Bukan Hanya Untuk Navigasi, Ini Dia 4 Fungsi GPS di HP!

Ternyata, GPS bukan hanya berfungsi untuk mengarahkan jalan saja. Ada 4 kategori fungsi GPS di HP yang perlu Anda ketahui!

Fungsi GPS di Handphone

Saat berpergian ke suatu tempat dan tidak tahu arah jalan, Anda pasti akan menggunakan salah satu teknologi bernama GPS, bukan? Biasanya, orang akan menggunakan GPS atau Global Positioning System yang berada di HP. Tetapi, tahukah Anda sebetulnya fungsi GPS di HP bukan hanya sebagai alat navigasi saja?

Yup, tanpa Anda sadari sebetulnya ada berbagai fungsi GPS di HP yang sering Anda gunakan. Salah satu fungsi tersebut adalah saat Anda mencari tempat terdekat di Google. Atau mungkin saat Anda mengatur waktu di smartphone Anda. Sistem navigasi ini akan mencari letak titik koordinat melalui satelit. Oleh karena itu, GPS memiliki berbagai fungsi di HP selain sebagai penunjuk jalan atau sistem navigasi.

4 Kategori Fungsi GPS di HP

GPS di Handphone

Umumnya, setiap smartphone pasti telah terpasang secara otomatis dengan aplikasi GPS dari Google atau biasa dikenal dengan Google Maps. Sebagai sistem navigasi, sebetulnya fungsi GPS di HP tidak hanya untuk memberikan arahan jalan kepada Anda saja. Jika dikategorikan, terdapat 4 fungsi GPS di HP yang biasa digunakan. Nah, apa saja keempat kategori fungsi tersebut?

1.      Penentu Lokasi

Fungsi pertama dari GPS di HP adalah sebagai penentu lokasi. Tentu Anda pernah melihat pengaturan mengenai lokasi di HP Anda, bukan? Nah, lokasi tersebut ditentukan dengan bantuan GPS yang telah terpasang di HP Anda. Banyak sekali keperluan yang membutuhkan GPS sebagai penentu lokasi.

Biasanya, fungsi GPS di HP yang satu ini dibutuhkan dalam beberapa aplikasi dan video game yang memang membutuhkan informasi lokasi Anda. Selain itu, fungsi yang satu ini juga dibutuhkan saat Anda akan mencari tempat terdekat dengan lokasi Anda saat itu.

2.      Alat Navigasi

Selanjutnya, fungsi lain yang sering digunakan dan menjadi fungsi utama dari GPS di HP adalah sebagai alat navigasi. GPS sebagai alat navigasi akan membantu Anda untuk mencari letak lokasi Anda dan lokasi tujuan Anda. Setelah itu, GPS akan memberikan arahan jalan serta alternatif jalur atau rute menuju lokasi tersebut.

Bukan hanya itu, bahkan GPS di HP dapat memberikan informasi terkait keadaan lalu lintas saat itu secara real-time yang didapatkan dengan bantuan satelit. Misalnya, saat lalu lintas di jalan tersebut sedang macet, maka akan digambarkan dengan warna merah atau oranye. Nah, biasanya semua aktivitas perjalanan Anda tersebut akan terekam dalam history data.

3.      Alat Tracking

Yang ketiga, GPS dengan cara kerja sebagai sistem navigasi yang menangkap sinyal dari satelit dapat membantu Anda untuk melakukan tracking. Sebagai sistem navigasi, GPS juga dapat berfungsi sebagai alat tracking untuk memantau pergerakan dari suatu objek. Objek ini sebetulnya adalah HP itu sendiri yang terpasang GPS dan terhubung dengan smartphone Anda.

Nah, fungsi yang satu ini biasanya diperlukan di beberapa aplikasi maupun keperluan lainnya. Misalnya, aplikasi ojek online dimana Anda dapat mengetahui posisi serta perjalanan driver secara real-time, melacak keberadaan handphone yang hilang, atau keberadaan orang yang hilang.

4.      Penentu Waktu

GPS sebagai penentu waktu

Seperti yang kita ketahui, setiap belahan di dunia ini memiliki waktu yang berbeda-beda. Bahkan, Indonesia pun memiliki tiga lokasi waktu dengan perbedaan waktu masing-masing 1 jam. Nah, GPS di HP memiliki fungsi untuk membantu smartphone menentukan waktu berdasarkan lokasi Anda berada.

Sehingga, saat Anda berpindah dari Jakarta ke Bali maka waktu yang ada di smartphone Anda juga akan berubah secara otomatis. Tetapi, fungsi yang satu ini biasanya harus diaktifkan lebih dulu di setiap smartphone karena bukan merupakan pengaturan awal.

Cara Mengatasi Fungsi GPS di HP yang Tidak Akurat

Apakah Anda pernah tersesat saat mengikuti arahan dari GPS di HP? Rasa-rasanya hal ini sudah sering sekali terjadi. Bahkan, tidak sedikit pengalaman lucu yang terekspos sebagai korban dari “kesesatan” GPS di HP. Nah, ternyata hal ini dapat terjadi akibat jaringan internet yang kurang stabil, ROM sedang mengalami bug, atau mungkin karena pengaturan smartphone yang salah.

Agar Anda tidak mengalami salah jalan saat berpergian dengan GPS lagi, Anda harus meningkatkan akurasi dari GPS Anda di HP. Tetapi, hal pertama yang harus Anda ketahui adalah GPS hanya dapat digunakan di HP apabila smartphone Anda mendukung hal itu. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan akurasi GPS di HP?

GPS di mobil

1.      Pastikan GPS Aktif

Saat GPS tidak akurat sebagai alat navigasi ataupun penentu lokasi, kemungkinan pertama penyebabnya adalah karena pengaturan GPS di HP Anda yang salah. Sehingga, fungsi dari GPS sebagai sistem navigasi di HP ini tidak berjalan dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memastikan lebih dulu apakah Anda telah mengaktifkan GPS di pengaturan HP.

Jika belum, maka sudah pasti aplikasi GPS di HP tidak dapat bekerja karena smartphone Anda tidak mengaktifkan fungsi tersebut. Nah, untuk mencari tahu hal tersebut Anda dapat pergi ke bagian pengaturan dan menu lokasi. Setelah itu, aktifkan GPS di HP Anda jika memang belum diaktifkan.

2.      Gunakan Jaringan Internet yang Bagus

Memang betul GPS dapat digunakan secara offline di HP. Akan tetapi, hal tersebut hanya dapat terjadi apabila Anda sudah menemukan lokasi dan rute. Nah, untuk mencari lokasi dan rute menuju lokasi tersebut, Anda membutuhkan jaringan internet yang bagus. Tanpa jaringan internet yang bagus, GPS akan sulit untuk menangkap sinyal dari satelit.

Apabila koneksi internet Anda tidak stabil, maka sebaiknya ganti jaringan internet Anda dengan yang lain. Anda dapat menggunakan jaringan internet dari wifi atau hotspot selama jaringan tersebut memiliki koneksi yang sangat lancar.

3.      Gunakan Mode Pesawat

Terkadang, smartphone mengalami masalah dalam menangkap sinyal internet. Sehingga, hal ini dapat membuat jaringan internet tiba-tiba hilang atau memburuk yang berakibat pada fungsi GPS di HP yang tidak akurat. Nah, untuk mengatasi hal ini Anda dapat menyalakan lebih dulu mode pesawat dan mengaktifkannya kembali setelah beberapa sekitar sepuluh detik.

Ketika mode pesawat dinyalakan, maka secara otomatis sinyal di smartphone Anda akan melakukan reset. Nah, dengan begitu saat Anda mematikan mode pesawat smartphone akan mendeteksi ulang sinyal yang tertangkap. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada GPS di HP Anda.

4.      Clear Cache

Salah satu penyebab sebuah aplikasi tidak dapat berjalan maksimal adalah karena sampah cache yang terlalu banyak. Sampah cache yang terus menumpuk dapat memberatkan kerja dari sistem sehingga smartphone dan semua aplikasi akan mengalami bug ataupun lag, termasuk GPS. Oleh karena itu, Anda harus secara rutin menghapus cache yang ada di smartphone Anda.

Untuk menghapus cache pada smartphone, Anda dapat pergi ke pengaturan atau penyimpanan lalu menghapus cache dari setiap aplikasi di HP Anda. Dengan begitu, kerja dari sistem smartphone Anda akan menjadi lebih ringan dan tentunya fungsi GPS di HP Anda menjadi lebih akurat.

5.      Aktifkan High Accuracy

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan akurasi dari fungsi GPS Anda di HP adalah dengan cara mengaktifkan mode high accuracy pada smartphone Anda. Sebetulnya, mode ini bukan untuk mengatasi GPS yang salah memberikan arah. Tetapi, mode ini berfungsi untuk meningkatkan akurasi dari GPS sehingga dapat memberikan informasi yang lebih detail dan akurat.

Nah, Anda dapat dengan mudah mengaktifkan mode ini dengan pergi ke bagian pengaturan di smartphone Anda. Setelah itu, silahkan memasuki menu lokasi dan aktifkan mode “Gunakan Lokasi Akurasi Tinggi”.

Kesimpulan

Fungsi GPS di HP memang sangat beragam, mulai dari mencari lokasi hingga menentukan waktu berdasarkan lokasi. Semua ini dapat terjadi karena cara kerja dari GPS sistem navigasi yang menangkap atau menerima sinyal dari satelit. Akan tetapi, terkadang fungsi GPS di HP ini tidak akurat atau seringkali salah dalam memberikan informasi lokasi atau rute.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mencoba cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Nah, salah satu fungsi GPS sebagai pelacak lokasi ini juga digunakan dalam aplikasi absensi online dari Kerjoo, lho! Dengan menggunakan sistem absensi online yang memanfaatkan fungsi GPS di HP, Anda dapat memantau semua karyawan Anda meski sedang WFH sekalipun!

Banyak sekali fitur canggih yang dapat Anda manfaatkan untuk kepentingan perusahaan Anda. Jika Anda penasaran dengan berbagai fitur canggih dari aplikasi absensi online dari Kerjoo ini, jangan ragu untuk klik di sini, ya!

coba gratis sekarang