Aplikasi Slip Gaji, Fitur dan Keuntungannya

Aplikasi slip gaji adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam sistem penggajian karyawan dan dapat diakses dengan mudah.

aplikasi slip gaji

Daftar Isi

Aplikasi slip gaji adalah sesuatu yang familiar bagi sesuatu perusahaan. Memanfaatkan teknologi dalam proses pengelolaan karyawan adalah tujuan utamanya.

Sesuai namanya, penggunaan aplikasi ini untuk memfasilitasi penyediaan laporan gaji secara digital. Namun, sebelum kita membahas software ini lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami apa itu slip gaji.

Slip gaji adalah dokumen sah yang diberikan perusahaan sebagai bukti pembayaran gaji dan kompensasi karyawan. Dan telah ada hukum yang mengatur tentang kewajiban perusahaan tersebut, tepatnya pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015 pasal 17 ayat 2 tentang pengupahan.

Pada peraturan tersebut tertulis bahwa “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran Upah/Gaji yang menyertakan rincian Upah yang diterima oleh Pekerja pada saat Upah dibayarkan.”

Oleh karena itu, pemberian slip upah pada karyawan merupakan hal yang penting dalam dunia kerja.

Apa Itu Aplikasi Slip Gaji?

Pengertian aplikasi slip gaji adalah software yang dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam sistem penggajian karyawan.

Dengan aplikasi salary slip, perusahaan melalui tim Human Resources (HR) dapat meninjau gaji karyawan dengan lebih mudah. Sebab, aplikasi pelaporan gaji ini dapat diakses dengan mudah melalui perangkat atau gadget masing-masing karyawan.

Kita ketahui, di dalam gaji terdapat rincian kompensasi yang diterima karyawan. Yakni gaji pokok, bonus kinerja, potongan gaji, potongan pajak, tunjangan, dan jumlah gaji bersih. Berbeda dengan sistem penggajian secara manual yang menyajikan data-data tersebut dalam bentuk lampiran kertas.

Software slip gaji online ini menyediakan laporan dalam bentuk dokumen digital. Software penghitung gaji juga akan menghitung data-data kompensasi tersebut secara otomatis. Oleh karena itu, staf HR tidak perlu repot menghitungnya secara manual.

Aplikasi Slip Gaji

Fitur Aplikasi Slip Gaji

Fitur dan manfaat yang diberikan oleh aplikasi slip gaji tidak jauh dari dukungan fitur-fitur yang ada. Misalnya pada aplikasi KERJOO yang tak hanya memiliki fitur laporan gaji.

Dalam aplikasi KERJOO terdapat berbagai fitur lain yang  mendukung produktifitas perusaaan. Setidaknya ada tujuh fitur yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

1. Unduh File

Aplikasi gaji umumnya memberikan pilihan kepada karyawan untuk mengunduh slip gaji dalam berbagai format. Format yang dimaksud dan biasanya disediakan antara lain Excel, PDF, maupun dalam bentuk gambar (JPG).

Fitur ini dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna karena terkadang pengguna membutuhkan format dokumen yang berbeda-beda.

2. Keamanan

Fitur kata sandi ada untuk melindungi keamanan data pelaporan gaji karyawan. Fitur ini dikembangkan untuk menghindari terjadinya pelanggaran privasi serta penyalahgunaan data.

Aplikasi Payroll yang banyak berkembang saat ini pada umumnya telah memiliki fitur kata sandi ini. Biasanya sistem akan meminta pengguna untuk memasukkan kata sandi sebelum pengguna mengakses atau mengunduh ringkasan gaji.

3. Keterangan pajak

Fitur Aplikasi slip gaji yang memungkinkan perusahaan dan karyawan untuk melihat keterangan pemotongan pajak.

Pemotongan pajak juga dirinci secara detail dalam aplikasi. Dengan adanya fitur ini, karyawan dapat mengetahui berapa besar potongan pajak dari gaji mereka.

Tidak hanya itu, regulasi pajak sudah terintegrasi dengan sistem. Hal ini untuk memastikan agar potongan pajak dan jaminan sosial karyawan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

4. Potongan BPJS

Sama halnya dengan keterangan pajak, laporan terkait BPJS akan tampak transparan, hal ini berguna supaya karyawan dapat merasa terjamin dengan adanya dukungan BPJS dari perusahaan. Sehingga take home pay yang tampil lebih akurat dengan laporan-laporan yang lengkap.

5. Absensi

Teknologi absensi dalam aplikasi sudah menjadi kewajiban setiap perusahaan, dewasa ini pergeseran pola kerja sudah lumrah terjadi. Aplikasi gaji yang dapat menampilkan laporan absensi tentu menjadi aplikasi unggulan yang harus perusahaan miliki.

6. Pengajuan Jam Khusus

Pengajuan jam dalam hal ini dapat mempengaruhi penghasilan karyawan, yakni meliputi jam lembur maupun jam izin tidak masuk.

Hal ini mendukung transparansi dan keadilan dalam menggaji setiap karyawan.  Permintaan izin itu pun terkelola dengan baik dalam satu aplikasi dan langsung berkaitan dengan upah akhir yang diterima.

7. Statistik Performa

Statistik performa karyawan memang tidak langsung berkaitan dengan pelaporan gaji, namun berhubungan dengan gambaran umum performa karyawan saat bekerja selama periode tertentu.

Misalnya, jumlah izin yang terjadi dalam satu bulan melebihi izin yang diizinkan, atau total waktu keterlambatan melebihi batas toleransi.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Slip Gaji

Keberadaan aplikasi slip gaji telah memberikan dampak positif terutama bagi perusahaan dan karyawan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan software slip gaji untuk mengelola penggajian karyawan.

1. Keamanan Lebih Terjamin

Laporan gaji dalam bentuk cetak cenderung mudah rusak dan harus disimpan dengan rapat agar tidak disalahgunakan. Berbeda dengan slip gaji cetak, slip gaji digital dari software pelaporan gaji cenderung lebih aman.

Hal ini dikarenakan data yang ada di dalam aplikasi slip gaji berbasis web, tersimpan dalam server cloud.

Server ini hanya dapat diakses oleh pihak tertentu yang memiliki kewenangan untuk mengelola data-data yang dimasukkan. Pihak tersebut dapat mengunduh dan mengaksesnya sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Oleh karenanya, tidak semua orang dapat mengaksesnya begitu saja.

Aplikasi Slip Gaji

2. Meminimalisir Human Error

Melakukan input data dan menghitungnya secara manual berisiko pada terjadinya human error. Apabila terdapat kesalahan, kepercayaan karyawan terhadap perusahaan bisa berkurang.

Tidak hanya itu, proses-proses lainnya dapat terganggu, terutama proses yang berkaitan dengan keuangan. Sistem software slip gaji yang serba otomatis dapat meminimalisir human error.  Dengan demikian, data dalam slip gaji lebih valid.

3. Pendataan Gaji Lebih Mudah

Pendataan keuangan merupakan hal yang krusial dalam sebuah perusahaan. Proses ini wajib dilakukan agar pengelolaan karyawan berjalan dengan lebih baik. Salah satu pos keuangan yang penting adalah upah karyawan.

Dengan menggunakan program slip gaji berbasis web, pendataan dan pembayaran gaji karyawan akan lebih jelas dan mudah, apalagi jika perusahaan memiliki banyak karyawan.

4. Perhitungan Gaji Lebih Transparan

Software slip gaji yang menyediakan data dalam bentuk digital membantu perusahaan dalam memberikan transparansi upah pada karyawan. Transparansi yang dimaksud di sini adalah data yang tercantum pada slip gaji digital.

Apabila perhitungan upah lebih transparan, karyawan akan semakin percaya pada perusahaan. Rasa percaya ini secara tidak langsung akan meningkatkan performa kerja karyawan tersebut.

5. Data Lebih Akurat

Saat menggunakan aplikasi slip gaji, staf HR biasanya hanya akan memasukkan data-data yang mempengaruhi penghitungan upah karyawan.

Data-data tersebut dapat berupa data presensi, lembur, izin, dan sebagainya. Proses penghitungan upah kemudian akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi.

Sistem aplikasi yang serba otomatis akan membuat penghitungan menjadi lebih akurat jika dibandingkan dengan penghitungan secara manual, mengingat kesalahan penghitungan rawan terjadi pada sistem manual.

Data yang dimasukkan dalam aplikasi juga diperbarui secara real-timeagar staf HR dapat selalu memantaunya.

Aplikasi Slip Gaji

6. Lebih Praktis dan Cepat

Sebelum aplikasi pelaporan gaji dikembangkan, perusahaan umumnya memberikan slip gaji pada karyawan dalam bentuk cetak.

Perusahaan juga akan memberikan slip gaji tersebut secara langsung. Ternyata, jika ditelusuri, sistem ini memiliki kelemahan. Slip gaji dalam bentuk kertas riskan mengalami kerusakan jika terkena air.

Keterbatasan halaman dan detail juga menjadi kelemahan slip gaji dalam bentuk cetak. Padahal, salary slip merupakan dokumen yang penting. Kelemahan ini tidak ditemukan dalam slip gaji digital. User dapat mengunduh aplikasi ini dengan mudah di ponsel Android maupun iOS.

Perusahaan dapat memberikan slip gaji dengan mudah tanpa harus bertemu langsung dengan karyawan. Sebab, slip gaji digital dapat langsung diterima karyawan melalui aplikasi di gadget masing-masing. Proses pemberian slip gaji lebih praktis dan cepat dengan adanya aplikasi slip gaji.

7. Minim Biaya Operasional

Keberadaan aplikasi slip gaji dapat meminimalisir biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengadaan peralatan seperti kertas, tinta, pemeliharaan printer, dan sebagainya.

Dengan demikian, pembayaran gaji menggunakan aplikasi menjadi lebih ramah lingkungan. Perusahaan dan karyawan dapat mengaksesnya dengan mudah melalui perangkat atau gadget masing-masing.

Kesimpulan

Slip gaji adalah salah satu dokumen penting dalam dunia kerja. Pemberian slip gaji pada karyawan merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemenuhan hak karyawan.

Maka dari itu, distribusinya perlu didukung oleh sistem yang baik dan memadai. Kebutuhan akan sistem ini dipenuhi oleh aplikasi slip gaji. Peranannya sangat penting demi kelancaran proses penggajian karyawan.

Slip gaji ditentukan oleh berbagai komponen. Salah satunya adalah data absensi karyawan. Data absensi karyawan kini juga dapat dikelola melalui aplikasi absensi online.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang bermanfaat dalam proses pengelolaan absensi online, mulai dari face recognition hingga multi absensi.

Salah satu aplikasi absensi online yang dapat Anda coba adalah aplikasi absensi online Kerjoo. Tertarik? Daftar Kerjoo sekarang dan dapatkan gratis trial 14 hari!

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari