Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contohnya

Setiap orang bisa saja membutuhkan waktu untuk izin tidak masuk kerja dari waktu ke waktu, hal itu bisa karena sakit, janji temu, atau alasan pribadi lainnya.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja dan Contohnya

Setiap orang bisa saja membutuhkan waktu untuk izin tidak masuk kerja dari waktu ke waktu, hal itu bisa karena sakit, janji temu, atau alasan pribadi lainnya. Beberapa perusahaan meminta surat resmi kepada karyawan yang menjelaskan waktu dan alasan mereka izin tidak masuk kerja. Kapan dan bagaimana Anda mengirimkan surat izin tidak masuk kerja Anda tergantung pada kebijakan perusahaan. Di bawah ini merupakan beberapa tips dalam menulis surat izin tidak masuk kerja beserta contohnya.

Tips Menulis Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

· Ikuti format surat bisnis

Gunakan format surat bisnis resmi ketika menulis surat izin tidak masuk kerja agar surat ini menjadi profesional.

· Pahami kebijakan perusahaan

Sebelum Anda izin tidak masuk kerja, pastikan Anda mengetahui prosedur untuk memberi tahu atasan Anda bahwa Anda akan izin untuk absen. Ketahui apakah Anda perlu memberi tahu atasan Anda, serta bagaimana Anda harus menyampaikan informasi itu kepadanya misalnya, melalui panggilan telepon, surat, atau email. Lihat juga seberapa jauh hari Anda perlu memberi tahu atasan Anda sebelumnya.

· Memiliki alasan yang sah

Setelah memahami bagaimana kebijakan perusahaan dan apa yang menjadi alasan ketidakhadiran dari pekerjaan. Bisa jadi beberapa alasan untuk tidak bekerja mungkin tidak disetujui oleh perusahaan Anda. Jadi pastikan alasan Anda logis dan dapat dipahami.

· Kirim surat izin sesegera mungkin

Kirimkan surat izin tidak masuk kerja sebelum Anda absen kerja. Anda perlu memberi waktu kepada atasan Anda untuk menetapkan kembali tugas Anda. Jika Anda meminta waktu izin kerja lebih lama, kirimkan surat tersebut sedini mungkin. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengirim surat resmi, pertimbangkan untuk mengirim surat izin tidak masuk kerja melalui email. Hubungi manajer Anda, departemen sumber daya manusia, atau departemen tenaga kerja yang mengurus perizinan tidak masuk kerja.

· Tetap singkat

Jangan terlalu detail mengenai penjelasan mengapa Anda tidak masuk kerja misalnya seperti daftar panjang gejala Anda, jika Anda sakit, atau cerita mendetail tentang masalah pribadi itu tidak perlu disebutkan. Sebaliknya, nyatakan dengan singkat kapan Anda akan absen, dan jelaskan secara singkat alasannya.

· Tawarkan bantuan

Anda mungkin mempertimbangkan untuk membantu menebus beberapa waktu ketidakhadiran Anda dengan cara tertentu. Misalnya, Anda mungkin mengatakan bahwa Anda akan tetap mengecek email saat pergi, atau Anda mungkin menawarkan untuk bekerja beberapa jam lagi untuk menyelesaikan beberapa proyek. Kemudian, apabila Anda dapat mempersiapkan ketidakhadiran Anda sebelumnya, coba mintalah satu atau dua rekan kerja untuk membantu menyelesaikan tugas yang akan Anda lewatkan. Hal tersebut akan menjadi sangat penting jika Anda meminta cuti lebih lama.

Cara Melakukan Pengajuan Izin Kerja dari Aplikasi Kerjoo
Setiap karyawan perlu memahami cara pengajuan izin kerja sesuai prosedur yang tepat agar bisa mendapat persetujuan
Surat Izin Tidak Masuk Kerja
3 Contoh Surat Izin Sakit Kerja dan Cara Membuatnya yang Benar
Oleh Berita Terkini
Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Terlepas dari alasan apa pun Anda meminta izin tidak masuk kerja, penting untuk mendekati permintaan tersebut dengan benar sehingga Anda bisa mendapatkan izin yang disetujui dan mempertahankan reputasi baik Anda di tempat kerja:

1.      Tempat Kerja Santai

Meminta dan mendapatkan izin ketika Anda bekerja di lingkungan yang santai dapat sesederhana mengatakan kepada atasan Anda, "Saya membutuhkan izin Bapak / Ibu. Apakah mungkin untuk mengambil izin tidak masuk kerja selama 3 hari?"

2.      Tempat Kerja Formal

Di tempat kerja yang lebih formal, Anda perlu menulis permintaan Anda menjadi surat izin tidak masuk kerja yang sesuai dengan kebijakan perusahaan. Perusahaan mungkin memiliki pedoman tentang siapa yang memenuhi syarat untuk izin tidak masuk kerja atau cuti, dan kapan dan seberapa sering cuti dapat diambil.

3.      Ketahui Kebijakan Perusahaan

Sebelum mengajukan permintaan izin tidak masuk kerja, pastikan Anda memahami kebijakan perusahaan Anda. Anda juga harus memiliki penjelasan yang praktis. Buat keputusan sebelum membicarakan topik tentang apa langkah Anda selanjutnya jika permintaan Anda ditolak.

Fitur Izin Dalam Jam, Solusi Kerja yang Makin Fleksibel!
Ini adalah fitur izin dalam jam kerja yang bisa membuat Anda tetap bisa menyelesaikan urusan di dalam dan di luar kantor
Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Menjadi karyawan suatu organisasi atau perusahaan, mungkin saja terkadang Anda perlu mengambil izin karena alasan tertentu yang tidak dapat Anda abaikan, terutama jika itu melibatkan kesehatan atau keluarga Anda dan untuk itu, Anda memerlukan izin dari atasan Anda terlebih dahulu. Menulis surat izin tidak masuk kerja harus sangat berhati-hati sehingga Anda dapat menyatakan alasan Anda tanpa merusak citra Anda kedepannya. Untuk membantu Anda di bawah ini terdapat beberapa contoh surat efektif yang dapat Anda ikuti.

Template 1

[Nama pengirim]

[Penunjukan orang yang bersangkutan]

Ke,

[Nama penerima]

Perihal: Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Bapak/Ibu yang terhormat,

Dengan ini saya ingin untuk memberitahu Anda bahwa saya ingin mengajukan izin tidak masuk kerja dari pekerjaan selama beberapa hari. Saya [sebutkan nama Anda] dari departemen […………] di [sebutkan nama perusahaan atau organisasi] ingin mengambil cuti dari [sebutkan tanggal dan waktu menurut Anda] hingga [sebutkan tanggal berakhirnya menurut Anda] saya harus menghadiri acara keluarga di kampung halaman saya dan untuk itu saya harus mengambil cuti selama beberapa hari.

Saya mengerti karena izin tidak masuk kerja saya, proyek saya saat ini akan tertunda tetapi saya berjanji kepada Bapak/Ibu bahwa segera setelah saya kembali, saya akan menyelesaikannya sesegera mungkin. Saya mohon maaf sebelumnya atas kepergian saya dan ketidaknyamanan yang akan dihadapi tim saya. Saya akan bekerja lebih keras lagi dan akan menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepada saya sesegera mungkin.

Demikian, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih. Semoga Bapak/Ibu sehat selalu.

Dengan hormat,

[Nama pengirim]

Template 2

Renata Vivin

Jalan Murai Nomor 45 Kota Bandung • [email protected]

Kepada,

Surya Adinata

Manajer SDM

PT. Quinonth

Kota Bandung

Bapak Surya yang terhormat,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi bahwa saya tidak dapat hadir bekerja sejak 8 Oktober 2022 hingga 14 Oktober 2022. Saya akan menghadiri konferensi pengembangan profesional yang telah saya bicarakan dengan Anda pada minggu lalu.

Saya telah mengatur untuk tetap dapat menerima dan mengirim email selama jam kerja, dan saya akan menelepon dan memeriksa kantor sekali sehari untuk melihat apa yang saya lewatkan. Mohon beri tahu saya apabila saya perlu memberikan informasi lebih lanjut, atau jika Anda memerlukan hal lain dari saya untuk membuat ketidakhadiran saya dapat berjalan lancar.

Demikian, terima kasih atas perhatian Bapak.

Dengan hormat,

Tanda tangan (surat hard copy)

Renata Vivin

Template 3

Diana Fean

Jalan Nuri No.30 Sleman, DIY - [email protected]

10 September 2018

Gilang Sasto

Manajer SDM

PT. Muria Utama

Kota Sleman, DIY

Kepada yang terhormat Bapak Gilang,

Mohon terima surat ini sebagai pemberitahuan resmi saya bahwa saya tidak dapat masuk kerja pada tanggal 11-12 September 2018 karena sakit. Saya telah menyelesaikan tugas untuk minggu ini yang saya lewatkan selama ketidakhadiran saya.

Mohon beri tahu saya apabila saya dapat memberikan informasi lebih lanjut. Terima kasih atas pengertian dan perhatian Bapak.

Dengan hormat,

Diana Fean

Apa yang Harus Dilakukan Saat Karyawan Sering Izin?
Masalah kehadiran karyawan memang harus dikelola secara cermat. Tidak hadirnya karyawan menjadi hal yang bisa mempengaruhi tingkat produktivitas.
Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Template 4

Ke,

Manajer Departemen HR,

______________ (Nama Perusahaan),

______________ (Alamat)

Tanggal: __ /__ /____ (Tanggal)

Perihal: Izin diperlukan untuk ________ (tujuan) pada ______ (tanggal)

Dengan hormat, saya _____________ (Nama) dan saya bekerja di _____________ _______________ (Institusi/ Perusahaan – Sebutkan). ID Karyawan saya adalah __________ (ID Karyawan).

Saya menulis surat ini untuk meminta izin untuk absen dari pekerjaan saya pada __/__/____ (Tanggal) dengan alasan ______________ Mohon beri saya persetujuan dalam hal ini sehingga saya bisa mendapatkan izin tidak masuk kerja karena alasan di atas.

Demikian surat permohonan izin tidak masuk kerja dari saya, mohon maaf atas ketidakhadiran saya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

__________________ (Nama),

__________________ (Nomor kontak)

Surat Izin Tidak Masuk Kerja