Tips Cuti di Akhir Tahun Ala Kerjoo

Untuk bisa mendapat libur atau cuti karyawan pada akhir tahun yang menyenangkan, kita perlu menyiapkan beberapa hal. Pada aplikasi Kerjoo terdapat fitur pengajuan cuti karyawan sehingga memudahkan HR dan perusahaan dalam merencanakan dan mengatur pendistribusian pekerjaan.

Tips Cuti di Akhir Tahun Ala Kerjoo

Tahun 2022 kini telah memasuki bulan kedelapan, perlahan tapi pasti akan segera berakhir meski liburan awal tahun terasa seperti baru terjadi belum lama ini. Semua orang menantikan periode cuti di akhir tahun ini. Liburan semestinya memungkinkan untuk istirahat dan membebaskan pikiran mengenai pekerjaan. Dalam beberapa hari atau beberapa minggu akhirnya kita akan sekali lagi dapat memiliki waktu untuk diri kita sendiri dan melakukan hal-hal yang selama ini hanya menjadi angan-angan karena jadwal pekerjaan yang begitu padat. Untuk bisa mendapat libur atau cuti karyawan pada akhir tahun yang menyenangkan, kita perlu menyiapkan beberapa hal. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai tips cuti di akhir tahun.

Fitur Pengelolaan Cuti Karyawan di Aplikasi Kerjoo

Pada aplikasi Kerjoo terdapat fitur pengajuan cuti karyawan sehingga memudahkan HR dan perusahaan dalam merencanakan dan mengatur pendistribusian pekerjaan kepada karyawan secara efektif, cepat dan tepat. Selain itu, HR juga dapat melakukan penolakan atau menyetujui cuti yang telah diajukan oleh karyawan sehingga semua pekerjaan mampu terselesaikan berkat fitur pengaturan cuti yang terorganisir dan terencana.

Info seputar Fitur Tukar Jadwal Shift Antar Karyawan dapat dilihat melalui link :

Yang Baru: Fitur Tukar Jadwal Shift Antar Karyawan
Adanya fitur tukar jadwal shift bisa mendukung pembagian kerja yang adil dan tetap efisien.
cuti akhir tahun

Tips Cuti di Akhir Tahun Bagi Karyawan

1. Baca Kebijakan dan Aturan Cuti Perusahaan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengajukan cuti yaitu membaca mengenai aturan cuti di perusahaan tempat bekerja. Perhatikan mengenai ketentuan dan syarat penggunaan jatah cuti akhir tahun. Setiap perusahaan memiliki aturan dan syarat cuti yang berbeda. Kemudian, pahami mengenai bagaimana proses dan prosedur pengajuan cuti. Apakah membutuhkan syarat tertulis yaitu surat izin atau tidak. Hal-hal bersifat administratif mengenai syarat pengajuan cuti harus kamu laksanakan sesuai aturan.

Pada aplikasi Kerjoo terdapat fitur cuti karena prioritas Kerjoo dalam hal mewujudkan work life balance. Kerjoo percaya bahwa produktifitas juga memerlukan istirahat sebagai jeda, untuk bisa meningkatkan produktifitas di masa yang akan datang. Perusahaan dapat mengatur batasan waktu cuti dengan cara mengaktifkan pengaturan waktu pengajuan cuti. Hal-hal seperti pengajuan, pencatatan, serta perhitungan cuti karyawan dapat dikelola dengan efektif dan cepat tanpa mengacaukan shifting karyawan. Hal itulah yang membuat pekerjaan tetap dapat berjalan dengan maksimal.

Setelah pengajuan cuti akhir tahun karyawan berhasil disetujui oleh HR dan perusahaan, maka berikut hal-hal di bawah ini dapat membuat liburan menjadi berkesan.

Info seputar Surat Cuti Kerja dapat dilihat melalui link :

Contoh Surat Cuti Kerja Ini Bisa Kamu Gunakan Saat Cuti
Selain mempermudah karyawan, surat cuti kerja juga harus dimengerti oleh HR perusahaan saat dilakukan pengajuan dan alasannya.
cuti akhir tahun

Info lebih lanjut mengenai Cara Pengajuan Cuti dapat dilihat melalui : https://www.topkarir.com/article/detail/cara-yang-baik-dan-benar-saat-meminta-cuti-pada-si-bos

2. Tentukan Destinasi Cuti Akhir Tahun

Tentukan destinasi cuti akhir tahun sebelum bepergian.

Menentukan dan menetapkan tujuan yang ingin dikunjungi merupakan hal yang harus dipersiapkan setelah mendapat cuti akhir tahun. Berada di rumah dengan berkumpul bersama keluarga juga bisa dilakukan, namun memanfaatkan kesempatan libur akhir tahun bisa dipergunakan dengan baik dengan memilih destinasi wisata yang cocok. Memilih tujuan sangat penting, karena memberi kita tujuan yang pasti pada waktu liburan akhir tahun agar tidak membuang-buang waktu. Setelah menentukan tujuan liburan akhir tahun,  maka kita akan dapat membuat perencanaan lebih mudah karena tahu apa yang harus disiapkan dan dibawa.

Info seputar aturan pemerintah mengenai cuti dapat dilihat melalui link :

Tips Cuti Akhir Tahun, Seperti Apa Aturan Pemerintah?
Setelah setahun dilalui, tidak terasa tahun baru sudah di depan mata. Apakah Anda sudah memiliki rencana atau ingin menikmati suasana liburan?
cuti akhir tahun

3. Tentukan Berapa Lama Perjalanan

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk bepergian? Hal ini tergantung berapa lama perjalanan dan juga tempat yang dituju. Tanpa mengetahui berapa lama kita akan pergi, maka sulit untuk menentukan berapa biaya yang dibutuhkan. Maka dari itu, kita perlu mengetahui berapa lama kita akan berada di perjalanan secara keseluruhan. Semakin lama perjalanan, tentunya membutuhkan biaya yang semakin banyak.

4. Tentukan Akan Bepergian dengan Siapa

Tentukan akan bepergian sendiri atau bersama orang lain.

Salah satu keputusan terbesar yang harus dibuat yaitu apakah kamu akan pergi sendiri atau bepergian dengan seseorang. Keduanya adalah pilihan yang bagus. Bepergian sendirian memberi kita kebebasan untuk pergi ke manapun kita inginkan. Sedangkan bepergian dengan seseorang berarti kita memiliki seseorang untuk membantu merencanakan perjalanan bersama. Bersama dengan orang lain akan membuat kita dapat meneliti rencana perjalanan lebih cepat dan kita akan memiliki seseorang untuk menghabiskan waktu bersama di jalan. Ketika bepergian dengan seseorang tentunya akan dibutuhkan lebih banyak biaya, makanan, kegiatan atau akomodasi. Hal itu dapat disesuaikan bersama dengan orang yang bepergian bersama kita.

5. Teliti Biaya yang Dibutuhkan

Jadi setelah mengetahui kemana akan pergi dan berapa lama kita akan berada di sana, untuk benar-benar menentukan berapa banyak uang yang kita butuhkan, tugas kita berikutnya adalah meneliti biaya di tempat tujuan kita dengan gaya perjalanan yang kita inginkan. Apakah kamu ingin backpacking atau lebih memilih menginap di hotel mewah?

Lakukan riset mengenai perkiraan biaya akomodasi selama perjalanan. Hal-hal mengenai harga tiket pulang pergi, tempat penginapan, makanan dan minuman, souvenir serta pastikan menyisihkan budget biaya lain untuk berjaga-jaga.

6. Mulai Menabung Uang

Karena liburan akhir tahun masih sekitar 4 bulan lagi, ada waktu beberapa bulan untuk menabung. Sebelum mulai menabung, kita perlu mengetahui berapa banyak yang pemasukan yang dimiliki dan berapa banyak yang pengeluaran yang dibelanjakan. Mulailah menuliskan semua pengeluaran saat ini sehingga kita dapat menentukan bagaimana membelanjakan uang serta bagaimana kita mengurangi pengeluaran agar dapat ditabung.

Berikut informasi mengenai cara menabung untuk liburan : https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/pl-cara-ampuh-menabung-untuk-mempersiapkan-liburan/135686

7. Carilah Promo Akhir Tahun untuk Menghemat Biaya Liburan

Bepergian di akhir tahun bisa mahal, bertepatan dengan liburan sekolah dan musim perayaan banyak penyedia jasa menaikkan harga penerbangan dan akomodasi. Periksa berbagai agen perjalanan dan maskapai penerbangan agar bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk perjalananmu. Situs-situs penyedia layanan pembelian tiket sangat memungkinkan kita membandingkan harga penerbangan dan juga hotel. Bahkan mereka sering kali memiliki promosi kilat. Sering kali beberapa penawaran di menit-menit terakhir mengadakan potongan harga tiket pesawat dan hotel.

8. Bawa Barang Bawaan Secukupnya

Bagasi pesawat datang dengan harga premium pada sebagian besar maskapai beranggaran rendah, selain itu bepergian dengan koper besar juga bisa merepotkan. Bepergian dengan tas atau koper ringan dapat membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan dan bebas repot.

9. Periksa Dokumen yang Dibutuhkan dalam Perjalanan

Pastikan dokumen-dokumen yang diperlukan siap dan paspor masih berlaku apabila kamu bertujuan wisata ke luar negeri. Warga negara yang berwisata ke luar negeri disarankan agar mendaftarkan perjalanan mereka ke Kementerian Luar Negeri, supaya memungkinkan kementerian agar memberikan bantuan darurat apabila diperlukan.

10. Perhatikan Barang Bawaan Saat Berwisata

Turis sering menjadi sasaran penipuan dan pencurian, tetapi kamu bisa melindungi diri sendiri dan barang-barang dengan cara tetap waspada dan berhati-hati terhadap lingkungan sekitar serta mengamankan barang-barang berharga. Memisahkan sumber uang dan menjaga barang elektronik yang berharga merupakan cara yang tetap untuk memastikan bahwa perjalanan dapat berjalan menyenangkan.

11. Menikmati Tempat Wisata

Menikmati tempat yang dikunjungi untuk melepas penat.

Hal ini mungkin terdengar biasa tetapi banyak juga orang yang terganggu selama waktu liburan mereka karena terbebani akan pikiran yang tidak dapat dipisahkan dari pekerjaan mereka. Nikmati pemandangan, atraksi di tempat wisata atau wahan-wahana seru di tempat wisata yang dikunjungi. Lakukan hal-hal yang membuat tertawa dan juga bahagia. Bersenang-senang dan beristirahat dari rutinitas sehari-hari dapat menjadi obat terbaik untuk stres.

Berikut info mengenai tips supaya dapat cuti dengan tenang : https://www.vice.com/id/article/xgydq3/tips-agar-karyawan-bisa-cuti-tenang-tanpa-diganggu-kantor

Demikian, tips cuti di akhir tahun yang dapat digunakan oleh karyawan agar bisa melepas stress pekerjaan. Selamat mencoba!

tips cuti akhir tahun