Metode Feedback Sandwich dan Apa Manfaat untuk Tim Anda?

Tahukah Anda tentang metode feedback sandwich? Feedback atau umpan balik sendiri adalah landasan dari setiap organisasi. Ini adalah salah satu

Metode Feedback Sandwich

Daftar Isi

Tahukah Anda tentang metode feedback sandwich? Feedback atau umpan balik sendiri adalah landasan dari setiap organisasi. Ini adalah salah satu cara untuk memberi support tim demi kinerja dan pertumbuhan yang lebih baik.

Setiap orang bisa mendapatkan manfaat dari umpan balik, mulai dari karyawan hingga pelanggan.

Tapi, umpan balik bisa konstruktif atau bisa juga destruktif. Pendekatan metode feedback sandwich termasuk metode yang dapat digunakan manajer untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada karyawan.

Teknik umpan balik ini meliputi pemberian umpan balik positif terlebih dahulu. Kemudian, diikuti umpan balik negatif, agar pesan lebih efektif. Seperti apa caranya agar bisa berdampak efektif ke tim? Anda dapat menyimak penjelasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Metode Feedback Sandwich

Metode feedback sandwich adalah teknik yang menggunakan dua bentuk umpan balik, yaitu positif dan negatif, untuk menciptakan lingkungan yang konstruktif.

Idenya adalah untuk memberikan umpan balik sedemikian rupa untuk menyeimbangkan komentar positif dan negatif sehingga setiap orang merasa didengarkan dan dihargai.

Teknik ini dapat bermanfaat untuk mengatasi konflik, di mana sebagian individu rentan mengalami emosi negatif, seperti frustrasi atau kemarahan.

Dengan memberikan umpan balik positif dan negatif, pada akhirnya metode feedback sandwich membantu mengurangi risiko stres dan ketegangan di tempat kerja.

Teknik ini juga ampuh untuk meningkatkan emosi positif seperti rasa syukur, semangat, dan motivasi kerja. Daripada hanya memberikan umpan balik positif atau negatif, sebaiknya gunakan kedua jenis umpan balik secara seimbang. Jadi, penerima dapat menemukan solusi, terlepas dari jenis umpan baliknya.

Bagaimana Cara Menyampaikan Feedback dengan Meteode Ini?

Inti dari penyampaian feedback ini adalah seimbang dan konstruktif untuk membantu manajer meningkatkan keterampilan komunikasi dan membangun kepercayaan dengan karyawan.

Metode feedback sandwich dapat digunakan dalam situasi yang berbeda, seperti latihan membangun tim atau sesi pelatihan.

Untuk melakukannya bisa dengan tiga langkah, dimulai dengan penilaian aspek positif dari kinerja anggota tim. Kemudian menambahkan sedikit kritik di tengah. Setelah itu, mengakhirinya dengan beberapa ucapan penghargaan untuk menjaga semangat kerja karyawan.

Secara garis besar, proses metode feedback sandwich adalah berurutan antara memuji, mengkritik, kemudian memuji kembali. Tentunya hal itu disampaikan dengan sudut pandang yang positif.

Metode Feedback Sandwich

Contoh Metode Feedback Sandwich

Sebagai gambaran yang lebih jelas, Anda dapat melihat contohnya.

Contohnya adalah saat karyawan sedang meeting bersama atasan dan di dalamnya ada sesi penyampaian ide. Beginilah metode feedback sandwich yang bisa dilakukan oleh atasan.

Saya akan memberi umpan balik tentang ide yang Anda sampaikan.

Sebelumnya, saya mengapresiasi atas poin-poin yang Anda sampaikan. Itu adalah gagasan yang menarik dan bisa menambah banyak nilai pada pengembangan produk.

Namun, tentang rencana eksekusi yang Anda buat bersama tim agak kurang efektif dari segi waktu dan biaya. Saya sarankan untuk membuatnya jadi lebih efektif dan terukur.

Tapi, secara keseluruhan, itu adalah upaya yang bagus dari tim, dan saya dapat melihat kesungguhan Anda dalam mencari solusi.”

Di sini, atasan dapat secara detail menyoroti beberapa kesalahan dan potensi perbaikan yang memerlukan lebih banyak fokus. Anda dapat menyampaikan dengan versi lain.

Masih banyak contoh bagus lainnya dari feedback sandwich. Dimulai dengan pengamatan positif yang spesifik, menawarkan saran khusus untuk perbaikan, dan diakhiri dengan pujian dan motivasi.

Kelebihan dan Kekurangan dari Feedback Sandwich

Metode umpan balik yang satu ini terkesan umum dan wajar, tapi tetap ada kelebihan dan kekurangan di baliknya.

Kelebihan

  • Dapat membantu membangun hubungan dan meningkatkan komunikasi dengan menunjukkan bahwa atasan memahami aspek positif dan negatif dari upaya karyawan.
  • Memberikan umpan balik yang konstruktif sangat penting untuk pertumbuhan dan kemajuan tim. Selain itu, Anda dapat membantu individu belajar dari pengalaman atau kesalahan.
  • Membantu individu untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka.
  • Membantu mengembangkan kebiasaan, keterampilan, dan sikap positif dengan menambahkan dorongan pada kritik. Selain itu, dapat membantu individu untuk menjadi lebih bertanggung jawab atas tindakan mereka.
  • Bisa menjadi cara terbaik untuk memastikan bahwa anggota tim tidak tersinggung saat menerima umpan balik.

Beberapa manajer merasa tidak nyaman secara eksplisit mengkritik anggota tim yang mereka tahu telah melakukan upaya yang signifikan. Dengan metode feedback sandwich, manajer dapat mengatasinya dengan cepat.

Tapi, mungkin Anda masih ragu sebelum memberikan umpan balik kritis kepada tim Anda? Ada baiknya untuk memahami bagaimana seharusnya atasan memperlakukan tim.

Kekurangan

  • Umpan balik mungkin tidak selalu mengubah perilaku atau sikap anggota tim. Sebaliknya, hal itu justru bisa menyesatkan jika tidak cukup jelas dalam menyampaikan.
  • Umpan balik yang membangun juga tidak selalu mudah diterima. Tapi, hal itu harus diberikan segera agar lebih efektif. Terlalu banyak atau terlalu sedikit umpan balik dapat memiliki konsekuensi negatif.
  • Tidak mudah untuk memberikan umpan balik secara efektif. Bahkan terkadang feedback terasa seperti ancaman yang menjadi penyebab perselisihan.
  • Mungkin juga orang yang mendapat feedback justru jadi kurang produktif atau kreatif. Mereka mungkin perlu lebih fokus untuk mengatasi kecemasan atau kewalahan oleh umpan balik negatif.
metode feedback sandwich

Karena adanya komentar negatif yang disisipkan di tengah percakapan panjang, orang yang menerima feedback perlu mencerna inti pesannya.

Seberapa efektif metode feedback sandwich sangat bergantung pada kemampuan anggota tim untuk memahami dan menindaklanjuti komentar tersebut.

Menurut Harvard Business Review, para pemimpin berpikir bahwa lebih mudah bagi karyawan untuk mendengar umpan balik negatif ketika disertai umpan balik positif. Pendekatan sandwich memberikan umpan balik yang seimbang.

Apakah Metode Umpan Balik Ini Cocok untuk Anda?

Sampai saat ini mungkin Anda masih mencari metode apa yang cocok untuk memberi feedback pada tim Anda. Lalu, apakah metode feedback sandwhich cocok untuk tim Anda?

Metode ini dapat digunakan dalam berbagai situasi. Yang menyampaikan bukan hanya dari atasan, tapi juga antar sesama karyawan. Khususnya dari departemen HR dan/atau untuk memberikan umpan balik kepada rekan satu tim atau rekan kerja dengan metode ini.

Sangat penting untuk memahami bagaimana memberikan umpan balik yang efektif. Seperti contoh di atas, Anda dapat memulai dengan setidaknya satu pernyataan positif tentang apa yang telah dilakukan oleh rekan kerja, rekan kerja, atau anggota tim Anda.

Kemudian, Anda akan menyatakan umpan balik yang konstruktif atau pernyataan khusus tentang bagaimana mereka dapat meningkatkan kinerjanya.

Anda kemudian akan mengakhiri dengan pernyataan penutup yang menyemangati. Pernyataan tersebut akan melunakkan kritik atau komentar tajam dan mengakhiri interaksi dengan nada positif.

Untuk memastikannya, Anda dapat mencoba penerapan secara langsung. Kemudian Anda lihat hasilnya pada kemajuan tim Anda dalam waktu tertentu. Jika berhasil, maka Anda dapat melanjutkannya.

Kesimpulan

Pendekatan metode feedback sandwich adalah sebuah umpan balik negatif antara dua buah umpan balik positif. Umpan balik seperti ini diharapkan dapat memberikan nilai positif atau dorongan.

Khususnya jika ada hal spesifik yang perlu diarahkan kembali. Agar lebih objektif, maka feedback bisa disesuaikan dengan kondisi yang sebenarnya.

Feedback juga bisa disampaikan saat evaluasi kinerja oleh tim HR perusahaan. Evaluasi kerja diberikan menurut beberapa hal, salah satunya adalah kedisiplinan karyawan yang terlihat dari data kehadiran.

Sekarang Anda dapat lebih mudah mengelola absensi karyawan secara online agar lebih praktis. Aplikasi absensi online Kerjoo memiliki fitur beragam yang dirancang untuk memudahkan pekerjaan administrasi.

Seperti apa caranya? Anda bisa daftar Kerjoo sekarang lalu menggunakannya secara gratis 14 hari!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari