutif. Seorang direktur diharuskan untuk kreatif, adaptif dan inovatif agar bisnis yang dijalankan selalu mendapatkan perhatian pasar yang seperti kita tahu pasar selalu berubah setiap tahunnya. Selain itu, direktur juga harus mampu mengkoordinasikan bawahannya agad bekerja sesuai dengan tanggungjawab masing-masing.

Direktur

Jabatan direktur berada dibawah direktur utama. Sebuah perusahaannys biasanys memiliki 3 sampai 6 direktur. Contohnya seperti Direktur Keuangan, Direktur pemasaran, direktur teknologi dan masih banyak lagi. Tugas dari setiap direktur juga berbeda-beda tergantung pada bagian yang dipimpin. Semisal direktur pemasaran bertanggung jawab untuk memasarkan produk perusahaan dan direktur teknologi bertugas untuk mengembangkan teknologi untuk menyokong produktivitas perusahaan. Tapi untuk beberapa perusahaan setiap direktur memiliki tugas yang sama yaitu direktur diperbolehkzn untuk mengangkat dan memberhentikan karyawan

Manajer

Seorang manajer bertugas untuk mengkoordinasikan seluruh sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Seorang manajer harus mampu untuk memberikan pengarahan pada bawahan, membuat keputusan serta mengembangkan potensi dari setiap karyawan guna untuk mengembangkan perusahaan.

Kesimpulan

Struktur organisasi perusahaan merupakan hal yang sangat vital dan perlu direncanakan terlebih dahulu. Terbukti bahwa sebuah struktur yang jelas dan sistematis pasti akan berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah perusahaan. Koordinasi antarindividu pun akan lebih selaras. Untuk lebih menyelaraskan absesnsi perusahaan anda, aplikasi absensi Kerjoo bisa jadi solusi. Daftar sekarang untuk dapatkan gratis trial selama 14 hari.

coba gratis sekarang