Bagaimana Peran HR Consultant Bisa Membantu Perusahaan Anda?

Keberadaan HR consultant adalah sesuatu yang berdampak besar kepada tim Anda

Bagaimana Peran HR Consultant Bisa Membantu Perusahaan Anda?

Ada banyak cara untuk meningkatkan SDM di perusahaan atau bisnis. Tahukah Anda tentang peran konsultan HR di perusahaan? Peran HR consultant adalah sesuatu yang berdampak besar ke banyak hal, khususnya terkait pengelolaan tim yang lebih baik.

Tapi, Anda mungkin masih bertanya-tanya mengapa perusahaan membutuhkan jasa HR consultant? Ada beberapa alasan yang mendukung hal ini. Untuk itu, kita akan membahasnya satu per satu pada artikel kali ini.

Peran HR Consultant Adalah

Sederhananya, HR consultant adalah seorang profesional yang berasal dari luar bisnis atau organisasi dengan tugas untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan terkait sumber daya manusia. Seringkali mereka diberi amanah untuk memberikan solusi dan rekomendasi terbaik kepada tim manajemen.

Beberapa tugas yang biasanya diselesaikan oleh manajer SDM di tim Anda sendiri, ternyata akan lebih efektif jika konsultan HR yang melakukannya. Pilihan strategis ini akan terasa dampaknya, khususnya ketika bisnis sedang menjalankan proyek atau menerapkan inisiatif baru.

Tugas HR consultant adalah memberi perspektif baru kepada manajemen internal perusahaan. Memang mereka tidak secara langsung berfokus ke aktivitas sehari-hari, tapi fokus mereka adalah memastikan perbaikan pada mesin bisnis.

Pihak yang bertanggung jawab melakukan perubahan atau perbaikan internal tetaplah perusahaan masing-masing. Proses pelaksanaannya tidak secara instan, tapi konsultan dan internal perusahaan bekerjasama menyelesaikan masalah yang ada.

Sebagai profesional eksternal, konsultan HR umumnya bekerja dengan kontrak oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan SDM atau mendukung departemen SDM. Oleh karena itu, tugas pekerjaan konsultan SDM akan tergantung pada sektor spesialis mereka, dan persyaratan individu masing-masing perusahaan.

Peran HR Consultant

Apa Saja Tugas HR Consultant?

Seberapa penting peranaan HR consultant di perusahaan Anda? Lalu apakah perusahaan Anda saat ini membutuhkan bantuan konsultan? Pertanyaan ini harus terjawab sebelum memutuskan untuk bekerjasama dengan mereka.

Karena itu, pahami dulu apa saja tugas dari HR consultant.

1. Analisis dan Evaluasi Departemen

Konsultan SDM terkadang diminta untuk melakukan audit atau analisis terperinci dari prosedur dan kebijakan departemen. Proses kerjanya melibatkan pengumpulan informasi dan penyampaiannya dalam bentuk laporan dengan usulan perbaikan dan rekomendasi tentang cara menyempurnakan sistem SDM organisasi.

2. Memastikan Kebijakan Perusahaan Sejalan dengan Undang-undang

Mematuhi undang-undang ketenagakerjaan bisa jadi hal sulit, terutama untuk perusahaan atau bisnis baru. Pendiri perusahaan dan manajemen internal belum tentu semuanya memahami tentang Undang-undang ketenagakerjaan dan Peraturan Pemerintah terkait tenaga kerja. Peran HR consultant adalah memastikan program dan sistem perusahaan sejalan dengan aturan dan peraturan yang telah ditetapkan dan undang-undang saat ini.

3. Rekrutmen

Terkadang perusahaan perlu merekrut untuk peran yang sangat spesifik atau mungkin memiliki kebutuhan perekrutan yang mendesak karena pertumbuhan yang cepat. Dalam kasus ini, perekrutan outsourcing ke konsultan spesialis seringkali dapat mencapai hasil yang lebih baik dan lebih cepat.

4. Perangkat Lunak dan Sistem IT

Konsultan HR bisa menyarankan penerapan perangkat lunak SDM atau sistem TI tertentu sebagai bagian dari rekomendasi mereka untuk perbaikan. Mereka akan sering bekerja bersama perusahaan selama proses implementasi dan membantu melatih staf tentang hal-hal baru.

5. Merancang Pelatihan

Tugas HR consultant selanjutnya adalah merancang dan menyajikan program pelatihan. Fokus pelatihan dalam hal ini adalah tentang prosedur atau inovasi sumber daya manusia, seperti kesehatan dan keselamatan, perangkat lunak dan juga termasuk pemilihan aplikasi HR.

6. Pemantauan

Seperti yang Anda ketahui, tanggung jawab HR consultant tidak bersifat permanen. Tapi, peran konsultan tidak berhenti begitu mereka mengajukan proposal dan meninggalkan gedung. Sebaliknya, penting untuk menindaklanjuti dan mengevaluasi setiap perubahan yang telah diperkenalkan dalam organisasi. Dengan cara ini, mereka akan dapat membuat perubahan yang konkret untuk memastikan tujuan tercapai.

HR consultant

Peran HR Consultant untuk Bisnis Anda

HR consultant bisa menjadi bagian penting bagi semua jenis bisnis. Dengan keahlian dan pemahaman mereka tentang cara kerja departemen SDM, mereka dapat memberi masukan tentang banyak bidang yang berbeda. Dalam jangka panjang, mereka akan membantu organisasi beroperasi dengan potensi penuh. Lalu, apakah perusahaan Anda membutuhkan HR consultant? Coba perhatikan apakah

1. Agar Tim Tidak Kewalahan karena Penambahan SDM

Pemilik bisnis kecil hingga menengah kadang tidak punya waktu untuk menangani tugas SDM sehari-hari. Konsultan SDM dapat meringankan beban tim untuk memaksimalkan fungsi SDM yang benar-benar Anda butuhkan. Pengalaman HR consultant akan menjadi perspektif yang bermanfaat. Bahkan pilihan tersebut lebih menguntungkan daripada membayar gaji tim penuh waktu.

2. Memperkuat Budaya Kerja

HR consultant adalah seorang profesional yang berpengalaman dengan berbagai industri. Bagaimanapun metode konsultasi yang ditawarkan, pastikan bahwa itu sesuai dengan budaya kerja di tempat Anda. Dengan demikian, berlangsungnya kerjasama juga akan lebih kondusif.

3. Membangun Fungsi SDM

Peran konsultan untuk bisnis Anda akan mendukung fungsi manajerial yang sudah ada. Begitu juga dengan konsultan HR untuk membangun fungsi SDM Anda dari awal atau menyempurnakan proses yang sudah ada untuk skala yang lebih besar. Bergantung pada tujuan Anda, Anda akan memiliki beberapa opsi untuk memilih perusahaan atau perusahaan konsultan untuk bekerjasama.

4. Mencoba Pendekatan Baru dalam Leadership

Salah satu masalah internal SDM yang penting untuk dikelola misalnya peningkatan leadership atau kepemimpinan. Bagaimanapun, kemajuan bisnis Anda akan bergantung seberapa efektif leadership yang diterapkan. Karena konsultan HR juga berkaitan dengan kegiatan merancang pelatihan, maka inilah momen yang tepat untuk menemukan pendekatan baru dalam leadership.

Saat mencari perusahaan SDM untuk membantu SDM perusahaan Anda, pastikan Anda memeriksa semua pilihan secara menyeluruh. Selain memilih latar belakang dan pengalaman, pilihlah seorang konsultan yang mudah berinteraksi. Selain cocok dengan budaya perusahaan, mereka pun bisa menawarkan bantuan lebih lanjut.

Jika Anda serius ingin mengembangkan bisnis dan menciptakan proses yang terukur, kenali latar belakang HR consultant dan perusahaan konsultan SDM yang bersangkutan.

Sebuah perusahaan konsultan terpercaya memandang SDM bukan hanya tentang gaji dan tunjangan, tetapi juga mengembangkan pendekatan strategis untuk manajemen SDM. Jadi, perubahan jangka panjang yang berkelanjutan menjadi lebih baik di organisasi Anda.

Kesimpulan

Konsultan HR yang bekerjasama dengan Anda dapat membawa perspektif baru ke organisasi Anda. Berbagai peluang dan kesempatan bisa muncul untuk segera direalisasikan. Mereka mungkin juga bisa merekomendasikan beberapa inovasi HR di era digital. Bukan hanya fokus ke sesuatu yang normatif, HR consultant adalah orang yang banyak memiliki pengalaman tentang solusi HR yang lebih optimal.  

Sudah waktunya perusahaan Anda memastikan apakah kinerja SDM selama ini sudah cukup maksimal. Selain konsultan, dukungan dari aplikasi HR pun selalu ada untuk Anda dengan layanan berbasis teknologi terkini. Dengan aplikasi HR Kerjoo untuk absensi karyawan, maka ke depannya Anda akan semakin bergerak efisien.

Peran HR Consultant