8 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Adakah Profesi Anda?

8 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Adakah Profesi Anda?

Bagi semua orang yang mencari lowongan pekerjaan, gaji tinggi adalah daya tarik tersendiri. Meskipun sebenarnya juga masih ada banyak lagi faktor yang dapat berpengaruh pada karier sesorang. Untuk bertahan dan terus berkembang dalam suatu pekerjaan juga akan didukung oleh banyak hal. Khususnya tentang gaji, bekerja pada bidang yang memang sesuai passion sangat banyak disukai orang, khususnya generasi muda. Apakah Anda termasuk mementingkan passion saat bekerja?

Di masyarakat sekitar kita dikena beberapa profesi yang lekat dengan anggapan bahwa profesi itu lebih bergengsi, sampai menjadi alasan para orangtua untuk mengatur cita-cita anaknya. Terlepas nominalnya berapa, gaji yang tinggi juga tergantung hal lain seperti pengalaman, tanggung jawab, posisi, jenis perusahaan, sampai risiko pekerjaannya.

Pekerjaan Apa Saja yang Mendapat Gaji Tinggi di Indonesia?

Dilansir Michael Page, bisa diketahui tentang apa saja pekerjaan yang berpotensi menghasilkan gaji tertinggi. Informasi itu dicatat sesuai sumber laporan Talent Trends 2021 berbasis data dari 420 perusahaan di seluruh Indonesia dengan jumlah responden 3.320 karyawan. Inilah pekerjaan yang dinilai bergaji tertinggi.

1. Pekerjaan C-Suite dengan Gaji Tinggi

Yang dimaksud C-suite adalah posisi eksekutif perusahaan di level puncak atau tingkatan paling tinggi di perusahaan. Contoh C-Suite adalah CEO (Chief Executive Officer), CMO (Chief Marketing Officer), CFO (Chief Financial Officer), CTO (Chief Technology Officer), CCO (Chief Creative Officer), dan lain-lain. Pada sebagian perusahaan, beberapa macam jabatan digabungkan atau dipecah sesuai dengan kebutuhan.

Talent Trends 2021 menyatakan bahwa pekerjaan C-suite bisa menghasilkan gaji sekitar Rp 137 juta-Rp 250 juta. Nominal gaji tersebut dicatat dari beberapa sektor, misalnya konstruksi, properti, layanan keuangan, konsumsi dan ritel, dan industri manufaktur. Bonus atau imbalan posisi C-suite juga sesuai sektor, pengalaman, dan skala usahanya.

2. Manajer Keuangan

Manajer keuangan juga disebut head of finance di beberapa perusahaan. Mereka punya tanggung jawab untuk mengelola keuangan perusahaan. Pada beberapa perusahaan, jabatannya juga disebut sebagai CFO (Chief Financial Officer). Gaji dari pekerjaan di posisi ini sangat beragam. Pada perusahaan besar bisa mencapai angka Rp 115 juta. Tapi bisa juga beragam bergantung pada sektor bisnis dan skala perusahaan. Manajer keuangan mempunyai tanggung jawab berkaitan dengan keuangan perusahaan, yaitu mengontrol budget departemen, evaluasi investasi, manajemen risiko, dan tentu untuk memastikan bisnisnya bisa tetap menguntungkan.

3. Sales Manager

Sales Manager atau manajer penjualan adalah bagian yang terpenting pada semua perusahaan yang memberi layanan pada konsumennya. Wajar bila mereka yang punya tanggung jawab memimpin posisi ini berhak mendapat kompensasi yang besar, apalagi ketika target tercapai. Untuk Country Sales Manager bahkan bisa mendapat penghasilan total antara Rp 113 juta-Rp 175 juta. Sama seperti jenis pekerjaan yang telah disebut di atas, jumlah penghasilan tergantung pada jenis industri, sumber daya perusahaan, dan tentu volume penjualan pada kurun waktu tertentu. Peran Sales Manager memang strategis, karena punya pengaruh secara langsung untuk target penjualan yang sudah diusahakan bersama.

gaji tinggi

4. Marketing Director

Bagian marketing atau pemasaran adalah salah satu bagian paling krusial di perusahaan sebagaimana bidang sales atau penjualan agar mendapat konsumen atau pelanggan yang loyal. Tugas utama Marketing Director adalah untuk meningkatkan kesadaran merk (brand awareness) dan juga meningkatkan pangsa pasar. Orang yang menjadi Marketing Director harus kreatif, inovatif, dan berani mencoba tantangan baru. Tentunya juga harus bisa memahami bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan ketika tren berubah dan selera masyarakat juga berubah. Sebagai posisi yang paling tinggi dalam pemasaran, marketing director perusahaan besar bisa mendapat Rp 110 juta-Rp 150 juta.

5. Head of Risk Juga Dapat Gaji Tinggi

Head of Risk termasuk jenis pekerjaan yang sulit. Head of Risk juga disebut Chief Risk Officer. Posisi ini membutuhkan kualifikasi pengetahuan dan pengalaman yang sesuai untuk memahami regulasi atau peraturan terkini sesuai bidang yang bergerak dinamis. Tugasnya adalah melindungi perusahaan dari berbagai risiko yang akan terjadi, contohnya risiko keuangan dan hal lain yang strategis berdampak besar. . Fungsi utama pekerjaan sebagai Head of Risk yaitu terkait upaya pencegahan, dan ini menjadi kunci untuk melindungi kepentingan perusahaan. Tanggung jawab keseluruhan pekerjaannya cenderung berat karena bertemu banyak hal tidak terduga setiap hari. Karena itu, dibutuhkan kemampuan problem solving atau pemecahan masalah di atas rata-rata. Fokus dari jabatan ini adalah untuk mencegah risiko yang bisa membuat perusahaan merugi. Orang yang menjabat posisi ini bisa mendapat penghasilan sampai Rp 150 juta.

6. Project Management Director

Seseorang yang menjabat Project Management Director ataupun direktur pelaksana memiliki pekerjaan terkait manajemen proyek besar yang juga mencakup banyak tanggung jawab besar. Tanggung jawabnya tergantung proyek, industri, dan ukuran timnya yang harus dikelola. Sebagai sosok penanggung jawab yang mengatur dan juga menyelesaikan sebuah proyek, maka Project Management Director bisa mendapat penghasilan total sekitar Rp 130 juta.

7. Vice President of Engineering

Pada era digital seperti sekarang ini, Vice President Engineering atau VP Engineering sering mendapat peran sentral dalam suatu bisnis. Pada beberapa perusahaan peran tersebut dipegang oleh seorag CTO (Chief Technology Officer). Direktur VP enginering menjadi pemimpin departemen teknik di suatu perusahaan. Sebagaimana seorang kepala departemen, mereka bertugas merencanakan serta mengarahkan seluruh aspek teknik sejak perekrutan, pelatihan anggota tim baru untuk mengelola proyek. Seorang VP Engineering di berbagai sektor industri bisa mendapat penghasilan bervariasi, bahkan bisa mencapai Rp 129 juta.

8. Supply Chain Director 

Supply chain pada dasarnya adalah rantai penghubung perusahaan dan supplier, entah itu bahan dasar, aspek
logistik, dan sebagainya. Seorang supply chain director bertanggung jawab dalam memaksimalkan rantai pasokan yang efektif dan efisien. Tujuannya adalah bisa memenuhi target produksi atau manufaktur yang bergerak cepat. Supply chain director bisa memperoleh gaji tinggi sampai kisaran Rp 103 juta.

gaji tinggi

Seberapa Penting Gaji Tinggi untuk Anda?

Memiliki pekerjaan sesuai minat bakat atau passion tentu akan menjadi kepuasan tersendiri, apalagi kalau ditambah dengan gaji yang terbilang tinggi. Gaji tinggi tentunya menjadi hal yang menyenangkan karena kualitas hidup bisa meningkat, bisa memenuhi keinginan, dan lebih banyak cita-citanya yang bisa diwujudkan. Walau sebenarnya patokan hidup yang sukses bukan gaji tinggi semata. Di samping penghasilan yang besar juga ada risiko yang besar. Pastikan bahwa pekerjaan Anda bisa membuat hidup lebih seimbang. Meskipun ada risiko di setiap pekerjaan, jangan sampai mengorbanan kesehatan Anda di masa depan. Jadi seberapa penting gaji tinggi untuk Anda?

Kesimpulan

Tren duni kerja yang dibayar dengan gaji besar mungkin saja akan terus berubah. Semua pekerjaan atau posisi yang dihargai besar tentu juga sebanding dengan risikonya. Apakah pekerjaan Anda kini termasuk salah satu di atas? Di manapun posisi Anda saat ini, selalu ada peluang untuk bekerja lebih baik lagi.

Untuk Anda pemilik perusahaan ataupun praktisi HR, perbaikan itu bisa dimulai dari mengatur sistem yang lebih praktis misalnya terkait presensi karyawan. Sekarang sudah ada layanan agar karyawan Anda terkelola dengan baik dengan presensi online seperti Aplikasi Kerjoo.

coba gratis sekarang