7 Macam Reward Karyawan untuk Melejitkan Performa Kerja

macam reward karyawan

Setiap perusahaan tentu menginginkan karyawan yang performanya baik dan memiliki loyalitas. Perusahaan dan karyawan memang saling membutuhkan. Karyawan loyal dan berdedikasi bisa mendukung pertumbuhan atau kemajuan perusahaan, dan tentunya peningkatan kariernya sendiri. Performa terbaik tidak lepas dari kedisiplinan yang dilatih setiap hari. Kedisiplinan perlu dirawat sedemikian rupa, misalnya dengan pemberlakuan reward dan punishment. Khusus untuk reward atau penghargaan, ada macam-macam reward karyawan yang bisa melejitkan performa kerja mereka. Bukan hanya sesuatu yang berharga untuk hari ini, tapi juga masih bermakna untuk masa depan.

Apa Saja Macam Reward Karyawan?

Reward untuk karyawan adalah bonus atau tambahan upah yang diterima dalam waktu tertentu karena kinerja yang bagus dan berhasil mencapai suatu target. Macam-macam reward karyawan bisa berupa finansial ataupun non-finansial. Contoh reward finansial misalnya pemberian fresh money sebagai apresiasi dari bonus target penjualan bulanan. Sementara itu, untuk reward non-finansial contohnya adalah kesempatan jalan-jalan, voucher belanja, kesempatan online course gratis, dan masih banyak lagi.

Menurut The Balance Careers, inilah reward karyawan yang bisa diberikan perusahaan.

1. Memberi Kompensasi

Kompensasi memang menjadi salah satu contoh reward yang biasar diberikan oleh perusahaan kepada karyawan yang menunjukkan hasil kerja memuaskan. Banyak macam kompensasi karyawan yang biasa diberikan, contohnya adalah bonus atau naik gaji. Ada juga profit sharing, yakni uang tambahan yang didapatkan sesuai besarnya keuntungan perusahaan karena kinerja karyawan. Reward seperti ini sering diterapkan di perusahaan yang bergerak di bidang penjualan. Jika omsetnya melebihi target, maka ada bonus yang didapat.

macam reward karyawan

2. Penghargaan atau Apresiasi

Penghargaan atau apresiasi juga menjadi salah satu dari macam reward karyawan. Nilainya tidak harus yang mahal dan juga tidak harus mewah. Agar bisa lebih lama terkenang, penghargaan bisa diberikan secara formal melalui sertifikat penghargaan. Beberapa jenis perusahaan juga memberikan reward dengan memberi pengumuman tentang pencapaian karyawan berprestasi saat meeting. Langkah seperti ini adalah reward yang begitu bernilai dan tentu mendorong kinerja lebih tinggi.

3. Selebrasi Bersama

Ada banyak macam bentuk reward karyawan selain uang, contohnya adalah perayaan atau selebrasi yang menyenangkan tim dengan biaya dari perusahaan. Selebrasi bisa berupa traktir makan atau barbeque setelah jam kerja. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan-kegiatan kelompok juga bisa meningkatkan kekompakan dan semangat bekerjasama tim. Bentuk kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin untuk menambah motivasi kerja tim setiap harinya.

4. Kesempatan Liburan Gratis

Ketika karyawan berusaha mencapai target, tentunya mereka merasa lelah karena mengerahkan tenaga, pikiran, dan waktu. Ketika target sudah berhasil dicapai, mereka layak untuk mendapat reward yang bisa me-recharge dirinya. Salah satunya adalah dengan liburan gratis. Dalam hal ini, mungkin nilainya cukup mahal. Perusahaan bisa memberikan sekali setahun untuk karyawan yang terbaik. Para karyawan lain yang belum terpilih bisa lebih termotivasi pada tahun selanjutnya.

5. Macam Reward Karyawan Berupa Cuti

Perusahaan manapun akan diuntungkan ketika memiliki karyawan berprestasi. Karena itulah, mereka berhak mendapat perlakukan yang lebih baik atas kinerja yang telah dilakukan di perusahaan. Bukan hanya uang atau selebrasi, kadang yang dibutuhkan karyawan adalah jatah cuti. Ketika mendapat waktu cuti tambahan, karyawan bisa memanfaatkan untuk istirahat ataupun jalan-jalan melepas penat.

6. Memberi Kesempatan Kerja Fleksibel

Bekerja dengan jam kerja fleksibel dan jarak jauh juga bisa meningkatkan performa karyawan. Hal ini bisa dipahami karena otak manusia perlu suasana yang berbeda dan tidak sekadar rutinitas. Jika memang perusahaan Anda belum memungkinkan full remote working, hal ini bisa diberlakukan untuk karyawan berprestasi. Ketika karyawan diberi kebebasan, mereka pun lebih antusias dengan kewajibannya.

7. Acara Outing Kantor

Outing kantor juga bisa menjadi reward yang dinantikan karyawan. Kali ini berlaku untuk satu tim. Perusahaan bisa memberikan kesempatan acara outing kantor kepada tim atau divisi yang terbaik dalam satu periode. Saat kondisi normal dan tidak ada pandemi, hal ini bisa dilaksanakan sambil menyewa villa kemudian mengadakan kegiatan menyenangkan. Outing juga menjadi suatu momen rekreasi dan menambah kekompakan para karyawan.

Macam Reward Karyawan Memang Banyak, Tapi Seberapa Penting?

Perusahaan memberikan sesuatu kepada karyawan, tentu bukan tanpa tujuan. Karyawan berhak atas beragam reward agar kinerjanya meningkat. Reward karyawan, menurut FMP Global, mampu tingkatkan persentase kesuksesan perusahaan sebesar 25%. Pemberian reward-nya dilakukan saat berhasil mencapai target atau kesuksesan yang signifikan untuk kemajuan perusahaan. Ada beberapa alasan mengapa reward karyawan itu penting, antara lain seperti berikut;

1. Agar Lebih Termotivasi Memberikan Kontribusi Lebih

Jika sejak awal mengetahui adnya reward atau penghargaan yang bisa diperoleh karena kinerja yang maksimal, tentunya karyawan juga termotivasi lagi memberikan kontribusi terbaik di perusahaan. Saat karyawan merasa diperlakukan dengan sangat baik di tempatnya bekerja, maka mereka pun semakin loyal dan bertahan lebih lama. Meskipun butuh budget tertentu, hal tersebut memberi keuntungan untuk perusahaan. Tapi, ini bisa menjadi sesuatu yang baik untuk ditampilkan dalam portofolio. Bukan hanya memiliki waktu kerja yang lama di sebuah perusahaan, tapi juga mencantumkan apa saja pencapaian yang sudah diraih karena termotivasi.

2. Menciptakan Suasana yang Lebih Bahagia

Reward yang diberikan kepada karyawan memang tidak selalu tentang mater. Bahkan pujian atau kata-kata positif bisa memberikan kesan tersendiri agar karyawan lebih bahagia. Kata-kata positif yang disampaikan dengan jujur bisa meningkatkan rasa percaya diri karyawan karena mereka dihargai. Karena itu, bukan hanya menciptakan suasana kantor yang menyenangkan, kalimat pujian menghadirkan suasana kerja yang mendukung.

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

Ketika karyawan memilih resign dari sebuah perusahaan, hal itu seringkali akan memberi dampak ke perusahaan. Apalagi jika sebelumnya ada politik kantor yang mengganggu pekerjaan. Di pekerjaan berikutnya, jika karyawan yang telah resign menceritakan hal baik tentang perusahaan, maka tidak akan merugi. Tapi, seperti apa jika ternyata yang diceritakan adalah hal buruk perusahaan yang kurang memberi apresiasi? Bisa jadi hal seperti ini bisa mempengaruhi reputasi perusahaan.

 

 

macam reward karyawan

Kesimpulan

Reward atau penghargaan selayaknya diberikan untuk para karyawan yang berprestasi dan loyal, serta berhasil untuk menyelesaikan pekerjaannya sebaik mungkin. Penghargaan yang diberikan untuk karyawan adalah sebuah wujud apresiasi dan dukungan perusahaan. Tujuannya juga untuk meningkatkan motivasi karyawan lainnya agar bisa lebih berhasil juga. Dengan terjadinya persaingan sehat, suasana kerja pun akan terkesan lebih dinamis, kompetitif dan tentu produktif.

Anda pasti memahami bahwa setiap progres yang positif seharusnya diberi dukungan. Bukan hanya dari perusahaan kepada karyawan, tapi juga dari perusahaan ke perusahaan lain yang berusaha lebih efisien. Seperti kerjoo.com kepada perusahaan Anda, kami hadir untuk memberikan layanan absensi online karyawan yang lebih praktis untuk digunakan. Dengan proses administrasi yang lebih efisien, pastinya produktivitas dan performa tim juga akan meningkat.

Leave a Reply