Seberapa Penting Sertifikasi HR dan Cara Mendapatkannya

Ketahui hal-hal penting tentang sertifikasi HR profesional dan bagaimana cara mendapatkannya

Sertifikasi HR

Daftar Isi

Dalam beberapa bidang profesi, sertifikasi menjadi persyaratan yang harus dipenuhi. Contohnya adalah sertifikasi akuntan publik, konsultan pajak, konsultan keuangan, dan sertifikasi HR untuk bidang manajemen sumber daya manusia.

Untuk para profesional yang telah mendapat sertifikasi, tentu bisa mendatangkan manfaat atau keuntungan untuk peningkatan karier profesional.

Tentang sertifikasi HR, saat ini sudah ada Keputusan Menaker No. 115 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Manajemen SDM.

Apa Saja Tujuan Sertifikasi HR?

Untuk mengetahui seberapa penting sertifikasi HR, sebaiknya kita ketahui apa tujuannya. Menurut Keputusan Menaker No. 115 Tahun 2022 yang ditetapkan 18 Agustus 2022, tujuan sertifikasi tenaga kerja bidang SDM adalah;

  • Untuk memastikan ketersediaan tenaga kerja kompeten dalam bidang manajemen SDM di perusahaan
  • Untuk mendorong produktivitas serta daya saing tenaga kerja di bidang SDM
  • Mewujudkan hubungan industri yang lebih harmonis di lingkungan perusahaan

Secara spesifik, bidang apa saja yang wajib mendapatkan sertifikasi kompetensi kerja?

  • pelatihan dan pengembangan
  • pengelolaan SDM
  • peningkatan produktivitas
  • manajemen kinerja
  • hubungan industri
  • sistem remunerasi

yang masing-masing sudah ditetapkan pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia menurut Kemnaker adalah suatu rumusan tentang kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan.

Sertifikasi HR

Apakah Sertifikasi HR Bersifat Wajib?

Berlakunya kewajiban sertifikasi untuk tenaga kerja di bidang Sumber Daya Manusia adalah untuk yang menduduki jabatan setara dengan kualifikasi minimal jenjang 4 pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jabatan apa yang termasuk jenjang 4?

Dilansir dari website kemnaker.go.id, ada 9 kelompok jenjang kualifikasi KKNI yang terdiri dari:

  • Jabatan operator termasuk ke jenjang 1-3
  • Teknisi atau analis termasuk ke jenjang 4-6
  • Jabatan ahli termasuk ke jenjang 7-9

Selain ketentuan jabatan, pemberlakuan kewajiban sertifikasi HR berlaku untuk perusahaan menengah dan perusahaan besar. Berapa orang di perusahaan yang wajib sertifikasi? Menurut diktum keenam Keputusan Menaker No. 115 Tahun 2022, hal itu dapat menyesuaikan kebutuhan setiap perusahaan.

Masa berlaku sertifikasi kompetensi SDM adalah sesuai dengan masa berlakunya sertifikat kompetensi tersebut. Sementara itu, untuk evaluasi dan pemantauan pemberlakuan sertifikasi menjadi wewenang Menteri Ketenagakerjaan dan Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi HR?

Untuk mengikuti sertifikasi HR di Indonesia, caranya adalah melalui LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi). Informasi pilihan LSP tersedia di website BNSP. Yang perlu Anda ketahui adalah tentang lembaga yang memberi sertifikasi Human Resources, ada yang berlisensi nasional dan berlisensi global.

Saat ini, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menjadi badan independen milik negara yang berwenang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi profesi untuk tenaga kerja di Indonesia. Selain berlaku di dalam negeri, sertifikasi BNSP juga bisa diakui di Asia Tenggara (tingkat regional).

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diketahui sebelum mengikuti sertifikasi HR melalui BNSP.

- Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan Alamat Detail

Calon peserta dapat mempelajari skema sertifikasi dari beberapa LSP yang ada di berbagai kota di Indonesia. Tentang daftar LSP bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Anda bisa mengecek ke situs BNSP.

- Masa Berlaku Sertifikat

Masing-masing LSP mengeluarkan sertifikat dengan masa berlaku yang berbeda-beda. Misalnya LSP MSDM Universal Surabaya aktif sampai dengan tanggal 21/02/2025, kemudian LSP MSDM APINDO JAYA aktif sampai dengan tanggal 15/12/2026.

- Biaya

Setiap LSP memiliki biaya berbeda untuk setiap skema yang ada. Jika ingin mencari informasi biaya yang lengkap, maka calon peserta disarankan untuk menghubungi LSP. Untuk peserta, juga tersedia kesempatan mendapatkan subsidi untuk biaya sertifikasi dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Agar bisa mendapatkan sertifikasi HR, maka seorang HR profesional harus bisa lulus pada ujian kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berlisensi BNSP.

Menurut Keputusan Menaker No. 115 Tahun 2022, sertifikasi HR wajib untuk profesional dengan jabatan setara dengan kualifikasi di atas jenjang 4 menurut KKNI. Lalu, program apa saja yang bisa diikuti?

1. Sertifikasi Staff HR

Program sertifikasi ini adalah untuk yang berkarier bidang SDM level staf atau pemula. Durasi programnya adalah 3 hari (2 hari materi dan 1 hari ujian kompetensi/asesmen).

2. Sertifikasi HR Supervisor

Program sertifikasi ini adalah untuk profesional yang sudah atau akan menduduki jabatan supervisor di bidang SDM. Program berlangsung selama 2 hari ditambah dengan ujian kompetensi 1 hari

3. Sertifikasi HR Manager

Program sertifikasi ditujukan kepada orang yang akan menduduki posisi manajer, atau sudah menjadi supervisor setidaknya dua tahun.

4. Recruitment dan Selection Staff

Program sertifikasi ini tersedia untuk profesional HR yang bertugas mengelola seleksi karyawan. Program ini berdurasi dua hari, yang diakhiri ujian kompetensi pada akhir sesi.

5. Compensation & Benefit Officer

Program sertifikasi compensation & benefit officer adalah untuk para profesional HR yang tugasnya mengelola kompensasi karyawan. Sama seperti sebelumnya, durasi program berlangsung selama 2 hari.

Sertifikasi HR

Selain sertifikasi kompetensi yang disediakan pemerintah, HR profesional juga dapat mengikuti pilihan sertifikasi lain yang diakui secara global. Jika saat ini memiliki rencana mengambil program sertifikasi, Anda bisa memilih yang sesuai kompetensi yang diperlukan.

Sebagian besar skema pelaksanaan sertifikasi menggunakan studi kasus. Berikut ini adalah tiga macam sertifikasi HR yang banyak dicari di Indonesia.

CPHRM (Certified Professional Human Resource Management)

CPHRM (Certified Professional Human Resource Management) adalah sertifikasi yang dirancang untuk manajer HR. Apa saja kompetensi yang diujikan pada CPHRM?

  • Strategic Human Resources Management (Manajemen SDM strategis)
  • HR Planning, Recruitment & Selection (Perencanaan, seleksi, dan pemilihan SDM yang sesuai kualifikasi)
  • Organization Development, CBHRM & Organization Culture (Pengembangan organisasi dan budaya organisasi yang efisien)
  • Learning & Development (Pelatihan dan pengembangan untuk SDM perusahaan)
  • Talent Management (Pengelolaan sumber daya manusia yang dapat meningkatkan kemajuan organisasi)
  • Career Management (Manajemen peningkatan karir yang bisa memberi kontribusi lebih optimal)
  • Performance Management (Pengelolaan kinerja tim agar sesuai dengan visi misi organisasi)
  • Total Rewards (Pengelolaan sistem apresiasi atau penghargaan yang kompetitif, menarik, dan juga adil)
  • Industrial Relations (Pengembangan hubungan industrial yang lebih harmonis)
  • HR Services & HR Technology (Pengembangan layanan administrasi HR yang berbasis teknologi untuk kebutuhan organisasi)

HRBP (Human Resources Business Professional)

HRBP (Human Resources Business Professional) adalah sertifikasi yang diselenggarakan oleh HRCI (Human Resources Certification Institute), institute yang berbasis di Amerika Serikat. Kompetensi yang ada pada sertifikasi ini adalah;

  • HR Administration (Administrasi HR)
  • Recruitment & Selection (Rekrutmen dan seleksi)
  • Employee Relations & Communication (Hubungan & Komunikasi Karyawan)
  • Compensation & Benefits (Kompensasi & Manfaat di perusahaan)
  • Training & Development (Pelatihan dan pengembangan)
  • Health, Safety & Security (Kesehatan, Keselamatan & Keamanan)

HRMP (Human Resources Management Professional)

Selanjutnya adalah HRMP (Human Resources Management Professional) yang juga dari HRCI. Kompetensi yang terdapat di dalamnya adalah sebagai berikut;

  • HR as a Business Leader (HR sebagai Pemimpin Bisnis
  • People Development & Talent Management (Pengembangan Orang & Manajemen Bakat)
  • HR Service Delivery and Measurement (Pengiriman dan Pengukuran Layanan SDM)

Kesimpulan

Sertifikasi HR bagi setiap profesional di bidang SDM perusahaan adalah langkah yang strategis. Apalagi jika posisi Anda sudah memiliki tanggung jawab lebih tinggi.

Selain meningkatkan kompetensi, sertifikasi juga membantu industri untuk mengembangkan karir tenaga kerja berbasis kompetensi, mendorong produktivitas, sampai ke hal-hal tentang adaptasi teknologi yang dibutuhkan HR.

Jadi, apa saja yang dibutuhkan perusahaan Anda untuk meningkatkan performa SDM? Ikuti update informasi yang bermanfaat tentang HR, perusahaan, dan seputar dunia kerja di blog Kerjoo.

Aplikasi absensi Kerjoo memudahkan Anda untuk mengelola data absensi karyawan. Coba Kerjoo sekarang dan nikmati manfaatnya.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari