Tips Lolos Seleksi CPNS, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

Tips Lolos Seleksi CPNS, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

Satu hal yang ditunggu-tunggu banyak orang adalah pembukaan pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Termasuk para fresh graduate, tidak jarang dari mereka menginginkan untuk menjadi PNS. Namun para pekerja honorer pun juga kerap menginginkan menjadi PNS. Ada banyak tips lolos seleksi CPNS yang sebenarnya bisa diterapkan sejak jauh hari agar lebih siap ketika menghadapi ujian.

Bagi sebagian orang tua Indonesia, pekerjaan PNS adalah menantu idaman. Bagaimana kalau menurut Anda, teman Kerjoo? Karir yang jelas dan tunjangan-tunjangan yang memadai selalu menjadi idaman banyak orang. Tentu hal tersebut memiliki poin tersendiri bagi yang mendapatkannya. Sebelum menjadi PNS, memang ada tes seleksinya. Apa saja tips-tips agar lolos seleksi CPNS? Simak baik-baik tipsnya berikut ini!

Sebelum Mendaftar, Ketahui Tips Lolos Seleksi CPNS

1. Tips Lolos Seleksi CPNS: Mulai Persiapkan Diri

Tips yang pertama pastinya harus mempersiapkan diri dari sejak jauh-jauh hari. Jika Anda sangat menginginkan lolos CPNS, Anda wajib mempersiapkannya dengan matang agar mendapatkan nilai yang memuaskan.

2. Mempelajari Materi dan Tipe Ujian

Calon peserta juga perlu mengenali materi dan jenis ujian yang akan diujikan. Pahamilah tiap-tiap materi, pelajari dengan waktu yang teratur. Secara garis besar, Anda akan menghadapi tipe ujian pada saat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil. Tipe ujiannya yaitu Seleksi Kompentensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

3. Mengetahui Tahapan Seleksi

Seleksi CPNS ada beberapa tahapan yang tentunya harus diikuti sesuai prosedur. Catat dan ingat-ingatlah tahapan seleksi yang dibutuhkan, agar Anda dapat belajar yang efektif. Pahami tes seleksi macam apa yang akan dihadapi. Jangan sampai Anda tertinggal informasi.

Tips Lolos Seleksi CPNS

4. Tips Lolos Seleksi CPNS: Lengkapi Berkas-Berkas

Pada saat mengisi formulir tentunya Anda akan diperintahkan untuk melengkapi dokumen-dokumen. Dokumen-dokumen tersebut diusahakan jangan ada yang kurang dan jangan sampai ada kesalahan. Jika ada satu saja dokumen yang kurang akan berakibat fatal dan dipastikan Anda tidak lolos seleksi.

5. Perbanyak Latihan Soal-soal Tes CPNS

Dikutip dari Kompas.com, 18 Juni 2021, seorang Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo, Rio Kurniawan berbagi pengalaman saat mengikuti tes CPNS. Dosen yang lulus CPNS pada tahun 2020 tersebut, mengaku hanya mengikuti tes seleksi dan dinyatakan lulus. Dalam persiapannya, Rio menyampaikan bahwa memperbanyak latihan soal dari buku teks atau tes try out online dari sejumlah lembaga. Kendati begitu, menurutnya paling efektif melihat bahasan soal di YouTube, yang dilakukannya sebulan sebelum pendaftaran hingga jadwal tes keluar.

Selain itu, masih ada lagi tips lolos seleksi CPNS. Diperlukan juga untuk menjawab soal sesuai jenis soal dan memperbanyak hafalan terkait wawasan kebangsaan, undang-undang, serta isu-isu terkini yang ada di tingkat nasional. Sementara untuk tes hitungan, calon peserta CPNS dapat sering berlatih dan untuk soal nalar logika, dapat melihat kesesuaian soal dan pilihan jawaban.

6. Berhenti Belajar Sehari sebelum Hari H Ujian

Misalkan jadwal ujian Anda hari Senin, maka usahakan pada hari Sabtu dan Minggu sebelumnya tutup semua buku pelajaran. Sebaiknya nikmati akhir pekan dengan tenang. Lakukan saja apa yang menurut Anda menyenangkan. Ini penting agar badan dan pikiran jadi bugar saat menjalani tes.

Ingat, tes memerlukan konsentrasi penuh dan stamina yang prima. Jangan sampai kelelahan dan tidak konsentrasi pada saat berlangsungnya tes karena terlalu banyak belajar. Persiapkan data dan semua peralatan tes seperti kartu ujian, KTP, atau apa saja yang harus dibawa saat ujian.

7. Tips Lolos Seleksi CPNS: Mendengar Pengamalan Orang Lain

Tips berikutnya adalah Anda diusahakan banyak-banyak mendengarkan pengamalaman orang lain. Ini juga bisa dilakukan, bahkan jika misalnya Anda masih belum lulus kuliah atau masih bekerja di suatu perusahaan. Untuk menjadi abdi negara, memang penting sekali untuk mmendengar pengalaman dan saran dari orang-orang yang pernah melaluinya. Pengalaman tersebut dapat dijadikan pelajaran dan diharapkan dapat menghindari kesalahan yang sama dan melakukannya lebih baik.

8. Memilih Stategi dalam Pemilihan Pilih Instansi dengan Sepi Peminat

Layaknya pemilihan PTN dalam SBMPTN, dalam tes seleksi CPNS pun Anda dituntut untuk memilih strategi dalam pemilihan pilih instansi. Ini bisa dijadikan pilihan bagi calon peserta yang tidak mempermasalahkan instansi tempat bekerja. Diusahakan untuk memilih instansi yang jarang diminati orang lain, agar peluang lolosnya Anda semakin besar.

Tips Lolos Seleksi CPNS

9. Memanejemen Waktu dan Jaga Kesehatan

Mengatur waktu dan menjaga kesehatan adalah salah satu hal yang gampang-gampang susah. Terkadang Anda sangat bersemangat untuk belajar dan memahami soal-soal tes CPNS. Bahkan sampai menambah waktu belajar lebih lama lagi. Lalu bagaimana dengan kesehatan?

Tidak jarang orang-orang menganggap hal ini adalah hal yang sepele. Padahal, semua yang telah Anda siapkan selama ini akan terasa sia-sia jika kesehatan tidak dijaga. Siapa yang mau sakit ketika mengerjakan ujian CPNS? Tidak ada bukan? Maka dari itu, hendaklah Anda menjaga pola makan, istirahat yang cukup agar pada saat seleksi CPNS dapat berjalan dengan lancar.

10. Mengecek Kembali Pada Saat Mengisi Formulir

Bagi Anda selaku pelamar bisa print out langsung hasil pendaftaran setelah mengisi formulir secara online. Namun jangan terlalu tergesa-gesa untuk print atau mencetaknya. Sebelum dicetak, periksa kembali dan pastikan bahwa formulir sudah diisi secara lengkap dan data yang dimasukkan sudah benar.

11. Jangan Lupa Berdoa

Tips lolos seleksi CPNS yang terakhir adalah dengan berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Dengan persiapan yang matang, tentu Anda hanya tinggal menunggu dan mengikuti proses-proses ujian lainnya. Berpikirlah dengan jernih dan optimis bahwa apa yang Anda idamkan selama ini bisa terwujud. Selain itu, dari sisi spiritual pun tidak boleh dilupakan. Berdoalah kepada Tuhan untuk diberikan jalan terbaik dalam seleksi ujian CPNS. Apapun keyakinan Anda, berdoa bisa membuat Anda lebih merasa tenang.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips lolos seleksi CPNS yang bisa diterapkan. Mulai dari hal teknis seperti administrasi sampai urusan kesehatan dan spiritual memang berpengaruh. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya. Lalu bagaimana setelah lolos atau diterima? Tentu saja peserta yang sudah berhasil bisa mengikuti prosedur yang ada. Setiap instansi mungkin saja memiliki ketentuan yang tidak sama.

Pada saat bekerja pun nantinya pegawai akan menjalankan kewajiban dan mengikuti sistem yang berlaku. Sebagai bentuk kontribusi dan dukungan untuk kemajuan perusahaan berbagai sektor dan juga instansi pemerintah, aplikasi absensi Kerjoo hadir untuk Anda. Beragam fiturnya dirancang sedemikian rupa agar mudah digunakan oleh pengguna. Dengan memakai sistem absensi online, maka kinerja tim lebih terpantau dengan proses yang praktis.

tips lolos seleksi CPNS