Contoh Form Pengajuan Lembur, Ada Cara Online yang Simple!

Penting sekali bagi perusahaan untuk memberikan form pengajuan lembur karyawan. Gunakan contoh form pengajuan lembur online yang paling simple dari Kerjoo!

contoh form pengajuan lembur

Lembur adalah salah satu kegiatan yang sebagian besar karyawan sering lakukan. Bahkan, tidak sedikit karyawan yang harus mengambil waktu kerja lembur saat hari istirahat atau libur. Atas kerja lembur tersebut, perusahaan wajib memberikan upah lembur berdasarkan jumlah waktu kerja lembur bersama dengan gaji bulanan. Nah, untuk perhitungan tersebut biasanya akan dilihat dari data yang tercantum dalam contoh form pengajuan lembur karyawan.

Dalam banyak contoh form pengajuan lembur, biasanya akan tercantum hari dan jam lembur dari karyawan tersebut. Meski form ini tampak hanya untuk memudahkan perhitungan upah, nyatanya keberadaan form ini diwajibkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, penting sekali bagi perusahaan Anda untuk mengetahui contoh form pengajuan lembur karyawan.

Pentingnya Form Pengajuan Lembur

form pengajuan lembur

Form pengajuan lembur adalah sebuah form berisi perintah dan persetujuan antara karyawan dan perusahaan terkait kerja lembur. Seperti yang telah disampaikan dalam penjelasan di atas, penting sekali bagi perusahaan Anda untuk mengetahui contoh form pengajuan lembur karyawan. Hal ini berkaitan dengan kewajiban Anda sebagai pemberi kerja sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021.

Dalam Pasal 28 ayat (1) peraturan tersebut dikatakan bahwa untuk melaksanakan lembur, pengusaha harus memberikan perintah yang juga disetujui oleh karyawan secara tertulis atau melalui media digital. Ayat kedua pasal tersebut kemudian melanjutkan bahwa perintah dan persetujuan tersebut dapat dibuat dalam bentuk daftar yang ditandatangani oleh karyawan tersebut.

Selain karena diatur dalam peraturan pemerintah, penting bagi Anda untuk mengetahui contoh form pengajuan lembur agar memudahkan dalam perhitungan upah lembur karyawan. Perusahaan akan lebih mudah mengetahui lama waktu lembur yang karyawan lakukan dari form lembur tersebut. Selain itu juga, form lembur ini dapat menjadi bukti pertanggung jawaban karyawan serta dokumen audit perusahaan.

Format Contoh Form Pengajuan Lembur

form pengajuan overtime

Sebetulnya, tidak ada aturan format form yang formal. Akan tetapi, Pasal 28 ayat (3) PP Nomor 35 Tahun 2021 mengatakan bahwa dalam daftar pelaksanaan lembur harus memuat nama karyawan serta lama waktu lembur. Tetapi, ada banyak sekali contoh format untuk form pengajuan lembur dari berbagai perusahaan. Nah, berikut ini beberapa komponen yang ada dalam format form pengajuan lembur karyawan beberapa perusahaan yang dapat Anda contoh.

· Kop Surat, contoh dari beberapa perusahaan ada yang membuat form pengajuan lembur ini sebagai surat resmi dengan menggunakan kop surat pada bagian atas form.

· Nama Karyawan, dalam form lembur pencantuman nama karyawan menjadi komponen terpenting untuk memperjelas perintah lembur ditujukan kepada siapa.

· Divisi Karyawan, memasukkan komponen ini ke dalam form lembur bertujuan untuk menunjukkan dengan jelas identitas karyawan tersebut di perusahaan.

· Waktu Kerja Lembur, waktu lembur adalah komponen terpenting dalam segala contoh form pengajuan surat sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah.

· Jenis Hari, meski tidak diatur secara tertulis tetapi penting bagi Anda untuk mencantumkan jenis hari sehubungan dengan aturan waktu dan perhitungan upah.

· Keterangan Pekerjaan, jelaskan juga mengenai pekerjaan yang harus dilakukan oleh karyawan secara jelas dan detail.

· Tanda tangan, tanda tangan menjadi komponen terpenting yang ketiga dalam form lembur sebagai bentuk persetujuan dari karyawan yang bersangkutan.

Anda dapat membuat form pengajuan lembur dengan contoh format di atas dalam bentuk tertulis maupun melalui media digital. Format dari form pengajuan lembur di atas tidak harus Anda contoh sepenuhnya. Tidak sedikit juga pengusaha kecil yang hanya menyampaikannya melalui media digital tanpa ada format surat resmi. Anda juga dapat membuatnya dalam bentuk daftar para karyawan lembur yang nantinya akan ditandatangani oleh para karyawan tersebut.

Contoh Form Pengajuan Lembur Karyawan

Banyak sekali contoh form pengajuan lembur karyawan yang dapat Anda gunakan pada perusahaan Anda. Mulai dari yang paling sederhana seperti hanya memuat nama dan lama waktu kerja lembur hingga contoh form pengajuan lembur yang paling lengkap. Nah, biasanya perusahaan besar akan menggunakan format dari contoh form pengajuan lembur yang lengkap. Sementara, perusahana kecil hanya menggunakan contoh form pengajuan lembur yang sederhana.

Sebagaimana yang dikatakan dalam Pasal 28 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2021, perintah dan persetujuan mengenai waktu kerja lembur karyawan dapat dibuat dalam bentuk tertulis dan/atau melalui media digital. Untuk itu, berikut ini contoh form pengajuan lembur dalam bentuk tertulis dan juga melalui media digital.

1.      Contoh Form Pengajuan Lembur Sederhana Tertulis

SURAT PERINTAH LEMBUR

Melalui surat ini, memerintahkan:

Nama               :

 

Jabatan                        :

 

Untuk melaksanakan kerja lembur yang berlangsung pada:

Hari, tanggal   :

 

Jam                  :

 

Keterangan      :

 

Demikian surat perintah lembur ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

Yogyakarta, dd mm yyyy

Yang melaksanakan perintah,

Yang memberi perintah,

 

 

 

(_______________)

(________________)

2.      Contoh Form Pengajuan Lembur Lengkap Tertulis

SURAT PERINTAH LEMBUR

Melalui surat ini, memerintahkan:

Nama                                     :

 

NIP                                         :

 

Jabatan                                              :

 

Divisi                                     :

 

Untuk melaksanakan kerja lembur yang berlangsung pada:

Hari, tanggal                         :

           , _ _ / _ _ / _ _ _ _

Jenis Hari                               :

Kerja/ Istirahat/ Libur

Jam                                        :

_ _ : _ _ s/d _ _ : _ _

Keterangan                            :

 

 

 

Demikian surat perintah lembur ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Yang melaksanakan perintah,

Yang memberi perintah,

 

 

 

 

(Karyawan)

(Atasan langsung)

(Manager HRD)

3.      Contoh Form Pengajuan Lembur Karyawan Online

contoh form overtime

Contoh form pengajuan lembur karyawan yang terakhir adalah form online melalui media digital. Form pengajuan lembur melalui media digital ini dapat Anda buat dengan media apapun selama dapat diakses oleh perangkat. Contoh form pengajuan lembur karyawan online melalui media digital ini sebetulnya memiliki keunggulan daripada bentuk tertulis.

Apa saja keunggulan form lembur online? Banyak sekali keunggulan serta manfaat dari form pengajuan lembur online ini, sebagai contoh proses pengajuan yang cepat dan mudah. Nah, Anda dapat membuat contoh form pengajuan lembur karyawan ini melalui website, media sosial, hingga aplikasi.

Aplikasi absensi online Kerjoo juga memiliki fitur lembur yang sangat memudahkan tim HRD untuk mengelola waktu kerja lembur karyawan. Hebatnya lagi, karyawan dan perusahaan tidak perlu susah payah melihat contoh form pengajuan lembur karyawan dalam bentuk tertulis. Cukup masukkan data waktu kerja lembur pada aplikasi oleh karyawan dan ajukan secara otomatis.

Satu lagi, karyawan juga bisa melihat waktu lembur mereka dalam real-time dalam aplikasi. Jadi, sudah pasti ketentuan yang diatur pemerintah terpenuhi dan terlaksana dengan baik. Jika Anda penasaran dengan contoh form pengajuan lembur online dalam fitur lembur di aplikasi Kerjoo, silahkan klik disini.

Kesimpulan

Ternyata keberadaan form pengajuan lembur ini penting sekali bagi perusahaan. Bukan hanya memudahkan perhitungan upah, keberadaan form ini wajib hukumnya sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah. Bahkan, terdapat sanksi pidana dan/atau administratif bagi perusahaan yang melanggarnya.

Anda dapat menggunakan berbagai contoh form pengajuan lembur karyawan untuk perusahaan Anda sendiri. Selain dalam bentuk surat perintah yang tertuju pada satu karyawan seperti di contoh, Anda juga dapat membuat daftar form pengajuan lembur untuk beberapa karyawan sekaligus dalam bentuk excel.

Agar pengajuan lembur karyawan lebih mudah, Anda dapat melihat contoh form online dari aplikasi absensi online Kerjoo. Gunakan layanan absensi secara online melalui aplikasi Kerjoo untuk pengajuan lembur karyawan yang lebih efektif dan efisien. Selain fitur lembur, Kerjoo juga memiliki fitur lain seperti cuti dan izin. Tidak perlu ribet dengan contoh form pengajuan lembur karyawan tertulis, cukup gunakan aplikasi Kerjoo untuk pengelolaan karyawan yang lebih efisien.

coba gratis sekarang