Contoh Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Bisa Jadi Referensi!

Menulis surat lamaran kerja bahasa Inggris yang benar akan meningkatkan peluang seseorang untuk diterima menjadi bagian dari tim

Lamaran kerja bahasa Inggris

Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa sukses dalam rekrutmen kerja? Dokumen yang dinilai oleh HR adalah CV (curriculum vitae), resume, portofolio, dan tentunya surat lamaran kerja. Ada kalanya Anda perlu menulis lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris. Khususnya jika Anda akan berkarier di perusahaan multinasional atau bahkan di luar negeri.

Dengan lampiran surat lamaran kerja yang benar, maka peluang untuk lolos ke tahap wawancara pun lebih besar. Bukan sekadar formalitas, tapi cara penulisan surat lamaran kerja bisa menunjukkan kerapian, ketelitian, dan keseriusan dalam mengerjakan sesuatu.

Mungkin Anda selama ini sudah pernah menulis surat lamaran kerja berbahasa Indonesia. Tapi, tidak sedikit yang kemudian merasa ragu dan belum paham dengan struktur surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik dan benar. Sebagai referensi, Anda bisa melihat beberapa contoh pada pembahasan kali ini.

Begitu juga jika Anda menjadi tim HR dan sedang merekrut tim lintas negara. Surat lamaran bahasa Inggris akan mendukung resume Anda, menjelaskan motivasi, dan memberikan rincian lebih lanjut tentang keterampilan atau pengalaman Anda.

Bagaimana Cara yang Benar untuk Menulis Lamaran Kerja Bahasa Inggris?

Surat lamaran terbaik bisa disesuaikan dengan jenis industri, tingkat pengalaman, dan preferensi Anda. Sebenarnya tidak ada format yang baku, hanya saja ada beberapa pilihan kata atau kalimat uang memang direkomendasikan. Berikut ini adalah lamaran kerja bahasa Inggris beserta pembagian strukturnya.

1. Gunakan Header Surat yang Profesional

Header surat dari setiap surat lamaran profesional untuk lamaran pekerjaan bisa mencakup hal-hal berikut:

  • Nama
  • Nomor telepon Anda
  • Alamat email anda
  • Tanggal surat
  • Nama manajer perekrutan dan gelar profesionalnya
  • Nama dan alamat perusahaan tempat Anda melamar

Anda juga dapat menambahkan beberapa hal yang sifatnya opsional seperti;

  • Gelar akademik atau gelar profesional Anda
  • Alamat
  • Tautan ke situs web profesional Anda
  • Akun media sosial Anda (khususnya LinkedIn)
Lamaran kerja bahasa Inggris

2. Buka Surat Lamaran Kerja dengan Salam yang Tepat

Pada bagian ini, Anda disarankan untuk menuliskan secara spesifik, yaitu kepada siapa surat lamaran harus ditujukan? Hindari memulai surat lamaran Anda dengan kalimat "to whom it may concern" atau kepada siapa yang berkepentingan.

Di beberapa negara seperti Amerika dan Eropa lebih banyak disarankan untuk menyertakan nama manajer perekrutan. Bagaimana cara mengetahui nama manajer perekrutan? Caranya adalah dengan melakukan beberapa riset tentang perusahaan yang dituju.

Jika tidak ada nama manajer perekrutan yang diberikan, tuliskan saja seperti ini;

  • Dear Hiring Manager,
  • Dear Sales Team Hiring Manager,
  • Dear (ABC Company) Team,

3. Tulis Paragraf Pembuka yang Menarik

Inilah faktanya, beberapa kalimat di awal surat lamaran Anda akan menentukan apakah manajer perekrutan akan membaca secara lengkap atau tidak. Anda perlu membuat kalimat pembuka surat lamaran yang menarik tapi tetap sesuai fakta. Disarankan untuk tetap to the point atau langsung kepada intinya dan tidak bertele-tele.

4. Beri tahu Mereka Mengapa Anda Ingin Bergabung

Perusahaan impian Anda memiliki kebutuhan dan juga target yang ingin diwujudkan. Jika mereka bersedia mempekerjakan Anda, itu karena mereka menilai Anda akan memenuhi kebutuhan itu.

Pastikan Anda mencantumkan kata kunci (keyword) spesifik yang terkait pekerjaan yang dilamar. Contohnya adalah jika Anda melamar ke posisi digital marketing, sebutkan sekilas tentang pengalaman Anda dalam hal SEO marketing ataupun online growth marketing.

contoh surat lamaran kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Terjemahan

Mei, 3rd 2021

Veteran Road No. 23
Malang, East Java
65145

Dear Hiring Manager,

I have attached my resume for the position of digital marketer. The past few years, I've had an exceptional career experience, but the most notable to be mentioned is coordinating a team to create an award winning campaign with national brands. This achievement is supported by my dedication to understand the needs of clients with effective marketing solutions.

As a digital marketer, I understand that leading the marketing team is a great opportunity. I passionately help company to identify digital technologies and evaluate by using analytics tools to optimize the campaigns, social media, and email marketing.

Thanks for your time and consideration. I'll be in touch next week to follow up and to make sure you have received my application.  

Sincerely,

Alisa

(link akun linkedin.com)

Terjemahan bahasa Indonesia

Yth. Manajer Rekrutmen,

Saya telah melampirkan resume saya untuk posisi digital marketer. Beberapa tahun terakhir, saya telah memiliki pengalaman karir yang luar biasa. Salah satu yang paling penting untuk disebutkan adalah mengoordinasikan tim untuk membuat kampanye pemenang penghargaan dengan merek nasional. Pencapaian ini didukung oleh dedikasi saya untuk memahami kebutuhan klien dengan solusi pemasaran yang efektif.

Sebagai digital marketer, saya memahami bahwa memimpin tim pemasaran adalah peluang besar. Saya dengan penuh semangat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi teknologi digital dan mengevaluasi dengan menggunakan alat analitik untuk mengoptimalkan campaign, media sosial, dan email marketing.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Saya akan menghubungi Anda minggu depan untuk menindaklanjuti dan memastikan Anda telah menerima aplikasi saya.

Hormat saya,
Alisa

(link akun LinkedIn.com)

Jika diperhatikan kata per kata, memang ada beberapa perbedaan tentang cara penyampaian surat lamaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Struktur penulisannya juga tidak sama seperti ketika menulis lamaran dalam bahasa Indonesia.

Pastikan untuk tetap profesional saat mengirim surat lamaran bahasa Inggris dengan cara memperhatikan susunan kalimat.  Gunakan alamat email yang profesional, tapi jangan menggunakan alaman email yang diberikan oleh perusahaan tempat kerja sebelumnya.

Berapa panjang surat lamaran yang seharusnya? Secara umum, surat lamaran yang singkat adalah yang terbaik. Sebenarnya, hal ini akan bergantung pada pengalaman, industri, dan keadaan Anda. Jadi, jumlah informasi yang akan ditulis dapat bervariasi.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan di atas, setidaknya Anda sudah memiliki gambaran lebih jelas tentang bagaimana seharusnya menulis lamaran kerja bahasa Inggris. Menulis lamaran kerja, mempersiapkan CV dan resume yang baik memang hal yang tidak pernah lepas dari kesuksesan dalam rekrutmen.

Tidak lupa untuk menyertakan pengalaman dan daftar keahlian dalam resume agar bisa menunjukkan ke HR atau manajer perekrutan seorang kandidat adalah terbaik dalam peran terkait dan juga memberi nilai lebih yang diharapkan bagi tim mereka.

Menulis lamaran kerja atau cover letter dengan bahasa Inggris juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan daya saing. Begitu juga penggunaan aplikasi pendukung produktivitas, alangkah baiknya juga yang bisa mendukung multi bahasa. Dengan demikian, maka komunikasi dengan pengguna di belahan dunia manapun tetap lancar. Coba Kerjoo sekarang untuk mendukung produktivitas kerja Anda, khususnya dalam hal absensi online karyawan.

contoh lowongan pekerjaan