Mengembalikan Semangat Bekerja Setelah Libur Lebaran

Mengembalikan Semangat Bekerja Setelah Libur Lebaran

Daftar Isi

Semua orang menantikan libur lebaran. Satu atau dua minggu diisi dengan menjelajahi kota-kota baru atau bersantai di tempat tidur gantung di pantai dan tidak melakukan apa-apa. Sayangnya, kembali bekerja setelah liburan dapat membuat Anda merasa perlu liburan lagi. Kembali bekerja setelah liburan – baik minggu yang meremajakan di pantai yang berjemur atau akhir pekan panjang yang menyegarkan di alam terbuka – bisa terasa seperti prestasi yang mustahil. Sementara banyak penelitian menunjukkan bahwa mengambil cuti memulihkan semangat kita dan mengisi energi yang hilang. Kembali ke tanggung jawab kita sehari-hari dan mengembalikan diri kita ke rutinitas masih bisa terasa seperti pengalaman yang menakutkan pada awalnya. Untungnya, dengan sedikit perencanaan strategis sebelum kembali beraktivitas, tentu akan membantu mengembalikan semangat Anda.

Berikut tips saat kembali bekerja setelah libur lebaran:

Prioritaskan tugas pada hari pertama Anda kembali

Alih-alih mencoba menanggapi setiap email atau memulai setiap proyek, beri peringkat apa yang paling mendesak. Luangkan waktu untuk membuat daftar tugas terpenting yang perlu Anda lakukan, lalu bagikan dengan seseorang. Sebuah studi menemukan lebih dari 70 persen orang yang mengirim pembaruan ke teman melaporkan pencapaian tujuan yang sukses. Tanyakan pada diri Anda sendiri seberapa serius tugas tersebut, lalu seberapa mendesaknya berdasarkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya. Terakhir, ukur pertumbuhan proyek dan jika akan semakin buruk seiring berjalannya waktu. Menggunakan metode ini akan membantu Anda memberi peringkat pada daftar tugas Anda ketika Anda kembali ke kantor.

Tinjau sebentar kalender Anda

Anda sudah lama pergi, jadi Anda mungkin perlu sedikit diingatkan tentang apa yang terjadi dengan pekerjaan Anda. Pindai kalender Anda untuk beberapa hari ke depan untuk mendapatkan gambaran tentang pertemuan yang akan datang, tanggal jatuh tempo, proyek, dan masalah lainnya. Anda akan lebih siap untuk hari-hari mendatang. Dan tidak akan sepenuhnya lengah ketika harus bersiap-siap untuk pertemuan klien atau menyiapkan laporan yang jatuh tempo pada hari Jumat pada siang hari.

Tinjau daftar tugas Anda

Kemungkinan kalender kerja Anda memiliki banyak hal yang tercoret-coret di atasnya selama beberapa minggu ke depan. Anda mungkin perlu diingatkan dengan cepat tentang apa yang akan Anda lakukan setelah kembali dari liburan. Lihat sekilas kalender Anda untuk meninjaunya. Kemudian perbaiki daftar tugas Anda sesuai dengan itu. Anda mungkin juga perlu mengatur ulang kalender Anda sendiri jika ada pertemuan baru yang lebih mendesak yang muncul menggantikan orang lain. Terlepas dari apa yang harus Anda lakukan, memiliki gambaran yang jelas tentang minggu-minggu ke depan dan daftar yang dapat Anda tangani hari demi hari akan membantu meredakan stres Anda.

Libur Lebaran

Terhubung kembali di tempat kerja

Berusaha untuk membangun hubungan yang berharga dengan rekan kerja dan pelanggan. Mungkin Anda bisa mencoba masakan baru saat istirahat makan siang dengan rekan kerja atau bekerja sama untuk terlibat dalam komunitas melalui kerja sukarela atau penggalangan dana. Koneksi dan aktivitas positif ini akan membantu Anda melihat pekerjaan dari sudut pandang yang positif.

Jangan membaca email Anda dalam urutan kronologis

Alih-alih membaca email Anda berdasarkan tanggal, urutkan berdasarkan subjek atau pengirim. Ide di balik ini adalah Anda lebih tertarik untuk mencari tahu apa yang terjadi saat Anda pergi, bukan saat sesuatu terjadi. Menggunakan teknik ini juga mempermudah untuk menghapus email apa pun yang tidak lagi relevan, seperti pembaruan berita lama, penawaran kedaluwarsa, atau kupon.

Buat daftar tugas yang diprioritaskan

Saat Anda meninjau email, surat pos, pesan suara, dan sejenisnya, Anda akan diingatkan tentang semua hal yang Anda kerjakan sebelum berangkat berlibur. Alih-alih mengerjakan item pertama yang melintasi jalan Anda, berusahalah secara sadar untuk memprioritaskan pekerjaan Anda. Proyek apa yang Anda kerjakan sebelum Anda meninggalkan kantor? Apa lima tugas terpenting yang harus Anda selesaikan di hari pertama Anda kembali?

Lakukan satu hal dalam satu waktu

Anda mungkin merasakan dorongan untuk mengerjakan tiga hal berbeda pada saat yang sama untuk mengejar pekerjaan. Namun, ini bukanlah pendekatan yang paling efisien. Anda hanya akan membuat diri Anda bingung dan stres! Buat titik untuk memfokuskan pikiran Anda dan hanya mengerjakan satu item atau tugas pada satu waktu. Anda baru saja kembali dari liburan santai yang menyenangkan; mengapa stres sendiri jika Anda dapat menghindarinya?

Singkirkan gangguan yang tidak perlu

Agar transisi Anda kembali ke pekerjaan berjalan semulus mungkin, seriuslah untuk menghilangkan gangguan yang terlihat jelas. Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui berbagai hal secepat dan seefisien mungkin, tanpa diganggu setiap lima menit. Matikan ponsel Anda, tutup semua akun media sosial, dan tutup program dan aplikasi komputer.

Buat rencana untuk bersenang-senang di minggu pertama

Anda kembali bekerja, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menikmati diri sendiri atau memperlakukan diri sendiri dengan baik. Menjadwalkan satu atau dua makan siang dengan teman-teman dapat membuat waktu terasa lebih indah. Manjakan diri Anda dengan minuman favorit Anda di kafe setempat selama rehat kopi, atau unduh podcast atau buku baru untuk membuat perjalanan Anda sedikit lebih menarik.

Tinggalkan kantor tepat waktu

Apakah Anda cenderung bekerja lembur beberapa hari pertama setelah liburan? Hanya karena Anda sedang berlibur bukan berarti Anda harus bekerja lebih banyak. Pastikan untuk meninggalkan kantor tepat waktu. Setel pengatur waktu atau pengingat, jika perlu, untuk membantu Anda keluar dari pintu.

Istirahatkan diri Anda

Kembali bekerja setelah liburan adalah masa transisi. Jangan menyalahkan diri sendiri tentang berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengejar ketinggalan. Mungkin perlu beberapa hari sampai Anda akhirnya menyesuaikan diri dan itu tidak masalah. Tetap tenang, fokus, dan rileks. Anda akan kembali ke rutinitas lama Anda di tempat kerja sebelum Anda menyadarinya.

Bersihkan meja kerja Anda

Bersihkan meja Anda tepat saat Anda masuk ke kantor. Singkirkan botol air, cangkir kopi, dan kertas yang tidak perlu Anda tinggalkan di sana sambil bergegas pergi untuk mengejar kendaraan Anda ke utara. Membersihkan ruang kerja Anda akan mengurangi gangguan dan pada akhirnya pikiran menjadi lebih jernih sebelum Anda menyalakan komputer.

Patuhi Jadwal Kerja Reguler Anda

Hanya karena Anda mengambil cuti beberapa hari tidak berarti Anda harus tetap bekerja sampai pukul 10 malam selama seminggu. Tetap berpegang pada jadwal kerja reguler Anda dan kembali santai. Liburan tidak akan sepadan jika Anda merasa sangat sedih saat kembali bekerja.

Kesimpulan

Setiap orang berhak mendapatkan libur lebaran tanpa merasa ditegur. Selesaikan pekerjaan Anda sebelum berangkat, santai saat Anda kembali dan semuanya akan kembali normal dalam waktu singkat. Manakah dari tips berikut yang akan Anda coba untuk meringankan kembali rutinitas kerja setelah libur lebaran? Buat Anda yang sudah menggunakan aplikasi absensi Kerjoo tentu tidak menghadapi keribetan absensi fingerprint maupun membuat laporan pekerjaan di email maupun kertas kerja, karena kalian bisa melakukannya dalam satu waktu menggunakan Kerjoo.

mengembalikan semangat bekerja
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari