Inilah Solusi Absen Hadir Online, untuk WFO dan WFH

Solusi Absen Hadir Online

Daftar Isi

Sejak masa pandemi Covid-19 sampai beberapa tahun ke depan, tampaknya memang banyak tantangan yang menguji manusia di banyak bidang. Apalagi pandemi berlangsung lama dan mengubah tren pekerjaan manusia.

Pada awalnya bekerja dari rumah atau work from home (WFH) masih sulit dilakukan. Lama-lama jadi semakin terbiasa, bahkan banyak pekerja kantoran yang justru memilih WFH permanen. Apalagi saat ini absen hadir online buat karyawan sudah bisa dilakukan dengan mudah.

Terlepas dari jenis pekerjaan yang dilakukan, work from home (WFH) dan work from office (WFO) punya kesan tersendiri.

Dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya, pekerja lebih tertarik dengan sistem hybrid working. Hybrid working adalah sistem penggabungan antara sistem WFO dan WFH, bisa selang seling dalam setiap minggunya.

Kilas Balik Kebijakan WFH di Tanah Air

Dari awal terjadinya pandemi Covid-19 sampai penghujung tahun 2021, sudah banyak masa sulit yang dihadapi bersama-sama.

Di antara berbagai solusi, banyak sekali pro dan kontra, karena memang dibutuhkan kerjasama dari banyak pihak.

Awal 2020 masyarakat diimbau melakukan social distancing yaitu menjaga jarak dari kerumunan. Di sebagian besar negara di dunia menyebutnya lock down.

Aktivitas perkantoran seperti perusahaan, instansi, sekolah, dan kampus beralih menjadi online. Pada bulan April 2020 sudah diterapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Kebijakan PPKM juga masih berlaku saat liburan Hari Natal 2021 dan juga Tahun Baru 2022. Sejak saat itu, istilah work from home menjadi lebih familiar dibanding sebelum-sebelumnya.

Meskipun memang ada beberapa sektor industri yang sudah biasa menerapkan kerja jarak jauh. Misalnya pekerja freelance yang tidak terikat dengan kantor, sehingga bisa menjalankan tugasnya dari manapun. Tidak dimungkiri bahwa WFH banyak tantangannya.

absen hadir online

Saatnya Kembali WFO dengan Suasana Baru

Kebijakan untuk WFH sudah membantu mengurangi penyebaran pandemi. Tapi, sistem ini sebenarnya tidak direncanakan permanen dan tidak bisa berlaku untuk semua jenis profesi. Beberapa profesi memang tidak bisa menggunakan WFH, bahkan harus bekerja di lapangan.

Contoh pekerjaan yang tidak bisa WFH antara lain; pemadam kebakaran, dokter, sopir, karyawan bank, nelayan, pengawas rel kereta, petugas bandara, dan masih banyak lagi.

Entah itu WFO atau kerja lapangan setelah pandemi harus menerapkan aturan yang lebih ketat. Khususnya untuk memperhatikan protokol kesehatan. Pastikan juga bahwa Anda sudah mendapatkan vaksin.

Sekitar dua tahun yang lalu, ketika baru mulai WFH, umumnya pekerja kantoran harus beradaptasi. Sampai pada saatnya WFH menjadi hal yang biasa dan justru akan butuh upaya lagi untuk kembali ke kantor. Supaya perubahan dari WFH ke WFO lancar, ada hal-hal yang haru disiapkan.

Apa saja yang perlu disiapkan saat kembali WFO?

1. Memastikan Kesehatan Fisik

Saat bekerja di rumah umumnya kita tidak dituntut untuk banyak beraktivitas fisik. Pada pagi hari dan sore hari tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan.

Kondisi fisik akan berbeda ketika tiba-tiba harus kembali kerja di kantor. Pagi hari harus naik kendaraan untuk pergi ke kantor dan segera absen hadir online tepat waktu.

Agar fisik lebih bugar, lakukan persiapan sejak dari rumah. Sempatkan untuk olahraga 15-20 menit setiap pagi. Olahraganya tidak perlu yang berat, misalnya jogging atau skipping. Jangan lupa juga untuk memperbaiki pola makan dan pola tidur.

2. Menyesuaikan Cara Berpenampilan

Saat WFH di rumah sendiri, mungkin saja suasana tersebut termasuk posisi yang nyaman. Anda tidak diharuskan memakai seragam dan tidak harus selalu tampil rapi.

Mungkin saja saat di kantor karyawan diwajibkan untuk meeting setiap minggunya dengan dresscode tertentu, tidak demikian dengan ketika WFH. Ketika meeting online bisa saja dilakukan tanpa memperlihatkan wajah.

Akan berbeda sekali ketika kembali ke kantor. Selain menyesuaikan pakaian, juga ada yang harus dibawa seperti masker dan hand sanitizer.

3. Manajemen Waktu

Jam kerja saat WFH cenderung tidak pasti setiap harinya, tapi tidak demikian dengan WFO. Inilah pentingnya mengatur kembali manajemen waktu. Tidak masalah jika Anda morning person yang produktif di pagi hari atau night owl yang aktif di malam hari.

Tapi jika jam kantor saat WFO sudah ditentukan, berarti tinggal ikuti saja sesuai kesepakatan. Untuk lebih lanjut, jadwal kerja ini bisa diatur oleh kantor masing-masing.

absen hadir online

Pentingnya Absen Hadir Online untuk WFO dan WFH

Yang terpenting tetap bisa koordinasi pekerjaan sebaik mungkin. Mulai dari hal teknis yang bersifat rutinitas, sampai dengan evaluasi berkala akan tetap terlaksana.

Asal ada koneksi internet yang lancar, maka banyak pekerjaan akan menjadi lebih mudah dilaksanakan. Termasuk untuk mengelola kehadiran, yaitu absen hadir online melalui gadget yang dimiliki.

Saat ini kondisi di luar sana mungkin saja bersifat fluktuatif dan dalam beberapa hal banyak hal mengejutkan. Tapi, akan lebih baik jika fokus kepada hal-hal yang bisa kita kendalikan. Untuk memilih sistem WFO atau WFH, manajemen di perusahaan sesuaikan dengan kebutuhan.

Selama karyawan yang bekerja jarak jauh bisa responsif dan tetap menjaga koneksi, WFH bisa dilakukan secara berkelanjutan. Di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, WFH permanen bisa diterapkan seperti di perusahaan Microsoft. Selain absen hadir online, apa yang membuat WFH tetap efektif?

Pihak perusahaan sudah harus menyiapkan sistemnya sejak awal, apa saja yang dibutuhkan setiap divisi untuk WFO dan WFH. Misalnya untuk mencatat kehadiran, mengatur hak cuti, dan perizinan yang terpusat.

Bagi masing-masing karyawan, pastikan untuk memiliki rencana kerja atau to do list setiap hari dan tentu saja dilengkapi dengan laporan kerja yang terperinci.

Kesimpulan

Pada dasarnya, antara WFO dan WFH memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Memang tidak ada 1 solusi yang bisa cocok bagi semuanya dalam menemukan solusi yang mendukung karyawan.

WFO akan mempermudah koordinasi perusahan, sebagaimana hari-hari biasa sebelum pandemi. Hanya saja, effort yang dilakukan juga lebih besar, baik dari sisi karyawan maupun perusahaan sendiri.

Ada hal yang harus disiapkan ketika harus transisi antara WFH ke WFO, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan data, karyawan WFH menjalani jam kerja lebih panjang dan beberapa risiko lainnya.

Selain masalah jam kerja, karyawan WFH juga mengalami risiko lain yang bisa terjadi. Meskipun faktanya pada praktiknya hal ini bisa dibuat fleksibel.

Absen hadir online Kerjoo hadir untuk perusahaan Anda yang kini menerapkan WFO maupun WFH. Untuk mencobanya secara gratis, bisa klik di bawah ini. Anda pun bisa melihat dulu apa saja fiturnya di sini.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari