Saatnya Gunakan Absen Online dan Dapatkan Keuntungan Maksimal

Saatnya Gunakan Absen Online dan Dapatkan Keuntungan Maksimal

Seperti apa sistem absensi di tempat kerja Anda saat ini? Apakah sudah menggunakan absen online? Tidak sedikit yang belum memahami seberapa pentingnya data absensi, sehingga dipandang sebagai formalitas saja. Padahal melalui data itulah perusahaan bisa mengukur performa keseluruhan. Mulai dari tingkat kehadiran, penyelesaian pekerjaan, sampai dengan keuntungan perusahaan.

Pengelolaan perusahaan memang sudah seharusnya efisien, baik bekerja dari kantor maupun kerja dari rumah. Jika disediakan pilihan antara kerja dari rumah atau kerja dari kantor pada umumnya, Anda pilih yang mana? Terlepas dari sektor perusahaan atau job desk yang ada, kerja dari rumah membawa konsekuensi pilihan lainnya.

Beberapa perlengkapan kerja perlu disesuaikan, agar segala sesuatunya dapat berjalan lancar. Absen online di berbagai perusahaan atau perkantoran di Indonesia memang jadi salah satu terobosan tersendiri.

Perusahaan Apa yang Sebaiknya Menggunakan Absen Online?

Sistem absen online dibuat untuk memberi solusi untuk perusahaan-perusahaan. Seperti misalnya aplikasi Kerjoo yang dirancang untuk memberi perubahan besar dalam sistem HR perusahaan. Mulai dari perusahaan besar sampai bisnis kecil yang baru dirintis bisa jadi lebih efisien. Khususnya bagi pengelola UMKM, adanya aplikasi absensi online akan sangat mendukung bisnis UMKM.

Dengan teknologi yang dioptimalkan, pengelolaan usaha lebih mudah meningkatkan keuntungan. Aplikasi yang telah diluncurkan sejak bulan Januari 2021 ini dapat digunakan oleh para karyawan perusahaan dengan jumlah tidak terbatas. Lalu perusahaan apa saja yang bisa menggunakan absensi online? Perusahaan dengan jenis usaha apapun dan lokasi di manapun dapat memanfaatkan aplikasi ini.

Cara kerjanya pun praktis lantaran proses absen dilakukan dengan deteksi wajah masing-masing. Dilengkapi fitur yang disebut face recognition, karyawan tinggal foto selfie dengan ponsel sendiri saat masuk kantor. Bukan hanya saat masuk, tapi juga saat istirahat, pulang, atau lembur juga tercatat. Melalui fitur GPS, lokasi karyawan yang terdaftar di presensi terekam otomatis.  Tidak usah antri di mesin absensi fingerprint dan tidak ada kontak fisik. Mengingat pandemi belum juga usah, bukankah sistem absen online akan aman dalam hal kesehatan?

absen online

Keuntungan Menerapkan Sistem Absen Online

Berikut ini adalah keuntungan untuk Anda jika menggunakan aplikasi absensi online dan beralih dari konvensional. Simak poin-poin berikut;

1. Absen Online Fokus Mendukung Efisiensi Kerja

Berbagai aplikasi semakin diperlukan ketika kerja jarak jauh (remote working) menjadi sebuah kebiasaan baru. Meskipun tidak berangkat ke kantor, tetap harus disiplin dan efisien pekerjaannya. Cukup dengan memakai smartphone dan bisa dari mana pun, karyawan akan fokus pada pekerjaannya. Perusahaan pun lebih menghemat waktu dan juga biaya untuk mengelola karyawannya.

2. Mendukung Protokol Kesehatan

Aplikasi absensi Kerjoo memang memberi layanan yang praktis, dan relatif aman. Setiap karyawan tinggal instal saja di dalam smartphone Android atau iPhone, dan absensi bisa langsung tercatat. Tentu saja cara seperti ini cenderung lebih mendukung protokol kesehatan, dibanding absensi fingerprint yang digunakan bergantian. Aspek ini sangat penting untuk karyawan dan juga perusahaan pada umumnya.

3. Monitor Kehadiran Para Karyawan dengan Cara Akurat

Tentunya Anda setuju jika kehadiran para karyawan seharusnya dimonitor seakurat mungkin. Demikian halnya aplikasi absen online Kerjoo. Melalui fitur GPS, lokasi di mana karyawan melakukan selfie untuk presensi dapat terekam secara otomatis. Fitur yang ada di aplikasi Kerjoo juga dibekali dengan fake GPS, yakni fitur tambahan yang mencegah terjadinya kecurangan. Info detail tentang lokasi karyawan bisa diketahui secara real time oleh pihak perusahaan. Perusahaan bisa melihatnya pada bagian dashboard admin.

3. Pengaturan Jam Kerja Lebih Mudah Diatur

Keuntungan besar tentu saja dioptimalkan fitur terbaik. Fitur jam kerja pada absen online memberi kesempatan perusahaan agar lebih adil kepada karyawan di banyak divisi. Apalagi jika jam kerjanya bisa fleksibel. Jam kerja buat karyawan dapat dikondisikan memakai aplikasi Kerjoo sesuai kebutuhan, jadi pekerjaan tidak tertunda.

Fitur di dalamnya memang dirancang sedemikian rupa agar lebih mudah untuk mengatur jam kerja karyawan shift atau harian. Anda bisa juga menambah jumlah karyawan yang sesuai degan kebutuhan tanpa dibatasi. Biaya pun relatif terjangkau karena perusahaan tinggal mengatur langganan sesuai jumlah karyawannya.

4. Review Kedisiplinan Karyawan Lebih Transparan

Meski tren di dunia kerja terus berubah, tapi sebagian kantor belum cocok dengan remote working. Salah satu hal utama yang menjadi pertimbangan yaitu kepercayaan. Kerja jarak jauh perlu disiplin dan tanggung jawab yang ekstra. Ada kalanya karyawan kurang konsentrasi jika tidak berada pada suasana kantor, atau mungkin kurang bisa menjalankan tugas dengan baik saat tidak ada rekan atau atasan.

Hal yang seperti itu seharusnya teratasi dengan tools yang mampu melacak waktu kehadiran seperti yang ada pada absen online. Begitu juga karyawan yang perlu menuliskan rencana dan laporan kerja sesuai dengan waktu yang sudah jadi kesepakatan. Perusahaan mudah menilai seberapa disiplin karyawan hanya dengan cara mengecek data harian dan bulanan karyawan. Kepraktisan itu adalah solusi adil yang sama-sama menguntungkan bagi perusahaan maupun karyawannya. Walau pun pekerjaan remote, progres tetap terpantau maksimal.

absen online

Kapan Perusahaan Anda Menggunakan Absen Online?

Sistemnya dirancang khusus agar bisa memudahkan pengelolaan SDM yang ada. Mulai dari info kedatangan, terlambat, istirahat, lembur, cuti, izin, laporan harian, dan lain-lain bisa efisien dan akurat. Saat ini aplikasi absen online Kerjoo sudah diterapkan banyak perusahaan di Indonesia. Sampai saat tulisan ini dibuat, sudah ada lebih dari 10 ribu pengguna.

Cukup menggunakan smartphone untuk foto selfie, absensi pun beres. Begitulah yang coba ditawarkan oleh aplikasi absensi Kerjoo ini. Belum terlambat jika saat ini Anda belum menggunakan absen online. Bagaimanapun, Anda yang memahami kebutuhan di internal perusahaan Anda. Hubungi tim Kerjoo untuk mendapat layanan aplikasi absensi online yang terbaik sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Seperti apa jika skala perusahaan semakin besar dan jumlah karyawannya semakin banyak? Pasti kurang efektif bila harus mengurus secara manual. Pada saat yang sama, HRD menghadapi banyak aspek lain untuk bisa mengelola karyawan secara efektif. Sudah waktunya perusahaan berinovasi menggunakan aplikasi yang mendukung kinerja secara efisien.

Begitu juga ketika karyawan Anda sedang perlu izin dan cuti. Ketika sudah ada jatah cuti, mereka bisa menggunakan haknya untuk cuti sebagaimana mestinya. Saat sedang perlu izin pun demikian. Melalui fitur izin di aplikasi Kerjoo, proses izin karyawan lebih cepat prosesnya untuk mendapat persetujuan. Satu aplikasi absen online bisa digunakan untuk segala bidang usaha. Kapan perusahaan Anda menggunakan aplikasi seperti ini? Ketika Anda berinvestasi pada penghemat waktu, jelas hal ini mendorong efisiensi kinerja karyawan.

absen online