Aplikasi HRD Terbaik Untuk Mengelola Karyawan

Aplikasi HRD merupakan software yang dibuat khusus untuk mengkoordinir pekerjaan HRD. Aplikasi ini berfungsi mengelola beberapa tugas HRD

Aplikasi HRD Terbaik

Aplikasi HRD merupakan software yang dibuat khusus untuk mengkoordinir pekerjaan HRD. Aplikasi ini berfungsi mengelola beberapa bahkan hampir semua tugas yang biasa dikerjakan oleh tim HRD. Pada artikel ini kita akan mengulas lebih lanjut tentang Aplikasi HRD terbaik.

Pada dasarnya, teknologi aplikasi atau software merupakan produk mesin automasi yang terprogram sedemikian rupa untuk membantu pekerjaan manusia. Munculnya Aplikasi juga berdasarkan permasalahan yang terjadi di dunia nyata, termasuk pengelolaan karyawan.

Apalagi saat ini pergeseran pola kerja banyak terjadi setelah masa pandemic, membuat beberapa perusahaan mencari cara agar karyawan tetap bisa berkerja walaupun dari jarak jauh. Selain itu, pekerjaan mobile yang dulunya memang sudah ada seperti kurir dan sales, harus lebih terpantau supaya perusahaan semakin produktif.

Pengertian HRD

HRD merupakan singatan dari Human Resource Development atau dalam bahasa Indonesianya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Secara umum HRD adalah divisi dalam suatu organisasi yang melakukan tugas utama dalam pemanfaatan dan pengembangan sekelompok individu untuk mendukung tujuan organisasi / perusahaan.

Pekerjaan dan Tugas HRD

Dalam kesehariannya, tim HRD terbagi menjadi 3, yaitu tim rekrutmen yang bertugas mencari kandidat potensial untuk mengisi posisi tertentu di sebuah perusahaan. Kemudian yang kedua, tim promosi dan pengembangan karyawan, bertugas menganalisis posisi yang tepat untuk karyawan serta mengadakan program mengembangkan skill untuk karyawan tersebut.

Kemudian tim HRD yang ketiga yakni HRD personalia, yang bertugas mengelola database karyawan dan payroll. Termasuk di dalamnya meliputi presensi kehadiran, pencatatan cuti dan slip gaji, pendataan dan dokumentasi performa kerja karyawan. Bagian HRD personalia ini yang wajib memiliki Aplikasi HRD untuk mendukung kecepatan dan objektivitas tim personalia dalam bekerja.

Masalah dan Kesulitan tim HRD

1. Kedisiplinan Karyawan

Pada umumnya, kedisiplinan karyawan selalu menjadi isu utama dalam divisi HRD / SDM. Sebab, pengelolaan manusia sangat berbeda dengan pengelolaan alat atau bahan baku. Karena manusia sendiri memiliki perasaan dan motivasi untuk melakukan sesuatu.

Untuk itu, sumber daya manusia harus dibentuk kedisiplinannya dengan Aplikasi HRD. Secara psikologis mereka seperti bercermin dengan performa kerja mereka sendiri saat menggunakan Aplikasi HRD.

2. Menilai Kinerja Secara Objektif

Penilaian kinerja yang dilakukan oleh tim HRD hampir selalu menemui masalah terkait validasi dan rutinitas karyawan. Mana karyawan yang memang disiplin, terorganisir dan memiliki performa baik. Secara kasat mata, semua karyawan akan menunjukan sisi baiknya. Namun secara data dan fakta Aplikasi HRD ini dapat menjadi indikator penilaiannya.

3. Tugas Yang Menumpuk

Efektfitas kerja tim HRD terkadang menjadi berkurang akibat tugas yang menumpuk, apalagi untuk tipe HRD generalist yang harus mampu mengelola karyawan secara menyeluruh dalam satu waktu. Terkadang orang awam menilai pekerjaan HRD yang paling santai, namun faktanya mereka juga mendapat target dan evaluasi terkait kinerja karyawan yang mereka rekrut.

Aplikasi HRD Terbaik

Aplikasi HRD Terbaik Untuk Pengelolaan Karyawan

Mengelola karyawan memang tugas seorang HRD maupun manager. Untuk itu, Aplikasi HR ini membantu pekerjaan seorang HRD supaya berjalan lancar tanpa ada kecurangan yang membuat perusahaan merugi. Dari sisi pemilik usaha, Aplikasi HR ini dapat menyajikan keakuratan data dari kinerja seluruh karyawan secara serentak, termasuk pekerjaan HRD itu sendiri.

Rekomendasi Apikasi HRD Terbaik

1. Kerjoo

Kerjoo merupakan Aplikasi absensi online terbaik, karena Aplikasi ini mampu mengkoordinir pekerjaan HRD. Mulai dari absensi, lokasi, slip gaji, izin, hingga pengaturan pola kerja. Aplikasi Kerjoo memiliki fitur import export data yang memudahakan input maupun download data secara masal. Lihat selengkapnya : Fitur Kerjoo.

2. Gajihub

Gajihub adalah Aplikasi untuk menghitung gaji tingkat lanjut, gajihub lebih cocok untuk perusahaan skala besar yang bisa menghitung pajak, BPJS dan THR dalam satu aplikasi. Walaupun Aplikasi ini belum mendukung absensi, namun Gajihub tetap mampu diandalkan dalam menghitung gaji karyawan.

3. Linkedin

Setiap pekerja professional tentu sudah mengenal platform linkedin ini. Bagi seorang HR specialist linkedin ini menjadi sarana untuk mereview kandidat yang tepat untuk mengisi posisi di suatu perusahaan. Di dalam linkedin, seorang HR bisa mengupload sesuatu yang bernilai informatif terkait bidang usaha dalam perusahaannya.

Manfaat Software HRD Kerjoo

a. Kemudahan Akses

Kemudahan akses dalam sebuah pekerjaan merupakan kunci utama efektivitas kerja. File yang tertata dan terorganisir dengan baik tanpa harus mencari di tumpukan lembaran kertas.Di dalam poin ini, admin maupun manager dapat dengan mudah memberikan pola kerja pada karyawan secara masal maupun tertentu, hanya dalam satu Aplikasi.

b. Kecepatan Akses

Kecepatan akses merupakan kecepatan penyajian data pada saat melakukan akses aplikasi melalui jaringan internet. Baik saat presensi karyawan, maupun saat admin melihat data performa karyawan tesebut. Pada poin ini termasuk juga meningkatkan kecepatan kerja setiap karyawan karena Aplikasi Kerjoo sangat mampu diandalkan dalam hal kecepatan.

c. Keamanan Data

Data yang tersaji merupakan data yang terenksripsi dengan aman. Setiap karyawan hanya bisa mengakses dashboard milik mereka sendiri tanpa bisa mengetahui dashboard Aplikasi karyawan lain. Aplikasi absensi HRD ini juga mendukung Biometric Face Recognition untuk memvalidasi wajah karyawan secara tepat. Selain itu, Aplikasi absensi HRD ini menggunakan anti fake GPS untuk mengamankan lokasi agar lebih terukur dan akurat.

d. Penilaian Objektif

Setiap perusahaan memiliki peraturan yang harus dipatuhi dan memiliki indicator kinerja yang harus dipenuhi. Dalam proses penilaian ini, Aplikasi Kerjoo mampu menyajikan data yang presisi dan akurat. Sehingga meminimalkan penilaian kerja yang kurang tepat terhadap masing-masing karyawan.

e. Peningkatan Produktivitas

Ketika sebuah perusahaan sudah mampu meningkatkan kedisiplinan, dan efektivitas pekerjaan masing-masing individu, tentu produktivitas perusahaan secara keseluruhan akan semakin meningkat. Produktivitas ini membuat goals perusahaan semakin nyata dan semakin cepat tercapai.

 Aplikasi HRD Terbaik

Apa Saja Pekerjaan HRD Yang Bisa Menggunakan Aplikasi Kerjoo

1. Absensi

Absensi atau kehadiran merupakan indikator utama seorang individu bekerja di perusahaan. Baik yang bekerja di dalam kantor maupun bekerja di luar kantor secara remote. Dengan Aplikasi ini, tipe absensi seperti apapun dapat terkelola dengan baik.

2. Pengajuan Izin dan Cuti

Dalam fitur dasar yang wajib ada di Aplikasi HRD ialah fitur pengajuan izin, pengajuan cuti dan lembur. Fitur-fitur ini juga ada di Software HRIS Kerjoo. Dan juga terdapat kotak lampiran khusus untuk mengirimkanfoto / soft file sebagai bukti pendukung pengajuan izin karyawan.

3. Slip Gaji

Slip gaji merupakan kewajiban perusahaan dalam melaporkan besaran gaji yang diterima karyawan beserta potongan gajinya. Potongan maupun bonus kinerja juga bergantung pada absensi dan statistik performa pada tiap karyawan. Nah, semua fitur ini tersedia di Software Kerjoo.

4. Mengetahui Detail Pekerjaan

Banyak manager / supervisor yang ingin memantau kinerja tim secara up to date. Pada Aplikasi kerjoo, setiap tim akan mengisi detail pekerjaan apa yang akan dan sudah ia kerjakan pada hari itu. Dan detail tersebut akan terlihat pada dashboard khusus pemegang akun admin / supervisor.

5. Penilaian Performa

Penilaian performa oleh seorang HR menjadi lebih mudah dengan bantuan Aplikasi Kerjoo. Karena, Aplikasi ini mampu menampilkan data statistik performa karyawan dalam sekali unduh. Dan seorang HR juga dapat mempertanggungjawabkan pekerjaannya sendiri kepada atasan.

Harga Aplikasi Absensi HRD

Kami sepakat, kemajuan perusahaan Anda merupakan tanggungjawab bersama untuk tiap divisi di dalam organisasi. Untuk itu, Anda dapat memilih Aplikasi Kerjoo yang telah terbukti membantu pekerjaan lebih dari 500 perusahaan.

Banyak yang menyangka Aplikasi secanggih Kerjoo memiliki harga yang mahal. Namun Anda akan kaget melihat betapa bermanfaat dan terjangkaunya Aplikasi Kerjo ini, bayangkan setiap karyawan hanya mengeluarkan biaya berlangganan sebesar Rp8999 per bulannya. Lihat selengkapnya : Harga Aplikasi Kerjoo.

Kesimpulan

HRD merupakan divisi khusus yang memiliki posisi krusial dalam mengembangkan suatu perusahaan. Anda sebagai professional maupun pengusaham, lebih baik menghemat waktu, pikiran dan tenaga dalam melakukan peningkatan produktivitas, salah satunya dengan berlangganan Aplikasi Kerjoo.

Walaupun ada banyak sekali Aplikasi HRD terbaik yang bisa Anda gunakan, namun yang cukup terjangkau dan mampu diandalkan ialah Aplikasi HRIS Kerjoo. Buktikan sendiri, klik tanda di bawah ini :

Aplikasi HRD Terbaik
Aplikasi HRD Terbaik