Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja Saat Ini, Wajib Asah Terus!

Skill dibutuhkan di dunia kerja

Membahas tentang skill yang paling dibutuhkan di dunia kerja, mungkin saja daftarnya akan terus berubah seiring waktu. Kebutuhan di masyarakat mengalami perubahan, begitu juga dunia kerja. Mau tidak mau, manusia harus selalu mengasah skill yang berguna, entah itu hard skill maupun soft skill. Setiap orang memang belum bisa memahami dengan pasti apa saja perubahan yang terjadi sesudah pandemi selesai di dunia ini. Wajar jika merasakan kekhawatiran, tapi sebagian yang lain berusaha realistis dan beradaptasi dengan kondisi.

Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja Sudah Banyak Berubah

Salah satu kondisi yang menjadi tantangan sebagian besar tenaga kerja adalah bagaimana caranya agar kemampuannya tetap berguna di dunia profesional. Seiring perkembangan zaman, peluang kerja di berbagai perusahaan pun berkembang. Tidak jarang bahwa beberapa jenis pekerjaan sudah kurang urgen lagi, padahal dahulu sangat populer di tengah-tengah masyarakat. Beberapa jenis pekerjaan sudah digantikan teknologi, tapi juga banyak bermunculan pekerjaan baru yang bahkan nama-namanya saja masih sulit diucapkan.

Tapi, sebenarnya kita masih punya pilihan dan tidak usah terlalu khawatir apakah skill yang kita miliki saat ini termasuk skill yang dibutuhkan, entah itu saat ini di masa pandemi ataupun di masa depan. Organisasi WEF (World Economic Forum) telah membuat publikasi yang terkait dengan peluang kerja di masa depan. Hasil rilisan dari World Economic Forum menyatakan bahwa ada 75 jutaan lapangan kerja yang menurun, munculnya tren pembagian pekerja antara manusia dan teknologi. Pada saat bersamaan, kemungkinan ada 133 jutaan lapangan pekerjaan baru yang muncul.

skill yang paling dibutuhkan

Untuk mempersiapkan masa depan, tentunya harus mulai dari saat ini. Caranya adalah melalui hal yang realistis, yaitu mengasah skill masing-masing. Skill apa saja yang paling dibutuhkan saat ini di dunia kerja?

Teknologi Adalah Salah Satu Skill yang Paling Dibutuhkan

Saat baru mulai berlangsung pandemi Covid-19, aktivitas masyarakat dianjurkan untuk lebih banyak di rumah. Sebagian sektor usaha mengubah pola kerjanya menjadi jarak jauh. Agar semua urusan tetap lancar, tentunya perlu untuk komunikasi dengan orang lain seperti rekan kerja satu tim. Bukan hanya dalam ranah individu, tapi juga kepentingan bisnis secara luas. Agar tetap berjalan stabil dan juga efisien, teknologi sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Tidak dipungkiri bahwa sebagian orang masih belum terbiasa dengan perangkat teknologi, sehingga rekan yang lebih punya skill akan sangat membantu secara teknis. Adapun skill yang paling dibutuhkan terkait teknologi sebenarnya ada banyak, mulai dari hal yang mendasar sampai yang rumit.

Digital Marketing dan Social Media

Seperti dilansir oleh Fast Company, skill digital marketing dan social media saat ini sangat banyak membantu suatu perusahaan untuk mengembangkan brand agar bisa semakin bertumbuh ke depannya. Masih terkait dengan poin sebelumnya, yaitu teknologi, skill digital marketing dan social media ini juga tidak lepas dari teknologi internet. Saat ini semakin banyak orang yang berusaha berpenghasilan dari rumah dengan cara fokus di bidang digital marketing. Untuk aspek bisnisnya, masing-masing orang bisa mempelajari sambil praktik. Begitu juga skill digital marketing dan social media yang tujuannya untuk bisa mengenalkan brand lebih luas lagi.

Penguasaan Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing selalu menjadi list utama dalam daftar skill yang dibutuhkan di dunia kerja maupun untuk studi lanjut. Bahasa asing, khususnya bahasa Inggris sudah seperti menjadi hal wajib saat ini. Walaupun tidak bekerja di luar negeri atau di perusahaan multinasional, bahasa Inggris tetap menjadi skill yang wajib diasah. Hampir semua hal terkait teknologi dan update pengetahuan baru menggunakan bahasa Inggris. Jadi skill yang satu ini menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasai.

Kemampuan Berpikir Kritis

Sejak fase mencari kerja, berpikir kritis memang sangat penting. Berpikir kritis bisa luas cakupannya, misalnya tentang bagaimana berpikir lebih dalam, evaluasi kemampuan diri, dan menjadi orang yang lebih mandiri lagi. Manfaat berpikir kritis ada banyak, misalnya untuk memudahkan saat mengobservasi sebuah masalah.

Pikiran kritis bisa mengantisipasi banyak hal buruk di dalam pekerjaan, jadi tidak gampang tertipu atau percaya hal yang belum jelas kebenarannya. Kemampuan untuk berpikir juga akan membantu bersikap tenang jika terjadi beda pendapat dengan orang lain.

Kemampuan Problem Solving

Problem solving atau penyelesaian masalah adalah soft skill penting berikutnya di dunia kerja. Bukan hanya pemimpin di setiap profesi, tapi karyawan juga penting untuk memiliki skill yang satu ini. Apalagi di masa pandemi ketika banyak hal berubah dan tidak pasti, kemampuan problem solving akan sangat berguna.

Jika skill problem solving telah dimiliki dan digabungkan dengan pemikiran ktitis, maka akan lebih mudah dalam menghadapi masa sulit dan di luar rencana. Salah satu cara terpenting untuk bisa meningkatkan skill problem solving yaitu dengan cara terbiasa menghadapi beragam situasi dan mencoba berpikir terbuka.

Kemampuan Empati

Untuk hari-hari tertentu, empati jauh lebih besar peranannya dibanding dahulu. Empati bisa berarti kemampuan memahami kondisi atau kebutuhan diri orang lain, bahkan orang banyak. Dengan memahami situasi orang lain, maka hal itu akan lebih membantu jika peran Anda adalah seorang pemimpin yang bertanggung jawab pada orang banyak.

Tekait dengan pemahaman pada kebutuhan orang lain, bukan berarti harus selalu setuju atau sependapat dengan mereka, tapi kita tunjukkan kemauan menghargai dan memahami. Ada banyak manfaatnya jika kita punya skill empati yang baik. Setidaknya bisa untuk mengatasi stres yang muncul, mengatasi kecemasan, dan menjadi tidak begitu terbebani.

skill yang paling dibutuhkan

Hard Skill dan Soft Skill yang Dibutuhkan, Keduanya Penting

Skill yang telah disebutkan sebelumnya merupakan kombinasi antara hard skill dan soft skill. Hard skill seperti kemampuan memakai teknologi, marketing, dan bahasa asing bisa dinilai dengan objektif. Sementara itu, soft skill seperti kemampuan berpikir kritis, penyelesaian masalah, dan empati pada dasarnya tidak selalu mudah dinilai karena adanya subjektivitas terkait kepribadian manusia. Akan sangat penting apabila kita seimbangkan keduanya dan juga melengkapi dengan skill lain yang relevan di dunia kerja saat ini.

Kesimpulan

Skill dalam dunia kerja untuk industri manapun memang selalu berubah dari waktu ke waktu. Semua orang layak untuk mendapat kesempatan mengembangkan skill terkait pekerjaannya? Apabila ada skill yang dibutuhkan dan bisa diasah sejak hari ini, mengapa tidak segera dilakukan? Yang paling penting yaitu punya tujuan jelas, alasan mengapa skill tersebut harus dipelajari, kemudian seperti apa cara melakukannya secara efektif dan efisien.

Jika skill baru sudah dimiliki, tentu Anda akan menjadi lebih produktif dalam pekerjaan. Seperti Anda yang selalu berusaha menjadi lebih produktif dengan cara efisien, aplikasi absensi Kerjoo pun hadir untuk memberi layanan di perusahaan Anda agar lebih lancar operasionalnya sehari-hari. Hubungi kami untuk menemukan infofmasi layanan selengkapnya.

skill yang paling dibutuhkan