Beberapa Alasan Pentingnya Aplikasi Absensi Karyawan Bagi Perusahaan

Beberapa Alasan Pentingnya Aplikasi Absensi Karyawan Bagi Perusahaan

Daftar Isi

Apa saja pentingnya aplikasi absensi karyawan bagi perusahaan? Kehadiran karyawan merupakan fondasi penting dari sebuah perusahaan. Tanpa itu, loyalitas dan kinerja mereka terhadap perusahaan akan sulit diukur.

Kinerja tidak hanya diukur dari seberapa rajin karyawan Anda. Kepatuhan terhadap peraturan perusahaan dan budaya kantor juga merupakan aspek penting dari kinerja karyawan. Sayangnya, hal ini masih sulit diukur jika masih mencatat absensi karyawan secara manual.

Melacak kehadiran karyawan adalah sesuatu wajib dilakukan oleh perusahaan. Yang terpenting dalam pelacakan waktu dan kehadiran adalah memastikan pengumpulan informasi yang akurat dan andal untuk keputusan bisnis.

Demikian pula, informasi yang sama membantu memperkuat tenaga kerja, yang merupakan aset utama bagi setiap organisasi.

Pelacakan kehadiran karyawan menawarkan manfaat bagi pemberi kerja dan karyawan jika ditangani dengan benar. Inilah mengapa penting bagi perusahaan Anda untuk menggunakan aplikasi absensi yang dapat mengelola kehadiran karyawan.

Berikut beberapa alasan lain untuk mulai menggunakan absensi karyawan online.

Apa itu manajemen kehadiran?

Manajemen kehadiran adalah proses mencegah pencurian waktu karyawan dengan melacak jam kerja karyawan, waktu masuk, istirahat, lembur, dan waktu pulang.

Semua itu bisa dilakukan dalam satu aplikasi absensi online. Organisasi menggunakan sejumlah metode, dari kartu punching dan spreadsheet hingga sistem manajemen kehadiran otomatis dan perangkat biometrik untuk mengelola kehadiran karyawan.

Lebih praktis dari Aplikasi Absensi

Dibandingkan dengan penginputan absensi secara manual, absensi pegawai secara online lebih praktis. Ada sejumlah cara bagi karyawan Anda untuk mencatatkan diri mereka sendiri.

Dari pemindaian sidik jari, menggunakan kartu akses, hingga pengenalan wajah yang lebih canggih.

Metode ini memungkinkan karyawan untuk masuk tanpa harus mengisi formulir kehadiran. Selain itu, sistem absensi karyawan menghindari kecurangan seperti meminta rekan kerja untuk mengisi formulir sebagai gantinya.

Sedangkan untuk manajemen, sistem memudahkan manajer dalam memantau daftar hadir. Cukup buka laptop atau smartphone kamu, kamu sudah bisa tahu apakah karyawan kamu datang ke kantor hari ini atau tidak.

Data yang Real-Time

Ada kalanya Anda perlu memeriksa apakah karyawan Anda terlambat atau tidak. Dengan kehadiran manual, perlu waktu bagi Anda untuk mengakses data ini. Namun dengan sistem absensi karyawan, Anda dapat mengambil data kapan pun dan di mana pun.

Di sisi karyawan, sistem absensi karyawan memungkinkan staf Anda bekerja dari mana saja tanpa khawatir. Dengan teknologi cloud, karyawan Anda tetap dapat bekerja meskipun mereka berada di tempat terpencil, selama ada koneksi internet.

Meningkatkan Keamanan

Kegunaan sistem absensi karyawan tidak hanya terbatas pada input absensi. Anda dapat menggunakannya untuk membatasi akses karyawan tertentu. Hal semacam ini bisa diatur oleh sistem.

Dengan pembatasan akses, Anda dapat meningkatkan keamanan bisnis Anda secara signifikan. Misalnya, dengan membatasi akses ke ruang server Anda dapat menghindari pencurian data, atau jika Anda tidak menginginkan orang lain selain Anda yang dapat mengakses ruangan Anda.

aplikasi absensi

Sentralisasi

Banyak perusahaan besar yang memiliki cabang di berbagai daerah. Perusahaan-perusahaan ini tentunya memiliki ribuan karyawan yang memiliki hak dan kewajibannya masing-masing.

Pada level ini, tidak mungkin untuk mengelola kehadiran secara manual dengan kertas atau bahkan spreadsheet. Perusahaan yang sudah berada di level ini membutuhkan sistem yang dapat mengotomatiskan manajemen absensi karyawan.

Tidak hanya itu, mengelola data kehadiran dari tempat yang terpusat (seperti kantor pusat) penting untuk merampingkan pengelolaan gaji, bonus, dan aspek lain yang terkait dengan ketenagakerjaan.

Efisien dan Transparan

Tidak hanya atasan atau manajer, karyawan juga perlu mengakses data absensi. Ketika karyawan ingin memeriksa berapa banyak cuti yang mereka miliki, atau berapa kali mereka terlambat bekerja bulan ini.

Dalam metode manual, karyawan harus meminta daftar kehadiran terlebih dahulu dari departemen SDM untuk mengetahui informasi ini. Aplikasi absensi akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi atau memberikan informasi, dan tentunya akan menghemat waktu.

Memudahkan Pekerja Jarak Jauh

Beberapa pengusaha enggan merangkul pekerja jarak jauh. Kekhawatirannya adalah, tanpa pengawasan langsung karyawan akan menghabiskan hari mereka melakukan segala sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

Bukan hal yang aneh jika beberapa karyawan juga mempertanyakan apakah hari kerja mereka akan disiplin dan produktif jauh dari kantor. Melacak kehadiran dengan fitur pencatatan jam kerja jarak jauh memberikan akuntabilitas tanpa membatasi.

Ini menjadi solusi yang sama-sama menguntungkan bagi semua orang ketika karyawan dapat masuk seolah-olah mereka sedang berada di kantor.

Memastikan Karyawan Dibayar Penuh dan tepat waktu

Pelacakan kehadiran karyawan sangat berguna untuk penggajian. Hal ini memastikan karyawan yang tidak ada tidak pernah dibayar lebih atau kurang karena jam kerja yang tepat tersedia.

Pemberi kerja dapat secara akurat menghitung gaji lembur, dan jika perlu, gaji berlabuh dengan tepat. Menyimpan catatan akurat tentang jam kerja karyawan juga menunjukkan tingkat kerja untuk berbagai departemen.

Beberapa mungkin bekerja lebih keras daripada yang lain dan memiliki waktu lembur yang konsisten. Frekuensi pelacakan dapat meningkatkan proses pengambilan keputusan untuk mendistribusikan kembali beban kerja.

Perencanaan

Alasan selanjutnya mengapa Anda harus melacak kehadiran dengan aplikasi absensi adalah untuk perencanaan. Sederhananya, Anda harus tahu kapan karyawan Anda datang untuk bekerja sehingga Anda dapat mengatur jadwal tim Anda.

Perangkat lunak masuk dan keluar karyawan memiliki fitur praktis yang memungkinkan Anda melihat jam masuk di tingkat tim, yang akan memberi tahu Anda kapan Anda dapat memastikan bahwa semua karyawan masuk.

Secara umum, ini penting untuk mengetahui cara menyusun alur kerja tim Anda. Dengan melacak kehadiran, Anda dapat lebih yakin tentang kapan Anda dapat mengharapkan karyawan Anda untuk menyelesaikan tugas mereka.

Keakuratan perkiraan ini merupakan faktor penting dalam memastikan proses kolaborasi yang tepat.

Manfaat praktis lainnya dari mengetahui kapan karyawan Anda datang untuk bekerja dan pergi adalah menjadwalkan rapat.

Anda dapat melakukannya saat semua orang yang Anda butuhkan ada di kantor, dan dengan melakukan itu Anda secara signifikan mengurangi kemungkinan peserta terlambat.

Apa Keuntungan Menggunakan Kerjoo?

Manfaat di atas hanya dapat dirasakan jika Anda mengelola absensi karyawan dengan sistem khusus, seperti kerjoo.com. Sistem ini memudahkan Anda dalam mengelola informasi kehadiran, keterlambatan, cuti sakit, dan gaji karyawan secara akurat.

Sistem ini tidak hanya membuat pekerjaan departemen HR menjadi lebih mudah tetapi juga efektif dalam mencegah potensi penipuan yang dilakukan oleh karyawan Anda.

Jika Anda belum beralih dari memasukkan kehadiran dengan cara konvensional, sekarang saatnya untuk melanjutkan! Saat ini, sudah jelas bahwa pelacakan kehadiran bukan hanya formalitas.

  • Ini adalah cara terbaik untuk memastikan penggajian yang adil dan kepatuhan terhadap peraturan jam kerja
  • Untuk dapat menginformasikan perencanaan Anda
  • Menjadi cara terbaik untuk melacak tim jarak jauh dengan mudah
  • Memberikan bukti kerja untuk klien Anda.

Selain itu, pelacakan kehadiran adalah proses yang sangat sederhana dengan imbalan tinggi, terutama jika Anda menggunakan perangkat lunak pelacakan waktu untuk melakukannya secara akurat dan otomatis.

Keuntungan menggunakan Kerjoo:

1. Aplikasinya sangat mudah digunakan.

2. Fiturnya dirancang sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mengakomodasi absensi, penyimpanan data karyawan, dan juga memantau karyawan yang bekerja secara mobile, remote working, maupun work from home.

3. Perusahaan bisa menghemat pembelian infrastruktur dan biaya maintenance sistem.

4. Perusahaan hanya membayar biaya berlangganan per bulan sesuai dengan jumlah karyawan yang menggunakan.

Proses pendaftaran sangat mudah. Pengguna dapat langsung menggunakan aplikasi KERJOO dalam waktu 1×24 jam setelah melakukan pendaftaran.

Kesimpulan

Pengguna dapat  secara otomatis mengatur dan mengimplementasikan aplikasi dengan mengikuti petunjuk  penggunaan aplikasi, ataupun meminta bantuan dari tim keren KERJOO.

Untuk menggunakan aplikasi absensi KERJOO silakan mengunjungi https://kerjoo.com dan menghubungi tim keren KERJOO apabila membutuhkan bantuan.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari