Alternatif Mesin Absensi Fingerprint untuk Karyawan On Site

Ada bermacam-macam alternatif mesin absensi fingerprint yang bisa Anda terapkan

Alternatif Mesin Absensi Fingerprint

Daftar Isi

Alternatif mesin fingerprint memang banyak dicari oleh perusahaan agar sistem kehadiran lebih praktis. Pasalnya, mesin fingerprint membutuhkan banyak maintenance secara khusus.

Khususnya untuk mencari alternatif mesin absensi fingerprint karyawan on site melibatkan beberapa hal. Sebelumnya, pahami kebutuhan perusahaan atau organisasi Anda secara spesifik.

Pastikan untuk memperhatikan jumlah karyawan, kondisi kantor Anda, fitur yang diperlukan, dan juga integrasi dengan sistem manajemen yang sudah ada.

Apa Saja Alternatif Mesin Absensi Fingerprint?

Pada kondisi tertentu, perusahaan membutuhkan alternatif mesin absensi fingerprint. Terkadang, kondisi fisik tertentu membuat pemindaian fingerprint menjadi tidak akurat.

Mesin fingerprint dapat mengalami gangguan teknis yang dapat memengaruhi kinerja. Beberapa organisasi mungkin mencari alternatif yang lebih terjangkau sambil meningkatkan keamanan dan akurasi.

Alternatif Mesin Absensi Fingerprint

Berikut adalah macam-macam alternatif mesin absensi fingerprint yang bisa Anda terapkan.

- Mesin Absensi Biometrik

Mesin absensi biometrik adalah alternatif baru yang banyak dipilih untuk mesin absensi. Selain sidik jari (fingerprint), macam-macam sensor biometrik yang umum digunakan untuk absensi antara lain deteksi wajah (face recognition), retina dan iris mata, serta deteksi suara (voice recognition).

Cara penggunan mesin absensi biometrik juga relatif mudah. Pengguna hanya perlu menghadapkan wajah atau bersuara di dekat mesin absensi, khususnya bagian pendeteksi sensor.

Sensor biometrik wajah, retina mata, dan suara mudah digunakan, tanpa membutuhkan banyak waktu untuk merekam data karyawan. Tentunya data mesin presensi biometrik tidak dapat dipalsukan karena setiap orang memiliki identitas berbeda.

- Aplikasi Presensi Berbasis Web

Aplikasi presensi pegawai berbasis web berfungsi saat ada koneksi internet. Perusahaan bisa menerapkan untuk karyawan on site maupun yang bekerja jarak jauh.

Perusahaan bisa menggunakan platform web untuk mengelola, merekam, dan mengakses data kehadiran karyawan.

Admin dapat mengatur tingkat akses dan hak pengguna untuk masing-masing akun. Ini memastikan bahwa setiap karyawan memiliki akses sesuai dengan peran dan tanggung jawab mereka.

Setiap karyawan yang melakukan presensi harus berada di lokasi yang ditentukan pada GPS. Mereka bisa mengirimkan foto selfie atau mengirim dokumen tertentu dengan ketentuan yang telah ditentukan untuk mengurangi potensi kecurangan absensi.

- Absensi Online Karyawan Terpusat di Lokasi Kerja

Meskipun dinilai kurang praktis, tapi kenyataannya penggunaan mesin absensi fingerprint masih dibutuhkan. Misalnya di lokasi kantor yang karyawannya tidak selalu mengaktifkan handphone.

Tapi, di sisi lain admin atau HR perusahaan harus melakukan rekap data lebih banyak lagi. Maka dari itu, salah satu solusinya adalah absensi online karyawan terpusat di lokasi kerja.

Seperti yang ditawarkan oleh aplikasi absensi online Kerjoo, kini ada layanan fitur Pintu Kerjoo yang lebih fleksibel untuk memantau presensi karyawan.

Sekilas tentang Pintu Kerjoo

Pintu Kerjoo adalah alternatif mesin absensi fingerprint untuk mengelola presensi karyawan melalui satu pintu di lokasi kerja perusahaan masing-masing.

  • Sebagai solusi alternatif absensi fingerprint, Pintu Kerjoo bisa digunakan tanpa biaya tambahan dan tetap berfungsi meski tanpa koneksi internet.
  • Layanan ini tersedia di smartphone maupun tablet. Perusahaan bisa menyiapkan satu device saja untuk presensi masuk dan keluar.
  • Bahkan saat koneksi internet sedang bermasalah, karyawan bisa melakukan presensi offline. Lalu, saat kembali online langsung bisa sinkronisasi data kehadiran.

Pada akhirnya, Pintu Kerjoo meningkatkan fleksibilitas untuk memantau presensi karyawan. Bagi perusahaan yang sebelumnya terbiasa dengan mesin fingerprint pun tidak perlu kesulitan untuk transisi ke aplikasi absensi digital ini.

Anda juga dapat mempelajari cara penggunaan fitur Pintu Kerjoo agar Anda memiliki gambaran jelas tentang layanan yang Anda butuhkan.

Bagaimana Layanan Pintu Kerjoo dapat Membantu Perusahaan Anda?

Memahami urgensi penggunaan sistem absensi karyawan, maka Pintu Kerjoo hadir sebagai peningkatan layanan aplikasi absensi online.

Berikut adalah beberapa aspek keunggulan dari Pintu Kerjoo.

Sistemnya fleksibel dan terintegrasi ke fitur HRIS

  • Perusahaan Anda cukup siapkan satu perangkat handphone atau tablet untuk rekap data kehadiran karyawan
  • Tidak perlu biaya maintenance dan biaya pengadaan mesin presensi karyawan
  • Mendukung informasi yang akurat untuk mendukung keputusan strategis terkait SDM
  • Seluruh karyawan bisa melakukan presensi dari satu perangkat tanpa ganti akun antar pengguna

Tetap bisa presensi dengan mode offline

  • Walaupun kantor sedang tidak ada jaringan internet, karyawan tetap bisa presensi masuk dan keluar
  • Data kehadiran tetap terekam dan sinkron dengan sistem ketika sudah kembali terhubung dengan internet
  • Memudahkan karyawan on site dengan akses terpusat yang aman
  • Mengatasi masalah presensi karyawan di berbagai kondisi

Lebih detail dalam meminimalisir kecurangan presensi

  • Akan terdeteksi jika ada karyawan melakukan presensi dengan akun berbeda
  • Lebih aman dari risiko kecurangan atau manipulasi data kehadiran karyawan
  • Dapat memastikan lokasi presensi terpantau dengan lebih akurat
  • Admin bisa mendeteksi pola kecurangan atau ketidaksesuaian data karyawan

Kesimpulan

Alternatif absensi fingerprint yang telah kita sebut di atas adalah yang dapat meminimalisir kecurangan.

Dengan Pintu Kerjoo, Anda bisa lebih mudah mengelola karyawan on site, atau karyawan yang bekerja dengan sistem WFO (work from office).

Bahkan perusahaan yang memiliki pekerja lapangan atau proyek, dapat mengatasi berbagai kendala dengan sistematis. Jadi, alternatif mesin absensi fingerprint seperti apa yang Anda butuhkan?

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari