Fasilitas Karyawan WFH untuk Menunjang Kinerja. Apa Saja?

Fasilitas Karyawan WFH untuk Menunjang Kinerja. Apa Saja?

Bekerja jarak jauh sudah menjadi bagian dari gaya hidup, khususnya setahun terakhir. Meskipun hal ini bukan sesuatu yang baru, tapi sebagian orang masih perlu adaptasi pada awalnya. Seiring waktu, karyawan dari berbagai sektor industri bisa bekerja jarak jauh. Khususnya untuk perusahaan yang menerapkan sistem WFH. Antara bekerja di kantor pada umumnya, fasilitas yang dibutuhkan berbeda. Lalu apa saja fasilitas karyawan WFH untuk menunjang kinerja?

Fasilitas Karyawan WFH dan Kerja di Kantor

Selain gaji dan tunjangan, setiap perusahaan memiliki berbagai fasilitas lainnya. Hal tersebut menjadi suatu dukungan dari perusahaan untuk timnya. Saat kerja di kantor, umumnya perusahaan memberikan fasilitas seperti akses internet gratis, komputer, meja, kursi, air minum dan snack gratis, sampai perlindungan kesehatan. Dengan segala fasilitas yang diberikan, perusahaan mendorong karyawan untuk produktif dan lebih mudah dalam bekerja.

Saat kerja jarak jauh, maka karyawan tidak dapat mengakses semua fasilitas yang biasa didapat di kantor. Jika biasanya di kantor memakai komputer dari kantor, setelah WFH memakai laptop milik sendiri. Itu adalah salah satu contohnya. Kemudian soal ruang kerja ber-AC yang nyaman. Sebagian karyawan harus beradaptasi untuk tetap produktif dengan apapun yang ada di rumah. Hal itu tentu berpengaruh ke performa atau kinerja karyawan. Memang perlu diakui jika fasilitas berperan penting dalam mendukung performa, termasuk fasilitas karyawan WFH.

Sebelum memberi fasilitas, perusahaan dapat memecahkan masalah sejak awal dengan menawarkan pilihan lokasi tempat kerja yang berbeda. Tujuan utamanya adalah menghindari terjadinya masalah baru. Kenyataannya, sebagian perusahaan tidak dalam kondisi yang baik, apalagi pada saat pandemi. Tapi pekerjaan harus tetap dilaksanakan dan fasilitas tetap menjadi hak karyawan. Apa saja fasilitas karyawan WFH yang harus diberikan?

Apakah Perusahaan Wajib Memberikan Fasilitas Karyawan WFH?

Sebelum menentukan tentang fasilitas yang harus diberikan, ada baiknya untuk memahami apakah perusahaan wajib memberikan fasilitas saat WFH. Dalam hal ini adalah peralatan seperti laptop atau komputer yang karyawan sudah memilikinya sendiri. WFH telah diakui efektivitasnya dan juga sah menurut aturan negara.

WFH saat pandemi ada kaitannya dengan Pasal 86 ayat 1A Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Sudah disebutkan di sana bahwa pekerja atau karyawan berhak mendapatkan perlindungan, keselamatan, dan kesehatan dalam bekerja. Karena memang WFH bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan, maka fasilitas karyawan WFH harus terkait dengan hal itu. Jika pertanyaannya apakah perusahaan wajib, maka hal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi masing-masing perusahaan.

fasilitas karyawan WFH

Apa Saja Fasilitas Karyawan WFH?

1. Laptop atau Komputer

Membahas tentang fasilitas kerja, hal itu selalu dibutuhkan sebelum dan sesudah pandemi melanda dunia. Pandemi berskala besar memang memaksa pengusaha membuat pengaturan kerja yang lebih aman. Untuk sektor tertentu, kerja dari rumah menjadi wajib. Hampir semua sektor perusahaan yang melaksanakan WFH tentu saja membutuhkan teknologi penunjang seperti laptop atau komputer dan smartphone yang terhubung dengan internet. Antara perusahaan dan karyawan bisa berdiskusi tentang hal ini. Jika karyawan memiliki laptop sendiri dan bersedia menggunakannya untuk bekerja, hal itu bisa disepakati bersama.

2. Upah Lembur

Ada kalanya karyawan yang WFH bekerja dalam waktu yang lebih dari jam kerja normal. Misalnya ketika karyawan dipanggil karena ada pekerjaannya pada malam hari atau ketika libur akhir pekan. Satu yang penting dan harus dipahami adalah tidak semestinya karyawan bekerja sepanjang hari. Walaupun jam kerjanya fleksibel dan tidak terikat tempat dan waktu. Jam kerja 7 atau 8 jam tetap berlaku. Bila ada waktu kerja yang berlebih dari karyawan maka wajib untuk dihitung sebagai lembur dan upahnya wajib dibayar.

3. Aplikasi Absensi

Bagi sebagian orang, bekerja di masa pandemi memang menuntut adaptasi beberapa hal. Banyak aspek bisa diselesaikan dari rumah walau tidak ke kantor. Begitu juga perusahaan yang menyediakan kemudahan berupa fasilitas karyawan WFH. Momen seperti itu memerlukan teknologi untuk memudahkan pekerjaan, misalnya absensi online dan laporan kerja untuk supervisor. Sekarang kita mudah memakai teknologi yang canggih, perangkat-perangkat untuk pendukung tugas kantor, atau software yang juga mempermudah tugas. Dengan layanan yang cepat, efisien, dan mudah. Dalam bidang HR, perusahaan bisa memberi fasilitas aplikasi absensi online kerjoo untuk karyawan.

4. Tunjangan Internet

Selain teknologi laptop, tentunya karyawan juga perlu kuota internet tambahan. Yang biasanya sudah tersedia secara gratis di kantor, kini semuanya memakai kuota. Untuk menggantikan Wi-Fi kantor, karyawan WFH perlu membeli lebih banyak kuota atau bahkan memasang Wi-Fi di rumah. Ketika perusahaan memiliki budget untuk itu, bisa juga menambahkannya ke dalam fasilitas karyawan WFH agar lebih maksimal produktivitasnya. Tunjangan internet juga berlaku untuk memberi akses kepada hiburan, misalnya layanan streaming film, musik, atau podcast agar karyawan tetap bahagia.

fasilitas karyawan WFH

5. Fasilitas Tambahan

Setiap peraturan standar yang sudah disahkan pemerintah, di dalamnya memang wajib dipatuhi perusahaan. Tapi perusahaan masih memiliki kebijakan internal untuk diterapkan sesuai SOP. Termasuk jika keputusan untuk WFH yang berlaku seterusnya. Bisa dimaklumi jika karyawan membutuhkan ruang kerja khusus di rumahnya yang tidak terdistraksi. Ruangan kerjanya dibuat ideal, misalnya ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, ada kursi ergonomis, penyangga laptop, dan lain-lain. Jika memungkinkan, hal ini bisa dipertimbangkan dengan perusahaan. Fasilitas tambahan lainnya bisa berupa tunjangan untuk menjaga kesehatan, misalnya akses untuk pengobatan gratis. Dalam hal ini termasuk fasilitas untuk konseling online jika dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mental.

Kesimpulan

Bekerja dalam bidang apapun tentu saja membutuhkan penunjang yang sesuai standar. Bukan hanya agar pekerjaan tetap terlaksana dengan baik, tapi juga menjaga kesehatan bersama. Dalam hal ini, kesehatan adalah kesehatan fisik dan mental. Kesehatan fisik meliputi perlindungan dari risiko terkenna virus, sedangkan mental bisa berupa layanan konseling. Semua fasilitas diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

Karena antara perusahaan dan karyawan saling membutuhkan, maka penting sekali untuk memahami kondisi. Misalnya tentang kemungkinan WFH yang akan diperpanjang setelah pandemi. Fasilitas karyawan WFH tentu bisa mendukung produktivitas dan efisiensi perusahaan. Sistem bekerja WFH dan jam kerja yang fleksibel menjadi salah satu pilihan terbaik di masa pandemi karena dapat mengurangi interaksi manusia di tempat umum. Saat koordinasi kerja bisa dilaksanakan dari jauh, maka semuanya bisa dibuat lebih praktis. Meski kenyataannya masih terjadi beberapa tantangan, misalnya terkait kedisiplinan karyawan. Aplikasi absensi Kerjoo.com siap untuk memudahkan perusahaan Anda untuk mengelola data karyawan dengan banyak kelebihan yang dibutuhkan HRD. Hubungi kami untuk mendapat informasi lebih lanjut.

daftar aplikasi absensi kerjoo