Praktis! Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Slip Gaji

Aplikasi slip gaji adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam sistem penggajian karyawan dan dapat diakses dengan mudah.

aplikasi slip gaji

Aplikasi slip gaji mungkin bukan lagi sesuatu yang asing bagi perusahaan yang memanfaatkan teknologi dalam proses pengelolaan karyawannya. Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk memfasilitasi penyediaan slip gaji secara digital. Namun, sebelum aplikasi ini dibahas lebih lanjut, ada baiknya Anda memahami apa itu slip gaji.

Slip gaji adalah dokumen sah yang diberikan perusahaan sebagai bukti pembayaran gaji dan kompensasi karyawan. Kewajiban perusahaan untuk memberikan slip gaji telah diatur hukum, tepatnya pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 78 Tahun 2015 pasal 17 ayat 2 tentang pengupahan. Pada peraturan tersebut tertulis bahwa “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran Upah yang memuat rincian Upah yang diterima oleh Pekerja/Buruh pada saat Upah dibayarkan.” Oleh karena itu, pemberian slip gaji pada karyawan merupakan hal yang penting dalam dunia kerja.

Aplikasi slip gaji

Aplikasi slip gaji adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam sistem penggajian karyawan. Dengan aplikasi gaji, perusahaan melalui tim Human Resources (HR) dapat meninjau gaji karyawan dengan lebih mudah. Sebab, aplikasi slip gaji dapat diakses dengan mudah melalui perangkat atau gadget masing-masing.

Di dalam slip gaji terdapat rincian kompensasi yang diterima karyawan, antara lain gaji pokok, bonus, potongan gaji, potongan pajak, tunjangan, dan jumlah gaji bersih. Berbeda dengan sistem penggajian manual yang menyajikan data-data tersebut dalam bentuk lampiran kertas, aplikasi slip gaji menyediakannya dalam bentuk dokumen digital. Aplikasi slip gaji juga akan menghitung data-data kompensasi tersebut secara otomatis. Oleh karena itu, staf HR tidak perlu repot menghitungnya secara manual.

akses aplikasi mudah melalui gadget

Fitur aplikasi slip gaji

Manfaat yang diberikan oleh aplikasi slip gaji tidak jauh dari dukungan fitur-fitur yang ada. Berbagai fitur yang mendukung sistem penggajian karyawan tersedia dalam aplikasi ini. Pada aplikasi slip gaji, setidaknya ada tujuh fitur yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Mengunduh slip gaji dalam berbagai format

Aplikasi gaji umumnya memberikan pilihan kepada karyawan untuk mengunduh slip gaji dalam berbagai format. Format yang dimaksud dan biasanya disediakan antara lain Excel, PDF, maupun dalam bentuk gambar (JPG). Fitur ini dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna karena terkadang pengguna membutuhkan format dokumen yang berbeda-beda.

Kata sandi

Fitur kata sandi ada untuk melindungi keamanan data slip gaji karyawan. Fitur ini dikembangkan untuk menghindari terjadinya pelanggaran privasi serta penyalahgunaan data. Aplikasi slip gaji yang banyak berkembang saat ini pada umumnya telah memiliki fitur kata sandi ini. Biasanya sistem akan meminta pengguna untuk memasukkan kata sandi sebelum pengguna mengakses atau mengunduh slip gaji.

Keterangan pajak

Aplikasi slip gaji memiliki fitur yang memungkinkan perusahaan dan karyawan untuk melihat keterangan pemotongan pajak. Pemotongan pajak juga dirinci secara detail dalam aplikasi. Dengan adanya fitur ini, karyawan dapat mengetahui berapa besar potongan pajak dari gaji mereka. Tidak hanya itu, regulasi pajak sudah terintegrasi dengan sistem. Hal ini untuk memastikan agar potongan pajak dan jaminan sosial karyawan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada.

Keuntungan menggunakan aplikasi slip gaji

Keberadaan aplikasi slip gaji telah memberikan dampak positif terutama bagi perusahaan dan karyawan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi slip gaji untuk mengelola penggajian karyawan.

Keamanan lebih terjamin

Slip gaji dalam bentuk cetak cenderung mudah rusak dan harus disimpan dengan rapat agar tidak disalahgunakan. Berbeda dengan slip gaji cetak, slip gaji digital dari aplikasi slip gaji cenderung lebih aman. Hal ini dikarenakan data yang ada di dalam aplikasi slip gaji tersimpan dalam server berbasis cloud. Server ini hanya dapat diakses oleh pihak tertentu yang memiliki kewenangan untuk mengelola data-data yang dimasukkan. Pihak tersebut dapat mengunduh dan mengaksesnya sewaktu-waktu saat dibutuhkan. Oleh karenanya, tidak semua orang dapat mengaksesnya begitu saja.

Keamanan data

Meminimalisir human error

Melakukan input data dan menghitungnya secara manual berisiko pada terjadinya human error. Apabila terdapat kesalahan, kepercayaan karyawan terhadap perusahaan bisa berkurang. Tidak hanya itu, proses-proses lainnya dapat terganggu, terutama proses yang berkaitan dengan keuangan. Sistem aplikasi slip gaji yang serba otomatis dapat meminimalisir human error.  Dengan demikian, data dalam slip gaji lebih valid.

Pendataan gaji lebih mudah

Pendataan keuangan merupakan hal yang krusial dalam sebuah perusahaan. Proses ini wajib dilakukan agar pengelolaan karyawan berjalan dengan lebih baik. Salah satu pos keuangan yang penting adalah gaji karyawan. Dengan menggunakan aplikasi slip gaji, pendataan dan pembayaran gaji karyawan akan lebih jelas dan mudah, apalagi jika perusahaan memiliki banyak karyawan.

Perhitungan gaji lebih transparan

Aplikasi slip gaji yang menyediakan data dalam bentuk digital membantu perusahaan dalam memberikan transparansi gaji pada karyawan. Transparansi yang dimaksud di sini adalah data yang tercantum pada slip gaji digital. Apabila perhitungan gaji lebih transparan, karyawan akan semakin percaya pada perusahaan. Rasa percaya ini secara tidak langsung akan meningkatkan performa kerja karyawan tersebut.

Data lebih akurat

Saat menggunakan aplikasi slip gaji, staf HR biasanya hanya akan memasukkan data-data yang mempengaruhi penghitungan gaji karyawan. Data-data tersebut dapat berupa data presensi, lembur, izin, dan sebagainya. Proses penghitungan gaji kemudian akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasi. Sistem aplikasi yang serba otomatis akan membuat penghitungan menjadi lebih akurat jika dibandingkan dengan penghitungan secara manual, mengingat kesalahan penghitungan rawan terjadi pada sistem manual. Data yang dimasukkan dalam aplikasi juga diperbarui secara real-timeagar staf HR dapat selalu memantaunya.

kesalahan penghitungan

Lebih praktis dan cepat

Sebelum aplikasi slip gaji dikembangkan, perusahaan umumnya memberikan slip gaji pada karyawan dalam bentuk cetak. Perusahaan juga akan memberikan slip gaji tersebut secara langsung. Ternyata, jika ditelusuri, sistem ini memiliki kelemahan. Slip gaji dalam bentuk kertas riskan mengalami kerusakan jika terkena air. Keterbatasan halaman dan detail juga menjadi kelemahan slip gaji dalam bentuk cetak. Padahal, slip gaji merupakan dokumen yang penting. Kelemahan ini tidak ditemukan dalam slip gaji digital. Slip gaji digital dapat langsung diterima karyawan melalui aplikasi di gadget masing-masing. Perusahaan juga dapat memberikan slip gaji dengan mudah tanpa harus bertemu langsung dengan karyawan. Proses pemberian slip gaji lebih praktis dan cepat dengan adanya aplikasi slip gaji.

Minim biaya operasional

Keberadaan aplikasi slip gaji dapat meminimalisir biaya operasional yang dikeluarkan perusahaan. Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pengadaan peralatan seperti kertas, tinta, pemeliharaan printer, dan sebagainya. Dengan demikian, pembayaran gaji menggunakan aplikasi menjadi lebih ramah lingkungan. Perusahaan dan karyawan dapat mengaksesnya dengan mudah melalui perangkat atau gadget masing-masing.

Kesimpulan

Slip gaji adalah salah satu dokumen penting dalam dunia kerja. Pemberian slip gaji pada karyawan merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap pemenuhan hak karyawan. Maka dari itu, distribusinya perlu didukung oleh sistem yang baik dan memadai. Kebutuhan akan sistem ini dipenuhi oleh aplikasi slip gaji. Peranannya sangat penting demi kelancaran proses penggajian karyawan.

Slip gaji ditentukan oleh berbagai komponen. Salah satunya adalah data absensi karyawan. Data absensi karyawan kini juga dapat dikelola melalui aplikasi absensi online. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang bermanfaat dalam proses pengelolaan absensi online, mulai dari face recognition hingga multi absensi. Salah satu aplikasi absensi online yang dapat Anda coba adalah aplikasi absensi online Kerjoo. Tertarik? Daftar Kerjoo sekarang dan dapatkan gratis trial 14 hari!

coba gratis kerjoo