HR Startup dan Corporate, Apa Beda Antar Keduanya?

HR Startup dan Corporate, Apa Beda Antar Keduanya?
HR Startup dan Corporate, Apa Beda Antar Keduanya?

Daftar Isi

Tahukah Anda, apa perbedaan HR pada perusahaan startup dan corporate? Perbincangan tentang hal ini tentunya masih banyak didebatkan dalam masyarakat, terutama bagi kalangan karyawan yang bekerja di suatu perusahaan.

Kondisi lapangan kerja sekarang ini semakin hari semakin beragam, di mana para milenial yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif mulai banyak menciptakan lapangan kerja.

Tidak Lepas dari Milenial yang Kreatif dan Inovatif

Dengan lahirnya generasi milenial yang berkarakter keatif dan inovatif seperti yang sudah disebutkan di atas, maka muncullah berbagai perusahaan startup yang bergelut pada bidangnya.

Hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat dengan sistem kerja yang baru. Sebagaian masyarakat beranggapan dan berpendapat bahwasanya pekerjaan HR di startup lebih santai daripada HR di corporate.

Anggapan tersebut muncul karena HR di corporate dinailai masih terikat birokrasi, atau dalam kata lain masih kaku dan harus terpatri dengan peraturan yang ada.

Pada dasarnya pekerjaan HR merupakan pekerjaan yang bertugas dalam hal strategi perekrutan dan membantu tugas manager dalam mendapatkan karyawan-karyawan terbaik untuk perusahaan.

Sebelum kita menyinggung tentang perbedaan HR startup dan corporate, alangkah lebih bakinya mengetahui terlebih dahulu tugas-tugas dari pekerjaan HR. Adapun tugas HR di setiap perusahaan adalah sebagai berikut:

HR Startup dan Corporate
HR Startup dan Corporate

Cara Rekrutmen Karyawan Baru

Rekrutmen merupakan suatu pekerjaan utama bagi HR, dan itu sudah berlaku menyeluruh di setiap persahaan yang ada. Hal inilah yang menjadikan banyak orang berminat dalam pekerjaan ini.

Ketertarikan orang dalam pekerjaan HR ini terdapat pada tugasnya. Mereka berkesempatan banyak untuk mengenal orang-orang baru dan juga mempelajari karakter mereka masing-masing.

Selain itu, seorang HR juga bertugas dari mulai mengurus perlengkapan rekrutmen, membuka lowongan kerja, proses wawancara, hingga merekrut seseorang menjadi karyawan yang sah.

Menjamin Kesejahteraan Karyawan

Pekerjaan sebagai HR juga berperan dalam menjamin kesejahteraan para karyawan, dari mulai gaji, bonus, kenaikan jabatan, serta berbagai penawaran yang berlaku untuk karyawan di suatu perusahaan.

Hal demikian juga tentunya dibarengi dengan kerjasama dan kesepakatan bersama bersama divisi-divisi yang ada. Karena hal tersebut menyangkut kepentingan bersama warga perusahaan.

Memberi Motivasi kepada Karyawan

Ketika terdapat karyawan-karyawan yang mendapatkan masalah atau kurang bersemangat dalam hal pekerjaan, merupakan tugas seorang HR untuk menjadi teman bicara bagi mereka. Seorang dalam divisi HR setidaknya bisa memotivasi para karyawan sehingga semangatnya kembali tinggi.

Memastikan Hubungan Antar Karyawan

Dalam sebuah organisasi tentu tidak bisa dihindari suatu ketidakcocokan antara anggota, yang mana di dalamnya terdapat banyak anggota yang tergabung.

Seorang HR dalam hal ini bertugas dalam menjaga hubungan antar karyawan di dalamnya, ketika dilihat ada suatu masalah sudah seharusnya mencari tahu akar masalah tersebut.

Dengan mencoba mencari jalan tengah agar dampaknya tidak sampai pada pekerjaan di kantor. Karena sudah menjadi dampak yang nyata terhadap pekerjaan ketika seorang yang menjalaninyapun sedang mendapatkan masalah.

Mengadakan Training

Tugas lain seorang HR adalam mengadakan training. Training merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan sumber daya manusia karyawan, bagi karyawan baru maupun karyawan yang lama.

Hal tersebut dilakukan karena sebuah kemampuan atau keahlian seorang karyawan akan berpengaruh besar bagi pekerjaan yang dilakukan di sebuah perusahaan.

Setelah mengetahui mengenai tugas-tugas seorang HR, selanjutnya kita akan berbincang mengenai Perbedaan HR startup dan corporate.

Startup merupakan suatu perusahaan pemula, di mana masih dalam proses usaha untuk menjadi perusahaan yang besar. Sedangkan corporate adalah suatu perusahaan yang sudah besar dan mapan, serta sudah memiliki sistem yang terstruktur

Dari keduanya antara HR startup dan corporate tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Seperti halnya dalam  pengembangan bisnis, di mana startup lebih mumpuni dalam hal ini karena memiliki tim yang kekinian dan kreatif. Sedangkan corporate juga tidak dapat dipungkiri lebih dipandang karena lebih dulu dikenal oleh masyarakat.

HR Startup dan Corporate 2
HR Startup dan Corporate 2

Terdapat Perbedaan yang Signifikan

Lebih daripada itu berbicara mengenai Perbedaan HR startup dan corporate, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara keduanya. Antara lain adalah sebagau berikut :

Budaya Kerja

Setiap perusahaan tentunya memiliki budaya kerja masing masing, dimana hal itu menjadi ciri khas setiap perusahaan.

HR pada perusahaan  startup memiliki ruang lingkup yang lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan corporate, dengan sumber daya yang kekinian serta ide-ide yang inovatif.

Di perusahaan startup juga memiliki sistem yang tidak begitu formal. Perusahaan corporate memiliki lingkup ruang yang lebih luas, dengan karyawan yang lebih banyak, serta budaya kerja yang birokrasi dan kaku, atau bisa dikatakan semua kegiatan sudah memiliki jadwal masing masing.

Waktu Kerja

Pada setiap perusahaan tentunya memiliki aturan masing masing, begitupun mengenai jam kerja pada perusahaan startup dan corporate. Perusahaan startup memliliki jam yang berasifat fleksibel, longgar, dan terkesan tidak terikat.

Sedangkan pada perusahaan corporate memiliki jam kerja yang bersifat terikat, atau dengan kata lain sudah terjadwalkan sejak awal, meskipun dengan jadwal shift, seperti yang terjadi pada perusahaan hosting IDwebhost.

Tentang Gaji

Setiap perusahaan tentunya memiliki keputusan tersndiri dalam memenuhi upah para karyawan, begitupun pada perusahaan startup dan corporate.

Dalam urusan gaji perusahaan corporate lebih unggul, dimana pada perusahaan jenis ini memberikan gaji lebih besar dari perusahaan startup.

Meskipun terdapat beberapa perusahaan startup yang sudah mulai berkembang dan cukup besar dalam memberikan gaji.

Akan tetapi dalam hal ini perusahaan corporate memilki pondasi yang cukup kuat dengan dukungan nama yang sudah dikenal lebih oleh banyak orang.

Memang ketika kita bekerja di perusahaan corporate memiliki banyak aturan, tapi juga sebanding dengan banyaknya gaji dan bonus yang diberikan.

Kesempatan Berkarir

Setiap karyawan tentunya memilki keinginan untuk masuk ke jenjang karir yang tinggi dan baik kedepannya. Untuk itu dalam memilih perusahaan tempat bekerja menjadi salah satu pertimbangan para calon karyawan untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki.

HR Startup dan Corporate 3
HR Startup dan Corporate 3

Pada perusahaan startup memiliki lingkup kesempatan berkarir yang cukup besar. Hal itu dikarenakan perusahaan startup memiliki karyawan yang masih sedikit, sehingga para karyawan berkesempatan untuk belajar hal hal baru.

Sedangkan pada perusahaan corporate dengan peraturan yang terkesan terikat memilki ruang lingkup mengembangkan bakat yang terbatas. Hal tersebut dilatar balakangi oleh peraturan peraturan yang sudah tercatat dan terikat di perusahaan corporate.

Ketika kita lihat secara sekilas memang perusahaan startup memiliki daya tarik tersendiri karena waktu bekerjanya yang bersifat fleksibel.

Akan tetapi hal tersebut juga masih memiliki banyak pertimbangan, karena bekerja pada perusahaan corporate lebih menjanjikan ke depannya.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai Perbedaan HR startup dan corporate. Setelah pemaparan mengenai HR yang berada pada perusahaan startup dan perusahaan corporate.

Diharapkan dapat membantu para pembaca untuk dapat mempertimbangkan dengan baik dalam memilih perusahaan tempat bekerja. Di mana tempat yang tepat yang sesuai dengan tujuan dan kemampuan kita. Semoga bermanfaat.

Saat ini sudah ada banyak perusahaan startup yang dibangun dengan misi memudahkan banyak urusan di masyarakat. Bukan sekadar perusahaan teknologi, tapi juga sebuah solusi agar pekerjaan lebih efektif.

Misalnya aplikasi presensi online Kerjoo yang memungkinkan Anda melakukan presensi melalui smartphone dari mana saja dan kapan saja. Anda bisa mencobanya sekarang.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari