Perbedaan CV dan Resume, Begini Penjelasan Lengkapnya

Perbedaan CV dan Resume, Begini Penjelasan Lengkapnya

CV dan resume adalah persyaratan penting yang umum diminta oleh perusahaan saat proses rekrutmen. Ada perusahaan yang minta CV saja, tapi ada juga yang pakai resume. Contoh CV dan resume bisa digunakan calon karyawan untuk mengenalkan diri kepada perusahaan. Ada beberapa poin yang harus ada di dalam contoh resume untuk melamar kerja. Contoh resume pribadi juga penting untuk diketahui oleh calon karyawan maupun HR perusahaan yang menyeleksi. Ada beberapa aspek untuk melihat perbedaan CV dan resume. Yang jelas, format CV yang benar akan memudahkan proses seleksi sampai tahap akhir.

Di beberapa negara di dunia, penerapannya tidak selalu sama. Menurut data dari The Undercover Recruiter, perusahaan di Inggris pada umumnya memakai CV, sedangkan Amerika Serikat lebih banyak memakai resume. Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Perusahaan di Indonesia pun berbeda-beda. Ada yang meminta pelamar mengirim CV saja atau sekaligus resume. Untuk beberapa orang, kedua macam berkas tersebut sekilas memang terlihat sama. Walau sebenarnya berbeda penggunaannya karena isinya juga berbeda.

Apa Perbedaan CV dan Resume? Pahami Dulu Pengertiannya

Pengertian CV

CV (Curriculum Vitae) merupakan dokumen yang terkait perjalanan karier atau akademik yang pernah ditempuh seseorang. Anda mungkin sudah pernah menuliskannya. Karena CV adalah tentang kehidupan profesional Anda, maka isi yang ditulis di dalam CV harus memuat penjabaran rinci terkait kualifikasi, pengalaman, dan prestasi yang sudah pernah diraih. Entah itu akademik maupun pencapaian non akademik tapi terkait pekerjaan yang dilamar.

Dalam penulisan CV perlu juga disebutkan informasi pribadi misalnya tempat dan tanggal lahir, foto, dan kewarganegaraan. Bukan hanya fokus ke isinya, sebagian rekruiter pekerjaan juga tertarik dengan design CV yang menarik. Seluruh informasi diri dalam CV disusun dengan sistematis dan terperinci sehingga mudah dipahami secara menyeluruh. CV yang jelas dan rapi juga memudahkan proses rekrutmen.

Pengertian Resume

Setelah mengetahui tentang pengertian CV, sekarang kita cari tahu tentang resume. CV adalah semacam ‘cerita’ tentang kehidupan yang lebih rinci, sedangkan resume adalah suatu ringkasan atau gambaran yang singkat tentang diri Anda. Resume adalah bisa juga berfungsi sebagai iklan yang singkat tentang diri. Isi resume cenderung fleksibel dibanding CV. Resume memuat informasi diri dan penjelasan yang singkat terkait profesi.

Meskipun singkat, tapi isinya menjadi alasan mengapa seseorang layak untuk direkrut perusahaan. Bukan hanya penjelasan saja, tapi resume benar-benar mencerminkan kapasitas dan pengalaman yang nyata, sehingga bisa meyakinkan rekruiter. Resume bisa diubah menyesuaikan kebutuhan, karena memang tujuan pembuatan resume adalah promosi tentang kemampuan spesifik yang terkait pekerjaan. Jika CV bisa mencapai 2 halaman, maka resume hanya cukup 1 halaman.

Perbedaan CV dan Resume

Apa Perbedaan CV dan Resume?

Sebagian orang masih bertanya-tanya apa perbedaan CV dan resume. Memang keduanya menjadi alat untuk promosi diri, tapi perbedaannya bisa dilihat dalam hal berikut ini.

1. Isi/Konten

Dilihat dari konten atau isinya, perbedaan CV dan resume bisa dipahami dengan jelas. CV berisi informasi yang lengkap tentang diri seseorang. Sementara itu, isi resume ditulis tergantung dengan posisi yang dilamar. Poin-poin dalam CV disesuaikan mulai dari nama, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan pencapaian penting. Sebisa mungkin penulisannya lengkap dan terperinci. Sementara itu, untuk isi resume adalah fleksibel sesuai dengan kebutuhan pekerjan yang dilamar. Bisa dituliskan informasi-informasi terkait, misalnya pengalaman kerja dan skill yang paling relevan.

2. Panjang CV dan Resume

Selanjutnya, perbedaan yang utama dari CV dan resume adalah panjangnya. Karena CV berisi informasi yang lengkap tentang riwayat hidup, panjangnya bisa mencapai dua halaman atau bahkan lebih. Sementara itu resume berisi ringkasan yang singkat tentang kompetensi atau skill dalam 1 halaman.

3. Tujuan penggunaan

Tidak sedikit yang mengira bahwa CV dan resume hanya dibuat untuk urusan lamaran pekerjaan. Memang hal ini tidak salah. Tapi selain untuk pekerjaan, CV juga bisa digunakan untuk melanjutkan studi. Informasi riwayat pendidikan di dalam CV bisa memberi gambaran atau pertimbangan kampus untuk menerima sebagai mahasiswa baru.

Khusus untuk resume sejauh ini memang dimanfaatkan untuk melamar kerja saja. Informasi pendidikan yang rinci seperti di CV tidak tercantum di dalam sebuah resume yang hanya satu lembar. Karena itulah, resume hanya dapat dipakai untuk berkas lamaran kerja. Isi di dalam resume bisa diubah-ubah menyesuaikan kebutuhan.

Seperti Apa Perbedaan Penggunaan CV dan Resume di Berbagai Negara?

Penggunaan CV dan Resume di Amerika dan Eropa

Di beberapa penjuru negara ternyata ada preferensi berbeda terkait apa yang dipakai untuk persyaratan melamar kerja, entah CV, resume, dan/atau keduanya. Untuk Amerika dan Canada, umumnya resume banyak digunakan untuk persyaratan dalam rekrutmen pekerjaan daripada CV. Sementara itu, di beberapa negara UK dan Eropa lebih banyak menggunakan CV dibanding resume. Di negara Jerman bahkan ada nama khusus untuk CV yaitu Lebenslauf yang artinya sama dengan Curriculum Vitae yang merupakan turunan dari bahasa Latin.

CV dan Resume di Asia, Afrika, dan Australia

Selain negara UK dan Eropa, penggunaan CV juga familiar di Selandia Baru. Tapi, untuk negara-negara di benua Asia, Afrika, dan Australia, CV dan resume umumnya digunakan secara bersamaan. Umumnya di beberapa negara tersebut, penggunaan resume adalah di dalam pekerjaan sektor swasta. Sementara itu, untuk pekerjaan sektor layanan publik banyaj memakai CV. Jadi, untuk job seeker perlu memahami perbedaan CV dan resume sebelum melamar. Begitu juga untuk HR perusahaan bisa sejak awal menentukan apakah akan menggunakan CV atau resume sebagai persyaratan.

perbedaan cv dan resume

Kesimpulan

CV dan resume adalah dua berkas atau dokumen penting sebagai persyaratan dalam pekerjaan. Perbedaan CV dan resume mencakup isi, panjang, dan tujuan pembuatan. CV isinya lebih rinci dan panjang, sedangkan resume lebih singkat. Pada kesempatan lain kita juga perlu memahami perbedaan resume dan cover letter atau perbedaan resume dan rangkuman.

Tujuan pembuatan CV adalah untuk lamaran kerja dan juga untuk pendaftaran studi. Umumnya CV dibuat sepanjang 1-2 halaman yang di dalamnya terdapat catatan rekam jejak yang pernah diraih, khususnya terkait dengan pekerjaan. Terkait penggunaan CV dan resume, aturan rekrutmen di beberapa negara juga berbeda. Amerika dan Canada memakai resume, sedangkan UK dan Eropa menggunakan CV. Sementara itu di negara Asia, Australia, dan Afrika menggunakan CV dan resume sekaligus.

Demikian halnya di Indonesia yang sering meminta CV dan resume. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi HR perusahaan untuk menggunakan yang mana. Setelah mendapatkan kandidat terbaik nantinya perusahaan bisa dengan strategis menjalankan hal strategis lainnya. Untuk mengelola karyawan dengan strategis, perusahaan bisa menerapkan teknologi seperti aplikasi Kerjoo. Hal ini bisa memberi banyak efektivitas dan kemudahan yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya.

 

perbedaan CV dan resume