Apa Saja Manfaat Analisis SWOT dan Penerapannya di Organisasi?

Manfaat Analisis SWOT

Daftar Isi

Anda yang terbiasa berkecimpung atau bekerja dalam suatu organisasi, pasti sudah familiar dengan salah satu alat analisis strategis yang disebut analisis SWOT.

Tidak hanya pekerja, bahkan mahasiswa pun sudah mengenal dan memanfaatkan tools yang satu ini. Manfaat analisis SWOT memang sudah diakui sejak lama.

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, Threat. Keempat hal ini menjadi keypoint dalam analisis yang biasanya digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang akan berpengaruh pada performance organisasi. Atau bahkan seseorang di masa depan.

Berikut adalah penjelasan singkatnya;

  • Strength (kekuatan): yaitu kekuatan yang terbesar di dalam bisnis yang sedang Anda jalankan.
  • Weakness (kelemahan): celah yang mungkin menimbulkan kerugian atau kesalahan.
  • Opportunities (peluang): peluang atau kesempatan yang mendukung pengembangan usaha.
  • Threats (ancaman): kondisi eksternal yang dapat berpengaruh sebagai ancaman atau kendala bagi organisasi/perusahaan.

Dalam dunia organisasi maupun industri bisnis, analisis yang satu ini umum digunakan di bidang manajemen, tetapi analisis ini juga bisa digunakan untuk bagian marketing dan branding.

Analisisnya membantu memudahkan suatu organisasi untuk melihat berbagai faktor internal dan eksternal secara seimbang tanpa perlu mengukur formulasi strategi secara terperinci.

Di samping itu, ternyata ada banyak sekali manfaat analisis SWOT yang dapat Anda terapkan pada organisasi.

Apa Saja Manfaat Analisis SWOT untuk Organisasi?

Apakah Anda sudah menerapkan analisis SWOT secara praktis? Untuk mengetahui manfaatnya, pelajari dalam poin-poin berikut ini.

1. Lebih Hemat Biaya

Analisis SWOT adalah salah satu analisis strategis yang sangat minim biaya. Anda tidak perlu mengalokasikan dana khusus untuk membeli tools tertentu, atau menyewa konsultan untuk melakukannya.

Yang diperlukan hanyalah spreadsheet, waktu, para leaders, manager, atau staf yang paham tentang organisasi ataupun bisnis Anda.

2. 4 in One

Secara visual, analisis ini biasanya menampakan 4 kuadran untuk masing-masing poin (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat).

Walaupun antara keempatnya tidak harus seimbang, tetapi dalam satu kerangka kerja, Anda bisa mendiskusikan 4 keypoints sekaligus dalam satu waktu evaluasi.

Keempat hal ini yang akan memberikan gambaran umum tentang posisi suatu organisasi atau perusahaan, sehingga terjadi dialog yang optimal di antara para stakeholders.

3. Manfaat Analisis SWOT yang Simple

Kerangka kerja analisis SWOT terbilang sederhana meskipun menghimpun 4 hal penting, seperti yang disebutkan dalam poin sebelumnya. Organisasi Anda tidak memerlukan keterampilan teknis tertentu untuk membuatnya.

SWOT memiliki proses kerja yang lebih mudah untuk dimengerti berbagai stakeholder dalam sebuah organisasi, sehingga proses penyaluran informasi pun akan lebih efisien.

4. Memperluas Wawasan

Dengan adanya empat poin tadi, Anda bisa memperoleh tidak hanya wawasan tentang kondisi organisasi atau perusahaan, tetapi juga tentang kondisi market dan kompetitor di luar sana.

Hal ini tentu akan mendorong organisasi atau perusahaan untuk merumuskan rencana dan strategi untuk membangun posisi yang lebih solid dan kompetitif di tengah market dan kompetitor.

manfaat analisis SWOT

5. Data yang Terintegrasi

Analisis SWOT menawarkan sumber informasi yang beragam berdasarkan 4 poin dalam kerangkanya. Kondisi ini memungkinkan para analis untuk mengintegrasikan berbagai laporan data dan membuat sintesis yang lebih lengkap.

Tidak hanya itu, Anda dapat memanfaatkan seluruh tipe data, baik kuantitatif maupun kualitatif. Ketersediaan data komprehensif yang terintegrasi seperti ini juga dapat menciptakan peningkatan perencanaan, komunikasi dan kemungkinan untuk pengambilan keputusan yang lebih optimal.

6. Aplikasi yang Variatif

Seperti yang telah disinggung di awal, SWOT analysis tidak hanya cocok untuk digunakan sebuah perusahaan atau organisasi, bahkan untuk individu.

Sementara, untuk kepentingan organisasi, analisis ini cocok diterapkan dalam berbagai hal mulai dari perencanaan strategi, analisis kompetitif, dan lainnya. Untuk bagian manajemen maupun marketing.

Analisis SWOT akan menyediakan informasi yang menunjukan faktor-faktor yang menguntungkan atau memegang peranan penghambat untuk tujuan tertentu.

7. Membina Kerjasama Lebih Baik

Tanpa diduga, dalam proses pengerjaannya, manfaat analisis SWOT akan dapat membuka sirkulasi komunikasi yang lebih baik, sehingga alur pertukaran informasi lebih terbuka.

Kesempatan ini secara tidak langsung juga dapat menjadi jalan untuk mengetahui masalah terpendam yang dapat menghambat kemajuan proyek atau organisasi itu sendiri.

Kerjasama yang lebih baik antar kolaborator dalam suatu organisasi atau perusahaan tentu akan membantu terciptanya lingkungan kerja yang lebih kondusif.

8. Menggali Potensi dan Kesempatan Tersembunyi

Dengan adanya data yang terintegrasi, suatu organisasi bisa melihat sumber daya yang ada dengan potensi besar, yang mungkin terbengkalai atau kurang maksimal dalam pemberdayaannya.

Peluang menciptakan atau memperbarui tren pun akan ditampilkan dalam analisis ini. Jika demikian, sebuah organisasi tentu akan lebih mudah menyusun strategi pertumbuhan untuk masa depan yang sesuai kebutuhan dan target positioning.

9. Mengidentifikasi Risiko

Berdasarkan poin Weakness dan Threat, Anda juga sudah tentu dapat mengidentifikasi ancaman dan kelemahan organisasi yang dipimpin lebih awal, dan membuat acuan khusus untuk mengubah kelemahan tersebut menjadi keuntungan atau potensi.

Di samping itu, organisasi atau perusahaan dapat mendefinisikan kebijakan baru atau mengambil tindakan terhadap ancaman yang dikenali lewat analisis SWOT. Hal ini tentu akan membawa dampak yang lebih baik pada pertumbuhan organisasi atau perusahaan.

10. Manfaat Analisis SWOT untuk Memahami Kesulitan

Yang tidak kalah penting dari manfaat analisis SWOT adalah ketika menghadapi kesulitan. Sebuah organisasi akan lebih mudah mencari akar masalah.

Setelah itu juga memahami alasan mengapa sebagian atau beberapa aspek saat mengalami kesulitan untuk berkembang atau mencapai keseimbangan.

Analisis SWOT yang cenderung fokus pada keterampilan, kemampuan, sikap dan kapasitas berfungsi seperti pengarah dan katalis pada organisasi yang dianalisis.

Tentunya, dampak optimal dalam pengelolaan masalah, risiko dan potensi serta goal masa depan yang lebih baik bisa dicapai sebuah organisasi jika analisis SWOT diterapkan dengan tepat.

manfaat analisis SWOT

Kesimpulan

Manfaat analisis SWOT bisa banyak sekali, tergantung pelaksanaannya di dalam organisasi perusahaan. Bagi pengelola perusahaan, tentu harus waspada dengan risiko dari kompetisi yang mengancam (threat).

Tapi pada saat yang sama juga harus tetap fokus denga kekuatan (strength) sendiri. Memang kelemahan (weakness) selalu ada, karena tidak ada organisasi yang benar-benar sempurna. Dengan demikian, kesempatan (opportunity) yang didapatkan akan lebih maksimal.

Jika dilakukan dengan benar, analisis SWOT akan membantu bisnis Anda untuk pengambilan keputusan yang terbaik. Tentu dengan pemetaan masalah dan juga menentukan solusi setiap masalah yang muncul.

Ini adalah salah satu upaya untuk perencanaan sumber daya manusia di perusahaan dengan optimal. Apa lagi yang harus dilakukan? Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan tim Anda, agar semuanya berjalan efisien.

Alangkah lebih efisien jika semuanya terkelola secara praktis dengan teknologi yang mudah digunakan dan juga hemat.

Aplikasi Kerjoo bisa memudahkan Anda dalam hal layanan aplikasi absensi online, khususnya pengelolaan data karyawan dengan ringkas. Hubungi kami untuk mendapatkan layanan lengkap.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari