Employee Self Service Adalah: Layanan Mandiri Solusi HRD

Employee Self Service adalah sistem layanan mandiri solusi bagi karyawan dan HRD di perusahaan. Dengan adanya ESS, semua pengelolaan hak karyawan menjadi lebih cepat dan mudah.

Employee Self Service

Sebagai seorang HRD, salah satu tugas Anda adalah mengelola semua hak dan kewajiban para karyawan di perusahaan. Tetapi, terkadang pengelolaan seperti absensi, gaji, dan cuti menjadi sulit karena harus melalui beberapa proses yang terkadang rumit. Nah, Employee Self Service adalah solusi bagi HRD untuk mempermudah semua pengelolaan tersebut.

Employee Self Service (ESS) adalah sistem layanan mandiri bagi karyawan untuk pengelolaan hak dan kewajiban. Mulai dari absensi hingga pada perizinan dapat dilakukan oleh karyawan sendiri secara online. Sehingga, pekerjaan HRD terkait absensi, gaji, hingga pengajuan izin menjadi lebih ringan. Nah, hal inilah yang membuat keberadaan ESS di sebuah perusahaan sangatlah penting untuk kelancaran proses administrasi karyawan.

Employee Self Service Adalah

Employee Self Service

Employee Self Service (ESS) adalah sistem yang masih menjadi satu kesatuan dari HRIS atau Human Resource Information System. Lalu, apa yang dimaksud dengan Employee Self Service? Pengertian ESS adalah sistem layanan mandiri bagi karyawan untuk mengakses informasi serta data human resource masing-masing.

Nah, biasanya ESS ini hadir dalam bentuk aplikasi absensi online yang dapat diakses oleh setiap karyawan dengan akun masing-masing. Employee Self Service adalah sistem layanan yang memberikan akses penuh kepada karyawan untuk melihat dan juga memasukkan data human resource masing-masing.

Nantinya, semua data tersebut dapat diakses pula oleh HRD dengan mudah untuk mengelola absensi, penggajian, serta pengajuan perizinan. Nah, melalui ESS ini juga perusahaan dapat memberikan informasi terbaru terkait perusahaan atau karyawan. Yang semakin memudahkan dari Employee Self Service ini adalah aksesnya yang dilakukan secara online. Sehingga, baik karyawan maupun HRD dapat mengakses semua data dan informasi kapanpun dan dimanapun.

Keberadaan Employee Self Service ini sangatlah penting di sebuah perusahaan. Mengapa keberadaan ESS ini sangat penting? Seperti yang dijelaskan di atas, Employee Self Service ini adalah sebuah layanan mandiri bagi karyawan terkait human resource. Nah, dengan menggunakan ESS di perusahaan, karyawan dapat melakukan absensi, mendapatkan slip gaji, dan pengajuan izin dengan mudah.

Tidak perlu waktu yang lama dan proses yang rumit untuk karyawan mendapatkan slip gaji dari tahun berapa pun. Selain itu, pengajuan izin juga dapat dilakukan dengan mudah secara online dan tinggal menunggu untuk diproses. Nah, keberadaan aplikasi ESS ini juga memberikan transparansi terhadap karyawan perihal segala proses human resource. Bukan hanya itu saja, tim HRD pun dimudahkan karena semua data tersebut tersimpan dengan aman dan terorganisir.

Fungsi Employee Self Service

Employee Self Service

Jika melihat dari pengertian Employee Self Service (ESS), maka Anda sudah dapat melihat fungsi dari ESS ini bagi karyawan, tim HRD, dan tentunya perusahaan. Sebetulnya, fungsi dari ESS ini dapat disesuaikan oleh setiap perusahaan. Akan tetapi, terdapat empat fungsi utama dari ESS bagi karyawan dan HRD. Nah, empat fungsi utama Employee Self Service adalah sebagai berikut.

1.   Absensi Online

Fungsi pertama dari aplikasi Employee Self Service (ESS) adalah sebagai aplikasi absensi online bagi karyawan. Nah, sistem ESS ini sebetulnya dapat diakses secara online, baik dari website maupun dari aplikasi. Melalui aplikasi ESS, karyawan dapat melakukan absensi dengan login secara online dimanapun tanpa perlu mengantri di mesin absensi. Nantinya, semua data tersebut akan tersimpan dalam sistem yang dapat diakses pula kembali oleh karyawan maupun HRD.

2.   Pengajuan Izin

Selain melakukan absensi secara online yang mudah, ESS juga dapat digunakan untuk mengajukan izin oleh karyawan. Melalui ESS, karyawan dapat mengajukan izin, baik cuti maupun izin lainnya. Karyawan cukup mengisi data yang diperlukan serta menyertakan file dokumen yang dibutuhkan. Setelah itu, karyawan tinggal menunggu proses perizinan tersebut yang juga dapat dilihat melalui aplikasi ESS secara online.

3.   Slip Gaji

Seperti yang kita semua ketahui, keberadaan slip gaji ini sangatlah penting dan juga personal. Slip gaji menjadi penting bagi karyawan karena keberadaannya dibutuhkan untuk beberapa keperluan seperti pengajuan kredit atau KPR rumah. Nah, melalui ESS ini, setiap karyawan dapat melihat dan menyimpan slip gaji mereka sendiri melalui akun ESS masing-masing. Bahkan, karyawan dapat melihat slip gaji dari awal bekerja hingga yang terbaru sekalipun.

4.   Sarana Informasi

Yang terakhir, HRD dapat menggunakan sistem ESS ini sebagai sarana informasi kepada karyawan. Aksesnya yang dilakukan secara online, membuat informasi ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Sehingga, karyawan yang tidak berada di kantor sekalipun dapat mengetahui informasi terbaru terkait perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu memberitahukan informasi tersebut satu persatu ke setiap divisi. Cukup satu kali kirim, secara otomatis semua karyawan sudah menerima informasi tersebut.

Manfaat Employee Self Service bagi Perusahaan

Employee Self Service

Setelah melihat fungsi ESS, Anda dapat mengetahui bahwa Employee Self Service ini adalah sistem yang sangat bermanfaat dan solusi bagi karyawan dan juga HRD di perusahaan. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan sistem ESS ini dalam pengelolaan human resource. Berikut ini adalah manfaat dari Employee Self Service terhadap karyawan dan HRD di perusahaan.

·         Memudahkan Administrasi

Dengan menggunakan ESS, sudah pasti semua kegiatan administrasi terkait hak karyawan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Karyawan dapat mengajukan sendiri perizinan dan dapat melihat slip gaji melalui akun mereka masing-masing. Hal ini tentu meringankan pekerjaan HRD yang bukan hanya terdiri dari administrasi saja.

·         Data Terorganisir dan Tersimpan dengan Aman

Employee Self Service (ESS) adalah sistem layanan mandiri yang memberikan akses penuh kepada karyawan. Mulai dari absensi hingga pada perizinan dapat dilakukan melalui satu aplikasi ESS saja. Nah, semua data tersebut akan tersimpan aman dalam satu database sehingga lebih terorganisir.

Hal ini tentunya memudahkan tim HRD dalam melakukan pengelolaan data untuk memproses administrasi dan segala urusan human resource. Sehingga, tim HRD juga akan terhindar dari human error dan berkas yang rusak atau hilang saat mengelola semua data tersebut.

·         Menghemat Waktu dan Tenaga

Nah, dari semua fungsi tersebut, tentu saja manfaat lainnya dari penggunaan sistem ESS di sebuah perusahaan adalah dapat menghemat waktu dan tenaga. Dengan semua fitur yang memiliki fungsi terkait absensi, penggajian, perizinan, dan juga informasi sangat memudahkan segala keperluan human resource. Sebagai contoh, saat melakukan absensi, karyawan tidak perlu mengantri di mesin absensi, cukup login akun Employee Self Service (ESS) dan lakukan absensi secara online.

·         Sistem yang Fleksibel terhadap WFH

Manfaat lainnya yang sangat dibutuhkan saat ini adalah aplikasi Employee Self Service (ESS) yang sangat fleksibel terhadap sistem kerja WFH. Saat seorang karyawan mendapatkan jatah WFH, tentunya sistem absensi seperti sidik jari tidak dapat digunakan. Sementara, perusahaan tetap harus memantau apakah karyawan tersebut bekerja sesuai jam kerja atau tidak. Nah, dengan melakukan absensi secara online, karyawan dapat melakukan absensi dimanapun dan kapanpun.

Kesimpulan

Employee Self Service (ESS) adalah solusi tepat bagi perusahaan untuk mempermudah pengelolaan hak karyawan. Dengan menggunakan ESS, perusahaan dapat memberikan akses penuh kepada karyawan untuk mengurus hak mereka sebagai karyawan secara mandiri. Hal ini sangat membantu HRD perusahaan dalam hal administrasi hak karyawan. Tidak membutuhkan proses yang rumit dan lama, cukup login ke ESS dan kelola secara mandiri dan cepat.

Nah, sistem ESS ini juga diterapkan dalam aplikasi absensi online dari Kerjoo, lho. Cukup unduh aplikasi absensi online Kerjoo dan karyawan pun dapat melakukan absensi dan pengajuan izin secara online. Tidak perlu proses yang rumit dan lama untuk mendapatkan hak karyawan. Ada juga fitur lainnya untuk memantau performa karyawan, lho! Segera gunakan Kerjoo untuk pengelolaan karyawan yang lebih efektif dan efisien dengan klik di sini!

Coba Gratis