Agar Suasana Kerja Lebih Seru, Coba Game Ice Breaking

Artikel kali ini membahas tentang contoh game ice breaking yang banyak manfaatnya untuk pekerjaan

Agar Suasana Kerja Lebih Seru, Coba Game Ice Breaking

Setiap organisasi setiap harinya akan selalu ada kesibukan, banyak kegiatan sampai ketegangan. Begitu juga pekerjaan kantoran yang banyak target. Meskipun sudah sangat bersemangat, kemungkinan untuk jenuh atau mengalami burnout pasti ada. Demi mengatasi kejenuhan dan mengembalikan energi, apa yang harus dilakukan? Begitu juga untuk pikiran agar jadi lebih fresh, ada beberapa hal yang harus dicoba, misalnya game ice breaking.

Game Ice Breaking Bisa Mencairkan Suasana

Apakah Anda pernah mendengar istilah ice breaking? Saat membaca ini kemungkinan besar Anda memang sedang mencari inspirasi untuk mencairkan suasana. Mungkin Anda sudah sering mendengar sebutan ice breaking dari seminar, workshop, atau justru saat belajar di sekolah.

Memang jika kalimat ini diartikan secara langsung artinya adalah 'pemecah es'. Tapi pada intinya jika kita membahas ide game ice breaking artinya bertujuan untuk mengatasi kejenuhan atau ketegangan. Beberapa aktivitas yang bisa dicoba antara lain yaitu kuis tebak kata, jargon tim, tebak gambar logo, dan masih banyak lagi.

Dalam organisasi kerja seperti perkantoran seringkali butuh game ice breaking dalam momen-momen tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk menambah keakraban karyawan dan mengatasi stress dalam pekerjaan.

Ada Beberapa Pilihan Game Ice Breaking yang Menarik

Pada umumnya jam kerja di perkantoran dimulai sejak jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Saat jam kantor seperti biasa, ice breaking bisa dilakukan pada waktu istirahat jam 12 siang atau sesudah makan siang. Dengan selingan yang menyenangkan, maka pekerjaan selanjutnya akan terasa lebih ringan.

game ice breaking
game ice breaking

Contoh Ice Breaking di Kantor dan WFH

1. Main Sambung Kata

Permainan ini perlu dilakukan bersama satu pemandu yang membagi pesertanya ke dalam 2 kelompok berhadapan. Pemandu menyiapkan kalimat yang sudah dibuat penggalannya. Contohnya adalah kalimat 'soto ayam' dipenggal jadi so-to-a-yam. Bagaimana cara main game ice breaking tebak kata seperti ini? Caranya mudah saja. Setiap kelompok dapat giliran menebak.

Kelompok yang pertama kali bertugas menyampaikan penggalan suku kata pertama. Setelah itu kelompok lawan yang menebak diberi kesempatan 2 kali untuk menebak lanjutannya. Pilihan kata dan jumlah kelompok bisa disesuaikan dengan kreativitas masing-masing. Tujuannya adalah menambah kekompakan.

2. Menyebut Nama Benda atau Objek

Permainan ini membutuhkan kerjasama peserta dan pemandu. Para peserta terlebih dahulu membuat formasi lingkaran. Pemandu posisinya di tengah lingkaran dan mulai meminta para peserta menyebut nama benda/objek seperti peralatan tapi dari huruf akhirannya saja.

Contohnya adalah ketika pemandu menyebut sendok, peserta yang ditunjuk menyebut peralatan sesuai huruf akhir sendok. Huruf terakhir dari kata sendok yaitu k, maka peserta menyebut alat/benda berawalan k, seperti kotak, komputer, kawat, dll. Daftar katanya bisa ditentukan oleh pemandu, sedangkan peserta menebak-nebak. Begitulah seterusnya, jika peserta tidak bisa menebak kata yang disediakan pemandu, berarti dia gugur dari permainan.

Bukan hanya menumbuhkan semangat saat di kantor, tapi juga saat bekerja dari rumah. Sebelum-sebelumnya mungkin Anda tidak terlalu memikirkan pentingnya game ice breaking saat bekerja. Tapi, kondisinya tidak sama lagi ketika pandemi Covid-19 terjadi.

Bekerja jarak jauh tanpa interaksi sosial secara langsung bisa memicu perasaan jenuh. Saat kesibukan karyawan lebih banyak WFH, ice breaking juga bisa dilakukan secara online. Contohnya adalah sebagai berikut;

3. Tebak Lagu

Dibandingkan yang sebelumnya, tebak lagu mungkin terkesan lebih mudah dan menyenangkan. Cara memainkan game ice breaking untuk WFH ini juga lebih fleksibel. Tidak perlu banyak peserta, cukup 2-3 orang/tim sudah bisa bermain. Clue tebakannya bisa bervariasi misalnya diawali lirik, intro, reff, atau ciri-ciri penyanyinya.

4. Tebak Gambar

Game selanjutnya adalah tebak gambar atau puzzle. Asal koneksi internet lancar dan laptop tersedia, maka tebak gambar mudah dilakukan. Aktivitas ini bisa dilakukan setelah meeting online, saat istirahat, training online, atau momen lain yang ditentukan tim.

game ice breaking
Game ice breaking

Apa Saja Manfaat Ice Breaking di Kantor?

Melakukan kegiatan game ice breaking di sela waktu kerja memiliki banyak manfaat, di antaranya:

1. Memunculkan Banyak Ide Kreatif

Seperti yang kita ketahui, ide kreatif sering muncul di saat menjelang deadline atau justru di saat sedang santai. Yang pasti, untuk menjadi kreatif, otak perlu stimulus. Meski terlihat sederhana, game bisa menjadi stimulus yang efektif. Selain kreativitas, dalam suatu game sebenarnya juga melatih pemikiran kritis dan sistematis untuk menyelesaikan masalah

2. Meningkatkan Kinerja Tim

Untuk meningkatkan kinerja karyawan bisa melalui beberapa strategi. Bukan hanya memberi pekerjaan, tapi juga kesempatan mengeksplorasi banyak hal. Ketika ice breaking dilakukan secara berkelompok, kinerja tim bisa berangsur meningkat. Anda hanya tinggal mencoba cara mana yang akan berhasil.

3. Membiasakan Karyawan Saling Berinteraksi

Dalam melaksanakan game ice breaking bersama tim, pasti akan ada komunikasi. Bukan hanya demi suksesnya permainan, tapi juga ada hal yang lebih penting dari itu. Adanya interaksi dalam suasana santai akan memberi banyak manfaat secara psikologis di tempat kerja.

4. Menambah Rasa Percaya Diri

Tidak perlu diragukan lagi tentang pentingnya rasa percaya diri. Sering kali rasa percaya diri harus dilatih dengan sengaja, khususnya dalam bekerja. Apalagi jika pekerjaannya menantang dan sering bertemu hal baru yang mau tidak mau dihadapi. Simulasi strategi dalam bermain ice breaking bisa melatih pikiran untuk lebih percaya diri.

5. Agar Tim Terbiasa Bekerja secara Strategis

Kemampuan berpikir dan bekerja strategis akan membantu setiap orang untuk menghadapi banyak situasi. Bukan hanya saat ini tapi juga jangka panjang. Ini akan berguna jika pekerjaan yang dijalani membutuhkan kreativitas dan inovasi.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Ada kalanya manusia mengalami kondisi yang naik turun dalam hal konsentrasi. Untuk bisa lebih berkonsentrasi, latihannya bisa diterapkan dengan beberapa hal. Salah satunya adalah game yang mengasah otak.

7. Membentuk Karakter Kepemimpinan

Pada poin sebelumnya sudah kita sebut manfaat ice breaking untuk mencairkan suasana di sela-sela pekerjaan. Bukan hanya demi pekerjaan secara teknis tapi juga akan sangat penting untuk membentuk karakter kepemimpinan dalam tim.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang game ice breakingyang berguna di dalam lingkup pekerjaan. Game seru apa yang dipilih itu bebas, yang penting tim bisa mengikuti. Waktu pelaksanaan bisa disesuaikan misalnya pada saat ada WFO atau WFH. Kegiatan ini juga secara khusus dilakukan pada saat training karyawan. Meskipun terlihat sederhana, tapi manfaatnya akan terasa bagi tim.

Aktivitas seperti ini adalah salah satu yang menjadikan tim Anda tetap kreatif dan inovatif tanpa membebani. Lalu bagaimana untuk perusahaan yang inovatif? Hal ini juga bisa dilihat dari sistem yang digunakan sehari-hari. Contohnya adalah penggunaan aplikasi absensi online. Perusahaan bisa menggunakan Kerjoo untuk pengelolaan karyawan yang lebih mudah.

coba gratis