Tips Melakukan Manajemen Karyawan Selama Pandemi

Tips Melakukan Manajemen Karyawan Selama Pandemi

Daftar Isi

Seperti apa cara manajemen karyawan selama pandemi? Tentunya mendapatkan pekerja yang berkompeten merupakan harapan dari pihak perusahaan. Perlu diketahui memang pekerja yang mempunyai kinerja baik pastinya mampu berkontribusi lebih baik dalam mempercepat pertumbuhan perusahaan. Tentunya keberadaan orang-orang seperti ini akan sangat bagus. Sehingga karyawan seperti ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi praktisi HRD untuk mempertahankannya di perusahaan.

Apalagi jika terjadi masa-masa sulit seperti sekarang-sekarang ini. Kemungkinan ketidak stabilan kondisi perusahaan akan menjadi salah satu pemicu kekhawatiran tiap-tiap pekerjanya. Tentunya secara khusus HRD perlu memikirkan lagi tentang bagaimanakah cara manajemen karyawan. Supaya karyawan terbaik itu bisa dipertahankan dalam perusahaan supaya terus bisa bergabung dalam organisasi.

Bagaimana Cara Manajemen Perusahaan supaya Dapat Mempertahankan Karyawan Terbaik?

Tidak menutup kemungkinan jika ada kompetitor dari perusahaan yang mengincar karyawan terbaik Anda tersebut. Bahkan akan menawarkan sesuatu yang lebih baik dengan segala hal yang dipertimbangkan selama pandemi ini. Apabila pada situasi yang normal-normal saja pekerja terbaik tersebut sulit dan menjadi tantangan tersendiri bagi hrd atau perusahaan.

Apalagi melakukan hal tersebut dalam situasi yang tidak menguntungkan seperti saat ini tentunya akan ada level yang berbeda pula. Di bawah ini merupakan beberapa dari gagasan-gagasan yang layaknya bisa di cobai untuk dapat menjaga supaya karyawan terbaik Anda tersebut tetap bertahan di tengah kondisi sulit di masa pandemi saat ini.

manajemen karyawan

Tentunya seperti yang sebelumnya anda tahu jikalau saat banyak sekali dari pengurangan jumlah karyawan yang terpaksa di lakukan oleh perusahaan karena terjadi pandemi Covid-19 yang tengah melanda tanah air. Sehingga kemungkinan besar sebagian perusahaan akan mempertimbanhkan untuk melepas karyawan kontrak dengan tidak memperpanjangnya serta buruh harian mereka. Sehingga yang tersisa di sini hanyalah karyawan yang mempunyai potensi dan juga karyawan yang mumpuni dan senior saja.

Walaupun karyawan terbaik Anda tersebut masih dimiliki atau bekerja di perusahaan maka Anda tidak boleh lengah dalam mempertahankannya..

Adapun berikut merupakan tiga hal yang dapat dirangkum berkaitan dengan mempertahankan karyawan berpotensi atau terbaik anda sehingga mampu untuk terus memotivasi mereka untuk terus bekerja sama dalam perusahaan. Walaupun dalam masa masa sulit sekalipun khususnya pada masa pandemi saat ini.

Caring

Anda bisa memberikan lebih waktu dengan cara memberi perhatian kepada mereka. Sebaiknya Anda dengarkanlah kesulitan yang tengah dihinggapi oleh karyawan Anda tersebut ketika menyelesaikan misi pekerjaan mereka ditengah kondisi yang tidak menentu seperti ini.

Apabila memang mereka bekerja dari rumah maka sebaiknya perusahaan memberikan kelengkapan dan alat kantor. Sehingga membantunya lebih mudah lagi dalam bekerja seperti halnya pulsa yang dipergunakan untuk komunikasi, laptop dengan baterainya yang telah diperbaharui dan sebagainya. Anda harus memastikan jika motivasi kerja dimiliki setiap karyawan terbaik Anda. Selain itu juga yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus menjembatani berbagai kebutuhan karyawan dan segala kebutuhan perusahaan dengan begitu baiknya.

Reassurance

Di masa pandemi seperti yang terjadi saat ini memang mulai dari pihak manajemen sampai dengan lapisan bawah. Tentunya akan merasakan rasa khawatir terhadap segala hal terhadap kondisi yang tidak menentu saja. Adanya berita kalau terjadi pemberhentian secara serentak bagi karyawan yang banyak sekali terjadi tentunya akan membuat semakin berfikir dan nervous saja karyawan tersebut. Timbul dibenak karyawan tersebut apakah masih dipekerjakan atau tidak?

Adapun memang tantangan yang paling pertama bagi seorang HR dalam manajemen perusahaan pada saat kondisi seperti ini adalah pemberian informasi yang bisa meyakinkan bagi karyawan tentang perkembangan berbagai situasi yang terjadi di dalam perusahaan. Selain itu juga selalu menjaga supaya terjaga selalu komunikasi, secara lebih kekeluargaan.

Responsibility

manajemen karyawan

Sebaiknya Anda selalu menunjukkan kepada karyawan Anda tersebut bahwa selalu mempercayai kemampuan mereka dalam beramanah. Sehingga dengan adanya rasa tanggung jawab tersebut yang lebih diberikan kepada karyawan tersebut akan membuat kemampuan dari karyawan lebih dipercaya. Hal inilah yang mengakibatkan secara psikis membuat semakin termotivasinya karyawan Anda itu untuk dapat memberi kemampuan yang terbaik kepada perusahaan.

Adapun memang hal ini juga merupakan salah satu dari bentuk support yang begitu dibutuhkan karyawan pada saat mereka mengembangkan diri mereka. Bagi karyawan yang telah dipercaya perusahaan dan kesempatan untuk dapat berkembang sehingga mereka akan semaki loyal saja terhadap perusahaan.

Sebaiknya perusahaan mampu memberikan lebih terhadap karyawan yang mampu memberikan lebih besar kontribusi besar untuk perusahaan. Di sini sebaiknya Anda bisa memberikan apresiasi lebih terhadap karyawan yang mampu berkontribusi lebih besar untuk perusahaan. Tentunya pada saat situasi yang lebih normal akan muncul banyak sekali ide yang kemudian dapat dikembangkan dan di coba. Supaya nantinya perusahaan tersebut mampu mempertahankan karyawan terbaik mereka.

Beberapa di antaranya adalah dengan cara menaikkan upah, bonus tahunan. Mampu memberi insentif yang tergolong cukip besar. aAdanya benefit yang berguna sekali bagi keluarga mereka. Tentunya hal ini merupakan salah satu beberapa hal yang tentunya juga dapat Anda lakukan. Supaya karyawan Anda merasa yakin jika di tempat anda bekerja tersebut merupakan hal yang terbaik.

Benefits

Biasanya memang memberi atau menambah segala macam bentuk benefit yang lebih baik bagi seorang karyawan adalah salah satu dari bentuk yang paling umumnya. Sehingga dapat membuat karyawan Anda meningkat motivasinya. Anda bisa melakukan kompetisi sehingga dapat memberikan model yang lebih baik dari sisi benefit. Juga akan lebih kreatif untuk karyawan terbaik Anda. Hal tersebut di karenakan kemungkinan besar ada kompetitor yang sedang menawarkan benefit kepada karyawan Anda tersebut lebih baik dibandingkan dengan yang telah ia berikan atau terima saat ini.

Sebagai permisalah saja apabila terjalin kerja sama dengan para penyedia guest house. Anda dapat menyelenggarakan segala macam event kantor mempergunakan potongan harga yang lebih baik serta memberi sebuah staycation voucher yang terjadi pada akhir pekan.

Tunjukkanlah selalu penghargaan dan apresiasi ketika manajemen karyawan

manajemen karyawan

Di sini yang bisa dilakukan oleh hrd atau perusahaan, di mana mereka bisa memberikan segala macam apresiasi langsung kepada karyawan yang mana tentu akan berhak. Sehingga hal inilah yang menjadi sebuah costless yang bisa Anda cobai. Terbilang juga nantinya dalam kurun waktu lama hasilnya akan dapat dirasakan. Hak tersebut karena bentuk dari penciptaan yang sangat baik pada budaya kerjanya.

Akibat adanya pemberian apresiasi tersebut tentunya adalah salah satunya ialah pemberian secara menyeluruh perhatian yang ada langsung kepada rekan kerja atau anggota yang sudah berdiskusi. Selain itu juga terlepas dari pentingnya inti diskusi itu sendiri. Berlepas diri dari seberapa pentingnya inti yang terdapat pada diskusi itu, maka dengan adanya perhatian yang lebih secara sepenuhnya. Hal inilah yang menunjukkan bahwa Anda bisa menghargai usaha, waktu dan willingness daripada rekan kerja Anda kelak.

Menunjukkan perhatian yang cukup besar terhadap segala macam perkembangan dari sisi manajemen karyawan itu sendiri. Anda bisa melakukan investasi terhadap hal ini dengan cara yang luar biasa terhadap segala macam perkembangan potensi karyawan yang Anda miliki.

Apalagi bagi karyawan yang mempunyai potensi yang teramat besar untuk dapat berkontribusi serta berkembang pada tujuan perusahaan. Selain itu juga pastikan bahwasanya perusahaan Anda mempunyai program training ataupun Q&A yang dikembangkan secara rutinnya, sehingga mampu mengarahkan manajemen karyawan kepada pengembangan kemampuannya.

Kesimpulan

Perlu Anda ingat di sini jika pengembangan dari sebuah organisasi sama sekali tidak akan pernah lepas dari segala macam pengembangan sumber daya manusianya. Ketika produktivitas sudah optimal, tentu harus dipertahankan dan juga ditingkatkan secara berkala. Semua yang mendukung produktivitas memang perlu untuk diterapkan. Termasuk tentang bagaimana memantau kedisiplinan karyawan dengan proses yang lebih mudah. Sekarang perusahaan Anda tidak perlu susah payah mengumpulkan data dan file secara manual karena semua sudah tersedia di aplikasi Kerjoo. Dengan fitur statistik, ekspor file, dan ringkasan kehadiran, maka perusahaan bisa melakukan review kedisiplinan karyawan secara cepat dengan melihat data per hari, per bulan, maupun per karyawan.

manajemen karyawan
bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari