Cara Menulis Motivation Letter yang Menarik, Ini Contohnya!

Menulis motivation letter Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris ada aturannya, sehingga bisa meningkatkan peluang untuk diterima kerja magang, seleksi beasiswa, atau volunteer

Cara Menulis Motivation Letter yang Menarik, Ini Contohnya!

Pernahkah Anda menulis motivation letter untuk keperluan pendaftaran beasiswa atau kerja magang? Jika sudah pernah, apakah surat motivasi yang Anda buat masih terkesan datar? Padahal ini seharusnya bisa menjadi daya tarik tersendiri, sehingga seorang kandidat dinilai layan untuk sebuah program.

Memang banyak orang merasa sulit menulis CV, tapi menulis motivation letter bisa lebih sulit lagi. Jumlahnya rata-rata hanya 1 halaman, tapi harus orisinil dan jujur. Syarat motivation letter yang baik tidak hanya terlihat rapi, tapi juga membuat orang lain terkesan.

Kali ini kami akan memberikan referensi cara menulis motivation letter yang sama pentingnya seperti cara menulis CV dan resume dalam lamaran kerja. Tapi, sebelumnya pahami dulu definisinya.

Apa Itu Motivation Letter?

Motivation letter adalah dokumen pribadi yang menjelaskan secara rinci keterampilan profesional Anda. Di dalamnya memuat alasan mendaftar beasiswa atau melamar pekerjaan sukarela. Surat ini dibuat untuk melengkapi dokumen pendukung, seperti transkrip nilai Anda atau resume. Sebagian institusi menyebut motivation letter dengan statement of purpose atau motivational letter.

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya tentang perbedaan motivation letter dan cover letter. Pada umumnya, motivation letter tidak biasa digunakan untuk lamaran pekerjaan berbayar. Untuk lamaran pekerjaan seperti yang dilakukan karyawan perusahaan biasanya disertai dengan cover letter.

Seperti yang mungkin Anda sudah ketahui, cover letter adalah pengantar resume Anda dan memberikan contoh untuk membuktikan pengalaman kerja Anda cocok dengan lowongan yang Anda lamar. Sementara itu, motivation letter lebih berfokus pada pengalaman dan cerita personal yang merinci minat, kepribadian, dan harapan untuk mendaftar suatu program.

motivation letter

Bagaimana Cara Menulis Motivation Letter yang Bagus?

Menulis motivation letter yang bagus dan menarik memang membutuhkan waktu, jadi pastikan Anda bekerja secara teliti untuk menghasilkan satu halaman yang terbaik. Ada baiknya untuk meluangkan banyak waktu. Setelah itu pastikan untuk mencantumkan semua konten yang diperlukan seperti berikut secara berurutan.

  • Menulis outline
  • Buat pengantar
  • Uraikan isi motivation letter sesuai outline
  • Beri kesimpulan
  • Lakukan proofreading

Untuk lebih jelasnya, kita akan uraikan satu per satu.

1. Menulis Outline

Pertama-tama, tuliskan garis besar atau poin utama yang memuat isi motivation letter yang akan ditulis. Tulis poin-poin yang mencakup hal berikut:

  • Mengapa Anda ingin mendaftar, lanjut studi, menjadi sukarelawan, atau magang di program ini?
  • Apa keterampilan atau kualitas Anda yang akan bermanfaat bagi institusi atau lembaga?
  • Mengapa Anda tertarik dengan program dari institusi atau lembaga ini?
  • Hal personal apa yang akan mendukung, sehingga Anda akan mudah lolos seleksi.

Selain itu, pikirkan secara kritis apabila masih ada detail lain yang relevan. Revisi outline tersebut sampai Anda yakin dengannya.

2. Buat Pengantar

Tulis kalimat pengantar yang memperkenalkan diri Anda kepada pihak yang akan menyeleksi. Jika memungkinkan, untuk menulis motivation letter dengan sentuhan personal, tuliskan alamat dan nama orang yang menjadi penerima. Pendahuluan atau pengantar ini harus menarik perhatian dan mendorong orang untuk membaca, jadi mulai sebutkan tentang pencapaian Anda di bagian ini.

3. Uraikan Isi Motivation Letter Sesuai Outline

Perluas poin-poin dalam garis besar Anda untuk membentuk badan motivation letter Anda. Ambil paragraf baru untuk setiap topik baru. Ingat, motivation letter Anda bertujuan untuk meyakinkan penerima tentang nilai Anda, jadi gunakan fakta yang meyakinkan.

4. Beri Kesimpulan

Tulis kesimpulan pada motivation letter Anda yang merangkum tujuan Anda, agar bisa meninggalkan kesan akhir yang positif. Anda juga disarankan berterima kasih kepada rekruiter karena mempertimbangkan aplikasi Anda dan mempersilakan mereka untuk menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan.

5. Lakukan Proofreading

Terakhir, koreksi motivation letter agar lebih ringkas dan profesional. Perbaiki kesalahan ejaan dan tata bahasa dan frasa yang masih kurang sesuai. Selanjutnya, edit informasi yang sudah tercantum dalam formulir pendaftaran atau resume Anda untuk memastikan motivation letter hanya berisi informasi unik.

Anda mungkin perlu mengoreksi tulisan Anda beberapa kali untuk memastikan dengan teliti semua kesalahan. Jika waktu memungkinkan, selesaikan langkah ini dua hari atau lebih setelah menulisnya dan tidak disarankan untuk mengerjakan di hari ketika sudah deadline. Untuk membantu memastikan surat Anda memiliki tata bahasa dan ejaan yang profesional, mintalah teman atau anggota keluarga tepercaya untuk mengoreksi.

Contoh Motivation Letter untuk Magang

Yth,

Bapak/Ibu Panitia Seleksi Magang (Nama Perusahaan)

Saya (Nama Kandidat) adalah mahasiswi dari (Fakultas, Universitas, Semester). Motivation letter ini saya buat untuk menyatakan ketertarikan saya untuk bergabung ke program magang di (Nama Perusahaan). Ketertarikan saya ini juga didasari oleh latar belakang pendidikan formal saya di bidang manajemen bisnis.

Tujuan saya untuk mendaftar program magang di perusahaan ini adalah untuk memenuhi kewajiban kampus dan menambah pengalaman kerja. Selama menempuh Pendidikan di universitas, saya sudah mendapat bekal teori dan praktik dari para dosen. Selain itu, demi mematangkan ilmu pengetahuan dan keterampilan dari bangku perkuliahan, sangat dibutuhkan praktik lapangan di perusahaan. Oleh karena itu, saya ingin mengajukan diri untuk magang di (Nama Perusahaan).

Sebelum saya membuat keputusan untuk mendaftar magang di perusahaan ini, saya pernah menyelesaikan sejumlah project dengan dosen. Saya berkomitmen untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saya peroleh di kampus untuk dunia kerja profesional dan pengabdian ke masyarakat. Ketekunan, pantang menyerah, dan kejujuran adalah kekuatan personal saya. Mudah-mudahan kelebihan tersebut bisa menunjang dalam proses penyelesaian pekerjaan magang.

Bukan hanya ikut berkontribusi pada kegiatan di internal kampus, tapi saya juga pernah mengikuti kegiatan tingkat nasional, dan beberapa konferensi internasional untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, khususnya pada bidang yang relevan dengan bidang ilmu.

Saya juga terbuka untuk kesempatan baru yang berdampak positif untuk kehidupan manusia. Oleh karena itu, saya akan meningkatkan ilmu pengetahuan dan keahlian dari berbagai sumber terpercaya.

Hormat saya,

(Nama Anda)

Contoh Motivation Letter Bahasa Inggris

Dear Mr./Mrs. (…………..),

I am interested in an opportunity to volunteer with (…………). Based on my previous experiences working with non-governmental organization, I would like to continue to do so in a volunteer job.

I volunteered as an assistant at the (……....) and enjoyed to help people to grow. In this position, I assisted with social projects, provide literacy tutoring, and accompany them in outbound activities. I’m an outgoing and passionated person who enjoys spending time with people and do something to make them smile.

I was raised by my parents in the strong spirit that it’s more important to give than to receive, and it doesn’t mean if we have everything or not. As long as I'm in college since the first semester, I’ve volunteered during the mid-year holidays.

Once upon a time, I realize how difficult it is to access work for some people. I then realized that there is something I can do for other people to help them to be more productive and live a normal life according to their skills.

I’d like to talk over the phone with you over the next two week about this position and what I could bring to the team of this company.

Sincerely,

(.......)

Beberapa contoh cara menulis motivation letter menggunakan alamat pada awal baris sebelum alamat. Yang terpenting, semua isinya masuk ke dalam penulisan dengan bahasa lugas, santun, dan mudah dimengerti.

Kesimpulan

Itulah cara menulis motivation letter dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Pastikan bahwa isinya sejalan dengan CV dan resume yang sesuai dengan keadaan diri sendiri yang disesuaikan dengan posisi tersebut. Yang terpenting, usahakan untuk jujur saat menulis motivation letter, seperti halnya ketika Anda menulis lamaran kerja, CV, dan resume.

Begitu juga jika dilihat dari sudut pandang sebagai tim HR, kandidat yang terpilih bisa diseleksi berdasarkan kualitas motivation letter serta kelengkapan dokumen lainnya. Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi yang optimal untuk memilih kandidat terbaik, bagitu juga nantinya ketika harus mengoptimalkan kinerja karyawan. Gunakan software yang akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah, misalnya seperti aplikasi KERJOO. Coba daftar gratis sekarang!

Menulis Motivation Letter