Networking Saat Pandemi, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Networking Saat Pandemi, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Seberapa penting networking? Bagi banyak individu yang telah berhasil dalam karier mereka, ternyata bisa dilihat kesamaannya. Mereka memberi perhatian besar pada network atau jejaring yang kuat dari waktu ke waktu. Bukan hanya sebatas kenalan yang bersifat transaksional, networking memiliki banyak dampak positif yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya. Entrepreneur yang ingin bisnisnya berjalan lancar, mereka melakukan networking dengan baik. Begitu juga tim HR perusahaan yang akan merekrut orang-orang terbaik. Mereka memiliki kekuatan dari jejaring profesional yang dibangun sejak lama. Semakin luasnya network yang miliki, maka semakin besar pula kesempatannya untuk memperluas kebermanfaatan. Lalu bagaimana cara networking saat pandemi? Kenyataannya, cara-cara yang dahulu bisa dilakukan, kini mungkin tidak lagi efektif karena gaya hidup manusia pun telah berubah.

Seberapa Penting Networking Saat Pandemi?

Dahulu sebelum pandemi, pertemuan dengan orang-orang di dalam konferensi atau makan malam bisa dimanfaatkan untuk berjejaring. Meskipun saat ini kondisinya sudah tidak sama lagi, tapi banyak bisnis tetap membutuhkan networking agar tetap beroperasi. Dengan keadaan ekonomi seperti saat ini, networking di saat pandemi tetap menjadi kebutuhan dan bukan hanya pilihan.

Tentu saja cakupan pertemuannya akan berbeda dan tempat pertemuan pun dapat berubah secara signifikan. Yang pasti, Anda tetap mungkin untuk membuat koneksi yang bermakna, meskipun tidak selalu bertemu langsung dengan orang lain. Tetapi pertanyaan tentang dengan siapa Anda berjejaring dan relevansinya dengan karier Anda lebih penting. Dengan cara ini, Anda tidak perlu berjejaring dengan semua orang. Sebaliknya, pelajari terlebih dahulu bagaimana Anda dapat berkontribusi pada kesuksesan mereka, di samping bagaimana Anda dapat mengambil manfaat dari pengetahuan mereka.

Networking adalah salah satu kunci untuk pertumbuhan dalam karir. Pelatihan dan sertifikasi yang diperoleh dari networking membangun kepercayaan diri dan meningkatkan value diri. Rasa percaya diri yang telah dibangun dari waktu ke waktu dapat membantu menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk unggul dengan baik selama sesi wawancara untuk peluang kerja. Jadi semakin efektif jaringan Anda, semakin banyak kepercayaan diri yang Anda bangun dari waktu ke waktu.

networking di saat pandemi

Bagaimana Cara Networking Saat Pandemi yang Efektif?

Kali ini, akan kita bahas tentang tips networking saat pandemi menurut Forbes Business Council.

1. Melakukan Networking Saat Pandemi dari Rumah

Networking saat pandemi adalah waktu yang tepat untuk menjangkau orang-orang dengan cara baru. Jika Anda seorang pebisnis yang menjual produk, banyak hal bisa dilakukan. Anda bisa mengirim catatan tulisan tangan, luangkan waktu untuk mengirim artikel bermanfaat yang berhubungan dengan kebutuhan pelanggan. Network saat ini seharusnya menjadi lebih penting karena orang-orang akan sering berada di rumah dan tidak ingin ketinggalan berita, ide, atau peluang baru untuk mereka.

2. Perjelas Tentang Penawaran Anda

Sekali lagi untuk pemilik bisnis, perjelas apa yang Anda tawarkan ke pasar. Pastikan semua yang Anda sediakan secara online selaras atau relevan dengan target audiens. Akan sangat tidak nyaman jika seseorang menghabiskan waktu dengan Anda dan masih belum memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang Anda tawarkan. 

3. Tetap Eksis secara Digital

Untuk sebagian orang, berjejaring selama pandemi mungkin lebih baik daripada sebelumnya. Orang-orang bisa duduk di rumah di depan alat komunikasi mereka. Jadi coba tetap eksis secara digital, entah itu melalui media sosial Instagram, LinkedIn, dan lain-lain. Mulailah menjangkau audiens Anda. Inilah cara yang dilakukan banyak profesional menjalin koneksi terbesar, tanpa melalui pertemuan langsung.

4. Berikan Value Lebih

Bawa nilai atau value terlebih dahulu pada orang-orang yang Anda ajak berjejaring. Jadwalkan pertemuan lanjutan dengan agenda yang relevan sejak meeting sebelumnya dan bantuan yang dibutuhkan setiap orang. Dalam networking saat pandemi, aktiflah di jejaring sosial satu sama lain seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter. Temukan peluang yang memenuhi syarat bagi orang-orang yang Anda ajak berjejaring untuk membantu klien Anda.

5. Jangan Terlalu Transaksional

Semua orang tetap mendambakan adanya koneksi yang nyata. Pandemi sudah banyak menguji kreativitas kita untuk bisa terhubung dengan orang lain. Bahkan dengan orang yang di luar zona waktu karena berbeda benua untuk diajak bicara tentang banyak hal. Salah satu tips terbaik adalah jangan membuatnya terlalu transaksional, tapi lebih relasional seperti teman yang sama-sama membutuhkan support di masa sulit.

6. Carilah Peluang yang Melatih Kreativitas

Cari peluang networking saat pandemi yang mengasah kreativitas. Percakapan dengan penyelenggara dan peserta sering kali merupakan yang terbaik yang akan Anda lakukan dalam beberapa saat. Jaringan bukan tentang menghubungkan orang dan lebih banyak tentang menghubungkan ide dan peluang. Jangan meremehkan pentingnya kreativitas dalam bisnis. Jadilah dinamis dan tempatkan diri Anda di luar sana. 

7. Membangun Hubungan Berdasarkan Empati

Networking di saat pandemi juga bukan tentang berapa banyak orang yang Anda kenal. Ini tentang berapa banyak orang yang dapat Anda bantu. Gunakan waktu ini untuk membangun hubungan berdasarkan kepedulian dan empati. Salah satu caranya adalah dengan berusaha membantu satu orang setiap minggunya, baik itu melalui panggilan Zoom, email atau hanya memeriksa melalui pesan teks.

networking di saat pandemi

8. Teman Lama Juga Penting dalam Networking saat Pandemi

Sebagian kita cenderung berjejaring lebih banyak dengan orang baru, termasuk networking saat pandemi. Tapi, jangan abaikan teman lama. Disarankan juga untuk berbicara dengan teman sebaya dan menghubungi kontak lama lagi di media sosial, email, atau melalui telepon. Anda bisa tanyakan kepada mereka, misalnya apakah mereka bersedia bergabung dalam suatu proyek sosial yang sedang Anda bangun. Setidaknya Anda akan mengetahui bahwa nanti orang-orang yang berpikiran sama akan tetap terhubung secara alami.

Kesimpulan

Setelah mengetahui pentingnya networking saat pandemi dan bagaimana cara melakukannya, Anda sekarang bisa memeriksa setiap aktivitas Anda saat ini. Apakah networking yang Anda lakukan sudah memberi manfaat optimal? Apapun peran Anda, tentu Anda sudah menyadari pentingnya berjejaring dalam kehidupan sosial dan profesional Anda. Saat bertemu orang baru, selalu ada hal baru yang mungkin Anda akan dapatkan sekaligus berikan kembali. Bukan hanya untuk diri sendiri, networking jelas penting untuk keberlanjutan bisnis dengan tim Anda. Misalnya HR yang sedang membutuhkan rekrutmen cepat. Selain menyebarkan informasi di media, jejaring yang dimiliki juga menjadi perantara yang terpercaya. Karena bukan hanya perkenalan jangka pendek, networking juga tentang membangun kepercayaan jangka panjang. Meskipun semuanya hanya dilakukan secara online, tapi hal itu bukan suatu halangan. Seperti aplikasi absensi online Kerjoo.com yang juga bisa fleksibel menyesuaikan sistem kerja karyawan yang tetap aktif walau jarak jauh. Jadi, di tengah-tengah kesibukan Anda, apakah Anda sudah sempat networking akhir-akhir ini?

daftar aplikasi absensi kerjoo