Beberapa Alasan Kenapa Kerja Jarak Jauh Itu Efektif

Beberapa Alasan Kenapa Kerja Jarak Jauh Itu Efektif

Menurut Anda, apakah kerja jarak jauh itu efektif? Kelebihannya adalah memungkinkan untuk bekerja dari mana saja dan kapan saja. Bekerja jarak jauh sebenarnya sudah menjadi tren pekerja dunia, bahkan sebelum pandemi virus Corona memaksa banyak orang untuk bekerja dari rumah.

Memberi karyawan fleksibilitas untuk bekerja di mana pun dan kapan pun tentu akan menguntungkan. Berbagai sektor industri dan ukuran perusahaan berusaha menerapkannya. Faktanya, banyak perusahaan kelas dunia pun saat ini menawarkan pekerjaan jarak jauh, baik itu penuh waktu maupun sebagian. Bekerja dari jarak jauh juga tidak selalu berarti ‘dari rumah’, tapi ini bisa diterapkan di mana saja ketika seorang karyawan bekerja di luar lokasi kantor seperti kedai kopi atau coworking space.

Pada akhirnya, bekerja dari jarak jauh atau yang disebut remote working memungkinkan peningkatan fleksibilitas dan kebebasan bagi karyawan. Menurut Inc., sembilan dari sepuluh pekerja yang saat ini bekerja dari jarak jauh berencana untuk melakukannya bahkan setelah pandemi. Teknologi seperti perangkat lunak konferensi video, platform kolaborasi, dan layanan cloud membuat orang tetap terhubung dan memungkinkan mereka mengadakan rapat dan menyelesaikan proyek dari mana saja dan kapan saja.

Tapi, bukan hanya karyawan yang diuntungkan. Perusahaan juga mulai melihat pekerjaan jarak jauh sebagai bagian penting dari memberdayakan talenta terbaik, tetap kompetitif di bidangnya, dan bahkan menghemat biaya bisnis. Mari kita lihat seberapa efektif bekerja jarak jauh itu.

Keseimbangan Kehidupan Kerja yang Lebih Baik

Bagi banyak perusahaan, bahkan beberapa dekade yang lalu, bekerja dari jarak jauh hampir mustahil. Tanpa teknologi yang tepat, seorang karyawan harus pergi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi, menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang sehat adalah prioritas utama bagi karyawan. Kemampuan untuk menyeimbangkan kedua hal ini menjadi kunci untuk merasa lebih bahagia dan produktif saat bekerja. Menghemat waktu yang seharusnya dihabiskan untuk perjalanan panjang memungkinkan karyawan memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik dan menambahkan jam kembali ke hari-hari mereka.

Kerja Jarak Jauh Memberi Lebih Banyak Kebebasan

Terkadang pekerjaan kantor lokasinya jauh dari tempat tinggal. Banyak orang perlu melakukan perjalanan ke luar kota untuk mengunjungi keluarga. Atau pulang pada sore hari untuk menghadiri pertandingan sepak bola anak-anak. Seorang karyawan kantoran perlu meminta waktu istirahat untuk melakukannya. Jelas bahwa keuntungan kerja jarak jauh membantu karyawan tetap merasakan kebebasan. Tetapi karyawan jarak jauh masih bisa aktif dari rumah atau kantor cabang, atau di tempat lain, sesuai kebutuhan. Dengan cara bekerja dari rumah atau berada di kantor selama satu atau tiga hari dalam seminggu, karyawan menikmati kebebasan bekerja jarak jauh.

Kerja jarak jauh

Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Tanpa bolak-balik, tidak terburu-buru makan siang, dan tidak ada waktu lama di kantor jauh dari keluarga atau teman, bekerja dari jarak jauh dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan dengan mengurangi stres. Juga membatasi paparan terhadap rekan kerja yang berpotensi sakit. Tetapi pimpinannya tidak boleh mengabaikan kesehatan karyawan di tempat kerja jarak jauh. Inklusi dalam program kesehatan perusahaan, misalnya akses ke gym, sama pentingnya bagi mereka yang memiliki jadwal kerja fleksibel.

Pekerjaan Jarak Jauh Sama Dengan Peningkatan Produktivitas

Pengusaha saat ini bergulat dengan pertanyaan eksistensial untuk waktu yang lama: “Jika saya tidak melihat karyawan saya bekerja, bagaimana mereka bisa produktif?” Kemampuan pimpinan untuk mempercayai tim, bahkan saat mereka bekerja di luar kantor, dapat menjadi kunci untuk mendorong produktivitas yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Data menunjukkan bahwa ketika karyawan dapat melewatkan istirahat tambahan, perjalanan panjang, dan gangguan lain untuk fokus pada pekerjaan mereka, produktivitas akan menjadi yang tertinggi.

Dalam studi produktivitas kerja jarak jauh Universitas Stanford selama dua tahun, para peneliti mengikuti 500 karyawan setelah membaginya menjadi kelompok kerja ‘jarak jauh’ dan ‘tradisional’. Hasil kelompok kerja jarak jauh tidak hanya menunjukkan peningkatan produktivitas kerja yang setara dengan pekerjaan sehari penuh, tetapi juga lebih sedikit hari sakit dan penurunan 50 persen dalam pengurangan karyawan.

Menawarkan Pekerjaan Jarak Jauh Membuat Bisnis Lebih Kompetitif

Terlepas dari produk, misi, atau tujuan bisnis, orang-oranglah yang mendorong kesuksesan bisnis. Siapa lagi, selain karyawan Anda, yang akan membentuk produk masa depan, mendorong efisiensi tim Anda, dan melihat melalui pertumbuhan dan kesehatan rencana bisnis Anda? Karena itu, kemampuan untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik merupakan pembeda utama dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini.

Pekerjaan jarak jauh dapat memainkan peran positif dalam arena ini, menawarkan rasa pengakuan pribadi antara pemberi kerja dan karyawan. Faktanya, 35 persen karyawan akan berganti pekerjaan jika itu berarti kemampuan untuk bekerja di luar lokasi secara penuh waktu, menurut Gallup. Perusahaan yang menawarkan pengaturan kerja yang fleksibel, seperti pekerjaan jarak jauh penuh, setengah, atau sebagian, dapat membuat perbedaan bagi kandidat yang memilih langkah karir berikutnya.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Melakukan Pekerjaan Jarak Jauh?

Sekarang Anda telah melihat bahwa kerja jarak jauh menawarkan peningkatan fleksibilitas dan otonomi bagi karyawan. Termasuk peningkatan produktivitas pekerja dan penghematan biaya bagi pemberi kerja. Namun, sebelum merambah ke dunia kerja jarak jauh, bisnis harus melihat budaya kerja dan tujuan bisnis.

  • Harapan kerja apa yang akan ditetapkan manajer dengan tim jarak jauh mereka?
  • Apakah ada langkah-langkah di tempat kerja, seperti teknologi untuk melakukan konferensi video, untuk memfasilitasi pekerjaan jarak jauh yang mulus?
  • Apakah program telah dibuat yang melibatkan karyawan jarak jauh dalam budaya perusahaan dan membuat mereka merasa diikutsertakan dalam bisnis sehari-hari?

Ini adalah pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan bisnis sebelum mengubah struktur ketenagakerjaannya saat ini. Di sisi lain, sebelum menerima peran yang mencakup pekerjaan jarak jauh, karyawan harus mempertimbangkan batasan kehidupan kerja mereka sendiri.

Kesimpulan

Lebih dari sekedar tren tempat kerja, konsep bekerja dari mana saja dan kapan saja adalah kondisi kerja di masa depan. Teknologi akan menjadi lebih maju dan mendekatkan kita semua secara virtual. Ini akan terus menghubungkan kita sebagai karyawan dan bisnis lintas zona waktu dan benua.

Kita semua mungkin tidak secara fisik berada di ruangan yang sama, tetapi pekerjaan bisa sama efektifnya, jika tidak lebih, daripada model kerja tradisional. Sudah waktunya bagi pemberi kerja dan karyawan untuk merangkul dunia kerja baru dan mempertimbangkan manfaat bekerja dari jarak jauh.

Pastikan bahwa karyawan jarak jauh tetap optimal dalam bekerja tanpa kendala dalam komunikasi dan pelaporan pekerjaan. Gunakan aplikasi absensi Kerjoo untuk membantu mengoptimalkan kinerja karyawan. Kerjoo dilengkapi berbagai fitur absensi yang mendukung kerja remote maupun Work From Home. Daftar sekarang dan dapatkan panduan cara memakai aplikasi Kerjoo!

 

kerja jarak jauh