7 Contoh Surat Lamaran Kerja Biar Dipanggil HRD

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk melamar pekerjaan dapat Anda copy dari artikel ini. Karena biasanya biasanya surat lamaran kerja merupakan komponen paling penting saat melamar pekerjaan.

contoh surat lamaran kerja

Daftar Isi

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk melamar pekerjaan dapat Anda copy dari artikel ini. Karena biasanya biasanya surat lamaran kerja merupakan komponen paling penting saat melamar pekerjaan. Kemudian didukung dengan melampirkan CV atau resume yang menarik.

Sebagian perusahaan ternyata akan lebih melirik Anda jika Anda menyertai surat lamaran kerja dalam setiap CV yang Anda kirimkan. Lalu, bagaimana sesungguhnya contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar itu?

Anda dapat melihat banyak sekali contoh surat lamaran kerja saat membuat milik Anda sendiri. Bukan hanya dalam bahasa Indonesia saja, biasanya surat lamaran kerja juga ada yang dibuat dalam bahasa Inggris.

Anda dapat menyesuaikan dengan perusahaan atau lowongan yang Anda lamar. Agar Anda lebih memahami lagi dalam membuat surat lamaran pekerjaan, Anda harus memahami dulu apa yang harus dan tidak boleh Anda sertakan dalam surat lamaran kerja.

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

lamaran pekerjaan

Dalam mengirim lamaran pekerjaan ke beberapa perusahaan melalui email, biasanya Anda akan menyertakan surat lamaran pada bagian pesan yang dapat Anda lihat dari beberapa contoh.

Nah, apa sebenarnya surat lamaran kerja itu? Berdasarkan kegunaannya, surat lamaran kerja adalah dokumen surat yang dikirimkan beserta CV atau resume saat melamar pekerjaan. Surat lamaran kerja ini merupakan surat resmi yang akan Anda tujukan kepada pimpinan atau HRD perusahaan tersebut.

Selain melalui email, ada juga perusahaan yang meminta Anda menyertakan file surat lamaran kerja dalam persyaratan dokumen mereka saat melamar pekerjaan melalui website resmi. Biasanya, isi dari surat lamaran kerja ini tidak terlalu panjang dan hanya terdiri dari satu halaman saja.

Mengapa demikian? Karena surat lamaran kerja hanya bersifat sebagai surat pengantar untuk CV atau resume beserta dokumen lain yang Anda kirimkan.

Surat lamaran kerja berisi permohonan Anda untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut dengan menjelaskan sedikit mengenai diri Anda. Dalam surat lamaran kerja Anda dapat menjelaskan tentang sedikit pengalaman profesional Anda beserta beberapa kemampuan profesional yang paling menonjol dalam diri Anda.

Dapat dikatakan bahwa surat lamaran kerja ini kesempatan untuk Anda ‘menjual’ diri Anda kepada perekrut sebagai kandidat yang memenuhi semua kualifikasi.

Contoh Surat Lamaran Kerja

surat lamaran pekerjaan

Sama halnya dengan surat resmi pada umumnya yang menggunakan tempat dan tanggal pembuatan surat, begitu pula dengan surat lamaran kerja. Umumnya, surat lamaran kerja memang memiliki komponen sama seperti surat resmi.

Hanya saja beberapa contoh surat lamaran kerja yang dikirimkan melalui email atau melalui portal pencarian kerja tidak membutuhkan susunan surat resmi. Agar Anda lebih memahami, berikut komponen yang ada dalam surat lamaran kerja.

1. Tempat dan Tanggal Surat

Bagian surat pertama yang harus ada dalam surat lamaran kerja adalah tempat dan tanggal Anda membuat surat tersebut. Dalam surat resmi, komponen ini menjadi penting sebagai tanda bahwa surat tersebut memang baru dibuat untuk tujuan lamaran pekerjaan. Tempat dan tanggal surat ini dapat Anda letakkan di bagian pojok kanan atas.

Contoh tempat dan tanggal surat lamaran kerja:

Yogyakarta, 19 Februari 2022

2. Lampiran dan Perihal

Selanjutnya, setelah penulisan tempat dan tanggal surat, terdapat bagian lampiran dan perihal. Sebetulnya, beberapa contoh surat lamaran kerja tidak begitu mencantumkan komponen ini.

Tetapi, agar surat lamaran kerja Anda terlihat lebih profesional, Anda dapat mencantumkan komponen lampiran dan perihal dalam surat lamaran kerja Anda seperti yang ada dalam contoh. Satu tips agar lebih terlihat profesional yaitu jangan menyingkat kata lampiran menjadi ‘lamp’.

Contoh lampiran dan perihal surat lamaran kerja:

Lampiran      : 3 (tiga) lembar
Perihal          : Lamaran pekerjaan

3. Alamat Tujuan Surat Lamaran Kerja

Setelah bagian lampiran dan perihal Anda cantumkan, berikan jarang satu kali enter untuk Anda mencantumkan alamat tujuan dari surat lamaran kerja tersebut. Pada bagian ini, cantumkan siapa penerima surat Anda dan alamat dari perusahaan tersebut.

Ada dua tips dalam penulisan bagian ini dalam surat lamaran kerja. Yang pertama, gunakan ‘Yth.’ apabila surat Anda tujukan untuk subjek tertentu misalnya HRD. Yang kedua, gunakan ‘Kepada’ apabila tidak ada subjek tertentu.

Contoh alamat tujuan surat lamaran kerja:

Yth. Bapak/Ibu HRD PT Inspirasi Aksara Digital
Jalan Malang Raya, Banguntapan, Bantul

4. Salam Pembuka

Dalam setiap surat pengantar baik resmi maupun tidak, pasti harus menuliskan salam pembuka kepada penerima surat tersebut. Begitu pula dalam setiap contoh surat lamaran kerja yang ada.

Sebelum Anda menjelaskan tentang diri Anda, berikan dulu salam pembuka kepada penerima surat sebagai bentuk etika dalam surat menyurat.

Contoh salam pembuka surat lamaran kerja:

Dengan hormat,

5. Isi Surat

Setelah memulai dengan salam pembuka, berikan satu kali enter sebelum masuk pada bagian isi surat. Pada bagian isi ini, terbagi menjadi tiga bagian yaitu pembuka, isi, dan penutup.

Pada bagian pembuka Anda bisa menjelaskan tujuan mengirimkan surat dan dari mana Anda tahu lowongan tersebut. Setelah itu, barulah Anda berikan penjelasan singkat tentang diri Anda seperti identitas, pengalaman kerja di bidang tersebut, dan kemampuan Anda baik soft skill maupun hard skills.

Terakhir, Anda dapat mengakhiri surat lamaran kerja ini dengan penutup berupa ucapan terima kasih atas waktu yang mereka luangkan untuk membaca surat tersebut. Berikut ini contoh bagian isi surat lamaran kerja.

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari LinkedIn, saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Content Creator di perusahaan Bapak/Ibu. Berikut data singkat saya:

Nama                                      : Bejo Banget
Tempat dan Tanggal Lahir  : Yogyakarta, 19 Februari 1999
Alamat                                      : Jalan Gotong Royong No. 10, Tegalrejo, Kota Yogyakarta
Nomor HP                              : 081234567891
Saya adalah lulusan baru jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Selama masa kuliah, saya aktif dalam organisasi dan juga melakukan kerja paruh waktu sebagai seorang Content Creator di beberapa perusahaan di Yogyakarta. Saya telah mengerjakan konten untuk beberapa akun media sosial milik café, rumah makan, dan jenis usaha lainnya. Saya mampu mengoperasikan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator dalam desain grafis. Saya selalu bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan dan dapat bekerja dalam tenggat waktu yang ketat.
Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut ini saya lampirkan daftar riwayat hidup (CV) dan dokumen pendukung lainnya.
1.      Daftar riwayat hidup (CV)
2.      Portofolio
3.      Ijazah
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya untuk dapat bertemu langsung dengan Bapak/Ibu agar dapat menjelaskan tentang diri saya secara langsung. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

6. Salam Penutup

Setelah surat Anda akhiri dengan kalimat penutup, selanjutnya di akhir surat lamaran kerja Anda tutup kembali dengan salam penutup. Lalu, tepat di bawah salam penutup, Anda bisa mencantumkan nama lengkap Anda sebagai tanda bahwa Anda lah yang membuat surat lamaran kerja tersebut.

Contoh salam penutup surat lamaran kerja:

Hormat saya,
Bejo Banget

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Setelah Anda mengetahui komponen apa saja yang harus Anda sertakan dalam contoh surat lamaran kerja, selanjutnya Anda juga harus mengetahui surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris.

Meski tidak semua perusahaan meminta dalam bahasa Inggris, tetapi ada baiknya Anda juga paham cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris dari contoh yang ada. Biasanya, perusahaan akan meminta antara dua jenis surat yaitu cover letter atau application letter.

Biasanya, dalam contoh cover letter atau surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris tidak begitu formal seperti dalam bahasa Indonesia. Jika ingin menggunakan surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris yang formal, maka Anda bisa mengikuti contoh application letter.

Isi dari application letter ini juga sama persis seperti contoh surat lamaran kerja. Anda cukup mengubahnya dalam bahasa Inggris saja. Berikut ini contoh cover letter untuk Anda melamar pekerjaan.

Dear Ms. Brocklehurst,
Based on the position as SEO Content Writer that you open, I would like to apply for the position.
I am a Content Writer who has 3 years of experience in several companies. I am experienced in writing SEO-friendly articles with various topics such as furniture, interior design, B2B, Human resources, etc. I have excellent research skills for keywords and topics to increase the website’s traffic. I am very interested in SEO digital marketing. After I saw the position that you opened, I know I am a qualified candidate for SEO Content Writer. With all my skills in SEO content writing, I could give my best contribution to the company's website.
For your consideration, I have attached my resume and portfolio. I look forward to hearing from you soon, so we can talk about my abilities and skills firsthand. Thank you for your attention.
Best regards,
Bejo Banget

Di bawah ini akan kami berikan tambahan contoh surat lamaran yang bisa menjadi referensi Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

human resource

Pada penjelasan di atas telah Anda ketahui poin-poin yang sebaiknya ada pada surat lamaran kerja. Tapi, sebenarnya ada banyak versi surat lamaran yang bisa Anda buat. Simak pada contoh-contoh di bawah ini;

1. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Surakarta, 14 Agustus 2022

Perihal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 6 Lembar

Yth. HRD PT. ZYX
Jl. Slamet Riyadi No 363, Surakarta

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website/job portal pada tanggal 12 Agustus 2022, bahwa PT. ZYX sedang membuka lowongan kerja sebagai staf marketing. Maka dengan surat ini saya berminat untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Berikut ini adalah informasi data diri saya:

Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Pendidikan Terakhir:
Alamat:
Nomor Telepon:
IPK:

Saya adalah seorang lulusan baru (fresh graduate) dari Universitas ABC dengan jurusan Ilmu Komunikasi. Saya sudah terbiasa bekerja tim maupun secara mandiri. Bukan hanya mengutamakan aspek kejujuran dalam bekerja, saya juga terbiasa bekerja dengan disiplin dan fokus dengan target.

Berdasarkan latar pendidikan, pengalaman organisasi, serta pengalaman magang, sangat yakin dapat memberi kontribusi untuk perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan:

  • Curriculum vitae (CV) terbaru
  • Scan ijazah terakhir
  • Scan transkrip nilai
  • Scan sertifikat penghargaan
  • Foto 3×4 terbaru
  • Scan KTP

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya sampaikan, dan saya sangat berharap dapat bergabung dengan PT. ZYX. Atas perhatian yang Bapak/Ibu berikan, saya menyampaikan terima kasih.

Hormat saya,
TTD
(nama lengkap dan tanda tangan)

2. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Melamar ke Bank

Semarang, 22 Juli 2022

Kepada,
HRD Bank Muamalat Semarang
Jalan Pemuda No. 14
Semarang

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari media online Loker Semarang yang diakses pada 20 Juli 2022 bahwa PT Bank Muamalat membuka lowongan kerja sebagai teller, maka dengan ini saya;

Nama:
Tempat, tanggal lahir:
Alamat:
No. Telepon:
Pendidikan terakhir:

Dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja pada posisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, saya juga melampirkan berkas-berkas pendukung:

  • Curriculum vitae terbaru
  • Scan ijazah S1
  • Scan transkrip nilai
  • Scan KTP
  • Foto terbaru

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenarnya, besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya juga akan melakukan yang terbaik untuk Bank Muamalat.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya menyampaikan terima kasih.

Hormat saya,

tanda tangan
(nama lengkap)

3. Contoh Surat Lamaran Kerja Sebagai Guru Sekolah Swasta

Bekasi, 11 Agustus 2022

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah TK Wijaya Kusuma
di Sleman

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                               : (Isi nama lengkapmu)
Tempat, tanggal lahir   : (Jogja, 03 Oktober 1992)
Agama                             : (Islam)
Pendidikan                     : (Sarjana Psikologi)
Alamat                             : (Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.13)
Nomor telepon               : (082220343***)

Dengan ini mengajukan lamaran sebagai tenaga pengajar di TK Wijaya Kusuma Sleman. Untuk bahan pertimbangan, saya juga melampirkan beberapa dokumen berikut.

  • Scan ijazah (1 lembar)
  • Scan transkrip nilai yang sudah dilegalisir (1 lembar)
  • CV terbaru (1 lembar)
  • Scan KTP (1 lembar)
  • Foto 3 × 4 (2 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapet menjadi guru di TK Wijaya Kusuma. Semoga Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya untuk mengikuti seleksi berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

tanda tangan

(Nama lengkap)

4. Contoh surat lamaran Freelance dalam Bahasa Indonesia

Malang, 3o Agustus 2021

Perihal: Lamaran Pekerjaan Freelance Desainer Grafis

Yth.
Manajer HRD
PT Terkisah
Malang, Jawa Timut

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari Instagram @ lokerjatim pada tanggal 27 Agustus 2021, bahwasan perusahaan Anda sedang membuka lowongan freelance sebagai desainer grafis. Karena itu, saya yang bertanda tangan di bawah:

Nama: Emilia Susan
Tempat, tanggal lahir : Surakarta, 17 Agustus 1999
Pendidikan: S1 DKV Institur Seni Indonesia
Email: emiliasusan@ggggg.com
No. HP: 08123456789

Melalui surat ini saya menyampaikan maksud saya untuk melamar pekerjaan pada posisi tersebut. Sebagai pertimbangan bapak/ibu, saya melampirkan berkas:

  • CV dan portofolio terbaru
  • Ijazah terakhir dan transkrip nilai
  • Sertifikat penghargaan kompetisi desain
  • Foto formal terbaru ukuran 3×4

Besar harapan saya untuk bisa lolos seleksi ke tahapan lebih lanjut dan dapat menempati posisi desainer grafis di PT Terkisah. Demikian surat lamaran ini saya tulis. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

ttd

Emilia Susan

5. Contoh surat lamaran Freelance dalam Bahasa Inggris

Dear Ms. Sherly

My Name is Emilia Susan. I am a graphic designer with three years of experiences. Based on the information from  Instagram @ lokerjatim that you need freelance graphic designer, I wish to apply that position.

I have several award certificates as winners of design competitions. I am a careful, responsible and on time person.

Based on my experience, passion, and ability, I believe that this position is suitable for me. Along with this letter, I attach my resume and my CV for your consideration.

Please contact me by email or phone anytime to ask anything and discuss the job.

Sincerely

Emilia Susan

6. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Lulusan SMA

Wonogiri, 12 Juli 2022

Yth
HR PT Merah Delima
Surakarta

Perihal: Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Wahyu Riski
Jenis Kelamin: Laki-laki
Tempat, tanggal lahir: Wonogiri, 3 Juli 2004
Pendidikan Terakhir: SMA

Berkaitan dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari group Facebook Info Loker Solo Raya bahwa PT Merah Delima sedang membuka lowongan untuk posisi staf operator, saya bermaksud mengajukan surat lamaran kerja.

Sebagai pertimbangan Bapak/Ibu, saya melampirkan dokumen:

  • Fotocopy ijazah SMA yang sudah dilegalisir
  • Fotocopy KTP yang masih berlaku
  • Fotocopy Akta Kelahiran
  • Fotocopy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
  • Pas foto 3×4 (2 lembar)

Demikianlah surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya. Mudah-mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu agar saya bisa mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

tanda tangan

Wahyu Riski

7. Contoh Surat Lamaran Kerja di PT sebagai Staf Administrasi

Surabaya, 25 Agustus 2021

Hal: Lamaran Pekerjaan

Yth:
HR PT Terus Maju
Jalan Pemuda No.5 Surabaya

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan di media online kompas.com tanggal 24 Agustus 2021 bahwa PT Terus Maju sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai staf administasi. Bersamaan dengan hal tersebut maka saya bermaksud mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di posisi yang Staf Administrasi.

Saya, Akhila Rahma, merupakan lulusan Universitas Brawijaya jurusan Administrasi Bisnis angkatan 2011. Selain aktif kuliah, saya juga banyak mengikuti pelatihan dan kegiatan organisasi yang melatih kemampuan manajerial.

Per tanggal 25 Agustus 2021 umur saya genap 28 tahun. Saya sebelumnya berpengalaman bekerja di perusahaan manufaktur di bagian administrasi selama 4 tahun.

Dengan bekal pengalaman yang saya miliki tersebut, maka saya memiliki minat besar untuk menempati lowongan pekerjaan yang telah ditawarkan oleh PT. Terus Maju dan saya memiliki harapan besar untuk berkontribusi sebaik mungkin untuk perusahaan.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan sertifikat yang bisa Bapak/Ibu perhatikan sebagai bahan pertimbangan. Saya juga sudah melampirkan Photocopy Ijazah, SKCK dan pas photo 4×6.

Demikian surat lamaran pekerjaan sebagai staf administrasi ini saya sampaikan. Atas kerja sama dan juga kesempatan dari Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Akhila Rahma

Itulah contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa menjadi referensi, khususnya lamaran yang dikirim melalui email. Pastikan dalam setiap penulisan surat sudah memperhatikan ejaan yang benar, dan jangan sampai ada kesalahan ketik.

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris untuk melamar pekerjaan merupakan hal yang penting.

Ada banyak sekali contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan panduan belajar. Meskipun begitu, Anda harus mengetahui komponen-komponen penting dalam surat lamaran kerja agar mendapat panggilan dari HRD.

Hal penting dalam surat lamaran kerja adalah Anda harus dapat menonjolkan kemampuan terbaik Anda dalam bidang tersebut dan menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat.

Agar surat lamaran kerja Anda menjadi lebih baik, pastikan dulu softskill dan hardskill yang posisi tersebut butuhkan. Tunjukkan juga pengalaman kerja terbaik Anda misalnya seperti membuat aplikasi absensi online yang lengkap dengan fitur canggih atau pengalaman lainnya dengan penuh percaya diri.

bg ads

Aplikasi Absensi Online

Gratis Trial 14 Hari