Apa itu Supervisor? Kenali Pengertian, Tugas, dan Tanggung Jawabnya!

Supervisor adalah individu dalam perusahaan yang bertugas melakukan pengawasan dan memberi arahan teknis kepada karyawan yang menjadi bawahannya.

apa itu supervisor

Sebagai seorang karyawan atau staf Human Resource (HR), Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah supervisor. Supervisor adalah individu yang membawahi suatu kelompok karyawan di perusahaan. Kelompok karyawan tersebut dapat mengacu pada tim dengan job description yang saling berkesinambungan maupun karyawan-karyawan yang bekerja di satu shift yang sama.

Supervisor termasuk dalam jabatan yang penting dalam suatu perusahaan. Perannya sangat penting dalam memimpin dan mengelola para karyawan, terutama mereka yang menjadi bawahannya. Pengertian, tugas, tanggung jawab, wewenang, hingga kemampuan yang harus dimiliki supervisor akan dibahas secara lebih rinci di bawah ini.

Apa itu supervisor?

Supervisor adalah individu dalam perusahaan yang bertugas melakukan pengawasan dan memberi arahan teknis kepada karyawan yang menjadi bawahannya. Secara istilah, supervisor berasal dari kata supervise dalam Bahasa Inggris yang memiliki arti mengawasi. Maka dari itu, tugas utama seorang supervisor tidak jauh dari tugas pengawasan.

Seorang supervisor memiliki wewenang untuk memberi perintah atau instruksi kepada staf bawahannya. Meski demikian, supervisor tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan arahan dari manajemen. Secara struktural, posisi supervisor berada di antara manajer dan karyawan pelaksana.

Tugas dan tanggung jawab supervisor

Setiap individu yang menempati jabatan dalam perusahaan memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk memajukan perusahaan, tidak terkecuali supervisor. Sesuai dengan namanya, tugas utama seorang supervisor adalah pengawasan. Namun, tugas supervisor bukan hanya mengawasi saja. Masih ada tugas dan tanggung jawab lainnya yang harus ia laksanakan. Kerjoo akan mengulasnya pada bagian ini.

Mengawasi kinerja karyawan

Dilansir dari The Balance Careers, seorang supervisor bertanggung jawab melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan yang menjadi bawahannya. Supervisor perlu memastikan agar karyawan bawahannya melaksanakan pekerjaan sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Selain itu, ia juga harus memastikan agar karyawan mematuhi peraturan perusahaan. Apabila pengawasan dilaksanakan dengan baik, iklim kerja yang kondusif dapat tercipta. Dengan demikian, target perusahaan semakin mudah tercapai pula.

Melakukan evaluasi kinerja

Evaluasi secara berkala perlu dilakukan untuk menilai kinerja karyawan berdasarkan job description yang diberikan dalam satu periode tertentu. Supervisor memiliki tanggung jawab untuk melakukan evaluasi kinerja ini. Dalam evaluasi, supervisor akan memberikan masukan atau saran positif serta hal-hal yang perlu diperbaiki dari karyawan. Dengan demikian, karyawan dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing.

Menjelaskan job description karyawan

Setiap pekerjaan pasti memiliki job description atau rincian tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan posisinya. Job description wajib dipahami dan dipatuhi oleh setiap karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Seorang karyawan baru mungkin belum sepenuhnya memahami job descriptionnya. Supervisor lah yang bertugas menjelaskan detail job description kepada karyawan baru tersebut sesuai dengan posisinya. Dengan demikian, karyawan baru tersebut dapat melakukan pekerjaannya dengan lancar.

Melapor ke manajemen dan HR

Pada umumnya, seorang supervisor bertanggung jawab langsung kepada manajemen. Oleh karena itu, ia wajib melaporkan kinerja tim ke manajemen. Laporan yang diberikan biasanya berupa hasil evaluasi berkala. Selain kepada manajemen, supervisor juga perlu melapor kepada HR terkait kedisiplinan karyawan. Laporan tersebut akan menjadi bahan perencanaan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dengan kata lain, supervisor menjadi jembatan antara pihak manajemen dengan karyawan.

membuat laporan ke supervisor

Wewenang supervisor

Tugas dan tanggung jawab seorang supervisor cukup besar. Namun, seorang supervisor juga memiliki beberapa wewenang sebagai hasil dari tanggung jawab yang ia emban. Beberapa wewenang tersebut antara lain:

· Memberi penilaian atas kinerja karyawan yang menjadi bawahannya

· Menegur karyawan yang melakukan kesalahan atau melanggar Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan

· Memberi masukan atau menegur karyawan yang kinerjanya dirasa kurang

· Memberikan usulan promosi jabatan karyawan bawahannya

· Memberi hukuman pada karyawan bawahannya yang melakukan kesalahan fatal dan merugikan perusahaan

menilai kinerja karyawan

Kemampuan yang harus dimiliki supervisor

Setelah memahami tugas, tanggung jawab, dan wewenang supervisor, ada beberapa kemampuan penting untuk mendukung kinerja sebagai supervisor yang baik. Kemampuan ini perlu dikembangkan agar tugas dan tanggung jawab yang diberikan dapat terlaksana dengan lancar. Apa saja kemampuan tersebut?

Komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kemampuan yang harus dimiliki supervisor. Supervisor mengahadapi banyak orang setiap harinya. Tanpa kemampuan komunikasi yang baik, kerja tim tidak dapat berjalan dengan lancar. Supervisor juga harus bisa menjaga hubungan yang baik dengan karyawan bawahannya, misalnya dengan membangun motivasi mereka atau mendengar kebutuhan mereka. Dengan demikian, rasa percaya karyawan terhadap supervisor akan semakin bertumbuh.

Kemampuan kepemimpinan (leadership)

Kemampuan kedua yang harus dimiliki oleh seorang supervisor adalah kepemimpinan atau leadership. Supervisor harus bisa memimpin timnya agar rencana atau tujuan pekerjaan dapat tercapai dengan baik. Jadi, kepemimpinan yang dimaksud bukanlah sekadar memberi perintah. Selain itu, supervisor juga harus bisa membuat keputusan yang terbaik dari berbagai pertimbangan yang ada. Keputusan yang diambil juga sebisa mungkin menguntungkan semua pihak.

Kemampuan memecahkan masalah (problem solving)

Kemampuan berikutnya adalah pemecahan masalah atau problem solving. Permasalahan atau konflik sangat mungkin terjadi dalam dunia kerja. Seorang supervisor harus mampu menganalisis permasalahan yang muncul dan bertindak cepat dalam mencari solusinya. Ia harus cepat tanggap agar permasalahan yang ada tidak semakin membesar dan nantinya merugikan tim yang ia pimpin.

solusi dari supervisor

Adaptasi

Perubahan situasi dalam lingkungan kerja cukup mungkin terjadi. Apabila perubahan tersebut terjadi secara mendadak, tentu kondisinya tidak akan mudah bagi individu yang terlibat. Seorang supervisor harus mampu bertindak sigap dalam menghadapi tantangan perubahan tersebut. Bagaimanapun juga, ia harus tetap memimpin timnya dengan baik. Oleh karena itu, kemampuan adaptasi diperlukan dalam situasi seperti ini. Apabila berhasil menyesuaikan diri, tantangan apapun pasti bisa dihadapi.

Manajemen waktu

Terkadang, seorang supervisor perlu menangani banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan. Oleh karena itu, ia harus mampu membagi waktu dengan efektif dan efisien. Kemampuan manajemen waktu yang baik diperlukan agar seluruh pekerjaan dapat terlaksana dengan maksimal. Selain itu, seorang supervisor juga harus mampu menyusun prioritas pekerjaan dengan baik. Ia harus dapat menentukan tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dengan mempertimbangkan tingkat urgensinya.

Kesimpulan

Supervisor termasuk dalam jabatan yang krusial dalam perusahaan. Tanpa supervisor, tugas pengawasan karyawan tidak dapat dilaksanakan dengan mendetail. Oleh karena itu, peran seorang supervisor sangatlah signifikan.

Seperti yang telah disebutkan di atas, tugas utama supervisor adalah melakukan pengawasan dan mengelola karyawan yang menjadi bawahannya. Kini pengelolaan karyawan telah dimudahkan oleh kehadiran sistem absensi online dalam bentuk aplikasi. Aplikasi absensi online memungkinkan pengelola untuk melihat dan merekap data absensi karyawan secara lebih eifisien. Fitur-fitur yang disediakan pun beragam, mulai dari face recognition hingga lokasi. Satu hal yang pasti, seluruh fitur tersebut dikembangkan untuk mendukung tugas pengelolaan karyawan. Apakah Anda tertarik? Daftar aplikasi absensi Kerjoo sekarang dan dapatkan gratis trial 14 hari!

coba gratis sekarang