Cara Melakukan Reset GPS di HP Pengguna Aplikasi Kerjoo

Reset GPS pada aplikasi absensi online bisa memberi informasi akurat tentang posisi karyawan

reset GPS

Daftar Isi

Ada kalanya sistem GPS tidak bekerja dengan baik di smartphone. Maka dari itu, Anda perlu melakukan reset GPS agar dapat berfungsi dengan semestinya.

Penggunaan GPS saat ini sudah banyak memudahkan beragam aktivitas manusia, khususnya dalam menentukan lokasi suatu tempat.

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Sistem ini memungkinkan Anda untuk bisa menentukan sebuah lokasi akurat dengan satelit. Istilah GPS termasuk rangkaian satelit navigasi yang umum dikenal di dunia.

Sebenarnya istilah yang tepat untuk ‘aplikasi GPS’ seperti contohnya Google Maps yaitu aplikasi navigasi yang menggunakan sistem GNSS (Global Navigation Satellite System). GPS pada Google Maps bisa mencapai akurasi radius 20 meter di permukaan bumi.

Faktor yang Menyebabkan GPS Tidak Akurat

Sebelum membahas cara reset GPS yang tidak akurat, sekarang ketahui terlebih dahulu hal-hal yang bisa menjadi penyebab.

Mengapa sistem navigasi pada aplikasi Google Maps tidak akurat. Faktor penyebab GPS tidak akurat bisa jadi faktor internal atau faktor eksternal.

Faktor internal bisa berupa masalah konfigurasi pada pengaturan yang dapat mempengaruhi kondisi lainnya. Aplikasi yang belum update juga bisa berpengaruh, sehingga Google Maps tidak akurat dari segi fungsi maupun tampilan.

Sementara itu, faktor eksternal bisa terjadi karena koneksi internet lambat, root pada sistem, efek ROM bug, atau bahkan kondisi HP yang sudah rusak.

Reset GPS HP

Cara Reset GPS yang Tidak Akurat

Jika GPS di HP tidak akurat, berikut adalah langkah yang sebaiknya Anda lakukan.

1. Cek Fitur GPS di HP Anda

Semua jenis smartphone keluaran baru sudah ada fitur GPS, baik Android maupun iOS. Pastikan bahwa smartphone Anda memang sudah bisa mendukung fitur GPS. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa mengunduh GPS detector untuk mengecek.

2. Aktifkan 'Location'

Ketika GPS sudah aktif, umumnya pada bagian control center ada tombol shortcut yang dapat mengaktifkan atau nonaktifkan lokasi.

Anda juga dapat mengakses melalui menu 'Setting' dan pilih 'Location'. Setelah itu, aktifkan opsi Location. Maka, fitur GPS aktif dan bisa berfungsi untuk mendukung aplikasi yang membutuhkan GPS.

3. Periksa Kecepatan Internet

Apakah internet pada smartphone Anda kecepatannya stabil? Apabila tidak stabil, maka lokasi tidak akurat dan membutuhkan reset GPS.

Ada banyak pilihan website yang dapat digunakan untuk cek kecepatan internet. Misalnya speedtest.net, Google fiber speedtest, fast.com, meter.net, dan speedsmart.net.

4. Update Google Maps

GPS tidak akurat bisa terjadi karena Google Maps belum update. Jadi, Anda bisa melakukan update Google Maps di smartphone. Pastikan bahwa smartphone Anda sudah terkoneksi ke internet.

Untuk Android, berikut caranya;

  • Buka Play Store dan klik ikon profile di sebelah kanan
  • Pilih kelola aplikasi dan perangkat kemudian pilih menu update tersedia
  • Pilih aplikasi Google Maps dan klik update

Tunggu sebentar sampai update selesai.

5. Hapus Cache

Cache merupakan penyimpanan data sementara untuk mengurangi proses loading aplikasi atau website. Ketika cache menumpuk, maka Google Maps bisa jadi lambat dan tingkat akurasi GPS menurun. Bagaimana cara mengatasinya?

  • Buka Setting/Pengaturan dan klik hapus cache aplikasi Google Maps
  • Masuk ke menu Apps & Notifications
  • Temukan aplikasi Google Maps, kemudian klik Clear Cache
Reset GPS

6. Aktifkan Mode Akurasi Tinggi

Ketika salah menentukan mode akurasi, maka titik GPS menjadi kurang tepat. Itulah mengapa, Anda sebaiknya mengubah mode untuk reset GPS yang tidak akurat. Caranya adalah sebagai berikut;

  • Buka menu Setting dan klik menu Location.
  • Pilih opsi Keakuratan Lokasi Google atau Google Location Accuracy.
  • Klik mode High Accuracy atau tingkatkan keakuratan lokasi.

Dengan demikian, setting GPS pada HP Android sudah berada pada mode akurasi tinggi yang direkomendasikan untuk Anda yang sering menggunakan GPS.

7. Unroot HP Anda

Proses root memungkinkan pengguna bisa akses penuh terhadap sistem operasi perangkat smartphone. Apabila tingkat keakuratan GPS berkurang karena proses root, maka Anda bisa unroot Android.

Untuk melakukannya, maka Anda bisa memakai aplikasi yang sama untuk proses rooting. Pada banyak situasi, melakukan proses root dapat memengaruhi GPS akurat atau tidak. Setelah unroot, GPS akab menjadi akurat kembali.

8. Update Sistem Android

Untuk setiap sistem Android memang membutuhkan update berkala. Saat Anda sudah menerima pemberitahuan, maka segera saja Anda update sistem Android.

Proses update tersebut berarti smartphone Anda telah memakai teknologi paling baru yang memengaruhi cara kerja GPS.

Tapi, jika semua cara yang sudah disebut di atas ternyata tidak berfungsi dengan semestinya, maka Anda bisa ke tempat service (service center).

Penggunaan GPS pada Aplikasi Kerjoo

Penggunaan sistem GPS pada aplikasi absensi karyawan memang dirancang untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dan karyawan yang saling berkoordinasi.

1. Agar Bisa Mengetahui Keberadaan Karyawan

Pada intinya fitur GPS dalam aplikasi absensi online bisa memberi informasi tentang posisi atau keberadaan seseorang. Saat karyawan terdaftar pada sistem absensi online, maka HR perusahaan bisa mengetahui keberadaannya pada jam kerja.

2. Memudahkan Koordinasi Tim Jarak Jauh

Ketika tim saling mengetahui keberadaan masing-masing, maka koordinasi bisa lebih mudah.

Apalagi jika ada yang berada pada zona waktu berbeda. Masing-masing pihak bisa secara transparan terkait lokasinya dan bisa menjalankan kewajiban tepat waktu.

3. Pelacakan yang Lebih Mudah

Ada kalanya karyawan menjalankan tugas ke luar kantor, misalnya dinas ke luar kota. Sebagian divisi juga ada yang bekerja di lapangan dan tidak harus datang ke kantor.

Dengan GPS yang memungkinkan pelacakan lokasi, maka pekerjaan dari manapun tetap terselesaikan dengan baik.

GPS pada aplikasi Kerjoo juga memastikan bahwa lokasi data kehadiran karyawan tepat dan akurat. Fitur geotagging memungkinkan lokasi karyawan ketika melakukan presensi terekam secara otomatis.

Lokasi kehadiran ini dari awal sudah disepakati dengan HRD yang bisa diubah pada kondisi tertentu.

Yang pasti, aplikasi absensi Kerjoo juga bisa mendeteksi jika di dalam HP karyawan ternyara menggunakan aplikasi untuk memalsukan lokasi, misalnya; Fake GPS, Lockito, GPS Emulator, Location Changer, dan Fake Live Location. Hal ini tentunya mencegah kecurangan proses absensi dengan memalsukan lokasi.

Cara Reset GPS untuk Pengguna Aplikasi Kerjoo

Cara Melakukan Reset GPS di Handphone

Bila Anda sudah berada di lokasi kehadiran sesuai kesepakatan dengan HRD tapi saat membuka aplikasi Kerjoo lokasi Anda masih terdeteksi di luar lokasi kehadiran, maka lakukan langkah-langkah berikut untuk reset GPS di HP Anda;

  • Pertama, buka aplikasi Google Maps dan tunggu sejenak sampai Google Maps menunjukkan lokasimu saat ini.
  • Jika belum berubah menunjukkan lokasi Anda yang sebenarnya maka Anda harus masuk ke bagian setting HP, pilih 'location' dan matikan 'location access'.
  • Tunggu beberapa saat kemudian hidupkan kembali.
  • Buka kembali aplikasi Google Maps. Jika sudah sesuai, buka kembali aplikasi Kerjoo.
  • Kemudian aplikasi Kerjoo akan menujukkan bahwa Anda sudah berada pada area yang ditentukan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang GPS pada aplikasi absensi online. Ketika GPS error, yang perlu dilakukan adalah reset GPS.

Anda bisa melakukannya dalam beberapa langkah, sampai benar-benar akurat. Jika Anda mengalami seperti kondisi di atas, langsung saja coba reset GPS untuk menggunakan aplikasi Kerjoo.

Kalau masih ragu untuk menggunakan semua fitur aplikasi Kerjoo, jangan ragu untuk menghubungi tim kami melalui email halo@kerjoo.com.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari