WFH Atau WFO? Simak Lebih Detail Kelebihan dan Kekurangannya

WFH Atau WFO? Simak Lebih Detail Kelebihan dan Kekurangannya

Sejak terjadi pandemi, pelaksanaan sistem WFH atau WFO sudah semakin fleksibel. Antara Work From Home dan Work From Office, mana yang lebih baik bagi Anda? Ini tidak lepas dari pandemi Covid-19 yang membuat banyak perubahan di segala aspek kehidupan. Kesehatan semakin menjadi perhatian semua orang. Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo saat membuka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020 tepatnya hari Senin tanggal 15 Juni 2020.

Jika Anda ingat, pemerintah pernah membuat kriteria Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa wilayah, khusuSnya pulau Jawa-Bali. Aturan telah diberlakukan dari 11 Januari hingga 25 Januari 2021. Airlangga Hartarto sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional mengungkapkan bahwa penerapan pembatasan secara terbatas dilakukan di wilayah provinsi Jawa dan Bali. Karena di seluruh provinsi tersebut memenuhi seluruh parameter yang ditetapkan.

Ketika artikel ini dipublikasikan kembali pada Februari 2022, pandemi masih belum berakhir. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM kembali diterapkan. Tujuannya adalah agar Covid-19 varian Omicron tidak menyebar lebih luas. Agar yang sakit segera sembuh dan yang sehat tidak akan tertular. Dalam bidang sosial dan ekonomi kita juga harus menjamin warga yang membutuhkan, warga yang kena dampak Covid-19 agar bisa menjalani hidup dengan produktif.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan antara WFH atau WFO?

Dengan penerapan PSBB sampai PPKM, banyak pekerja diimbau untuk melaksanakan kegiatan kantor dari rumah. Seperti yang tercantum dalam poin penerapan, kegiatan perkantoran akan dibatasi dengan memberlakukan kerja dari rumah atau work from home sebesar 75% dari total karyawan, dan hanya diperbolehkan 25% kegiatan perkantoran.

Hal ini membuat kita harus beradaptasi dengan cepat, mengubah rutinitas yang sudah melekat dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa orang menganggap WFH lebih menguntungkan bagi mereka, namun tidak sedikit yang lebih memilih WFO untuk efektivitas kerja mereka. Jika anda ragu antara WFH atau WFO, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus diperhatikan di antara keduanya.

Kelebihan WFH Adalah Sebagai Berikut

1. Lebih Efisien

efisiensi

Work from home membuat banyak orang lebih bisa menghemat waktu. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu di perjalanan ketika berangkat kerja. Waktunya tidak akan habis untuk berjalan ke stasiun atau halte bus. Belum lagi, kendala di perjalanan yang tidak terprediksi seperti macet di jalan. Akan banyak waktu yang terbuang, dan terkadang macet membuat mood serta semangat menurun.

Di rumah, mungkin kita hanya turun dari tempat tidur, berjalan menuju meja makan, lalu pergi ke ruang kerja. Bahkan tidak mandi pun tidak apa, asal tidak ada meeting. Tentu saja kamu akan lebih produktif dengan waktu yang panjang tersebut, mood pun terjaga, sehingga efektivitas kerja meningkat.

2. Hemat di Ongkos

Kamu lebih bisa me-manage uang untuk ditabung. Ongkos yang biasa dipakai untuk beli tiket kereta atau ojek online bisa digunakan untuk keperluan lain ataupun ditabung. Di kantor pun, uang akan terkuras untuk beli makanan di kantin. Belum lagi godaan dari teman kerja yang mengajak hangout setelah pulang, sebagian orang tidak akan sadar berapa uang yang telah dikeluarkan.

3. Lebih Fleksibel

Fleksibel dalam bekerja membuat banyak orang menyukai pekerjaannya. Mengapa demikian? Anda bebas menentukan jam kerja, misalnya Anda tipe orang yang lebih efektif jika bekerja pada siang hari atau pada malam hari, maka Anda bisa tidur dari pagi hingga tengah hari. Pekerjaan bisa Anda lakukan kapanpun dan di manapun asal tepat pada waktunya.

Lalu, tidak akan ada yang memperhatikan atau mengontrol pekerjaan Anda secara langsung, sehingga Anda bisa terbebas dari tekanan. Jika di kantor, bisa saja Anda tidak fokus ketika atasan meminta hasil kerja tiap setengah jam sekali. Tentu saja itu membuat risih dan mungkin hasil kerjanya justru tidak akan maksimal dengan situasi yang tidak kondusif.

Namun, di saat bersamaan tanggung jawab Anda juga akan lebih besar karena harus bisa mengatur waktu dengan baik. Anda sendiri yang menentukan cara kerja, sehingga Anda harus tahu bagaimana cara kerja yang efektif ketika dilakukan di rumah. Sehingga perusahaan yang menerapkan PSBB disarankan menggunakan aplikasi absensi online seperti kerjoo agar pekerja tetap bisa terkontrol oleh perusahaan.

4. Kesehatan Mental

Kesehatan mental terjaga karena Anda minim paparan situasi atau pengaruh negatif. Misalnya seperti contoh di atas, Anda terbebas dari tekanan dan situasi yang membuat pikiran Anda negatif ketika tidak ada atasan yang mengontrol saat bekerja. Anda juga memiliki waktu yang banyak dengan keluarga, sehingga bila ada sesuatu yang membuat stres, Anda bisa meminta saran pada keluarga yang terdekat. Boleh saja jika sekadar menyalurkan hal yang sedang dirasakan agar suasana hati lebih tenang.

5. Waktu Luang untuk Pengembangan Skill

Anda bisa melakukan hobi ataupun kegiatan yang sudah lama ditinggalkan. Jika kegiatan tersebut banyak tertunda ketika kegiatan kantor masih berjalan, Anda bebas menentukan waktu melakukannya ketika WFH. Waktu untuk melakukan hal baru pun lebih banyak. Kecuali jika sedang ada pekerjaan tambahan, sehingga harus kerja lembur. Melakukan hal yang disukai bisa menjaga kesehatan mental serta fisik, sehingga produktivitas pun bisa meningkat.

Apa Saja Kekurangan WFH

1. Komunikasi

komunikasi

WFH atau WFO seringkali membutuhkan rapat untuk membahas sesuatu. Work from home membuat cara komunikasi pun berubah, yang tadinya meeting secara face to face sekarang diganti dengan zoom atau konferensi video. Hal ini rentan terjadi miskomunikasi, atau poin-poin yang tidak tersampaikan dengan benar. Sehingga banyak hasil pekerjaan yang tidak terselesaikan secara maksimal. Komunikasi daring pun terkadang terdistraksi, misalnya suatu pagi kamu melakukan video konferensi tapi Anda terinterupsi karena kejadian di rumah. Lantas konferensi video tidak kunjung selesai dan fokus terganggu.

2. Boros Biaya Internet dan Listrik

Biaya internet akan terkuras banyak, karena video konferensi yang berlangsung beberapa jam tiap harinya. Belum lagi, mencari referensi dari video atau catatan untuk pekerjaan. Anda pun juga harus merasa nyaman di ruang kerja, dengan begitu kamu terus menyalakan AC atau kipas angin, serta penerangan yang cukup setiap bekerja.

3. Personal dan Work Time Tercampur

Fleksibilitas terkadang membuat Anda sulit mengatur waktu pribadi dan waktu kerja. Karena sifat pekerjaan yang bisa dilakukan kapan saja di hari itu, banyak orang cenderung bermalas-malasan dan menyudutkan waktu kerja hingga mepet deadline.

Tanpa disadari waktu tidur terganggu karena bisa saja kamu mengerjakan pekerjaan hingga larut malam. Jika seperti itu, kesehatan juga akan terganggu. Anda harus sadar pentingnya membagi waktu, sehingga bukan hanya fleksibilitas yang Anda dapatkan, efektivitas seperti saat WFO pun bisa dilakukan.

4. Distraksi

Anda mudah terdistraksi ketika bekerja di rumah. Karena yang Anda lihat di rumah hanya kamar tidur, kulkas, TV, yang mudah membuat Anda teralihkan untuk rebahan sebentar, ngemil sebentar serta nonton sebentar. Yang justru bisa saja membuat kebablasan dan mepet lagi mengerjakan tugas yang hampir deadline. Jika Anda sudah punya keluarga, distraksi akan jauh lebih berat, karena harus mengurus anak, atau susah membagi quality time dengan keluarga.

Nah, itu beberapa poin dari keuntungan dan kekurangan work from home yang bisa didapat. Sekarang kita beralih ke WFO atau work from office. Antara WFH atau WFO, beberapa orang justru lebih memilih WFO untuk mereka bekerja. Kira-kira apa kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan WFO

1. Efektivitas dalam Bekerja

Seperti yang dipaparkan dalam kerugian WFH, bekerja di rumah membuat kita mudah terdistraksi dengan banyak hal. Pekerjaan yang bebas dilakukan kapan saja pun terkadang tidak efektif hasilnya. Sedangkan di kantor, Anda didorong untuk bekerja cepat. Anda tidak akan terdistraksi karena yang Anda lihat dikantor hanyalah pekerjaan.

Anda juga efektif untuk mambagi waktu, dari bangun pagi-pagi hingga pulang kerja, setiap kegiatan kerja terstruktur dengan baik, sehingga Anda punya waktu personal di rumah dengan bebas tanpa teringat dengan pekerjaan yang belum selesai. Otomatis jam tidur tidak akan terganggu, pola hidup akan jauh lebih sehat.

2. Minimalisir Stres

Beberapa orang justru lebih mudah stres ketika banyak berdiam diri di rumah tanpa bertemu orang lain, ini karena jenuh dan ada tipe orang yang memang mereka mendapat energi ketika bersosialisasi. Ketika WFO, Anda bisa bertemu dengan teman-teman, kerja berat pun bisa terasa mudah karena Anda bisa selingi waktu untuk bermain dan berbagi cerita. Sehingga, tidak ada pikiran negatif yang menumpuk. Ini juga berlaku antara WFH atau WFO.

3. Bisa Melihat Pekerjaan Secara Langsung

Miskomunikasi atau kesalahpahaman dalam bekerja bisa diminimalisir. Poin-poin penting dalam instruksi pekerjaan pun bisa Anda tangkap dengan jelas, sehingga berpengaruh pada hasil kerja yang maksimal. Bagi mereka yang punya pekerjaan fisik, justru lebih mudah saat WFO karena fasilitas lengkap yang disediakan di kantor.

4. Kebiasaan Baik yang Terjaga

Kebiasaan baik seperti bangun pagi-pagi, sarapan, berjalan tiap pagi akan membuat Anda tetap sehat. Anda juga terbiasa me-manage waktu untuk bekerja dan untuk pribadi. Tidak ada waktu berlebih untuk bekerja, bersantai atau tidur. Semua waktu terbagi dengan baik, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan sendiri.

Kekurangan WFO

1. Biaya

Berkebalikan dengan keuntungan WFH, biaya hidup dan transportasi akan lebih besar. Biaya bensin perbulan bisa mencapai satu juta lebih. Atau pulsa uang digital untuk busway harus diisi lebih banyak karena kamu tidak tau berapa kali pertemuan yang harus dilakukan. Pengeluaran untuk uang makan juga relatif lebih besar jika di kota-kota besar. Anda harus bisa me-manage uang, perhatikan pengeluaran harus lebih kecil daripada penghasilan. Meskipun kenyataannya, saat WFH atau WFO Anda tetap harus mengatur keuangan dengan baik.

2. Bekerja di Bawah Tekanan

bekerja di bawah tekanan

Di kantor akan ada atasan atau pimpinan yang memperhatikan langsung pekerjaan Anda, sehingga terkadang Anda malah tertekan dan tidak bisa fokus. Hasil kerja Anda dituntut untuk tepat waktu, tidak ada selingan waktu untuk kamu rehat sejenak kecuali hanya pada jam istirahat.

Kesimpulan

Antara WFH atau WFO memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagaimanapun sistem kerjanya, pekerja seharusnya mencerminkan sikap karyawan yang baik dengan menerapkan kebiasaan baik di berbagai kondisi pekerjaannya.

Terlepas mana yang lebih menguntungkan antara WFH atau WFO, kembali lagi pada masing-masing pribadi, karena menentukan nyamannya sebuah sistem kerja adalah diri sendiri. Aplikasi Kerjoo sebagai penyedia layanan absensi online memberikan kemudahan bagi karyawan perusahaan yang menjalankan sistem WFH. Jadi, meskipun tidak pergi ke kantor tetap terkelola dengan baik.

WFH atau WFO