7 Tips Cepat Dapat Kerja Lagi Setelah Resign, Apa Saja?

Ada sejumlah tips cepat mendapat pekerjaan setelah resign. Beberapa di antaranya mungkin sudah pernah Anda lakukan.

7 Tips Cepat Dapat Kerja Lagi Setelah Resign, Apa Saja?

Kapan terakhir kali Anda resign dari pekerjaan yang Anda tekuni selama ini? Atau jika Anda seorang manajer HR, pasti sudah biasa menemukan karyawan yang mau resign. Setelah resign atau keluar dari pekerjaan sebelumnya, tidak ada seorang pun ingin menganggur.

Namun demikian, tidak perlu disangkal lagi bila banyak orang setelah mengundurkan diri justru belum mendapatkan pekerjaan kembali. Keadaan ini dikarenakan sebelum resign tidak memikirkan persiapan pekerjaan pengganti. Lalu bagaimana tips cepat dapat kerja lagi setelah resign?

Sebagian orang menganggap bahwa untuk memperoleh pekerjaan pengganti dapat diperoleh dengan mudah karena sudah memiliki pengalaman bekerja sebelumnya. Sebagian tetap harus masih menunggu dulu hingga memperoleh pekerjaan kembali.

Ketika seseorang merasa sudah bosan, maka waktu cepat berlalu tanpa aktivitas yang menambah penghasilan dan tidak betah berada di rumah lantaran telah resign. Pernahkah Anda mengalami hal tersebut? Jika iya, maka Anda perlu untuk mendapatkan pekerjaan lagi. Oleh karena itu, Anda harus memahami apa yang dilakukan segera setelah pengunduran diri dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.

Tips Mencari Kerja Lagi Setelah Resign

Idealnya, pekerjaan baru diusahakan memiliki standar lebih baik dari pekerjaan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk pengembangan diri Anda khususnya kemajuan karier yang sedang ditekuni. Adapun tips cepat mendapatkan kerja lagi setelah resign yang disarankan, antara lain seperti berikut:

1. Mengikuti Pelatihan atau Kursus Singkat

Sekarang ini sudah banyak pekerjaan-pekerjaan yang menuntut keterampilan khusus. Maka dari itu, setelah Anda resign usahakan ikut beberapa kursus yang akan menambah kemampuan Anda di pekerjaan yang akan ditekuni atau dilamar.

Contohnya saja kursus pemograman, kursus bahasa asing, kursus public speaking, dan lain-lain. Sesuaikan kursus yang anda ikutin dengan pekerjaan Anda agar ketika melamar kerja lagi HRD perusahaan itu akan yakin dengan skill atau kemampuan Anda.

kerja setelah resign

2. Melamar Pekerjaan yang Sesuai dengan Kualifikasi Anda

Tips kedua ini diperuntukkan bagi Anda yang memilih keluar dari pekerjaan sebelumnya karena tidak sesuai dengan kualifikasi yang Anda miliki. Misalnya, Anda adalah seorang lulusan IT, namun bekerja di bagian keuangan suatu perusahaan. Hal itu tentu akan membuat Anda kurang nyaman atau perlu usaha untuk adaptasi terlebih dahulu. Jadi, cobalah untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar pendidikan Anda.

3. Melamar Pekerjaan yang Sejenis dengan Perusahaan Sebelumnya

Ada alasan tertentu kenapa Anda perlu melamar pekerjaan yang sejenis dengan yang sebelumnya. Pekerjaan yang sebelumnya telah memberikan pengalaman kepada Anda, sehingga tidak salah juga untuk mencoba kembali melamar pekerjaan yang sama. Akan tetapi, usahakan di level yang berbeda ya.

Level ini sangat mempengaruhi kinerjadan tentu dengan tanggung jawab yang berbeda pula serta penghasilan yang diperoleh pun juga akan lebih dari sebelumnya.

4. Update CV Sekreatif Mungkin

Tips ini dapat Anda praktekan agar cepat memperoleh pekerjaan setelah resign. CV yang Anda miliki harus di-update dan buat semenarik mungkin, agar Anda nantinya dipandang. Bukan hanya sebagai pribadi yang memiliki kemampuan yang mumpuni, tapi juga kesungguhan dalam melakukan suatu pekerjaan tertentu.

Pihak HRD perusahaan atau kantor terkadang juga melihat hal-hal kecil dan sederhana sebelum ke hal-hal yang lebih kompleks dari Anda atau pelamar kerja lain. Oleh karena itu, sebaiknya perbaiki CV sebagai hal yang penting dalam proses mendapatkan pekerjaan lebih cepat setelah resign dari perusahaan sebelumnya.

5. Menjadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan

Sebuah hobi ternyata tidak hanya untuk kesenangan dan hiburan yang dilakukan dikala mengisi waktu luang. Jika Anda dapat melihat sisi positif lainnya dari sebuah hobi tentu Anda dapat menggunakannya sebagai sumber tambahan penghasilan lainnya.

Bahkan tanpa Anda perlu mengeluarkan modal sekalipun dan hanya mengandalkan keahlian maka Anda sudah dapat menghasilkan pundi-pundi uang dalam jumlah besar. Hobi apa saja? Hobi seperti menulis artikel SEO, fotografi, grafis desainer, dan masih banyak lagi.

Sekarang ini hobi menulis artikel terutama artikel SEO banyak diminati dan dibutuhkan bagi banyak orang terkhusus di bidang bisnis. Sementara fotografi juga dapat Anda lakukan dengan cara membuka jasa foto untuk acara penting seperti foto wisuda, prewedding, wedding, dan lain-lain. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh keuntungan dengan menjual jasa sekaligus dapat menjalankan hobi Anda. Anda dapat menjalankan hobi-hobi itu sembari menunggu panggilan kerja lagi setelah resign.

6. Mengikuti Virtual Job Fair Secara Aktif

Karena masih belum terlalu normal sepenuhnya, maka masih banyak yang menerapkan kerja di rumah saja. Oleh karena itu, Anda dapat mengisi waktu luang dengan sering mengikuti job fair yang dilakukan berbagai perusahaan penyelenggara secara virtual. Siapa tau dengan itu, Anda dapat informasi terkait lowongan pekerjaan terbaru dan sesuai dengan kualifikasi Anda.

kerja setelah resign

7. Menuliskan Prestasi Selama Bekerja di Perusahaan Sebelumnya

Tips ini dapat menyakinkan perekrut tenaga kerja atas kemampuan Anda dengan adanya prestasi-prestasi yang sudah Anda raih selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Tidak hanya itu, mereka juga akan semakin yakin untuk menjadikan Anda sebagai salah satu kandidat calon karyawan perusahaanya. Anda dapat menuliskan dan menyertakan sertifikat-sertifikat berhubungan dengan prestasi Anda ketika melamar pekerjaan lagi.

Setelah resign, manfaatkan waktu dengan beberapa tips di atas agar dapat memulai berkarier dengan cepat kembali. Untuk itu, lakukanlah yang terbaik dan terus semangat berjuang agar langkah Anda untuk bekerja kembali dapat terwujud.

Bagi sebagian orang, resign dari satu pekerjaan bisa menjadi langkah yang tepat untuk bisa meningkatkan kapasitas. Dengan tanggung jawab yang baru dan berbeda, tentu membutuhkan kemampuan yang berbeda. Perusahaan bisa menerapkan kebijakan yang tegas agar karyawan yang resign bisa tetap sesuai prosedur.

Kesimpulan

Demikianlah tips cepat mendapat pekerjaan setelah resign. Semoga tips kali ini bermanfaat untuk Anda. Atau apakah Anda sedang memiliki anggota tim yang ingin resign? Hal ini juga menjadi poin penting yang perlu diperhatikan. Dengan demikian, kontribusi seseorang bisa tetap optimal di manapun.

Terlepas dari apapun alasan karyawan resign, ada aspek internal perusahaan yang harus selalu ditangani dengan efisien. Apakah di tempat Anda sudah cukup efektif dan efisien dalam mengelola para karyawan? Khususnya dalam hal mengelola data administrasi karyawan.

Mulai dari kepentingan proses rekrutmen, presensi kehadiran yang hemat waktu, laporan pekerjaan, sampai antisipasi karyawan resign menjadi tanggung jawab manajemen perusahaan. Jika kantor Anda memiliki karyawan yang work from office dan work from home tidak perlu khawatir untuk mengelola.

Aplikasi absensi online Kerjoo selalu meningkatkan fitur yang memudahkan pengguna. Manajer bisa mengidentifikasi wajah dan lokasi kerja karyawan dan memastikan mereka bekerja dengan maksimal. Bahkan jika ingin cuti dan izin, segala prosesnya juga mudah.

kerja setelah resign