Gunakan Fitur Bayar THR, Jauh Lebih Praktis Pakai Kerjoo

Fitur Bayar THR semakin memudahkan sistem pembayaran tunjangan dan bonus untuk karyawan

Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR

Daftar Isi

Selain gaji, karyawan juga memiliki hak misalnya berupa tunjangan atau bonus. Pembayaran gaji karyawan umumnya akan dibayarkan bulanan dengan penggunaan sistem payroll terintegrasi dengan HR.

Selain itu, perusahaan juga bisa membayarkan tunjangan atau bonus di luar waktu penggajian. Misalnya untuk pembayaran THR setiap tahun, akan lebih efisien jika Anda juga memanfaatkan tools atau aplikasi yang tepat.

Kali ini Kerjoo akan memberikan penjelasan update fitur, yaitu Fitur Bayar THR atau Fitur Pembayaran Lain.

Contoh penggunaan Fitur Pembayaran Lain ini bukan hanya untuk pembayaran THR, tapi juga bonus karyawan atau pembayaran yang sifatnya langsung di luar periode penggajian.

Tapi, sebelum mencermati cara perhitungan dan pembayaran THR dengan salah satu fitur Kerjoo ini, pahami sekali lagi tentang dasar atau peraturan tentang THR.

Menurut Pasal 1 Permenaker No 6 Tahun 2016, Tunjangan Hari Raya Keagamaan atau THR adalah pendapatan non-upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada karyawan menjelang hari raya keagamaan.

Setiap tahun, pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja akan menerbitkan aturan pemberian THR setiap tahun. Begitu juga untuk tahun ini, Kemnaker juga akan mengumumkan hal itu pada awal bulan Ramadan atau minggu ketiga bulan Maret 2023.

Selanjutnya, sistem pembayaran THR secara teknis akan diserahkan kepada masing-masing perusahaan atau pemberi kerja.

Cara Penggunaan Fitur Bayar THR

Fitur Tambah Pembayaran Lainnya

Fitur Bayar THR ini adalah salah satu fitur tambahan dari fitur sebelumnya, yaitu fitur bayar gaji. Berikut ini cara penggunaannya.

1. Login dan Buka Menu Gaji Terbayar

  • Pastikan Anda sudah login ke akun perusahaan, yaitu di halaman https://app.kerjoo.com
  • Jika sudah login ke akun perusahaan, klik menu Gaji Terbayar
  • Setelah itu akan terlihat daftar nama karyawan dan informasi gaji pada periode tertentu
  • Untuk menggunakan Fitur Bayar THR, klik 'Tambah Pembayaran Lain'
Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Admin Panel 1

2. Tambah Pembayaran Lain

  • Isi kolom 'Nama Pembayaran' dan 'Nama Komponen' sesuai kebutuhan Anda. Contohnya untuk Nama Pembayaran adalah Pembayaran THR dan Nama Komponen adalah THR 2023
  • Setelah mengisi kolom tersebut, Anda bisa lanjutkan Unduh Format Pengisian Data.
Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Admin Panel 2

3. Unduh Format Pembayaran Lain

  • Klik 'Unduh Format Pembayaran Lain' untuk mempermudah proses pembayaran
  • Pilih Divisi karyawan yang akan menerima pembayaran
Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Admin Panel 3

4. Isi Nominal THR yang Akan Dibayarkan

  • Setelah diklik 'Proses', maka akan muncul hasil unduhan berupa file Excel yang berisi nama karyawan, nomor identitas, dan nominal THR (sesuai yang telah diinputkan sebelumnya)
  • Impor Target Karyawan dan Nominal, klik Choose File. Isi nominal THR yang akan dibayarkan untuk masing-masing karyawan, kemudian simpan file tersebut.
Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Admin Panel 4

5. Proses Pembayaran THR

  • Akan terlihat preview pembayaran dan Anda bisa mengubah nominal THR untuk masing-masing karyawan
  • Jika sudah sesuai, langsung klik Proses Pembayaran
Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Admin Panel 5

6. Cetak Slip Pembayaran

  • Selanjutnya Anda bisa mencetak slip pembayaran THR dengan cara yang sama seperti saat mencetak slip gaji
  • Untuk mencetak atau menyimpan file dalam bentuk PDF, Anda langsung saja klik 'Cetak' di atas file slip pembayaran berikut ini.
Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Admin Panel 6

Setelah proses pembayaran THR dengan Fitur Pembayaran Lain, nantinya admin atau supervisor juga akan menerima email terkait pembayaran THR yang sudah diproses ini.

Demikianlah cara penggunaan Fitur Bayar THR yang dapat Anda manfaatkan untuk pembayaran THR karyawan Anda tahun ini.

Keuntungan Menggunakan Fitur Bayar THR

Terlepas dari jenis industri dan jumlah karyawan, membayar THR adalah kewajiban setiap perusahaan. Sama seperti membayar gaji, kali ini membayar THR juga melalui proses perhitungan THR yang jumlahnya bisa berbeda-beda antar karyawan.

Misalnya, untuk karyawan yang sudah bekerja selama satu tahun dan beberapa bulan, ada perbedaan cara perhitungannya. Anda bisa pelajari cara perhitungan THR seperti ini. Lalu, berikut ini adalah keuntungan menggunakan Fitur Bayar THR.

1. Lebih Efisien Waktu

Dengan menggunakan aplikasi HR atau aplikasi payroll yang mendukung Fitur Bayar THR, maka proses perhitungan dan pengiriman THR bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Hal ini jelas menghemat waktu dan tenaga yang sebelumnya dikerahkan untuk proses pembayaran THR manual.

2. Lebih Akurat

Fitur Bayar THR yang terintegrasi dengan aplikasi pembayaran gaji bisa mengatasi kesalahan manusia dalam proses hitung dan bayar THR.

Hal itu akan sangat besar dampaknya karena kesalahan dalam perhitungan THR dapat berdampak fatal pada karyawan dan perusahaan secara keseluruhan.

3. Kemudahan Akses

Dengan fitur bayar THR, maka karyawan bisa dengan mudah mendapatkan akses informasi terkait tunjangan mereka. Khususnya jika pembayaran gaji dan THR memiliki bukti file terpisah, maka karyawan bisa memantau dan mengelola pemasukan mereka.

4. Kepastian Waktu Terjamin

Memang sudah seharusnya waktu pembayaran gaji dan tunjangan karyawan dilakukan pada periode tertentu.

Untuk pembayaran gaji sudah ada periode yang pasti di setiap bulan yang dibuktikan dengan slip gaji. THR karyawan tetap bisa dibayarkan tepat waktu, yaitu pada waktu pembayaran THR yang seharusnya.

5. Sistem Pembayaran THR Transparan

Setiap perusahaan memang seharusnya menyampaikan info yang jelas tentang jumlah THR yang diterima oleh karyawan.

Begitu juga untuk waktu pembayaran dan bagaimana sistem pengiriman THR tersebut. Dengan demikian, karyawan lebih memahami hak mereka dan meminimalisir risiko ketidakpuasan.

Fitur Bayar THR
Fitur Bayar THR Kerjoo

6. Bukti yang Lebih Akurat

Terkait jumlah THR yang sudah dibayarkan untuk para karyawan, perusahaan harus membuat laporan yang akurat.

Cetak dokumen dari Fitur Bayar THR akan sangat berguna agar tidak bercampur dengan slip gaji atau bukti pembayaran lain. Hal ini bisa membantu proses audit keuangan perusahaan di kemudian hari.

7. Bisa Jadi Solusi Pembayaran Lain

Fitur pembayaran lain ini memudahkan untuk membayar apapun. Selain gaji, perusahaan juga bisa memberikan beberapa bentuk pembayaran benefit, kompensasi, reimbursement, atau tunjangan lain kepada karyawan, di antaranya adalah bonus tahunan, tunjangan transportasi, dan tunjangan lainnya.

Jadi, bagaimana tentang pembayaran THR di perusahaan Anda pada tahun ini? Pastikan semua sistemnya efisien dan semua karyawan Anda mendapatkan haknya sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang Fitur Bayar THR yang akan memudahkan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Seperti penjelasan yang telah Anda baca di atas, sistem pembayaran THR ini tetap berjalan lancar tanpa hitung manual dan tanpa mengganggu timeline penggajian yang berlaku di tempat Anda.

Begitu juga untuk kebutuhan pembayaran lain seperti bonus atau kompensasi pun bisa Anda lakukan dengan fitur ini.

Semakin banyak pekerjaan administrasi yang sekarang seharusnya terlaksana dengan lebih hemat waktu dengan adanya teknologi. Yang terpenting Anda memahami cara penggunaannya agar sesuai dengan sistem yang berlaku di tempat Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang update fitur Kerjoo yang lainnya, silakan Anda berkonsultasi dengan tim kami untuk mendapatkan penjelasan lengkapnya.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari