Tips Mengadakan Farewell Party Agar Berkesan

Farewell party adalah acara yang diadakan dengan tujuan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang meninggalkan organisasi, perusahaan, kelompok, atau komunitas.

Farewell Party

Daftar Isi

Tips farewell party - Mengucapkan selamat tinggal kepada teman untuk memulai babak baru dalam kehitupannya seperti kelulusan, pindah tempat bekerja atau pindah ke tempat yang jauh merupakan sesuatu yang cukup sulit untuk dilakukan.

Namun hal tersebut harus dilakukan untuk membuat kesan yang baik, lalu cara apa yang dapat dilakukan untuk hal tersebut? Tentu saja, yaitu mengadakan farewell party.

Mengadakan farewell party merupakan salah satu cara yang menarik untuk mengucapkan selamat tinggal kepada teman dengan membagikan suatu acara dengan pengalaman yang menyenangkan.

Apa Itu Farewell Party?

Farewell Party

Farewell party adalah acara yang diadakan dengan tujuan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada seseorang yang meninggalkan organisasi, perusahaan, kelompok, atau komunitas.

Kegiatan ini biasanya diadakan untuk merayakan pencapaian seseorang, berterima kasih atas kontribusinya, dan mendoakan yang terbaik untuk usahanya di masa depan.

Farewell party biasanya dapat dilakukan dengan kegiatan seperti pertemuan dan acara makan bersama, bertukar hadiah, serta memberikan kesan dan pesan kepada teman yang akan berpisah.  

Acara mungkin diadakan di restoran, di ruang konferensi, atau di rumah seseorang. Tujuan utama pesta perpisahan adalah untuk merayakan dan melepas orang tersebut dengan cara yang positif dan bermakna.

Acaea pesta perpisahan ini biasanya diadakan karena beberapa hal, seperti:

  • Seorang rekan kerja resign atau habis kontraknya
  • Seorang siswa lulus dari sekolah
  • Anggota komunitas atau organisasi yang pindah
  • Seorang anggota militer yang dikerahkan atau kembali ke rumah

Beberapa hal yang sering ditemukan pada farewell party meliputi:

  • Makanan dan minuman : Makanan dan minuman dapat berupa apa saja mulai dari acara sederhana hingga jamuan makan malam formal.
  • Pidato : Pidato dilakukan dengan teman, keluarga, atau kolega mengungkapkan penghargaan mereka untuk penerima penghargaan.
  • Hadiah atau kartu pesan : sering diberikan kepada orang yang keluar sebagai kenang-kenangan saat mereka bersama kelompok.
  • Hiburan : seperti musik, game, atau stan foto untuk menciptakan kenangan.
  • Tayangan slide atau lembar memo : yang dapat menjadi cara yang bagus untuk mengenang pengalaman masa lalu dan kenangan bersama.

Cara terbaik untuk merencanakan farewell party adalah dengan mempertimbangkan orang yang Anda rayakan, minat dan preferensi mereka, serta ukuran dan jenis kelompok yang akan hadir.

Penting untuk memastikan bahwa penerima penghargaan merasa terhormat, dihargai, dan dirayakan di pesta tersebut.

Hal-hal berikut ini akan memberikan beberapa ide yang dapat membantu apabila akan merencanakan farewell party yang akan selalu diingat semua orang.

1. Tentukan tema acara

Tips Mengadakan Farewell Party

Tema cenderung menjadi pilihan yang cukup mudah untuk farewell party. Mengetahui alasan kepergian teman adalah langkah pertama untuk membantu untuk memutuskan pesta seperti apa yang diinginkan untuk mereka.

Misalnya, jika orang tersebut pergi karena sudah pensiun, perpisahan harus lebih bertema pensiun. Jika mereka pergi karena berpindah tempat kerja, farewell party akan diadakan dengan sesuatu yang berbeda.

Selanjutnya kamu dapat memilih tema yang sesuai dengan mengambil inspirasi dari situasi, karier, atau tujuan tertentu. Sebagai alternatif, kamu dapat memilih tema yang lebih acak yang merayakan hasrat individu tersebut seperti peta dan pesawat terbang untuk tema perjalanan.

Pilihan tema yang paling mencerminkan kepribadian individu, karena inti dari perayaan ini adalah untuk menunjukkan betapa berartinya mereka!

2. Pilih tempat yang sesuai

Setelah Anda memutuskan temanya, cari di mana pesta akan berlangsung. Sekarang, tidak perlu ribet memilih tempat untuk acara farewell party. Pilihan tempat Anda akan bergantung pada banyak faktor.

Anda perlu mempertimbangkan kenyamanan lokasi mana pun. Pastikan bahwa lokasi tersebut memiliki kapasitas yang sesuai untuk melayani nomor Anda dengan nyaman.

Tempatnya bisa sederhana seperti di rumah yang mana dapat mengumpulkan semua orang-orang terkasih. Kemudian untuk acara akhir pekan yang lebih lama; cari tempat yang bagus dengan akomodasi yang memadai untuk rombongan.

Misalnya rumah yang besar, di mana Anda dapat menikmati lingkungan yang mewah dan intim dengan fasilitas yang lengkap.

Apakah Anda merencanakan acara malam hari atau perayaan yang diperpanjang, pastikan untuk memilih tempat dengan banyak tempat parkir untuk semua tamu Anda.

Selanjutnya, siapkan daftar tamu dan kirimkan undangan. Anda mungkin ingin melakukan ini terlebih dahulu karena tamu memerlukan waktu untuk mempersiapkan pesta.

3. Keluarkan undangan lebih awal

Pastikan untuk menyiapkan undangan pesta pada jauh-jauh hari, karena ini akan memastikan bahwa sebagian besar dari mereka yang diundang akan tersedia untuk hadir.

Undangan fisik yang dirancang dengan baik selalu menyenangkan untuk diterima, namun Anda dapat mempertimbangkan untuk mengirimkan undangan digital dan Anda juga dapat mencadangkannya dengan membuat undangan di sosial media.

4. Dekorasi tempat

Hiasi tempat Anda dengan memilih berbagai barang yang melengkapi tema Anda. Koordinasi ini akan membantu menyatukan seluruh tampilan acara, menciptakan latar belakang yang terlihat profesional dan sangat cantik untuk farewell party Anda.

Apabila ingin menjadikan ini sepribadi mungkin bagi bintang pesta, jadi cari cara untuk memasukkan kisah masa lalu, sekarang, dan masa depan mereka untuk sentuhan yang benar-benar pribadi.

5. Mempersiapkan jamuan pesta

Merencanakan dan membuat makanan sendiri kemungkinan besar akan mencegah mereka yang bertanggung jawab atas pengaturan pesta untuk dapat bersantai dan menikmati semuanya sendiri.

Namun untuk membuat sedikit kejutan dapat dilakukan seperti menyewa tim profesional untuk memasak atau mendatangkan mobil berisi makanan seperti keripik tiba-tiba muncul.

Ambil inspirasi dari makanan favorit individu, atau masakan di tempat tujuan mereka pindah. Sebagai alternatif, juga dapat memberi mereka pengingat abadi tentang sajian favorit untuk membuat mereka mengingat sesuatu yang sangat dirindukan begitu mereka pindah.

6. Memberikan hadiah

Tidak ada cara yang lebih baik untuk membuat rekan anda merasa dicintai selain dengan membelikan mereka hadiah selamat tinggal yang bermanfaat. Hadiah untuk orang yang akan pergi akan sangat membantu mereka untuk selalu mengingat Anda.

Misalnya, jika mereka pindah ke tempat baru, mereka akan menyukai hadiah yang berguna untuk tempat baru mereka.

7. Membuat acara special untuk tamu kehormatan

Tips Mengadakan Farewell Party

Buatlah acara spesial untuk tamu kehormatan, gunakan keterampilan kreatif grup Anda untuk menghasilkan karya yang pas! Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghibur semua peserta, terutama saat sandiwara disuntikkan dengan anekdot dan humor pribadi.

Titik awal yang bagus adalah memulai dengan lagu, cerita, atau puisi terkenal, memasukkan kontenmu sendiri untuk mempersonalisasi dan menghibur.

8. Rayakan cerita dan memberikan kesan pesan

Undang semua tamu untuk menyumbangkan sesuatu yang pribadi secara tertulis dan gunakan konten ini untuk membuat hadiah perpisahan yang sangat istimewa bagi orang yang akan pergi.

Ini bisa sesederhana meminta semua tamu untuk melengkapi kalimat pendek, seperti; “Hal yang paling saya rindukan adalah…”, paragraf pendek yang menceritakan bagaimana tamu tersebut bertemu dengan tamu kehormatan, atau ajakan untuk mengungkapkan kenangan lucu.

Demikian beberapa hal yang bisa dicoba agar farewell party yang diadakan lebih berkesan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari