7 Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi HR Profesional

Ada sejumlah skill atau kemampuan yang harus dikuasai untuk menjadi HR profesional. Apa saja 7 skill tersebut?

Skill yang Wajib Dikuasai Untuk Jadi HR Profesional

Daftar Isi

Memiliki karir sebagai seorang Human Resources atau HRD Profesional bukanlah hal yang mudah. Ada banyak orang yang bisa menjadi seorang HR, namun tidak semuanya bisa menjadi seorang HR yang profesional.

Departemen HR memiliki peran penting dalam perusahaan sebagai pihak yang menjadi perantara antara karyawan dan para manajer, bahkan dengan stake holders.

Namun, hingga saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa seorang HR hanya bertanggung jawab atas rekrutmen karyawan baru, gaji bulanan karyawan, asuransi, pajak, serta hal lain yang berhubungan dengan fasilitas karyawan.

Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, namun peran dan tanggung jawab HR profesional lebih luas daripada yang disebutkan.

Peran HR Profesional dalam Perusahaan

HR Profesional

Di dalam perusahaan, ada departemen khusus yang bertanggung jawab di bidang sumber daya manusia, yaitu departemen HR.

Perusahaan akan memperkerjakan karyawan yang ahli dan berkompeten untuk mengisi posisi HR sesuai spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Seorang HR profesional memiliki tugas utama untuk mengawasi hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan karyawan. Berikut cakupan peran dan tugas seorang HR Profesional yang perlu dipahami :

Melakukan Proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan

Rekrutmen karyawan merupakan sebuah proses untuk mengidentifikasi dan mencari tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Sedangkan seleksi karyawan merupakan sebuah proses memilik kandidat karyawan yang tepat untuk mengisi jabatan yang kosong sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mengadakan Pelatihan dan Pengembangan SDM Perusahaan

Selain bertanggung jawab pada proses rekrutmen dan seleksi karyawan, HR juga bertanggung jawab untuk melakukan pelatihan dan pengembangan SDM.

Pelatihan dan pengembangan ini merupakan sejumlah aktivitas yang dilaksanakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan karyawan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan optimal.

Mengatur Gaji dan Upah Bulanan Karyawan

Seorang HR memiliki tanggung jawab untuk menyusun dan mengatur gaji yang adil bagi karyawan sesuai dengan beban kerjanya, dan tidak memberatkan perusahaan.

Dalam menentukan gaji, ada sejumlah ketentuan yang harus dipertimbangkan seperti peraturan pemerintah, jenis pekerjaan, dan kompetensi karyawan.

Menjalin Hubungan dengan Industri

HR Profesional

Peran HR selanjutnya adalah menjalin hubungan antara perusahaan dengan karyawannya. Apabila terjadi konflik, maka pihak HR harus bersedia menjadi penengah dan berani mengambil sikap untuk menyelesaikan konflik tersebut.

Mengurus Asuransi dan Keselamatan Karyawan

Kebanyakan perusahaan akan memberikan fasilitas pengobatan kepada karyawannya seperti pemberian asurasi, reimbursement, atau yang lainnya.

Menilai Performa Kerja Karyawan

HR berperan dan bertanggung jawab untuk menilai performa kerja karyawan. Penilaian ini dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti absensi karyawan, KPI, beban kerja, dan lain sebagainya.

HR dapat memanfaatkan teknologi absensi online untuk memudahkan penilaian performa karyawan. Evaluasi penilaian performa yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan perusahaan.

Skill yang Wajib Dikuasai Oleh HR Profesional

HR Profesional

Untuk menjadi seorang HR profesional memang tidaklah mudah. Ada beberapa kriteria dan skill yang harus dikuasi.

Berikut rangkuman skill yang harus dikuasai untuk menjadi HR Profesional :

Memiliki Kemampuan Komunikasi dan Interpersonal yang Baik

Seorang HR profesional harus memiliki kemampuan komunikasi publik maupun komunikasi interpersonal antar karyawan yang baik karena akan bekerja dengan banyak karyawan.

Kemampuan komunikasi publik ini akan digunakan mulai dari proses rekrutmen calon karyawan, interview, hingga mengatasi keluhan karyawan.  

Sedangkan komunikasi interpersonal digunakan hampir setiap hari saat bekerja bersama karyawan maupun pihak manajemen.

Memahami Proses Rekrutmen dan Jobdesk Karyawan

Skill selanjutnya yang harus dikuasai adalah mampu memahami proses rekrutmen dan jobdesk karyawan. Seorang HR harus paham tentang proses rekrutmen agar mendapatkan karyawan yang potensial sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, HR perlu memahami jobdesk masing-masing karyawan, kualifikasi yang diperlukan, serta KPI yang digunakan. Hal ini penting untuk mengevaluasi performa kerja karyawan terhadap perusahaan.

Memiliki Kemampuan Berorganisasi dan Berorientasi yang Baik

Seorang HR harus memiliki kemampuan berorganisasi dan berorientasi yang baik karena HR profesional bertanggung jawab terhadap banyak hal.

HR bertanggung jawab mengatur manajemen waktu perusahaan, menyimpan data karyawan, dan lainnya. Seorang HR juga perlu memiliki kemampuan menyusun strategi yang baik.

Apabila tidak memiliki strategi manajemen yang baik, maka seluruh pekerjaan HR menjadi berantakan dan tidak terorganisir.

Memiliki Kemampuan Multitasking

Skill selanjutnya yang harus dimiliki untuk menjadi seorang HR profesional adalah memiliki kemampuan multitasking atau dapat melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu.

Skill ini diperlukan karena HR memiliki banyak pekerjaan yang berhubungan dengan berbagai divisi perusahaan. Dalam mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus, seorang HR juga harus bisa tetap fokus dan teliti pada masing-masing pekerjaan tersebut.

Dapat Memberikan Pelatihan dan Pengembangan Kepada Karyawan

Pelatihan dan pengembangan karyawan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi karyawan agar dapat bekerja secara optimal.

Menjadi tugas HR untuk memfasilitasi pelatihan dan pengembangan pada karyawan agar karyawan dapat bekerja secara optimal dan mencapai tujuan perusahaan.

Pelatihan dan pengembangan juga bertujuan untuk melatih kemampuan tim serta menanamkan nilai-nilai perusahaan pada karyawan.

Memahami Kepentingan Karyawan dan Manajemen Perusahaan

Seorang HR menjadi penghubung dua kepentingan antara kepentingan karyawan dan manajemen perusahaan. Sehingga, ada saatnya HR melindungi kepentingan karyawan, ada saatnya pula bagi HR untuk melindungi kepentingan manajemen perusahaan.

Seorang HR harus mampu menyeimbangkan kepentingan karyawan dan manajemen perusahaan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Anda wajib mengayomi karyawan yang meminta pembelaan atas kesalahan mereka, namun Anda tetap harus berpegang teguh pada SOP dan nilai-nilai perusahaan.

Melakukan Penilaian Performa Karyawan dengan Baik

Setelah memahami dan melalui proses rekrutmen yang panjang hingga mendapat karyawan yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan, maka selanjutnya HR perlu untuk menilai performa karyawan.

Penilaian performa karyawan dilakukan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor seperti beban kerja, absensi karyawan, hingga KPI.

Dengan penilaian performa yang dilakukan secara rutin, akan meningkatkan produktivitas karyawan dan memudahkan HR untuk melihat karyawan yang berprestasi.

Performa karyawan dinilai berdasarkan ketentuan standar yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Untuk memudahkan proses penilaian karyawan, HR dapat memanfaatkan teknologi dari Kerjoo.

Kesimpulan

Human Resource atau HR bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia di suatu perusahaan.

Selain bertanggung jawab untuk mengelola perusahaan, HR juga bertanggung jawab pada proses rekrutmen dan interview karyawan, mengatur gaji dan upah karyawan, memfasilitasi pelatihan dan pengembangan karyawan, hingga melakukan evaluasi performa karyawan.

Ada sejumlah skill yang harus dikuasai untuk menjadi HR profesional. Skill tersebut yaitu memiliki kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik, memahami proses rekrutmen dan jobdesk karyawan, memiliki kemampuan berorganisasi dan berorientasi yang baik, multitasking, memfasilitasi pelatihan dan pengembangan, memahami kepentingan karyawan dan manajemen, dan melakukan evaluasi performa karyawan.

Selain kemampuan tersebut, HR juga perlu memahami teknologi baru untuk mendukung performa karyawan, misalnya aplikasi absensi online.

Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola data karyawan, mengatur jam kerja, mengatur jadwal cuti, serta mengatur kedisiplinan karyawan. Dengan menggunakan teknologi dari Kerjoo ini, akan memudahkan pekerjaan HR dalam menilai performa karyawan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari