Seperti Apa Media Komunikasi yang Efektif di Tempat Kerja?

media komunikasi di tempat kerja

Daftar Isi

Seberapa penting media komunikasi di tempat kerja? Untuk menjawabnya, kita juga perlu memahami sebuah fakta. Perusahaan riset dan konsultan Gartner Inc pernah merilis publikasi yang terkenal. Bahwa sebanyak 70% kesalahan yang terjadi pada urusan bisnis adalah akibat buruknya komunikasi. Data tersebut memang selalu relevan di industri manapun.

Komunikasi efektif memang penting untuk tim kerja, berapapun skala perusahaannya yang dibangun. Bukan hanya demi memastikan adanya keterlibatan dan karyawan yang produktif, tapi juga demi keberlangsungan perusahaan di tengah masyarakat. Itulah alasan mengapa, para pimpinan atau manajer perlu memastikan media komunikasi efektif yang digunakan di perusahaan.

Apa yang Dimaksud dengan Media Komunikasi?

Setiap hari Anda tentu melakukan komunikasi, entah itu secara lisan maupun secara tertulis. Tidak masalah apakah komunikasi langsung atau melalui jarak jauh, tujuannya yaitu agar pesannya tetap tersampaikan. Banyak akademisi yang ahli di bidangnya pun menjelaskan beberapa definisi tentang komunikasi.

Tahukah Anda apa makna komunikasi sebenarnya? Menurut asal kata, istilah komunikasi adalah berasal dari bahasa Latin yaitu 'communicare' yang berarti 'menyampaikan'. Sementara itu, media menurut KBBI yaitu alat, sarana, perantara, atau penghubung.

Untuk memahami seluk beluknya di lingkungan kerja, maka harus kita pahami juga macam-macam media komunikasi. Bisa kita bedakan menurut cara penyebaran dan jenis salurannya.

Inilah Macam-macam Media Komunikasi

Di antara poin-poin yang kami jelaskan berikut ini, mungkin saja beberapa di antaranya sudah biasa Anda dengarkan sehari-hari.

a. Menurut Cara Penyebarannya

Jika Anda mencari tahu tentang menurut media komunikasi menurut cara penyebarannya, ada beberapa macam berikut ini.

1. Media Audio atau Suara

Dalam komunikasi audio, komunikasi disampaikan secara verbal atau memakai alat yang bisa jadi pemancar pada frekuensi tertentu. Misalnya saja dari perangkat telepon atau audio streaming. Sementara itu, pesannya diterima oleh salah satu dari panca indera yakni telinga.

2. Media Visual

Pada komunikasi visual, info atau pesan disampaikan dengan format yang bisa dipandang oleh mata manusia. Bentuknya bisa berupa gambar, grafik, foto, diagram, poster, peta, dll. Di lingkungan yang profesional, media visual banyak dipakai dalam membuat iklan media sosial, dan berbagai macam presentasi.

3. Media Audio Visual

Sesuai dengan namanya, media audio visual berarti menyampaikan pesan dengan suara yang dikombinasikan dengan visual. Contohnya yang paling gampang Anda temui yaitu video di YouTube, televisi, atau di media sosial. Tapi media audio visual makin berkembang karena teknologi yang juga semakin maju.

4. Media Cetak

Media cetak ialah saluran yang dipakai buat menyampaikan pesan berbentuk publikasi dicetak. Contohnya yaitu buku, koran, majalah, news letter, dll.  Memang karena era digital semakin berkembang, media cetak sudah bukan prioritas.

Contohnya adalah jika dahulu info lowongan kerja banyak ditemukan di koran harian atau mingguan, tapi tidak untuk zaman sekarang. Sekarang lebih banyak melalui media sosial dan aplikasi job portal.

Tapi untuk beberapa momen tertentu, media cetak tidak benar-benar mati sebagai media komunikasi. Apalagi jika menyangkut tentang kesan dan selera. Saat membaca materi tertentu, masih banyak yang lebih suka melalui buku cetak daripada membaca di gadget.

media komunikasi untuk karyawan

b. Berdasarkan Jenis Saluran

Jika melihat pengertian media untuk saluran komunikasi, jenis salurannya dibagi jadi dua yakni media komunikasi verbal dan non-verbal.

1. Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal yaitu pesan yang tersampaikan dengan pesan suara atau ucapan. Bentuk komunikasi verbal adalah seperti ini.

  • Komunikasi tertulis: pada komunikasi tertulis, cara menyampaikan bisa dengan ketikan atau tulisan. Di tempat kerja, Anda menemukannya berbentuk pesan singkat, email, atau tulisan dari dari satu pihak ke pihak lain yang menerima pesan. Proses komunikasi tertulis bisa dilakukan dengan membaca dan menulis.
  • Komunikasi oral: pada komunikasi oral ini, pesannya tersampaikan dari si pembawa pesan ke penerima pesan dengan kata-kata yang disampaikan secara lisan. Dalam hal ini, informasinya tidak dicetak, tidak ditulis, tapi hanya bisa didengar.

2. Komunikasi Non-Verbal

Komunikasi non-verbal yaitu cara menyampaikan pesan tanpa tertulis ataupun ucapan tertentu. Menurut Weldon Kees dalam bukunya Nonverbal Communication: Notes on the Visual Perception of Human Relations, ada beberapa bentuk komunikasi non-verbal. Contohnya adalah; gesture atau bahasa tubuh, ekspresi atau mimik wajah. Begitu juga gerakan dari anggota tubuh, kontak mata, sentuhan, dan juga penampilan.

Di lingkungan kerja, komunikasi non-verbal memang memegang peranan yang mungkin lebih penting dari yang Anda bayangkan. Alasannya adalah karena ini membutuhkan kepekaan dalam bekerjasama dengan rekan kerja.

Dari penjelasan di atas, bisa kita pahami bahwa media komunikasi yang efektif dalam pekerjaan akan tergantung pada kepentingan yang dilakukan. Tanpa harus terpaku pada definisi yang formal, Anda bisa menerapkan yang paling praktis. Yang terpenting pesannya sampai dan semua pihak yang berkomunikasi memahami maksudnya.

media komunikasi handphone

Agar Lebih Efektif dalam Komunikasi

Demi keberlangsungan perusahaan dan semua SDM-nya, sebaiknya kantor memastikan bahwa;

  • Semua karyawan mempunyai alat dan teknologi untuk bekerja, minimal smartphone dan laptop, beserta koneksinya untuk bisa produktif di manapun. Pastikan juga bahwa tim bisa bisa menjangkau layanan dan aplikasi berbasis cloud, seperti yang ada pada aplikasi absensi online.
  • Agar produktivitas tenaga kerja terjaga, penting sekali untuk memfasilitasi tim dengan tools, perangkat, atau aplikasi yang terpercaya. Aplikasinya bisa digunakan langsung tanpa membutuhkan kerja tambahan dari perusahaan agar tidak memberatkan dalam hal biaya atau budget. Selain akses yang sama terkait komunikasi dan produktivitas, tim yang bekerja juga perlu mendapat kesempatan untuk mendapat peningkatan jenjang karir.
  • Terlepas dari apa media komunikasi yang diterapkan dalam lingkungan kerja, bagaimana seharusnya agar komunikasi semakin efektif? Di saat segala sesuatunya bisa tersampaikan tanpa harus bertemu langsung, maka yang dibutuhkan adalah komunikasi audio visual melalui internet.

Seberapa efektif komunikasinya bisa ditentukan standar ukurannya sejak awal. Hal ini juga bisa termasuk ke dalam KPI perusahaan. Jadi bagaimana penerapannya di tempat Anda saat ini?

Kesimpulan

Komunikasi memang menjadi hal penting dan tidak akan bisa terpisah dari kehidupan sehari-hari manusia. Karena memang manusia adalah makhluk sosial yang harus berinteraksi dengan manusia lain.

Dengan media komunikasi yang tepat, maka manusia bisa saling terhubung satu dengan yang lain. Entah itu untuk kehidupan profesional di saat bekerja maupun kehidupan personal. Bahkan jika pekerjaan dilakukan tanpa bertemu rekan kerja langsung. Kapan pun dan di mana pun manusia hidup, cara komunikasi akan terus berkembang.

Temukan artikel lain seputar HR dan dunia kerja di blog Kerjoo yang akan menambah insight bagi Anda. Layanan aplikasi absensi online Kerjoo pun akan terus berkembang fiturnya agar bisa lebih maksimal penggunaannya.

coba gratis sekarang

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari