5 Tanda Bahwa Anda Sudah Ada pada Jenjang Karier yang Tepat

5 Tanda Bahwa Anda Sudah Ada pada Jenjang Karier yang Tepat

Membahas dunia karier memang sangat dinamis. Ada orang-orang yang merasa lancar saja menjalani pekerjaannya. Jenjang karier pun terkesan mudah dicapai satu persatu. Ketika kariernya sudah menanjak, penghasilan pun bisa lebih tinggi dan taraf hidup pun meningkat. Ketika taraf hidup meningkat, tentunya akan lebih banyak pilihan di masa depan. Bukankah itu keinginan hampir semua orang?

Sudah banyak tips dan cara untuk menempuh jalur karier yang tepat. Tapi kenyataannya, karier yang tepat tidak selalu sesuai dengan apa yang disebut di banyak training atau seminar. Sebagai bagian dari perjalanan hidup, perjalanan karier juga memiliki beberapa nilai personal yang mungkin tidak sama antar individu.

Apa yang Dimaksud dengan Jenjang Karier?

Menurut The Balance Careers, jenjang karier didefinisikan sebagai serangkaian pengalaman kerja yang bisa membantu seseorang berkembang mendekati tujuan atau cita-citanya. Sebut saja misal cita-cita dalam kariernya adalah menjadi CEO, peran apa saja yang seharusnya ditempuh? Untuk dapat mencapai bagian atau peran tersebut, maka ada pengalaman kerja tertentu yang dibutuhkan, khususnya yang terkait kepemimpinan dan hal yang strategis. Pengalaman demi pengalaman tersebut adalah jenjang karier yang seharusnya ditempuh.

Perjalanan karier yang ideal idealnya memang terus naik dari posisi saat ini ke posisi berikutnya. Lebih baik lagi jika karier ini dimulai dari pemilihan jurusan yang tepat saat kuliah. Sehingga ketika jalurnya sudah tepat bisa lebih mudah mengarahkan. Saat melamar pekerjaan pun HRD tidak kesulitan lagi dalam mengembangkan kemampuannya sebagai karyawan baru yang siap berkontribusi. Tapi, kenyataannya seringkali tidak mulus. Bahkan untuk orang yang sudah bekerja bertahun-tahun. Ada saatnya seseorang justru merasa ingin berganti profesi.

jalur karier

Tanda Bahwa Anda Sudah Berada di Jenjang Karier yang Tepat

Selagi belum terlambat, sebaiknya Anda kenali apakah memang karier yang Anda jalani saat ini benar-benar sudah tepat atau belum? Inilah tanda bahwa Anda menjalani karier yang tepat.

1. Jenjang Karier yang Tepat Akan Memotivasi Belajar

Tanda bahwa Anda berada di jalur yang tepat ada banyak, salah satunya adalah tentang aspek pengembangan diri. Jika pekerjaan bisa memberi ilmu, pengalaman, dan peluang baru, bukankah itu menyenangkan? Selain berkontribusi pada perusahaan, Anda pun bisa mengasah skill yang dibutuhkan jangka panjang. Jenjang karier yang tepat akan memotivasi untuk belajar hal yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan maupun untuk mengatasi tantangan di masa depan.

2. Tidak Lagi Mengatakan “I hate Monday”

Kalimat “I hate Monday” sepertinya sudah sangat familiar di banyak pekerja, khususnya di kota besar yang sibuk. Seolah-olah akan bertemu monster ketika hari Minggu sudah berlalu dan bersiap kerja lagi di hari Senin. Apalagi kalau Senin pagi yang harus macet-macetan di jalan. Tapi, momen seperti itu tidak terjadi jika sudah cocok dengan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan.

3. Menyukai Lingkungan di Tempat Kerja

Pekerjaan apapun yang dijalani tentu juga tidak terlepas dari lingkungannya. Lingkungan yang kondusif akan mendukung produktivitas kerja. Saat kerja di lingkungan kantor, perusahaan bisa mengondisikan agar tempatnya bisa lebih nyaman dan penuh energi positif untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Begitu juga orang-orang di dalam tim. Jika sudah ada di jenjang karier yang tepat, segala situasinya bisa dijalani dengan baik. Meskipun mungkin tidak ada pekerjaan yang ideal atau sempurna, tapi setidaknya bisa semakin baik seiring waktu.

4. Merasa Bahwa Rekan Kerja Sudah seperti Keluarga

Selain tempat kerja yang memberi energi positif dan tidak toxic, rekan kerja juga tidak kalah penting pengaruhnya dalam budaya kerja. Meskipun relasi sehari-hari bersifat profesional, tapi bisa menjadi kawan yang baik di luar jam kerja. Rekan kerja bisa bekerjasama dengan saling menghargai kapasitas masing-masing dan memiliki visi yang sama dalam hal pekerjaan. Ketika sudah di jalur karier yang tepat, hubungan dengan rekan kerja berjalan dengan baik dan terasa seperti keluarga.

5. Menjalani Pekerjaan Sehari-hari dengan Rasa Syukur

Saat menjalani pekerjaan apapun, kantor ataupun WFH, sesekali pasti ada gejolak dari dalam diri. Ketika jalur karier belum tepat, maka gejolak batin pun muncul. Ada keinginan untuk mencoba hal baru. Kondisi itu bisa berpengaruh pada kebahagiaan. Anda pasti juga sudah memahami bahwa hal yang bisa dikendalikan hanya diri sendiri. Kira-kira bagaimana suasana hati Anda ketika bekerja? Jika Anda menyukai pekerjaan saat ini, memiliki mood yang bagus, dan menjalani keseharian dengan bersyukur, kemungkinan besar Anda sudah di jalur karier yang tepat.

6. Dalam Jenjang Karier yang Tepat, Banyak Inovasi Terlahir

Di lingkungan yang cocok, seseorang akan lebih mudah menyampaikan ide-idenya. Meskipun belum tentu diterima atau belum tentu solutif, tapi setidaknya berani menyampaikan pendapatnya. Ide dan kreativitas di tempat kerja juga menjadi awal yang baik untuk inovasi. Baik perusahaan, karyawan, maupun pihak yang dilayani akan mendapat banyak manfaat ketika ide dan kreativitas bisa melahirkan inovasi. Misalnya untuk perusahaan yang melayani customer, ide-ide tersebut bisa mewujudkan inovasi yang bermanfaat untuk kehidupan customer.

7. Memberi dan Menerima Feedback dengan Positif

Ada kalanya pekerjaan membutuhkan perbaikan dalam berbagai sisi. Ketika ada hal yang bisa diperbaiki pun tidak keberatan untuk menerima feedback yang berguna. Memberi dan menerima feedback memang tidak selalu mudah. Feedback yang penting ketika disampaikan dengan cara kurang tepat, maka hasilnya pun kurang optimal. Apakah Anda dan tim sudah terbiasa terbuka dengan ide-ide dan feedback yang membangun?

jenjang karier

8. Bisa Mengatasi Stres dengan Baik

Stres di tempat kerja adalah hal yang biasa terjadi. Menemukan pekerjaan yang bebas stres itu juga hampir tidak mungkin. Pendekatan yang lebih realistis adalah dengan menerapkan strategi healing yang efektif untuk mengurangi stres pada pekerjaan Anda saat ini. Ketika tugas sudah jelas dengan batasan tertentu, seharusnya stres lebih bisa dikelola dengan baik. Sejauh ini bagaimana Anda dan tim mengatasi stres dalam pekerjaan?

Kesimpulan

Mengetahui tentang jenjang karier sejak awal memang sangat penting. Hal tersebut bisa menjadi semacam anak tangga yang dipijaki seiring waktu. Setiap orang bisa melihat kesempatan terbaik yang bisa mengembangkan skill atau kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan.

Karier yang sukses memang bukan semata-mata terlihat dari jabatan tinggi. Tapi, akan sangat penting bagi setiap orang yang memasuki dunia kerja untuk merencanakan hal-hal yang akan dilakukannya dengan pekerjaannya. Juga penting bagi setiap individu untuk memastikan sudah berkembang dalam hal pengalaman dan kemampuan. Lebih dari sekadar tentang pencapaian, memahami jenjang karier juga bisa membantu meningkatkan kepuasan dalam bekerja.

Ketika Anda tahu bahwa jalur saat ini sudah tepat, pastinya akan lebih mudah untuk menjalaninya untuk waktu yang lama. Segala sesuatunya dalam pekerjaan juga bisa lebih efisien dan terkontrol dengan baik. Berangkat dari niat baik itulah layanan aplikasi absensi online kerjoo.com dibuat agar tim perusahaan Anda lebih terkelola dengan baik. Anda bisa pelajari di sini bagaimana caranya.

jenjang karier