Agar Perusahaan Efisien, Saatnya Beralih ke Software Absensi Online

Agar Perusahaan Efisien, Saatnya Beralih ke Software Absensi Online

Teknologi yang terus berkembang pesat memang berpengaruh ke hampir semua bidang kehidupan, khususnya tentang cara bekerja manusia. Teknologi dibuat untuk memudahkan manusia, misalnya untuk membantu pekerjaan. Apalagi di era ketika bekerja jarak jauh adalah hal biasa, kelancaran suatu pekerjaan akan banyak bergantung pada teknologi yang digunakan. Salah satu inovasi teknologi yang sedang berkembang dan dibutuhkan banyak perusahaan saat ini adalah software absensi online.

Sebelum kami menjelaskan tentang keuntungan menggunakan software absensi online, tentunya Anda sudah mengetahui pentingnya inovasi di perusahaan. Aplikasi absensi karyawan menggunakan smartphone adalah sebuah inovasi yang disambut dengan baik di dunia profesional.

Software Absensi Online Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas Kerja

Ada beberapa kondisi yang mendukung perkembangan software absensi online. Contohnya adalah tren kerja fleksibel yang tidak perlu datang ke kantor. Meskipun tidak datang ke kantor, tapi urusan kedisiplinan karyawan tetap menjadi prioritas. Tidak sedikit kemudian yang mengalami kendala administratif masalah kehadiran karena karyawan bekerja jarak jauh dan tidak bisa terdaftar di absensi konvensional.

Di sisi lain, aplikasi absensi konvensional membutuhkan biaya maintenance yang relatif mahal. Praktisi HRD atau bahkan pemilik perusahaan pastinya selalu mempertimbangkan bahyak hal untuk mengatasi dampak dari ketidakhadiran karyawan. Selain berdampak pada produktivitas harian, hal itu juga berisiko untuk masalah biaya operasional perusahaan pada jangka panjang. Itulah mengapa software absensi online seperti Kerjoo hadir untuk mempermudah sistem yang berlaku di perusahaan Anda.

Apa Keuntungan Memakai Software Absensi Online?

Suatu inovasi baru tentunya dibuat dengan tujuan yang jelas dan diakui manfaatnya. Sejumlah perusahaan
yang sudah beralih ke aplikasi absensi online mulai merasakan manfaatnya seperti berikut;

Software Absensi Online Lebih Praktis daripada Konvensional

Mungkin selama ini yang banyak dikenal adalah sistem aplikasi dengan fingerprint. Atau malah masih ada yang
bertahan pada cara manual, yaitu mencatat nama sendiri di kertas. Padahal sekarang sudah ada cara untuk absen kerja dengan pakai foto selfie saja.

Cara seperti ini jelas memudahkan karyawan maupun perusahaan. Buat karyawan, ini sangat praktis karena bisa dilakukan dengan gadget sendiri. Perusahaan juga lebih diuntungkan karena tidak ada kecurangan seperti titip absen.

aplikasi absensi online

Data yang Real Time

Misalnya Anda seorang pimpinan di perusahaan, ada saatnya Anda harus memeriksa keterlambatan karyawan.
Apakah ada yang terlambat atau tidak? Untuk bisa melihat data kehadiran karyawan di absensi manual tentunya butuh waktu. Tapi dengan software absensi online, maka Anda bisa mengakses data di mana pun dan kapan pun. Karyawan pun tetap bisa bekerja dengan tenang karena teknologi memungkinkan untuk tetap bekerja asalkan ada internet.

Dengan adanya fitur GPS, maka lokasi karyawan ketika melakukan absensi bisa terekam otomatis. Fitur tersebut juga dilengkapi dengan fake GPS, yaitu fitur tambahan untuk menghindari adanya kecurangan. Informasi detail lokasi absensi karyawan dapat diakses secara real time oleh perusahaan di dashboard admin.

Bisa Dikelola dari Pusat

Saat ini sudah banyak perusahaan besar yang membuka cabang di daerah lain. Perusahaan yang sudah berekspansi pastinya terdiri dari banyak karyawan yang posisinya sudah ditentukan. Hak dan kewajibannya spesifik. Bayangkan saja kalau perusahaan besar harus mengelola kehadiran karyawan dengan cara manual atau konvensional. Agar lebih efisien, perusahaan butuh sistem yang bisa melakukan manajemen absensi karyawan secara otomatis. Bukan itu saja, pengelolaan data karyawan dari kantor pusat bisa merampingkan masalah cuti, penggajian, laporan, dan masalah lain terkait pekerjaan.

Bisa Review Kedisiplinan Karyawan

Beberapa perusahaan memang masih belum bisa menerima sistem kerja jarak jauh, walau sebenarnya pekerjaan mereka bisa diselesaikan di mana saja. Alasannya adalah karena belum adanya kepercayaan. Kerja jarak jauh memang membutuhkan disiplin ekstra. Bisa saja seorang karyawan tidak bertanggung jawab saat tidak diawasi oleh atasannya, dan memberi banyak alasan sehingga pekerjaannya tidak kunjung selesai.

Padahal hal tersebut bisa diatasi dengan fitur absensi online yang bisa melacak kehadiran yang juga bisa memungkinkan karyawan mencatat rencana kerja dan laporan jarak jauh sesuai dengan waktu yang disepakati. Dengan fitur statistik, ekspor file, dan ringkasan kehadiran, maka perusahaan bisa me-review kedisiplinan karyawan secara cepat hanya dengan melihat data per hari, per bulan, atau per karyawan. Hal tersebut pastinya menjadi win win solution bagi perusahaan maupun karyawan. Meskipun jarak jauh, tapi progres kerjanya bisa terpantau dengan baik.

Software Absensi Online Efisien dan Transparan

Bukan hanya atasan, manajer, atau orang yang memegang peran penting dalam perusahaan. Tapi, karyawan sendiri sebenarnya juga butuh akses data absensi. Contohnya adalah ketika ingin melihat berapa banyak jatah cuti yang dimiliki. Pada sistem manual, biasanya karyawan perlu meminta daftarnya terlebih dahulu ke HRD untuk bisa mengetahui tentang informasi ini. Dengan sistem aplikasi online, semua data yang dibutuhkan tinggal cek sendiri di smartphone. Bukankah ini lebih efisien, transparan, dan tentunya lebih hemat waktu?

Lebih Aman untuk Kesehatan karena Higienis

Aplikasi absensi Kerjoo bukan hanya praktis tapi juga higienis dan memperhatikan soal kesehatan. Aplikasi sudah tersedia dan bisa diinstal di smartphone Android atau iOS masing-masing. Proses absensi bisa dilakukan dari rumah yang tidak perlu menyentuh fingerprint secara bergantian dengan orang lain. Cara seperti ini jelas lebih higienis di era pandemi Covid-19 yang belum benar-benar selesai. Sistem software absensi online ini adalah hal kecil berdampak besar yang juga melindungi kesehatan para pekerja.

aplikasi absensi online

Lebih Mudah Mengatur Jam Kerja

Adanya Fitur Pola Kerja memberikan banyak kemudahan bagi setiap perusahaan yang punya banyak divisi. Apalagi kalau jam kerjanya bervariasi. Perusahaan bisa mengatur jam kerja karyawan sesuai kebutuhan biar semua pekerjaan terselesaikan sebaik mungkin pada waktu yang tepat.

Fitur Jam Kerja juga akan memudahkan penentuan jam kerja para karyawan  secara harian maupun shift. Fitur tersebut memungkinkan perusahaan lebih mudah untuk membuat jadwal shift masing-masing karyawan dalam setiap divisi.

Kesimpulan

Keuntungan seperti di atas hanya bisa dirasakan setelah Anda menerapkan sistem software absensi online seperti aplikasi dari kerjoo.com. Sistemnya memang dirancang khusus untuk memudahkan pekerjaan Anda, khususnya dalam hal mengelola karyawan. Mulai dari info kehadiran, keterlambatan, waktu istirahat, lembur, cuti, laporan pekerjaan, dan lain-lain secara efisien dan tentunya dengan data yang akurat.

Sistem seperti ini jelas lebih menguntungkan karena bisa meminimalisir pengeluaran investasi maintenance mesin absensi atau membeli lisensi yang biayanya relatif mahal. Softwarw absensi online bukan hanya membantu pekerjaan HRD jadi mudah tetapi juga lebih efektif untuk menghindari kecurangan karyawan yang bekerja jarak jauh tanpa pantauan. Belum terlambat kalau Anda saat ini belum beralih ke absensi online, karena kami siap membantu apa yang Anda butuhkan.