Yang Baru dari Aplikasi Kerjoo: Fitur Multi Bahasa

Fitur multi bahasa dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna

fitur multi bahasa
fitur multi bahasa

Fitur Multi Bahasa - Pada era digital seperti ini, berbagai macam aplikasi bermunculan dengan fitur utama yang memudahkan pekerjaan. Aplikasi absensi online Kerjoo juga terus berkomitmen pada inovasi dan kemajuan bisnis dan efisiensi perusahaan.

Karena kami memahami bahwa kebutuhan manusia, dengan profesi apapun, pasti akan selalu berubah. Apakah Anda sudah siap menghadapi segala bentuk perubahan?

Ada keharusan untuk berkembang secara dinamis, salah satunya karena ruang lingkup pekerjaan yang meluas. Apalagi ketika sudah menyangkut networking dengan pihak yang berasal dari beragam latar belakang atau berbagai negara.

Di manapun posisi karier Anda saat ini, segala kemungkinan bisa terjadi di masa depan. Salah satu strategi yang realistis untuk menghadapi masa depan adalah dengan upgrade kemampuan atau skill yang dibutuhkan sesuai bidang. Meskipun banyak hal berubah, tapi tetap bisa adaptasi dalam banyak hal. Menguasai bahasa asing adalah salah satu cara untuk meningkatkan value secara profesional.

Fitur baru Kerjoo berupa fitur multi bahasa memungkinkan pengguna aplikasi mendapat notifikasi dengan bahasa Indonesia dan Inggris. Hal tersebut tidak lepas dari profil pengguna yang sebagiannya adalah penutur bahasa Inggris. Sebagian dari pengguna aplikasi Kerjoo juga bergerak di perusahaan multinasional.

fitur multi bahasa

Yang Baru dari Kerjoo: Fitur Multi Bahasa

Untuk setiap perangkat gadget, fitur adalah tentang kemampuan, fungsi, desain perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software). Begitu juga untuk produk teknologi, fitur menjadi pertimbangan penting sebelum konsumen atau pengguna memilihnya. Sudah sewajarnya bila Anda memastikan kredibilitas aplikasi sebelum menginstal di smartphone. Apalagi jika aplikasi tersebut akan digunakan untuk mendukung performa bisnis atau perusahaan.

Fitur baru Kerjoo yaitu fitur multi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna. Sampai pada saat tulisan ini dibuat, pengguna aplikasi Kerjoo sudah lebih dari 10 ribu. Seiring waktu, dalam pengembangan aplikasi Kerjoo selalu mengedepankan kenyamanan pengguna. Sama seperti Anda yang selalu ingin  meningkatkan kualitas diri, tim kami pun berusaha memperbarui kualitas layanan aplikasi.

Bagaimana Pengaturan Fitur Multi Bahasa

Fitur multi bahasa memang diperuntukkan bagi pengguna saat memakai aplikasi sehari-hari. Contohnya adalah ketika baru membuka aplikasi absensi Kerjoo, ada quote Indonesia dan Inggris yang ditampilkan yaitu;

"Masa depan tergantung pada apa yang Anda lakukan hari ini"

"The future depends on what you do today"

Admin bisa mengubahnya dengan kalimat yang bisa disesuaikan secara fleksibel. Yang menjadi admin pada umumnya adalah HR perusahaan atau pimpinan yang diberi kewenangan dalam struktur organisasi. Tapi bagaimana cara admin mengatur penggunaan fitur bahasa Indonesia dan Inggris ini?

Login ke Website Kerjoo.com

Terlebih dahulu, admin harus login ke website Kerjoo seperti ketika akan melihat data karyawan. Setelah login, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya, lihat gambar pada bagian kiri bawah yaitu Pengaturan > Aplikasi Mobile.

Atur Setiap Kolom pada Aplikasi Mobile

Untuk mengatur notifikasi bahasa Indonesia dan Inggris, Anda bisa lihat dulu pada setiap kolom yang ada.  Yang pertama adalah Quote yang bisa diisi dengan kalimat positif apa saja yang bisa memotivasi. Berikutnya adalah untuk ketentuan sembunyikan tombol istirahat, lembur, izin, dan cuti. Admin bisa memberi checklist antara 'ya' dan 'tidak'.

fitur multi bahasa

Pesan Pengingat Presensi Masuk

Selanjutnya adalah pengaturan pesan pengingat presensi masuk. Di sini Anda bisa memakai variabel-variabel seperti;

  • time: untuk menampilkan waktu jadwal presensi / jam berapa melakukan presensi
  • moment: untuk menampilkan informasi waktu jadwal presensi, apakah pagi, siang, sore, atau malam hari
  • name: untuk menampilkan nama lengkap karyawan tersebut

Pesan pengingat presensi masuk bisa diatur dan diganti-ganti setiap hari kerja.

fitur multi bahasa

Pesan Pengingat Presensi Keluar

Selanjutnya berikut ini adalah pengaturan pesan pengingat presensi keluar. Jika 5 menit sesudah selesai jam kerja tapi belum presensi keluar, maka ada notifikasi di hp karyawan. Kalimatnya juga bisa diatur admin sesuai kebutuhan.

fitur multi bahasa

Pesan Pengingat Presensi Selesai Istirahat

Jika dalam waktu 65 menit sesudah jam istirahat dan karyawan belum melakukan presensi selesai istirahat, maka akan ada notifikasi. Pesan berbahasa Indonesia dan Inggris dikirim ke HP karyawan.

Contoh pesannya adalah seperti berikut ini;

"Masih istirahat kak? kalo sudah selesai jangan lupa absen ya" :)

"Excuse me, finished with your lunch? Don't forget to click 'After break' button, Thank You! :)"

fitur multi bahasa

Pesan Sukses Presensi

Pesan sukses presensi akan muncul setelah melakukan presensi, misalnya pada saat masuk kerja. Untuk isi pesannya, bisa diisi dengan kalimat yang dilengkapi keterangan waktu. Contohnya seperti ini;

"Anda baru saja melakukan Presensi Masuk pada jam 09.00. Selamat bekerja dan terima kasih telah melakukan presensi!"

"Thank You. Have a nice day at work. Clock in: 09.00"

fitur multi bahasa

Cara Mengubah Pengaturan Bahasa di Aplikasi

Cara di atas adalah untuk pengaturan admin, lalu bagaimana dengan karyawan? Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang bagaimana pengaturan fitur multi bahasa dari aplikasi mobile yang digunakan karyawan.

  • Pertama-tama, login dulu ke aplikasi menggunakan email dan kata sandi.
  • Setelah login, karyawan bisa mulai menggunakan setiap menu di aplikasi Kerjoo dengan bahasa Indonesia.
  • Jika ingin mengubahnya menjadi bahasa Inggris, bisa klik profil di pojok kanan bawah (pada foto profil). Setelah itu, muncullah kotak dialog seperti berikut yang bisa dipilih centang 'Indonesia' atau 'Inggris'.
  • Ketika sudah memilih setting bahasa Inggris, maka keseluruhan tampilan aplikasi akan berubah menjadi bahasa Inggris.
fitur multi bahasa

Fitur Multi Bahasa dan Fitur Unggulan Lainnya

Performa karyawan yang optimal tidak lepas dari bagaimana perusahaan mengelola berbagai bidang. Fitur yang ada di aplikasi absensi Kerjoo memberi kemudahan untuk mendukung produktivitas.

Sejak awal memilih aplikasi untuk pekerjaan, mungkin Anda belum mengerti tentang penggunaan semua fiturnya. Bisa jadi karena terlalu kompleksnya fitur yang ada, atau memang bahasa yang dipakai. Saat instal aplikasi penting, Anda bisa cek adakah bantuan dari admin atau kontak yang bisa dihubungi.

Agar tidak mengalami kesulitan, pengguna seharusnya memilih aplikasi yang responsif ke pelanggan. Coba cari informasi yang lebih dalam, apakah aplikasinya sudah mendapat review yang bagus. Anda bisa cek di PlayStore untuk pengguna Android.

Ketika merasa perlu fitur tambahan, pengguna bisa memberikan feedback sehingga pengembang bisa menyempurnakannya. Ketika sebuah aplikasi ditambahkan fitur, bukan berarti menjadi rumit saat digunakan. Justru sebaliknya, pengalaman pengguna atau user experience adalah hal yang sangat penting.

Kriteria layanan yang meningkat, tentu akan memberi peningkatan dalam produktivitas. Fitur multi bahasa dan fitur lain dari aplikasi absensi Kerjoo dibuat sedemikian rupa, tidak lain adalah karena memenuhi kebutuhan para pengguna.

Aplikasi absensi, aplikasi HR, atau aplikasi perusahaan yang sudah teruji memang dirancang seoptimal mungkin. Jadi tidak perlu waktu lama bagi para pengguna untuk mempelajari cara penggunaan yang mendukung proses bisnis.

Kesimpulan

Sesudah membaca penjelasan di atas, tentu saat ini Anda sudah paham bahwa setiap fitur tambahan aplikasi memang sesuai kebutuhan pengguna. Untuk memilih aplikasi yang terbaik, Anda bisa cari tahun lebih dalam tentang apa saja yang ditawarkan.

Karena memang langganan aplikasi adalah seperti investasi berharga untuk bisnis Anda. Apakah Anda sudah mencoba menggunakan aplikasi Kerjoo? Langsung saja daftar di sini. Nantinya Anda bisa mengatur berapa jumlah karyawan yang ada. Dapatkan juga informasi, panduan, dan tips bermanfaat lainnya dari blog Kerjoo.com!  

coba gratis