Apa itu CEO? Kenali Tugas, Tanggung Jawab, dan Skill yang Harus Dimiliki!

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. Istilah ini mengacu pada individu yang memiliki posisi paling tinggi di suatu perusahaan.

ceo chief executive officer

Sebagai seorang karyawan, tentu Anda sudah tidak asing dengan istilah CEO. Beberapa dari Anda pasti sudah mengetahui nama-nama seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, dan Steve Jobs. Tokoh-tokoh tersebut adalah beberapa CEO yang populer karena memimpin perusahaan yang besar dan mendunia. Mereka juga dikenal karena dapat menginspirasi karyawan perusahaannya untuk bekerja dengan kompeten.

Namun, sebenarnya apa itu CEO? Apa saja tugas dan tanggung jawab mereka? Apa yang kualitas yang harus dimiliki agar seseorang bisa menjadi CEO? Kerjoo akan mengulasnya dalam artikel ini.

Pengertian CEO

CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. Istilah ini mengacu pada individu yang memiliki posisi paling tinggi di suatu perusahaan. Seorang CEO bertanggung jawab terhadap kesuksesan dan keberhasilan perusahaan di dalam industri yang digeluti.

Dilansir dari Investopedia, seorang CEO umumnya dipilih oleh pemegang saham perusahaan dan dewan direksi. Ia dipilih untuk menjalankan tugas-tugas kepemimpinan di perusahaan. Tanggung jawab utamanya mencakup pembuatan, perencanaan, pelaksanaan, dan integrasi arah suatu perusahaan secara strategis. Dengan demikian, CEO membawahi seluruh komponen dan departemen perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab CEO

Menurut The Balance Careers, tugas CEO cukup bervariasi dan bergantung pada visi misi, tujuan, dan kebutuhan operasional perusahaan. Tugas mereka juga bergantung pada ukuran perusahaan serta jumlah karyawan yang ada. Ada beberapa tanggung jawab yang harus mereka emban, antara lain:

  • Menciptakan, mengomunikasikan, dan melaksanakan visi misi dan arah perusahaan.
  • Memimpin pengembangan dan pelaksanaan strategi perusahaan
  • Menjalin komunikasi dengan dewan direksi
  • Merencanakan dan melaksanakan strategi perusahaan
  • Melihat potensi perusahaan lain yang memiliki tujuan serupa untuk diajak bekerja sama
  • Mewakili perusahaan dalam urusan kemasyarakatan
  • Turut ambil bagian dalam acara-acara yang akan meningkatkan kemampuan kepemimpinan, membangun reputasi perusahaan, dan mengembangkan potensi perusahaan untuk meraih kesuksesan

Jika dirangkum, tugas seorang CEO banyak berpusat pada urusan strategis dan hal-hal yang membutuhkan komunikasi intens. Meski demikian, seorang CEO tetap harus dapat memimpin perusahaannya dengan baik. Jika perusahaan dipimpin oleh seorang CEO yang kompeten, keberhasilan dalam mencapai tujuan akan semakin mudah diraih.

Kemampuan yang harus dimiliki CEO

Menjadi seorang CEO bisa dikatakan jauh dari kata mudah. Satu hal yang harus dipersiapkan adalah mental yang kuat. Pasalnya, tugas dan tanggung jawab seorang CEO sangatlah besar. Selain menyiapkan mental, ada banyak hal lain yang harus Anda persiapkan. Hal-hal tersebut tentunya meliputi pengetahuan secara teori dan praktek mengenai bisnis dan industri yang digeluti. Namun, Anda juga harus mengembangkan berbagai soft skilluntuk menunjang kinerja Anda. Berikut adalah beberapa soft skill atau kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang CEO:

Kepemimpinan

Kemampuan pertama dan utama yang wajib dimiliki seorang CEO adalah leadership atau kepemimpinan. Kemampuan ini sangat penting karena tugas utama seorang CEO pada dasarnya adalah memimpin suatu perusahaan. Seorang CEO dengan kemampuan kepemimpinan yang baik dapat memotivasi karyawannya untuk terus semangat dalam bekerja.

leadership skill

Kemampuan komunikasi yang baik

Seorang CEO harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar informasi penting dapat tersampaikan dengan efektif. Kemampuan ini sangat diperlukan karena seorang CEO sering bertemu dengan banyak orang. Tidak sekadar penyampaian informasi secara efektif, kemampuan komunikasi yang baik di sini juga meliputi pemahaman terhadap lawan bicara. Seorang CEO harus pandai menempatkan diri sesuai dengan konteks dan lawan bicaranya. Kemampuan komunikasi yang baik juga akan meningkatkan rasa hormat karyawan terhadap CEO.

kemampuan komunikasi

Tegas dalam mengambil keputusan

Mengambil keputusan yang baik terkadang tidak mudah. Saat akan mengambil keputusan, tentunya banyak hal yang harus menjadi pertimbangan. Seorang CEO harus mampu menentukan pertimbangan yang menjadi prioritas agar dapat mengambil keputusan terbaik. Bahkan, ia harus mampu mengambil keputusan dalam kondisi terdesak. Di samping itu, seorang CEO juga harus siap menerima risiko atas keputusan yang ia ambil.

Dapat bekerja sama dengan baik

Seorang CEO akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Jika interaksi tersebut mengarah pada hubungan kerja sama, seorang CEO harus mampu berkolaborasi dengan baik. Dalam proses kerja sama tersebut, terkadang juga ada proses negosiasi. Seorang CEO dituntut untuk mampu menjadi negosiator yang handal demi keberlangsungan perusahaan yang dipimpin. Tidak hanya dengan pihak eksternal, kemampuan ini juga perlu dibangun saat berkomunikasi dengan pihak internal perusahaan, mulai dari dewan direksi hingga karyawan. Dengan membangun kerja sama yang baik, ide dan solusi baru dapat tercipta. Kerja sama yang baik juga akan mengarah pada rasa memiliki yang tinggi.

Strategis

Seperti tertulis di atas, tugas dan tanggung jawab seorang CEO banyak berpusat pada urusan-urusan strategis. Strategi adalah kunci awal keberhasilan suatu perusahaan. Oleh karena itu, seorang CEO harus memiliki kemampuan menyusun strategi yang baik dan tepat. Tujuannya tentu membawa perusahaan ke arah kesuksesan.

strategis

Memiliki growth mindset

Dilansir dari Kompas.com, growth mindset atau pola pikir berkembang adalah pola pikir atau keyakinan bahwa kemampuan seseorang dapat dikembangkan melalui dedikasi dan kerja keras. Orang-orang dengan growth mindset sangat yakin bahwa hasil akhir tidak akan mengkhianati dedikasi dan kerja keras. Mereka selalu ingin terus berkembang dan menghargai proses. Setiap kesalahan atau tantangan tidak membuat individu dengan growth mindset berkecil hati. Melainkan, mereka menjadikannya kesempatan untuk belajar. Seorang CEO yang memiliki growth mindset dapat menginspirasi karyawannya untuk terus berkembang dan menikmati proses.

Berani dan tidak takut gagal

Seorang CEO pasti akan sering dihadapkan pada berbagai tantangan saat memimpin perusahaan. Tantangan tersebut bervariasi, mulai dari permasalahan internal hingga ancaman kerugian materi. Sebagai seorang CEO yang kompeten, tantangan-tantangan tersebut harus dihadapi dengan berani. Keberanian menghadapi tantangan dan masalah merupakan tanda bahwa individu selalu siap untuk maju.

Kesimpulan

Ulasan di atas telah menjelaskan pengertian, tugas, tanggung jawab, hingga kemampuan yang harus dimiliki seorang CEO. Pada intinya, CEO adalah individu pemegang jabatan tertinggi dalam suatu perusahaan. Tugas dan tanggung jawabnya sangatlah besar, baik kepada pihak internal perusahaan maupun eksternal. Mereka harus menjaga kepercayaan dewan komisaris dan direksi serta pemegang saham. Perannya juga memberi pengaruh besar pada perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, seorang CEO harus memiliki beberapa kemampuan atau soft skill untuk menunjang kinerjanya, baik dalam mengelola perusahaan ataupun karyawan.

Saat ini, pengelolaan karyawan semakin dipermudah dengan adanya absensi online. Sistem ini dikembangkan untuk membantu perusahaan merekam dan merekap data absen karyawan secara lebih praktis dan tertata. Anda dapat mencoba aplikasi absensi online Kerjoo, sebuah aplikasi perekaman presensi karyawan dengan berbagai fitur pendukung yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja. Fitur-fitur yang dikembangkan Kerjoo akan membantu Anda mengelola data absensi karyawan. Apakah Anda tertarik? Jika ya, daftar Kerjoo sekarang dan dapatkan gratis trial 14 hari!

coba gratis sekarang